Anjas Chambank

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anjas Chambank
LahirAnjas Wirabuana
13 Agustus 1989 (umur 34)
Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia
Nama lainAnjas Chambank
Pekerjaanpelawak tunggal, aktor
Tahun aktif2012—sekarang
Suami/istri
Sartika Ikhwan
(m. 2017)
AnakRazka Atmadeva Anjas
Rajendra Abhiseva Anjas


Anjas Wirabuana yang dikenal dengan nama Anjas Chambank (lahir 13 Agustus 1989) adalah seorang pelawak tunggal dan aktor berkebangsaan Indonesia. Nama Anjas sendiri, menurutnya adalah singkatan dari "Anak Jawa Kelahiran Sulawesi" karena kedua orang tua nya adalah orang Jawa asli yang merantau ke Sulawesi. Anjas adalah salah satu komika senior jebolan Stand Up Indo Makassar yang telah aktif sejak tahun 2012. Anjas beberapa kali mengikuti lomba stand up comedy yang diadakan di Sulawesi sekitarnya serta mengisi beberapa acara mulai dari lokal hingga ajang nasional seperti Stand Up Fest pada tahun 2014 di Jakarta dan beberapa kali tampil di salah satu stasiun TV swasta.[1] Anjas mulai dikenal setelah mengikuti Stand Up Comedy Indonesia season 5 (SUCI 5) yang diadakan oleh Kompas TV pada tahun 2015.[2][3] Menjadi satu-satunya finalis yang lolos lewat audisi Makassar, Anjas membawakan materi mengenai latar belakangnya sebagai anak Jawa kelahiran Sulawesi serta membahas tentang daerah asalnya yaitu Makassar dan dikenal sering membawa salah satu tokoh yaitu Daeng Baso dalam materinya. Anjas juga membawakan materi mengenai kemiripannya dengan Caisar Putra Aditya yang membuatnya risih karena selalu dipanggil "Caisar si Suling Sakti". Langkah Anjas harus terhenti di 12 besar sebab lulusan Universitas Negeri Makassar jurusan Sendratasik ini terkesan kembali melakukan pengulangan materi dengan yang pernah dibawakannya sebelumnya, yang membuatnya tampil nyaman namun dianggap kurang berkreasi dan harus close mic.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2017 Susah Sinyal Hasan Starvision Plus
2018 Baco Becce Pandawa 5 Bersaudara
Art2tonic
Paramedia Indonesia
2021 Molulo 2: Jodohku Yang Mana? Fikri DCU Production
Moov Pictures

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Tidak selamanya seorang pelawak tunggal selalu mulus dalam kariernya, begitu pula Anjas. Beberapa kali Anjas pernah bermasalah setelah tampil mengisi suatu acara stand up comedy. Pada tahun 2014, saat mengisi acara sebuah event stand up comedy Anjas membawakan materi salah satunya mengenai sepak bola yang membandingkan tim sepak bola PSM Makassar dengan tim sepak bola lainnya lewat julukan masing-masing tim. Anjas dinilai banyak melontarkan pernyataan yang merendahkan tim sepak bola dari daerah asalnya ini. Hal ini kemudian memancing kemarahan beberapa suporter PSM Makassar dan menganggap bahwa candaan Anjas telah menghina klub kebanggaan dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya. Kejadian yang terjadi pada 14 Juni 2014 ini disorot sebagai salah satu kasus hangat dalam beberapa bulan. Namun akhirnya Anjas mengklarifikasi masalah ini dua bulan kemudian dengan meminta maaf langsung kepada pengurus suporter PSM Makassar pusat dan berjanji tidak akan mengulangi hal serupa.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tribun Makassar: Pekan Seni Ajang Kreasi Mahasiswa Unhas Juni 2015
  2. ^ Situs resmi Kompas TV
  3. ^ "Stand Up Comedy Indonesia Season 5 Kompas TV: Finalis". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-08. Diakses tanggal 2016-05-23. 
  4. ^ "Hina PSM ini Permintaan Maaf Anjas Chambank". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-20. Diakses tanggal 2016-05-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]