Annie Yang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Annie Yang
LahirAnnie Mariani
8 Oktober 1996 (umur 27)
Jakarta, Indonesia
Nama lainAnnie Yang
PekerjaanPelawak tunggal
Tahun aktif2016—sekarang

Annie Mariani, dikenal sebagai Annie Yang (lahir 8 Oktober 1996) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Memulai karirnya di Taiwan, Annie merupakan pelawak tunggal atau komika jebolan dari Bali Comedy Club yang tergabung sejak 2021 dan sebagian besar tampil membawakan materi komedi dengan bahasa Inggris. Sebelumnya lebih sering tampil off air, nama Annie sendiri mulai dikenal sejak dirinya menjadi finalis kompetisi Stand Up Comedy Indonesia season 10 (SUCI X) yang diadakan Kompas TV di tahun 2022, di mana ia secara tidak langsung melanjutkan tradisi finalis keturunan Tionghoa-Indonesia sekaligus menjadi satu-satunya finalis wanita di SUCI X.[1] Dalam kompetisi tersebut, Annie yang dikenal di kompetisi sebagai "naughty girl" maupun "naughty woman" harus mengundurkan diri pada show 8 karena kecelakaan motor yang dialaminya.[2]

Karir[sunting | sunting sumber]

Annie memulai karirnya dalam dunia komedi di tahun 2016. Pada saat itu Annie berdomisili di Taiwan dan mencoba stand up comedy. Open Mic pertamanya dilakukan di sebuah klub komedi yang bertempat di Taiwan. Setelah mencoba panggung komedi pertama kali, Annie semakin tertarik dengan dunia komedi. Semenjak itu Annie mulai menjejakkan karirnya di ranah internasional. Beberapa kali menjadi tamu pengisi acara di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan beberapa negara Asia lainnya.

Di tahun 2019, Annie menjadi salah satu opener Yumi Nagashima di acara JICOMFEST. Pandemi COVID-19 yang melanda sejak 2020 yang juga berdampak besar bagi sebagian besar komika turut dirasakan oleh Annie, yaitu sulitnya tampil secara langsung dan jumlah tawaran pekerjaan yang makin berkurang. Namun di akhir tahun 2020, Annie mendengar kabar adanya stand up comedy live berbahasa Inggris secara langsung di Bali. Pertengahan tahun 2021, Annie menetapkan tekadnya untuk pindah ke Bali demi mengejar karirnya dalam komedi kemudian bergabung dengan Bali Comedy Club. Sampai saat ini, Annie telah memiliki dua pertunjukan spesialnya: Plague Actually (2021) dan Whore 101 (2022).

Dengan digelarnya kembali Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV untuk musim ke-10 oleh Kompas TV dengan tajuk SUCI X pada pertengahan 2022, Annie ikut ambil bagian dengan mengikuti audisi di Denpasar karena SUCI X membuka kesempatan untuk komika dengan materi menggunakan bahasa Inggris. Annie berhasil memperoleh silver ticket untuk maju ke babak audisi utama di hadapan juri utama di Jakarta. Penampilan Annie yang berbeda membuatnya berhasil mendapatkan golden ticket untuk lanjut ke babak Preliminary Show. Di babak Preliminary Show, Annie kembali bersaing dengan 23 peserta lainnya dan ia berhasil memperebutkan posisi sebagai finalis SUCI X, di mana ia lolos bersama sang founder Bali Comedy Club, Christian Giacobbe. Di putaran final SUCI X, penampilannya yang selalu membuat penonton dan juri berdebar karena materinya yang nakal namun berkesan yang dibawakan dalam bahasa Inggris menjadi ciri khas tersendiri untuk Annie. Di samping itu juga Annie tampil dengan mewarnai rambutnya dengan warna berbeda di setiap show. Tetapi semua itu malah berbalik di show ke-8, di mana Annie harus terhenti karena kecelakaan motor yang dialaminya sehari setelah babak 7 besar dan mengundurkan diri di posisi 6 besar.[2]

Pada Desember 2022, Annie Yang memutuskan untuk keluar dari Bali Comedy Club dan di awal tahun 2023, Annie Yang bersamaan dengan Reggy Hasibuan mendirikan comedy club di Bali bernama Punchline Plus Plus.

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan spesial[sunting | sunting sumber]

  • Plague Actually (2021)
  • Whore 101 (2022)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]