Egik Emka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Egik Emka
LahirEgik Muhammad Khotib
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Nama lainEgik M. Khotib, Egik MK, Egik Emka
PekerjaanPelawak tunggal, YouTuber


Egik Muhammad Khotib yang kemudian dikenal dengan nama Egik MK atau Egik Emka adalah seorang pelawak tunggal dan personalia YouTube (YouTuber) berkebangsaan Indonesia. Lahir di Sidoarjo, Egik yang sudah berkeluarga ini dikenal dengan konten videonya yang sebagian besar bertema komedi. Tetapi komedi yang disajikan oleh Egik berbeda, di mana ia melakukan hal-hal yang menegangkan bahkan ekstrem untuk menghadirkan komedi untuk menghibur penontonnya seperti misalnya debus, makan beling, menjatuhkan diri ke sungai, dan lain-lain. Selain itu, Egik juga merupakan seorang pelawak tunggal atau komika, di mana ciri khasnya ketika ber stand up comedy adalah menggunakan properti dan melakukan aksi panggung tambahan (stage performance) yang sama seperti videonya di Youtube: cenderung menegangkan bahkan ekstrem untuk mengundang tawa penontonnya. Meskipun begitu, nama Egik lebih dikenal sebagai seorang YouTuber ketika salah satu video nya diterbitkan ulang oleh 9GAG, salah satu situs komedi daring terbesar di dunia saat ini.

Karier[sunting | sunting sumber]

Stand Up Comedy[sunting | sunting sumber]

Sebelum dikenal sebagai seorang YouTuber, Egik berkarier sebagai komika sekaligus sebagai pengusaha. Usahanya saat itu adalah kerajinan tangan dari bahan sederhana dan dijual sebagai mainan anak-anak, yang ia tekuni sejak awal 2010an. Meskipun begitu, Egik mulai tertarik stand up comedy di tahun 2014 dengan mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV yang pada waktu itu akan memasuki musim kelima dengan tajuk SUCI 5. Dengan modal nekat, Egik mengikuti audisi dan tidak berhasil lolos ke putaran final. Egik kemudian bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Sidoarjo untuk belajar dan berlatih stand up comedy. Ikut audisi untuk Stand Up Comedy Indonesia musim keenam (SUCI 6) di akhir tahun 2015, lagi-lagi Egik belum beruntung untuk bisa lolos. Akhirnya nama Egik mulai dikenal ketika lolos audisi untuk Stand Up Comedy Academy yang diadakan oleh Indosiar di Surabaya di tahun 2016 yang merupakan penyelenggaraan kedua dari kompetisi tersebut. Egik menjadi satu dari 42 finalis terpilih dalam kompetisi yang dikenal dengan nama SUCA 2 tersebut. Datang dengan berbagai aksi panggung yang menegangkan bahkan ekstrem selain menyampaikan materi komedi secara verbal menjadi daya tarik Egik ketika berada SUCA 2. Namun perjalanan Egik di SUCA 2 harus terhenti di babak 16 besar karena menurut para juri aksi panggungnya lebih mendominasi daripada penyampaian materi komedinya.[1] Pasca SUCA 2, Egik yang sempat bolak-balik Jakarta-Sidoarjo ini akhirnya beralih menjadi seorang YouTuber sekaligus menutup usaha kerajinan tangannya di tahun 2017. Eksis di Youtube dan munculnya pandemi COVID-19 di awal 2020 serta diadakannya kembali audisi Stand Up Comedy Indonesia Musim Kesembilan (SUCI IX) di waktu yang bersamaan membuat Egik kembali tertarik ingin mencoba ber stand up comedy. Akhirnya pada akhir tahun 2020 Egik kembali mengikuti audisi SUCI IX secara daring dengan masuk ke dalam kelompok audisi Indonesia Timur sesuai identitas terdaftar. Berkat aksinya menghibur juri dengan makan buah limau langsung dari ranting pohonnya, Egik memperoleh golden ticket dan lolos sebagai finalis SUCI IX setelah sebelumnya melewati babak Preliminary Show. Namun, Egik hanya bertahan selama 2 kali penampilan karena ia harus close mic di penampilannya yang kedua tersebut, karena aksi panggungnya yang cenderung ekstrem masih dominan daripada materi komedinya sehingga juri dan penonton tidak bisa menikmati komedinya dengan maksimal. Egik menjadi finalis SUCI IX kedua yang harus close mic menyusul Ichal Kate yang sebelumnya close mic langsung karena sempat blank saat tampil.

YouTuber[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 2017, Egik mulai beralih dan fokus menjadi seorang YouTuber. Dengan dasar-dasar komedi yang ia pelajari melalui stand up comedy, Egik memberikan konsep berbeda terhadap konten videonya yang membedakannya dengan video komedi pada umumnya. Video komedi yang disajikan oleh Egik berisi mengenai kejadian sehari-hari di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, lalu diberikan sentuhan komedi di dalamnya yang berupa aksi menegangkan bahkan menjurus ekstrem untuk menghasilkan komedi yang ia inginkan. Tidak jarang pula, beberapa warga setempat ikut membantu Egik dalam proses kreatifnya ini, sehingga Egik memberi panggilan mereka dengan sebutan "Pasukan Sempel". Rajin membuat berbagai genre video untuk Youtube nya, Egik kemudian viral dengan salah satu videonya di akhir tahun 2017 yang berjudul "Alarm Anti Mainstream Dari Botol Aqua". Video yang ia posting di YouTube dan Instagram ini diterbitkan ulang oleh 9GAG, salah satu situs komedi daring terbesar di dunia saat ini dan bertahan selama 1 bulan di halaman depan situs mereka serta diterbitkan juga di beberapa media resmi mereka. Diketahui Egik memang mengikuti kontes "Video of The Months" yang diadakan oleh 9GAG meskipun awalnya ia tidak berekspektasi untuk menang. Karena viralnya video tersebut, Egik mendapat hadiah sebesar $ 100 dan videonya itu bertahan selama 1 bulan di halaman situs 9GAG.[2] Hingga saat ini, Egik tetap konsisten menghadirkan video-video komedi yang kreatif maupun menghibur bagi para penontonnya, baik ketika ia tampil sendiri maupun tampil bersama dengan Pasukan Sempel nya.[3]

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]