Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya
Lambang PENS
Moto Emerging Technology
Didirikan 2 Juni 1988 sebagai Politeknik Elektronika & Telekomunikasi [1] Mandiri dari ITS pada tahun 2012 [2]
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Dr. Zainal Arief, ST., MT[3]
Lokasi Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo Surabaya 60111, Jawa Timur Indonesia
Situs web www.pens.ac.id

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) atau Electronics Engineering Polytechnic Institute of Surabaya (EEPIS) , adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988[1]. Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro. [4]

Politeknik ini terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali.[5]. Selain itu, PENS juga merupakan penyelanggara S2 terapan pertama di Indonesia.[6][7]. Selain di bidang robotika, PENS juga unggul di bidang Teknologi Informasi terbukti dengan diraihnya penghargaan TeSCA untuk kategori Politeknik yang diselenggarakan oleh Telkom.[8][9]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal sejarah PENS dimulai pada tahun 1985. Saat itu, tim studi awal Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk bantuan dan kerjasama teknik yang dikepalai oleh Prof. Y. Naito dari Tokyo Institute of Technology, datang ke politeknik ini. Setelah melakukan pengamatan dan studi kelayakan pada tahun 1986, JICA menyetujui untuk memulai kerjasama teknik pada tahun 1987 dengan mengirim 5 orang pengajar Indonesia ke perguruan tinggi teknologi di Jepang.[1]

Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET) 1988 - 1992[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 15 Maret 1988, Pemerintah Jepang, melalui JICA secara resmi memberikan gedung kampus kepada pemerintah Indonesia lengkap dengan berbagai peralatan pendidikan. Selanjutnya pada tanggal 2 Juni 1988 Politeknik ini diresmikan dengan nama "Politeknik Elektronika & Telekomunikasi (PET)" dan sejak saat itulah tahun ajaran dimulai. Kerjasama dengan JICA pun berlanjut dengan banyaknya pengajar politeknik yang dikirim ke berbagai perguruan tinggi teknologi di Jepang dan sebaliknya, pengiriman beberapa ahli dari Jepang ke politeknik ini.

Politeknik Elektronik Surabaya (PES) 1992 - 1996[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 1991, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menata ulang keberadaan seluruh Politeknik, Institut dan sebagian Universitas di Indonesia. Pada saat itu politeknik ini pun berubah nama menjadi "Politeknik Elektronika Surabaya (PES)" yang merupakan bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS).

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1996 hingga sekarang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1996, nama politeknik ini kembali diubah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menjadi "Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)". Nama itulah yang kemudian tetap bertahan hingga kini.

Mandiri dari ITS[sunting | sunting sumber]

Setelah 24 tahun menjadi bagian dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, akhirnya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya mandiri. Kemandirian itu dimulai sejak nama PENS tak lagi masuk dalam statuta ITS. Masa transisi dilakukan pada tahun 2012 dengan berbagai perubahan. Termasuk status mahasiswa dan pembuatan statuta baru untuk PENS. Mahasiswa yang dulu diterima oleh Direktur ITS ketika penerimaan mahasiswa baru maka tetap menjadi mahasiswa PENS-ITS dengan ijazah yang dikeluarkan oleh ITS. Sedangkan mahasiswa angkatan 2012 keatas sudah tidak lagi sebagai mahasiswa ITS melainkan menjadi mahasiswa PENS.

Gedung D4 Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Salah satu yang mendasari pemisahan tersebut adalah PENS dan ITS merupakan dua institusi berbeda. Tidak wajar apabila ada perguruan tinggi negeri di dalam perguruan tinggi negeri.

Masing-masing punya struktur yang lengkap untuk bisa dikatakan sebagai sebuah lembaga. Kalau PENS masih menjadi bagian dari ITS, ada anggapan bahwa ada institusi di dalam institusi. Sebab, selama ini direktur PENS juga diangkat rektor ITS. Selain itu, kalau masih bergabung, politeknik tersebut akan sulit berkembang. Ndak bisa jadi BLU (badan layanan umum).
— Prof. Dr. Ir. Triyogi Yuwono, DEA selaku rektor ITSkruwel.com[2].


