Universitas Internasional Semen Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Universitas Internasional Semen Indonesia, atau disingkat UISI, adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia yang berada di bawah pengelolaan Semen Indonesia Foundation (SMIF). UISI merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia (STiMSI) yang telah berjalan selama 2 (dua) tahun. Tanggal pendirian STiMSI adalah 11 Mei 2013, tanggal itu kemudian ditetapkan juga sebagai Hari jadi (Dies Natalis) UISI. UISI memiliki gedung kampus yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tepatnya di Kompleks PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jl. Veteran, Gresik UISI tergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) bersama dengan 7 perguruan tinggi lainnya, diantaranya Universitas Pertamina, Universitas Telkom, Institut Teknologi PLN, IT Telkom Surabaya, dll.

UISI menyatakan bahwa mereka akan berkomitmen menjadi perguruan tinggi swasta berbasis industri yang menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berperan sebagai perwujudan nyata di bidang akademis untuk masyarakat. UISI didirikan untuk memberikan akses pendidikan melalui inovasi teknologi, penelitian dan pengabdian yang dapat secara langsung menjadi solusi bagi masyarakat yang berada di dalam dan di luar kota Gresik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Internasional Semen Indonesia Semen Indonesia melalui Semen Indonesia Foundation (SMIF). UISI didirikan untuk memberikan akses pendidikan melalui inovasi teknologi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan wujud kepedulian Semen Indonesia terhadap generasi muda melalui bidang pendidikan dan teknologi. Terciptanya sinergi antara Semen Indonesia dan UISI melalui pengelolaan sumber daya yang berkualitas dengan adanya berbagi pengetahuan antara teori universitas dan praktik industri. Pendidikan yang bertema dengan pembelajaran atmosfer bisnis didukung jaringan mitra perusahaan yang meningkatkan potensi mahasiswa menjadi sumber daya yang bersaing di masa depan.

Pada awalnya Semen Indonesia Foundation (SMIF) mendirikan STiMSI (Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia) yang memiliki 2 (dua) Program Studi yaitu Manajemen dan Manajemen Rekayasa yang telah berjalan selama 2 (dua) tahun. Hingga pada tahun 2015, STiMSI bertransformasi menjadi UISI. Tanggal pendirian STiMSI adalah 11 Mei 2013, tanggal itu kemudian ditetapkan juga sebagai Hari jadi (Dies Natalis) UISI. Surat Keputusan ijin prinsip pendirian UISI diberikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso kepada Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto di Jakarta pada Agustus 2014. Surat Keputusan ijin pendirian bernomor 502/E/O/2014 ini ditandatangani oleh Sekretasris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Patdono Suwignjo, pada 16 Oktober 2014. dengan ijin ini, maka Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) merupakan perguruan tinggi pertama yang didirikan oleh Semen Indonesia Foundation.

UISI terakreditasi B pada tahun 2020 berdasarkan pada keputusan BAN-PT No. 348/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2019. UISI juga mendapatkan penghargaan dari Kementrian Riset, Tekonologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai Kampus Heritage Teknologi dengan Sistem Pembelajaran Bertema, pada 28 November 2018.

Rektor[sunting | sunting sumber]

  • Prof. Dr. Ing. Herman Sasongko (2015 - 2020)
  • Prof. Dr. Ing. Herman Sasongko (2020 - sekarang)

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Sejak awal berdiri, UISI menyelenggarakan 10 Program Studi yang terbagi menjadi 3 fokus keilmuan, yaitu Fokus Kelimuan Ekonomi dan Bisnis, Fokus Keilmuan Teknologi Informasi dan Kreatif, Fokus Keilmuan Teknologi Industri dan Agroindustri.

  1. Program Studi Akuntansi
  2. Program Studi Manajemen
  3. Program Studi Ekonomi Syariah
  4. Program Studi Manajemen Rekayasa
  5. Program Studi Teknik Agroindustri Diarsipkan 2022-05-24 di Wayback Machine.
  6. Program Studi Teknik Logistik
  7. Program Studi Teknik Kimia
  8. Program Studi Informatika
  9. Program Studi Sistem Informasi Diarsipkan 2022-01-16 di Wayback Machine.
  10. Program Studi Desain Komunikasi Visual

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. "Semen Indonesia Dirikan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) di Gresik" . Market Bisnis. Diakses tanggal 2022-03-20.
  2. "Stimsi Tambahkan Fakultas Baru Setelah Berganti Nama UISI". ActaSurya. Diakses tanggal 2022-03-21.
  3. "Beranda Program Studi" . PMB UISI. Diakses tanggal 2022-03-22.
  4. "Struktur Organisasi UISI". Versi Asli. Diakses tanggal 2022-03-22.
  5. "Perkuat Kinerja UISI Lakukan Resturkturisasi Organisasi". Versi Asli. Diakses tanggal 2022-03-22.
  6. "APERTI BUMN, Bersinergi Siapkan Lulusan Berkompeten dan Berdaya Saing". Kompas. Diakses tanggal 2021-03-25
  7. "Gedung Baru UISI, "Smart Campus" dari Bekas Pabrik Semen". Kompas. Diakses tanggal 2021-03-26