Universitas 19 November Kolaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas 19 November Kolaka
Didirikan 1984
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Dr. Azhari, S. STP, MSi
Lokasi Kolaka, Sulawesi Tenggara
Situs web kuliahonlineusn.ac.id

Universitas 19 November Kolaka, adalah perguruan tinggi negeri di Kolaka, Indonesia, yang berdiri pada tahun 1984. Rektor pada tahun 2010 adalah Dr. Azhari, S. STP, MSi. H. Buhari Matta mengaku tidak salah memilih Dr. Azhari sebagai rektor Universitas Sembilan Belas November (USN) Kolaka.

Buhari mengaku, pada awal dirinya menakhodai bumi Mekongga pada tahun 2003 sebagai Plt. Bupati, dia melihat dalam diri Dr. Azhari memiliki potensi dan kecerdasan diantara sekian sarjana maupun lulusan STPDN yang ada di Kolaka, sehingga langsung menariknya menjadi staf khusus Bupati. Karena mukadimah UU menganjurkan bahwa salah satu tujuan negara setelah Merdeka adalah mencerdaskan bangsa, sementara saat itu banyak tamatan SMA yang tidak melanjutkan kuliah karena orang tuanya tidak mampu, sementara saat itu STIKIP 19 November sedang sekarat, maka diberikan tugas khusus kepada Azhari selaku staf khusus Bupati untuk mengurus STIKIP menjadi Universitas 19 November (USN) Kolaka.

“Ternyata dalam waktu singkat, tidak cukup satu tahun STIKIP sudah bisa menjadi Universitas dibawah naungan Kopertis,” kata Buhari kemarin.

Dengan keberhasilan mengantar STIKIP menjadi Universitas, Azhari selanjutnya diangkat sebagai Rektor USN, sekaligus menjadi Rektor termuda di Indonesia saat itu. Ternyata kepercayaan yang diberikan Buhari Matta tidak sia-sia, sebab dalam waktu singkat hanya kurang lebih 10 tahun berhasil menjadikan USN yang semula berstatus Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruang Tinggi Negeri (PTN).

“Saya bersyukur tidak salah pilih kader untuk memimpin USN, sebab dengan perjuangan Azhari, didalamnya ada nilai-nilai ketekunan, keberanian, kesabaran dan kearifan terus berjuang menghadapi tantangan, dalam waktu singkat hanya 10 tahun membawa USN dari PTS menjadi PTN. Ini mujizat dan sepengetahuan saya, satu-satunya kabupaten yang memiliki universitas negeri di Indonesia Timur baru Kolaka,” kata Buhari Matta.

Menurut Buhari, pada saat dirinya memimpin Kolaka, pertama-tama yang dibangun adalah lokomotifnya. Salah satu lokomotif adalah USN Kolaka dalam upaya mencerdaskan bangsa dan ini tidak bisa di tawar-tawar. Dulu anak-anak Kolaka banyak ke Kendari, Makassar bahkan Pulau Jawa untuk kuliah. Namun setelah USN negeri anak-anak dari luar Kolaka bahkan luar negeri akan mendaftar SMPTN di Kolaka. Selain itu akan menerima banyak PNS dan dosen, serta kampus yang besar yang tentunya akan mendorong pembangunan ekonomi di Kolaka. (Ar)

SEJARAH SINGKAT[sunting | sunting sumber]

UNIVERSITAS 19 NOVEMBER

kolaka

Universitas 19 November (USN) Kolaka merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Kota Kolaka. Lembaga pendidikan tinggi ini didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggil Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka dibawah sebuah yayasan pengelola perguruan tinggi Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka (YAPPPIKA) dengan Akte Nomor 23 ke kantor akte notaris di Kendari oleh tokoh-tokoh masyarakat saat itu yaitu H. Nurung, H. Baso Lewa, Drs. H. Muhammadong Maddapy, M. Si dan H. Muh. Tahrir.

Kemudian pada 8 Juni 2005, dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 076/D/O/2005 status STKIP 19 November menjadi Universitas 19 November Kolaka. Dengan perubahan status dari STKIP Kolaka menjadi Universitas 19 November Kolaka, maka perguruan tinggi ini mendapat perluasan mandat dengan kewenangan tidak hanya terbatas kepada pengembangan ilmu-ilmu keguruan dan kependidikan tetapi juga mencakup sejumlah disiplin ilmu pengetahuan.

Sejak itu fakultas di Universitas 19 November menjadi 4 dengan 12 program studi yaikni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Pada Tanggal 8 Juni 2009 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum memisahkan diri menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum.

Masyarakat Kolaka, Sulawesi Tenggara saat ini harus berbangga hati. Betapa tidak, setelah melalui perjalanan yang begitu panjang, akhirnya Universitas 19 November Kolaka resmi menjadi perguruan tinggi Negeri (PTN). Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Hukum dan Ham, Amir Syamsuddin saat berkunjung ke USN Kolaka.

