Institut Teknologi Kalimantan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Institut Teknologi Kalimantan
Jenis Perguruan tinggi negeri badan hukum
Rektor Prof. Dr. Ir. Sulistijono DEA
Lokasi Balikpapan [1], Kalimantan Timur, Indonesia
Kampus Urban
Lambang Institut Teknologi Kalimantan

Institut Teknologi Kalimantan (ITK) adalah perguruan tinggi negeri yang telah diresmikan pendiriannya pada tanggal 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kampus ITK berada di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Proses pendirian ITK berawal dari keinginan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan SDM teknik di luar pulau Jawa. Pada tahun 2011 Dirjen Dikti memanggil perwakilan dari ITS, Surabaya dan ITB untuk memulai studi kelayakan pendirian institut teknologi di Kalimantan dan Sumatera. ITS kemudian membentuk tim untuk melakukan studi kelayakan pembangunan sebuah Institut Teknologi di Kalimantan. Sebelum itu, pemerintah provinsi Kalimantan Timur telah menyanggupi untuk membantu pembangunan Institut Teknologi tersebut dengan menyediakan lahan seluas 300 Ha di Balikpapan, tepatnya di jalan Soekarno Hatta KM 15 (Jl. Sungai Wain), kelurahan Karang Joang. Melalui Forum FGD yang diselenggarakan di Balikpapan dan Samarinda oleh tim Studi Kelayakan dari ITS, tercetuslah nama Institut Teknologi Kalimantan, ITK. Hasil studi kelayakan tersebut, ditindaklanjuti dengan dimulainya pembangunan gedung ITK[2] dan penerimaan mahasiswa ITK pada tahun 2012[3].

Pada penerimaan mahasiswa angkatan pertama tersebut, ITK menyediakan lima jurusan, yaitu Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Teknik Perkapalan, dengan kuota masing-masing jurusan 20 orang. Jalur penerimaan mahasiswa ITK tersebut dilakukan melalui Seleksi Masuk ITK (SMITeK) yang merupakan hasil kerjasama antara ITS dan Pemprov Kaltim. Seluruh mahasiswa berasal dari provinsi Kaltim dan mendapatkan beasiswa Kaltim Cemerlang. Pada tahun 2013, ITK kembali melaksanakan SMITeK, dengan membuka jalur Mandiri Nasional untuk calon mahasiswa yang berasal dari luar Kaltim. Selain itu, juga dibuka lima jurusan baru, yaitu Jurusan Teknik Material dan Metalurgi, Fisika, Matematika, Sistem Informasi, dan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Tahun 2014 ini, ITK kembali mengadakan seleksi masuk ITK (SMITeK) melalui dua jalur, yaitu Seleksi Lokal Berbeasiswa Pemprov Kaltim dan Seleksi Nasional (melalui skor nilai SBMPTN). Pada tahun ini pula ITK diresmikan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pada tanggal 12 Oktober 2014, dilakukan pelantikan Rektor ITK pertama di Jakarta. Terpilih sebagai Rektor I ITK adalah Prof. Sulistijono, DEA, Dosen Jurusan Teknik Material dan Metalurgi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Program studi yang ada di ITK antara lain:

  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Kimia
  4. Teknik Sipil
  5. Teknik Perkapalan
  6. Teknik Material dan Metalurgi
  7. Fisika
  8. Matematika
  9. Sistem Informasi
  10. Perencanaan Wilayah dan Kota

Logo ITK[sunting | sunting sumber]

diciptakan oleh Anugrah Dwi Pangestu[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dikti.go.id – Kampus Institut Teknologi Kalimantan Terbesar di Asia". 2012. Diakses 21 Januari 2014. 
  2. ^ Institut Teknologi Kalimantan Mulai Dibangun Tahun 2012. www.kopertis12.or.id. Diakses pada 16 Juni 2012
  3. ^ Seleksi Masuk Institut Teknologi Kalimantan. Disdik Kota Balikpapan. Diakses pada 16 Juni 2012