Sebelum perpisahan tersebut, dalam beberapa kegiatan, PENS dan ITS sudah kerap dibedakan. Misalnya pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2011, masing-masing sudah punya tim sendiri-sendiri yang saling bersaing bahkan seringkali bertemu bersama-sama di final. [10]

Meski menyisakan berbagai pekerjaan rumah, perpisahan ini sesungguhnya memberikan sejumlah hal positif untuk kepentingan pendidikan secara umum di Indonesia. Politeknik yang berdiri secara mandiri nantinya akan diperbolehkan menggelar pendidikan pasca sarjana baik program Master(S2) maupun Doktor(S3). [11]


Identitas Kampus[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

Logo PENS.png

Logo Pens berbentuk susunan bulatan yang berjumlah sembilan buah, masing-masing terdiri dari tujuh buah berwarna biru dan dua buah bewarna kuning. Susunan bulatan ini membentuk setengah bola dunia. Jumlah tujuh dipilih karena dipercaya masyarakat sebagai angka yang mampu melihat visi ke depan. Sedangkan jumlah dua merupakan simbol dosen dan civitas akademika PENS yang saling bersinergi untuk mendukung prestasi mahasiwa.

Bentuk bulat diambil dari visual pada putik bunga teratai. Bunga ini biasanya tumbuh subur di kolam-kolam. Meski demikian, di tempat kumuh pun, bunga ini juga mampu hidup dan memancarkan keindahan yang begitu menawan. Bunganya bersih, indah dan terlihat mencolok di lingkungan yang kotor seolah memberi kesan bahwa orang tak perlu larut atau menjadi ikut kotor dalam lingkungannya. Artinya, kesejatian keindahan atau kualitas seseorang justru akan teruji saat dia harus terus memancarkan keindahan di tempat yang begitu sulit.

Sementara putik diambil karena merupakan intisari dari bunga. Intisari merupakan unsur paling pokok atau penting dari bunga. Hal ini melambangkan bahwa perguruan tinggi PENS memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan. Logo berbentuk setengah bola dunia memberika perlambangan bahwa PENS diharapkan mampu memberikan warna dan kontribusi, tidak saja level lokal dan nasional, tetapi juga level internasional.[12]

Almamater[sunting | sunting sumber]

Jas almamater Politeknik Elektronika Negeri Surabaya bewarna abu-abu dengan logo PENS di dada sebelah kiri.

Lagu[sunting | sunting sumber]


Hymne[sunting | sunting sumber]

Menyambut sang mentari pagi
Bangkit penuh semangat
Kami berjanji setia, almamaterku cinta
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Harapan nusa bangsa, cita nan mulia, jembatan masa depan kita, Indonesia jaya

Janji kepada Tuhanku
Curahkan jiwa raga
Slalu ciptakan karya, untukmu Indonesia
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Maju almamaterku, mengukir prestasi, jembatan masa depan kita, Bangsaku jaya[13]



Mars[sunting | sunting sumber]

Tinggal ayah, tinggallah ibu
Relakan kami pergi berjuang
Dibawa kibaran sang merah putih
majulah, ayo kita maju(serbu…)

Tidak kembali pulang(pasti pulang)
Walau tidaklah menang(pasti menang)
Walau mayat terhampar dimedan perang
Untuk bangsa kami kan berjuang(berjuang)

Reff :
Maju,ayo maju (maju2x)
Singkirkan dia (dia2x)
Kikis habislah mereka
Demi negara indonesia

Wahai kawanku mahasiswa politeknik
Dimana engkau berada
Teruskan perjuangan para pahlawan
Untuk bangsa kami kan berjuang(berjuang)

Jargon[sunting | sunting sumber]

Jargon Politeknik Elektronika Negeri Surabaya adalah JOSS yang merupakan akronim dari Jujur, Orisinil, Sopan dan Santun. Biasanya pimpinan jargon meneriakkan kata "POLITEKNIK" kemudian dijawab dengan kata "JOSS!" oleh pendengarnya. Jargon ini berfungsi sebagai pembangkit semangat.

