Politeknik Negeri Manado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Politeknik Negeri Manado
Didirikan 1987
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Ir. Jemmy Julles Rangan, MT
Lokasi Manado, Sulawesi Utara
Situs web www.polimdo.ac.id

Politeknik Negeri Manado adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdirinya politeknik ini, staf dosennya dilatih di Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik Bandung. Sementara itu, di Manado, dibangun prasarana dan sarana belajarnya, sebagai cikal bakal Politeknik Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Proses belajar mengajar pun dimulai untuk jurusan: Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin dan Tata Niaga. Pada 1991, ditambah dengan Akuntansi. Izin penyelenggaraan program Diploma 3 untuk Jurusan Akuntansi dan Administrasi Niaga diperoleh pada 1993. Pada 1998, Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Mesin ditingkatkan statusnya ke jenjang Diploma 3. Pada tahun ini dibuka program D3 Jurusan Pariwisata.

Pada 1999 Politeknik Unsrat Manado memisahkan diri dari Universitas Sam Ratulangi dengan nama baru: Politeknik Negeri Manado. Khusus pada Jurusan Teknik Sipil dibuka jenjang Diploma 4, yang menghasilkan lulusan pertamanya pada 2003.

Melakukan sistem belajar paket (40 persen teori, 60 persen praktik), saat ini menyelenggarakan 14 (empat belas) program studi yaitu :

  • Jurusan Teknik Sipil :Teknik Sipil (D3), Konstruksi Bangunan (D4)
  • Jurusan Teknik Elektro : Teknik Informatika (D4), Teknik Komputer (D3), Teknik Listrik (D3 & D4)
  • Jurusan Teknik Mesin : Teknik Mesin (D3)
  • Jurusan Akuntansi : Perpajakan (D4), Akuntansi (D3)
  • Jurusan Administrasi Bisnis : Administrasi Bisnis (D3), Manajemen Bisnis (D4)
  • Jurusan Pariwisata : Perhotelan (D3),Usaha Perjalanan Wisata (D3), Ekowisata Bawah Laut (D3)

Beberapa progarm studi menjadi favorit bagi lulusan SMA dan SMK seperti Teknik Informatika (D3), Teknik Komputer (D3), Akuntansi (D3) dan Ekowisata Bawah-Laut (Underwater Ecotourism), yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Hal unik pernah dilakukan oleh Program Studi Ekowisata Bawah-Laut,yaitu melakukan prosesi wisuda mahasiswanya di bawah laut yang diikuti oleh para Pimpinan Politeknik dan seluruh mahasiswanya layaknya prosesi wisuda yang ada.

Politeknik Negeri Manado juga merupakan kampus pertama di Sulawesi Utara yang menerapkan ISO 9001. Pembaharuan terakhirnya menjadikannya memiliki ISO 9001:2008.