Nicholas Saputra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nicholas Saputra
NicholasSaputra.jpg
Lahir 24 Februari 1984 (umur 31)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan aktor
Tahun aktif 2002 - sekarang
Alma mater Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Nicholas Schubring Saputra (atau lebih dikenal dengan nama Nicholas Saputra, lahir di Jakarta, 24 Februari 1984; umur 31 tahun) adalah seorang aktor Indonesia yang berdarah Jawa-Jerman. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) pada tahun 2002 sebagai Rangga. Nicholas memenangi penghargaan sebagai aktor terbaik pada Festival Film Indonesia pada tahun 2005

Karier[sunting | sunting sumber]

Nicholas memulai karier sebagai seorang model pada sebuah peragaan busana karya Samuel Wattimena. Debut aktingnya terjadi melalui AADC. Nicholas yang sudah menyukai dunia seni peran sejak kecil, beberapa kali ikut casting film sebelum akhirnya diterima sebagai pemeran Rangga dalam AADC. Ia menempuh studi bidang Arsitektur di Fakultas Teknik Universitas Indonesia.  

Ia pernah dinominasikan sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia 2004 untuk perannya dalam dua film, masing-masing Biola Tak Berdawai dan Ada Apa Dengan Cinta?, namun kalah dari Tora Sudiro (Arisan!). Setahun kemudian, dalam Festival Film Indonesia 2005, ia kembali diunggulkan dalam dua film dalam kategori yang sama–untuk perannya sebagai Soe Hok Gie dalam Gie dan sebagai Joni dalam Janji Joni– dan berhasil merebut penghargaan tersebut untuk perannya sebagai Gie.

Tahun 2007 Nicholas membintangi film 3 Hari Untuk Selamanya bersama Ardina Wirasti. Film karya Riri Riza ini cukup mendapat sambutan dalam berbagai festival film internasional meskipun tak diikutsertakan dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2007. Tahun berikutnya, 2008, Nicholas kembali berakting dalam tiga film Cinta Setaman (sutradara Harry Dagoe), Drupadi (Riri Riza) dan 3 Doa 3 Cinta (Nurman Hakim). Film yang disebut terakhir mengantarkan Nicholas meraih gelar Leading Actor dalam Guardians e-Awards 2009 serta kembali menjadi aktor unggulan terbaik dalam Festival Film Indonesia 2008.

Nicholas pun mendapatkan penghargaan dalam bidang akting dari berbagai penganugerahan sejenis FFI. Penghargaan pertamanya adalah sebagai aktor terbaik pada Bali International Film Festival 2003 untuk perannya dalam film Biola Tak Berdawai. Selain itu, Nicholas juga menjadi Most Favorite Actor versi MTV Indonesia Movie Awards 2005 dan Aktor Terbaik Indonesian Movie Awards 2007 berkat aktingnya dalam film Janji Joni.

Nicholas juga kerap diundang menjadi pembicara dalam berbagai pelatihan mengenai film dan juri dalam berbagai festival film di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya adalah dengan menjadi juri Best Asian Films dalam Singapore International Film Festival 2008 yang memperebutkan Silver Screen Awards. Selain berkarier sebagai aktor, Nicholas membintangi beberapa iklan dan model video klip, antara lain Tentang Seseorang (Anda, 2002), Tak Mampu Mendua (Kahitna, 2003), Debaran Cinta (Siti Nurhaliza), Ingat Kamu (Duo Maia, 2008), Shadows (Nidji band, 2008), dan Pernah Muda (Bunga Citra Lestari, 2008). Tahun 2015, Nicholas Saputra bermain dalam drama seri Line Nic and Mar bersama Mariana Renata. Drama seri ini mengambil setting di Perancis.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Keterangan
2002 Ada Apa dengan Cinta? Rangga
2003 Biola Tak Berdawai Bhisma
Arisan! Cameo
2005 Janji Joni Joni
Gie Soe Hok Gie
2007 3 Hari untuk Selamanya Yusuf
2008 Cinta Setaman Penjual DVD
3 Doa 3 Cinta Huda
Drupadi Arjuna
2011 Sarinah Rana
2012 Kebun Binatang The Magician
2012 Kita Versus Korupsi Vano Cerita pendek kedua dari empat kisah yang menyusun film "Aku Padamu".
2013 What They Don't Talk About When They Talk About Love Edo
2013 Cinta dari Wamena
2014 Pendekar Tongkat Emas Elang
Ada Apa dengan Cinta? 2014 Rangga Film pendek sekaligus iklan LINE.
2015 LINE STORY: Nic & Mar Nic/Nicolas Film pendek sekaligus iklan LINE yang bertempat di Paris. Bersama Mariana Renata

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Tora Sudiro
Film : Arisan!
(2004)
Pemeran Utama Pria Terbaik
(Festival Film Indonesia)

Film : Gie
(2005)
Diteruskan oleh:
Albert Fakdawer
Film : Denias, Senandung di Atas Awan
(2006)