Departemen dan Jurusan[sunting | sunting sumber]

Program D1[sunting | sunting sumber]

Dimulai tahun 2012, PENS bekerjasama dengan PT. PJB[14] membuka program studi D1 dengan jurusan :

  • D1 Teknik Mesin Pembangkit
  • D1 Teknik Listrik Pembangkit
  • D1 Teknik Instrumentasi Pembangkit

Selain itu untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses pendidikan tinggi, PENS juga membina sekitar 42 Community College yang tersebar di berbagai kabupaten di Jawa Timur[15]. Community College tersebut biasanya berada di Sekolah Menengah Kejuruan yang ditunjuk. Program studi yang dibuka antara lain :

  • D1 Teknik Informatika
  • D1 Multimedia

Program D2[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, sebanyak 4 Community College binaan PENS ditingkatkan statusnya menjadi Akademi Komunitas Negeri. Dengan adanya peningkatan status tersebut, program studi yang dibuka dapat mencapai jenjang D2. Mahasiswa yang terdaftar di Akademi Komunitas tersebut memiliki status mahasiswa PDD(Pendidikan di Luar Daerah) PENS. 4 Akademi Komunitas tersebut adalah :

  • Akademi Komunitas Negeri Pacitan[16]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Multimedia

  • Akademi Komunitas Negeri Ponorogo [17]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Teknik Mekatronika

  • Akademi Komunitas Negeri Lamongan [18]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Multimedia

  • Akademi Komunitas Negeri Sumenep [19]

- D2 Teknik Informatika
- D2 Multimedia

Program D3 dan D4[sunting | sunting sumber]

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya membuka jurusan program Diploma 3 dan Diploma 4. Setiap jurusan berada di bawah naungan departemen atau setingkat fakultas di perguruan tinggi pada umumnya, Terdapat pula program D4 Lanjut Jenjang yang menerima lulusan D3 jurusan sejenis dari Perguruan Tinggi Negeri dan Politeknik Negeri serta Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi minimal B.[20]

Departemen Jurusan Program Studi Jumlah Kelas Jumlah Siswa
Teknik Elektro Teknik Elektronika D3 2 60
D4 2 60
Teknik Telekomunikasi D3 2 60
D4 2 60
Teknik Elektro Industri D3 2 60
D4 2 60
Teknik Informatika Teknik Informatika D3 2 60
D4 2 60
Teknik Komputer D4 2 60
Mekanika & Energi Teknik Mekatronika D4 2 60
Sistem Pembangkit Energi D4 1 30
Multimedia Kreatif Teknologi Multimedia Broadcasting D3 2 60
Teknologi Game D4 1 30
Jumlah 24 720
Sumber : Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru 2013[21] [20]


Ke depannya PENS akan membuka berbagai jurusan reguler baru diantaranya :

  • D3 Sistem Informasi
  • D3 Teknologi Informasi
  • D4 Teknologi Multimedia Broadcasting
  • D3 Desain Media


Selain program studi diatas PENS juga membuka program lanjut jenjang reguler maupun yang bekerja sama dengan pihak lain baik dalam negeri maupun luar negeri. Diantaranya :

  • D4 LJ (Lanjut Jenjang), merupakan program untuk melanjutkan studi bagi lulusan D3 ke D4 untuk jurusan Teknik Elektronika, Telekomunikasi, Elektro Industri dan Informatika.
  • D4 LJ PJJ (Lanjut Jenjang Pendidikan Jarak Jauh), merupakan program untuk melanjutkan studi bagi lulusan D3 ke D4 untuk jurusan Teknik Informatika.
  • D3 PJJ (Pendidikan Jarak Jauh), program untuk melanjutkan studi bagi lulusan Community College/Akademi Komunitas binaan PENS ke jenjang D3 jurusan Teknik Informatika.
  • D3 PJJ PENS - SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre) Taiwan, jurusan : Teknik Informatika
  • D4 LJ PJJ PENS - POLIBAN (Politeknik Negeri Banjarmasin), jurusan : Teknik Elektro Industri dan Teknik Informatika
  • D4 LJ PJJ PENS - AKATEL (Akademi Telekomunikasi Jakarta), jurusan : Teknik Telekomunikasi
  • D4 LJ PJJ PENS - POLTEKOM (Politeknik Kota Malang), jurusan : Teknik Telekomunikasi dan Teknik Informatika