Penegerian USN serentak dengan sejumlah Universitas yang ada di Kolaka. Ditegaskan pula penegerian USN Kolaka ditanda tangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Sebenarnya saya yang akan membawa perpres itu namun Presiden menginginkan untuk menyerahkan langsung kepada rektor karena ada enam universitas yang telah berubah status menjadi negeri,” katanya.

Amir Syamsuddin juga menjelaskan pada tanggal 2 April 2014, enam universitas akan di undang ke istana negara untuk menerima perpres mengenai perubahan status universitas menjadi PTN.m “Presiden SBY punya alasan tersendiri untuk menyerahkan perpres itu kepada masing-masing rektor,” ungkapnya.

Untuk itu, kata Amir Syamsuddin, civitas akademika USN bisa berbangga hati karena universitas itu sudah menjadi perguruan tinggi negeri yang ada di Sulawesi Tenggara. “Jadi meskipun banyak polemik dimasyarakat mengenai USN namun hari ini universitas ini sudah menjadi sebagai universitas negeri,” ujarnya.

Sejarah Universitas

Universitas 19 November (USN) Kolaka merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Kota Kolaka. Lembaga pendidikan tinggi ini didirikan pada tanggal 16 April 1984 dengan nama Sekolah Tinggil Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kolaka dibawah sebuah yayasan pengelola perguruan tinggi Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka (YAPPPIKA) dengan Akte Nomor 23 ke kantor akte notaris di Kendari oleh tokoh-tokoh masyarakat saat itu yaitu H. Nurung, H. Baso Lewa, Drs. H. Muhammadong Maddapy, M. Si dan H. Muh. Tahrir.

Kemudian pada 8 Juni 2005, dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 076/D/O/2005 status STKIP 19 November menjadi Universitas 19 November Kolaka. Dengan perubahan status dari STKIP Kolaka menjadi Universitas 19 November Kolaka, maka perguruan tinggi ini mendapat perluasan mandat dengan kewenangan tidak hanya terbatas kepada pengembangan ilmu-ilmu keguruan dan kependidikan tetapi juga mencakup sejumlah disiplin ilmu pengetahuan. Sejak itu fakultas di Universitas 19 November menjadi 4 dengan 12 program studi yaikni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.  

Fakultas[sunting | sunting sumber]

Universitas 19 November Kolaka memiliki 5 fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik = Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) diresmikan sebagai fakultas baru di Univesitas 19 November Kolaka pada tanggal 8 Juni 2009 berdasarkan SK Rektor Nomor : 042/SK-USN/KP/VI/2009 tentang pengangkatan pelaksana harian Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir fakultas. Sebelum berdiri sendiri, FISIP adalah embrio dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Hukum dengan dua program studi yakni program studi Administrasi Negara dan Ilmu Hukum. Berdasarkan SK Dikti pada tanggal 8 Juni 2005 dengan nomor 76/D/O/2006. Namun setelah diresmikan sebagai fakultas baru, saat ini hanya memiliki program studi yakni Program Studi Administrasi Negara.
  5. Fakultas Teknik

PIMPINAN UNIVERSITAS 19 NOVEMBER PERIODE 2009-2013

Rektor                                           : DR. Azhari, S. STP, MSi

Pembantu Rektor I                  : Drs Daslan, M.Pd

Pembantu Rektor II                : Andi Sessu, S.Pd, M.Si

Pembantu Rektor III               : Kabul Budiman, MS

Dekan Fakultas Teknik                                                         : Ir. Suwarto, MT

Dekan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan           : Wayan Pageasa, S.Pd. M.Pd

Dekan Fakultas Pertanian                                                   : Ir. Mustafa, MP

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik             : Abdul Sabaruddin, S.Sos, M.Si

Dekan Fakultas Hukum                                                       : Gunawan DJ, SH. MH

Kepala Bagian Adm. Akademik & Kemahasiswaan              : .Amriadi, S.Pd, M.Pd

Kepala Bagian Perencanaan dan Personalia                           : Drs. Muh. Kadar

Kepala Bagian Keuangan                                                                 : Ashari Arifin, S.Sos, M.Si

Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan                                  : Nur Syamsir, SE

Ketua Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat        : Arafat Yasir, S.Pdi

Ketua Unit Koperasi                                                                          : La Ode Hasrun, SE, M.Si

Kepala Perpustakaan                                                                        : Saleh Sutrisna, S.Ag

Kepala Lab. Terpadu                                                                         : Abdul Wahab Tharir, ST

Kepala Lab. Komputer                                                                     : Rabiah Adawiah, S.Kom

PIMPINAN FAKULTAS

A. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM, Periode 2005-2009

Dekan                                                                             : Feri Tas, SH, M.Hum, M.Si

Ketua Program Studi Administrasi Negara    : Abdul Sabaruddin, S.Sos, M.Si

Ketua Program Studi Hukum                                : Gunawan DJ. SH. MH

B. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, Periode 2009-2013

Dekan                                                                              : Abdul Sabaruddin, S.Sos, M.Si

Ketua Program Studi Administrasi Negara    : I Rawati, S.Sos, M.Si