Fahri Purnomo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fahri Purnomo
LahirFahri Purnomo
27 April 1997 (umur 27)
Kuningan, Jawa Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Nama lainFahri Purnomo, Fahri
PendidikanDiploma
AlmamaterPoliteknik APP Jakarta
Pekerjaanpelawak tunggal, penulis skenario
Tahun aktif2013–sekarang
TelevisiSUCA 4 Indosiar

Fahri Purnomo (lahir 27 April 1997) adalah seorang pelawak tunggal berkebangsaan Indonesia. Fahri, begitu ia kerap disapa merupakan salah satu pelawak tunggal atau komika jebolan komunitas Stand Up Indo Cikarang Diarsipkan 2022-03-18 di Wayback Machine. generasi baru, di mana diketahui ia adiknya generasi komika seperti Mas Cemen Diarsipkan 2022-05-31 di Wayback Machine. yang pernah mencicipi kompetisi stand up comedy nasional. Nama Fahri kerap muncul disebut sebagai “Dosen Komedi” di skena stand up comedy Jabodetabek. Dan ia merupakan salah satu penggemar Awwe Diarsipkan 2022-12-03 di Wayback Machine. yang merupakan mentornya di stand up comedy nya. Berbeda dengan Mas Cemen yang membawakan materi komedi mengenai Cikarang dengan gaya absurd, Fahri lebih menonjolkan permainan "what if" dan observasional ketika membawakan materi komedinya. Fahri pertama kali dikenal setelah lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Academy Musim 4 atau SUCA 4 pada tahun 2018.

Fahri merupakan anak seorang polisi dan keponakan dari seorang menteri di Indonesia, hingga saat ini mulai ber stand up comedy di akhir 2013 dengan bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Cikarang. Ia sering memenangkan lomba standup comedy antar sekolah saat masih SMA dan membuat komunitas Standup Comedy pertama di sekolahnya yaitu SUC SMANDA ( Standup Comedy SMAN 2 TAMBUN SELATAN).

Beberapa tahun kemudian, nama Fahri mulai dikenal secara nasional sejak lolos sebagai salah satu finalis Stand Up Comedy Academy Musim 4 atau SUCA 4 pada tahun 2018, di mana ia lolos audisi di Bandung. Menjadi salah satu dari 40 finalis terpilih, langkah Fahri di SUCA 4 disingkirkan di 24 Besar. Awalnya Fahri yang dimentori oleh Awwe pernah audisi SUCA 1,2& 3. Kemudian baru di musim ke-4 Fahri lolos sampai tahap show. Hasilnya, Fahri yang konsisten dengan materi soal cinta dan kehidupannya sebelum akhirnya gantung mic di 24 besar.

Fahri sebelum memasuki kompetisi dan menjadi final Stand Up Comedy Academy Musim 4 atau SUCA 4 pada tahun 2018, ia sempat mendapatkan kesempatan di Stand Up Comedy Indonesia Season 7 atau SUCI 7 pada tahun 2017 dengan peraihan golden tiket di audisi Jakarta, namun langkahnya gagal karena tidak masuk kandidat finalis untuk melanjutkan perjalanannya di SUCI 7.

Pasca SUCA 4, Fahri sempat beberapa kali mencoba beberapa kali tampil di openmic jadetabek dan sekarang aktif membuat konten di instagram pribadinya. Ia sering ada di panggung standup comedy off air dan acara yang diadakan oleh komunitas Standup Indo Cikarang.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Acara Televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kiosmedia: 40 Besar SUCA 4 dan Pembagian Grup
  2. [1] Diarsipkan 2023-03-22 di Wayback Machine.^ Kapanlagi: Galeri Foto Fahri Purnomo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]