Program Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang dikembangkan di PENS menganut sistem hybrid yaitu proses pembelajaran tatap muka kelas teori dan praktikum dilaksanakan setiap bulan satu kali (empat kali selama satu semester) di Kampus pada hari Jum'at malam sampai hari Minggu. Pada waktu di luar waktu tatap muka, maka mahasiswa belajar secara mandiri melalui sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana beberapa fasilitas telah disediakan mulai dari video conference, voip, dosenjaga, video on demand dan juga pustaka maya.

Program S2 / Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sebagai politeknik yang memiliki visi "Emerging Technology" membuka program S2/Pascasarjana Terapan pertama di Indonesia. Sebagai awalan Progam Studi yang dibuka adalah Teknik Elektro dan Teknik Informatika dan Komputer [7]

Direktur[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya telah berganti kepemimpinan sebanyak 5 kali yaitu :

Mohammad Nuh. Berkat lobi dan kepemimpinannya, PENS menjadi rekanan tepercaya Japan Industrial Cooperation Agency (JICA) sejak tahun 1990.
No Nama Periode
1 Ir. Susanto 1988 - 1997
2 Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA 1997 - 2002
3 Dr. Ir. Titon Dutono, M.Eng 2002 - 2009
4 Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng, Ph.D 2009 - 2013
5 Dr. Zainal Arief, ST., MT. 2013 - 2017


Fisik Kampus[sunting | sunting sumber]

Gedung[sunting | sunting sumber]

Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang terletak di timur Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Lokasi kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya terletak di Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo Surabaya. Letak kampus PENS berdampingan dengan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang juga masih satu kompleks dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. Letak kampus yang berada di sekitar kampus ITS tentu saja menimbulkan anggapan bahwasannya PENS masih bagian dari ITS.

Kampus PENS terdiri dari 3 gedung utama yaitu Gedung D4, Gedung D3 dan Gedung TC(Training Centre). Walaupun bernama demikian, Gedung D4 tidak serta merta hanya digunakan oleh mahasiswa program Diploma 4 begitupula dengan gedung D3 tidak serta merta hanya digunakan oleh mahasiswa program Diploma 3. Semuanya digunakan secara bersama-sama oleh semua jurusan. Secara kasat mata, bentuk gedung PENS berbeda dengan gedung-gedung di sekitaran kompleks ITS lainnya. Gedung ini merupakan hibah dari JICA dan didesain untuk tahan gempa.

Mulai tahun 2012, sedang dilakukan pembangunan gedung baru atau menara yang nantinya akan memiliki 12 lantai, terinci sebagai 11 lantai utama dan 1 latap. Gedung baru tersebut akan digunakan sebagai gedung Pascasarjana PENS.[22] Bangunan 12 lantai itu pada tahap strukturnya saja sudah menelan dana dari APBN 2012 senilai Rp30 miliar. Tahun 2013 diharapkan gedung ini selesai dan mampu menampung 720 mahasiswa pasca sarjana setiap tahunnya[23]. Pada Rabu, 25 Desember 2013, Mendikbud RI, Muhammad Nuh melakukan topping off Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini sebagai penanda bahwa pembangunan telah mencapai lantai yang paling atas.[23]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

  • 26 ruang kelas dan lebih dari 44 laboratorium atau studio
  • Hall
  • Theater
  • Perpustakaan(D3 dan D4)
  • Ruang Sidang
  • Ruang Virtual Conference
  • Ruang Tugas Akhir untuk masing-masing jurusan
  • (TC) Training Centre
  • (JAS) Job Arrangement System
  • Secure Parking
  • Absensi sidik jari untuk dosen dan karyawan
  • Absensi menggunakan smartcard untuk mahasiswa
  • Sekretariat Bersama(Sekber) Organisasi Mahasiswa
  • Asrama Mahasiswa
  • Kantin Foodcourt
  • Fasilitas olahraga (Lapangan Basket dan Futsal)
  • Poliklinik
  • ATM Mandiri dan BNI
  • Mushola
  • Amphiteater
  • Taman Wifi

Kehidupan Kampus[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Belajar[sunting | sunting sumber]

Salah satu kehidupan kampus di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya merupakan perguruan tinggi politeknik yang meniru gaya pembelajaran Jepang dengan jumlah SKS dan praktikum yang tinggi di setiap semesternya. Untuk semester awal saja misalnya, mahasiswa dibebani mata kuliah sebanyak 18 hingga 20 SKS dengan jumlah tatap muka rata-rata 30 jam tiap minggunya. Mata kuliah yang relatif banyak tersebut terjadi karena di politeknik banyak kegiatan praktikum yang diharapkan membuat mahasiswa mampu menerapkan teori yang telah didapatkannya secara langsung.

Di PENS berlaku kehidupan 24 jam dimana kampus tidak pernah tutup walaupun sudah larut malam bahkan hari sabtu dan minggu. Untuk kelas reguler, normalnya kegiatan belajar mengajar paling awal dimulai pukul 08.00 dan paling akhir pukul 16.30. Namun tidak menutup kemungkinan kegiatan belajar mengajar dimulai lebih awal dan berakhir lebih akhir. Pada malam hari berlangsung kegiatan belajar mengajar untuk program lanjut jenjang(LJ) D3 ke D4. Pada malam hari pula beberapa kegiatan mahasiswa biasanya dilakukan. Pada hari Sabtu dan Minggu, berlangsung kegiatan belajar mengajar untuk mahasiswa PJJ(Pendidikan Jarak Jauh)

Organisasi Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Badan Eksekutif Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Badan Eksekutif Mahasiswa(BEM) di PENS merupakan pelaksana eksekutif dari keluarga mahasiswa.

Dewan Perwakilan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Dewan Perwakilan Mahasiswa(DPM) berperan sebagai lembaga legislatif dalam keluarga mahasiswa.

Himpunan Mahasiswa Jurusan[sunting | sunting sumber]

Di PENS, terdapat 6 himpunan mahasiswa atau yang biasa disebut dengan hima. Setiap himpunan memiliki warna khas masing-masing. Berikut keenam himpunan tersebut :

Nama Akronim Warna
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektronika HIMAELKA
Himpunan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi HIMATEL
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Industri HIMAELIN
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika dan Komputer HIMIT
Himpunan Mahasiswa Teknik Mekatronika HIMAMEKA[24]
Himpunan Mahasiswa Multimedia Broadcasting HIMAMMB[25]

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang ada di PENS diantaranya :

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Komunitas di PENS merupakan sekelompok mahasiswa yang memiliki minat yang sama pada bidang tertentu. Beberapa komunitas yang ada di PENS diantaranya :

  • "PENS Rider" Komunitas Pengendara Motor
  • "Janaka" (Japanese nakama), Komunitas Pecinta Budaya Jepang[26]
  • Komunitas Tim Medis[27]
  • Komunitas Debat Bahasa Inggris
  • Komunitas PENS Reggae
  • "GameKita" Komunitas Developer Game
  • "OSC" (Open Source Community) Komunitas Pengguna Perangakat Lunak Open Source
  • "EOS" (EEPIS On Sky) Komunitas Penyiar Radio
  • "ChaPENS" Komunitas Mobil Listrik
  • "SEMUT" Komunitas Perfilman

EEPIS News and Network Team[sunting | sunting sumber]

Merupakan tim jurnalis kampus yang mengelola segala macam pemberitaan di PENS langsung di bawah naungan Humas dan UPT Sistem Informasi dan Jaringan Komputer PENS. Tim ini sendiri terdiri dari Editor, Reporter, Fotografer, Graphic Designer, Videografer dan juga Webmaster. Media yang dikelola oleh tim ini antara lain :

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • PENS menerima JICA Special Award untuk International Cooperation
  • Th 2009 Juara 1 Lomba Effisiensi Energi Tk. Nasional
  • Th 2009 TeSCA Platinum Award kategori Politeknik/Institut/Elektronika (TeSCA=Telkom Smat Campus Award)


Prestasi dalam Bidang Robotika[sunting | sunting sumber]

  • 2012
Salah satu robot pesepak bola Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang tampil di Kontes Robot Sepak Bola Indonesia 2012
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan juara Harapan Kontes Robot Indonesia di Bandung
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan Strategi Terbaik Kontes Robot Indonesia di Bandung
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Indonesia Regional IV di Surabaya
    • Robot ROLPENS Menerima Penghargaan Strategi Terbaik Kontes Robot Indonesia Regional IV di Surabaya
    • Robot EFFIRO Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Beroda Regional IV di Surabaya
    • Robot EILERO Menerima Penghargaan juara Ketiga Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Berkaki di Bandung
    • Robot EILERO Menerima Penghargaan juara Kedua Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Berkaki Regional IV di Surabaya
    • Robot ERISA Menerima Penghargaan juara Ketiga Kontes Robot Seni Indonesia di Bandung
    • Robot ERISA Menerima Penghargaan Penampilan Artistik Terbaik Kontes Robot Seni Indonesia di Bandung
    • Robot EROS Menerima Penghargaan Juara Pertama Kontes Robot Cerdas Divisi Humanoid Robot Soccer Indonesia di Bandung
    • Robot EROS Menerima Penghargaan Algoritma Terbaik Kontes Robot Cerdas Divisi Humanoid Robot Soccer Indonesia di Bandung
    • Robot EROS Menerima Juara Pertama Kontes Robot Cerdas Divisi Humanoid Robot Soccer Indonesia Regional IV di Surabaya
  • 2009
    • Robot D4=S1 Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Indonesia di Yogyakarta
    • Robot SRI Menerima Penghargaan juara Ketiga dan Desain terbaik Kontes Robot Seni Indonesia di Yogyakarta
    • Robot Al-'Adiyat Menerima Penghargaan juara Kedua di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Expert Single di Yogyakarta
    • Robot T-HEXS Menerima Penghargaan Inovasi terbaik Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Senior Berkaki di Yogyakarta
  • 2008
    • Robot Jump-Be Menerima Penghargaan juara Ketiga & Best Design Award di ABU Asia Pacific Robot Contest di Pune India
    • Robot Jump-Be Menerima Penghargaan juara Pertama Kontes Robot Indonesia di Jakarta
    • Robot Juara 2 kategori senior beroda di Kontes Robot Cerdas Indonesia di Jakarta
  • 2007
    • Robot G-Rush Menerima Penghargaan Runner Up Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2007 di Hanoi, Vietnam mewakili Indonesia.
    • Robot Al-Fath Menerima Penghargaan juara Ketiga di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Senior beroda di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Fatihah-E Menerima Penghargaan juara kedua di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Senior berkaki di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Dzi-Gear Menerima Penghargaan juara pertama di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Expert di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Mech Robo Menerima Penghargaan juara pertama di Kontes Robot Cerdas Indonesia Divisi Expert Swarm di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot Q Numb On Menerima Penghargaan juara Kedua di Kontes Robot Indonesia di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot G-Rush Menerima Penghargaan Sebagai Robot dengan IT terbaik dari Menteri Komunikasi dan Informasi di Kontes Robot Indonesia di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
    • Robot G-Rush Menerima Penghargaan juara pertama dan skor tertinggi di Kontes Robot Indonesia di Graha Sepuluh Nopember ITS, Surabaya.
  • 2006
    • Robot Al-Ashry PENS Juara Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) 2006 Kategori Beroda di Jakarta.
    • Robot Chaesar Juara II Kontes Robot Indonesia 2006 di Jakarta.
    • Robot DEPTH4 Juara I Kontes Robot Indonesia 2006, penghargaan dengan kategori nilai tertinggi, dan piala bergilir Sambhawana Pratimacala.di Jakarta.
    • Robot AIRO Juara II Kontes Robot Indonesia 2006 di Jakarta
    • Robot Expert Genier menerima penghargaan Desain Terbaik di Jakarta.
  • 2005
    • Robot ASKAF-I menerima penghargaan Best Artistic Design Award di Beijing, China.
    • Robot PENSA Mobile menerima penghargaan juara pertama di Kontes Robot Cerdas Indonesia di Jakarta
    • Robot ASKAF-i menerima penghargaan juara pertama dan tim dg skor tertinggi di Kontes Robot Indonesia di Jakarta
  • 2004
    • Robot SIFAA menerima penghargaan KONAMI Award (untuk teknik kontrol) di ABU Asia Pacific Robot Contest di Seoul Korea.
    • Robot SIFAA menerima penghargaan juara pertama dan tim pemecah "Reunion" di Kontes Robot Indonesia di Jakarta.
  • 2003
    • Robot Al-Sya mewakili Indonesia di ABU Asia Pacific Robot Contest di Bangkok, Thailand.
    • Robot Al-Sya menerima penghargaan juara pertama dan tim dg skor tertinggi di Kontes Robot Indonesia di Jakarta.
  • 2002
    • Robot ELLITE menerima penghargaan Special Commendation di ABU Asia Pacific Robot Contest di Jepang.
    • Robot ELLITE menerima penghargaan Juara Pertama di Kontes Robot Indonesia di Surabaya.
  • 2001
    • Robot BECAK menerima penghargaan Juara Pertama di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 2000
    • Robot BECAK menerima penghargaan Juara Pertama di Kontes Robot Indonesia di Surabaya.
    • Robot Edelweiss & Robot Milennium mewakili Indonesia di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1997
    • Robot CENDRAWASIH mewakili Indonesia di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1995
    • Robot TRADA mewakili Indonesia di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1992
    • Robot CARAKA Xh menerima penghargaan the best four di NHK Robot Contest di Jepang.
  • 1991
    • Robot BIMA X-1 menerima penghargaan Best Idea di NHK Robot Contest di Jepang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Selayang Pandang Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Selanjutnya pada tahun 1992 - 1996 menjadi Politeknik Elektronik Surabaya yang merupakan bagian dari ITS. Dan terakhir menjadi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada tahun 1996 hingga sekarang.
  2. ^ a b PENS dan ITS Resmi Pisah
  3. ^ Terpilih, Zainal Ingin Perbaiki Jendela PENS Dahulu
  4. ^ Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
  5. ^ PENS Raih Rekor MURI, Juara KRI 11 Kali Berturut-turut, Pada tahun 2010 menang kembali sehingga menjadi 12 kali berturut turut. Tahun 2011 dan 2012 gelar ini lepas, namun kembali direbut pada tahun 2013
  6. ^ PENS buka S2 terapan pertama di Indonesia
  7. ^ a b Program Pascasarjana S2 Terapan PENS
  8. ^ PENS-ITS dan Stikom Surabaya Raih Tesca 2009
  9. ^ Rangking TeSCA Politeknik 2013
  10. ^ PENS ITS kalahkan ITS dalam final KRI 2010
  11. ^ ITS Tanpa PENS dan PPNS
  12. ^ Pedoman Sistem Identitas dan Tatat Logo PENS
  13. ^ Hymne Politeknik Elektronika Negeri Surabaya di Website Resmi PENS
  14. ^ Jalin Kerja Sama Dengan PJB, PENS Buka Program D1
  15. ^ Raih Dana Hibah DIKTI, PENS Kembangkan Community College
  16. ^ Presiden SBY Resmikan Akademi Komunitas Negeri Pacitan
  17. ^ Website Akademi Komunitas Negeri Ponorogo
  18. ^ Website Akademi Komunitas Negeri Lamongan
  19. ^ Website Akademi Komunitas Negeri Sumenep
  20. ^ a b Daya Tampung Program D4 Lanjut Jenjang
  21. ^ Daya Tampung Program D3 dan D4 Reguler
  22. ^ Kunjungan Dinas Pekerjaan Umum pada proyek Gedung Pasca Sarjana
  23. ^ a b "Pasca Sarjana Sains Terapan Ini Bebas SPP". Diakses 2013-07-07. 
  24. ^ Teknik Mekatronika dan Himpunan Barunya
  25. ^ Metamorphosis of Hima MMB
  26. ^ Janaka, Suguhkan Warna Baru dalam Komunitas PENS
  27. ^ Komunitas Tim Medis PENS, Wadahi Minat Mahasiswa Teknik di Bidang Kesehatan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]