Universitas Nusa Cendana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Universitas Nusa Cendana
Didirikan 1 September 1962
Jenis Perguruan tinggi negeri
Rektor Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si., Ph.D.
Lokasi Kupang, Indonesia
Situs web www.undana.ac.id
Logo Undana.png
Pintu masuk Undana

Universitas Nusa Cendana, disingkat UNDANA, adalah satu-satunya universitas negeri di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berdiri pada tanggal 1 September 1962. Hingga saat ini dan seterusnya berkiprah demi bangsa dan tanah air tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Undana didirikan oleh Pemerintah Pusat, karena ada dorongan kebutuhan dari tokoh masyarakat dan para pendahulu bangsa di NTT saat itu.

Sejak berdiri sampai dengan sekarang, Undana telah dinakhodai oleh sembilan Rektor yakni :

  1. Mohamad Salim,SH (1962-1967),
  2. Letkol Elias Tari lebih tenar dengan panggilan El Tari (1967-1968)
  3. Prof. Mr.Soetan Mohamad Sjah (1968-1976),
  4. Drs. Urias Bait (1976-1977),
  5. Prof. Frans E.Likadja, SH (1978-1987),
  6. Prof.Dr. Mozes R.Toelihere,M.Sc (1988-1996),
  7. Prof.Dr. August Benu, MS (1996-2005),
  8. Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.Ph.D (2005-2013) dan
  9. Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si.,Ph.D (2013-2017)

Prof. Fred Benu ditetapkan menjadi Rektor Undana periode 2013-2017 menggantikan Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc.Ph.D pada tanggal 3 Desember 2013. Dengan penetapan ini, berarti Prof. Fredrik Lukas Benu menjadi alumni ketiga yang berhasil menjabat pucuk pimpinan tertinggi yang hingga saat ini masih menjadi satu-satunya universitas negeri di NTT.

Prof. Fred Benu dilantik menjadi Rektor Undana periode 2013-2017 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Mohammad Nuh, DEA di Aula lantai tiga kantor rektorat Undana Penfui. Prof. Fred Benu merupakan rektor ke-9 sejak Undana didirikan pada tahun 1962. Sebelum terpilih menjadi Rektor Undana, ia menjabat sebagai Komisaris Independen Bank NTT, dan juga mantan Ketua Lembaga Penelitian Undana.

Dalam perkembangannya, Undana terus bertumbuh dan hingga saat ini Undana telah melakukan wisuda ke-92 (1 September 2014), telah menghasilkan 45.998 alumni yang menyebar di berbagai kawasan di Indonesia terutama di NTT sendiri dan mengisi lowongan birokrasi hingga 87 persen bahkan mendominasi berbagai eselon di tingkat Provinsi dan di 22 kabupaten/kota di NTT. Namun kiprah Undana di bidang riset masih terbatas karena terbatas dana riset maupun dana pengembangan hasil. Nampaknya riset akan berakhir sebagian besar dalam bentuk laporan penelitian atau publikasi ilmiah dan jarang bermuara pada produk-produk intelektual yang bernilai ekonomi maupun pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara mendalam agar ikut secara lebih signifikan mengangkat bangsa Indonesia ke level yang lebih tinggi dari sisi kemajuan ipteks.

SEJARAH SINGKAT[sunting | sunting sumber]

Universitas Nusa Cendana Tahun 1989-1990

Dalam rangka mendirikan Univeristas di Propinsi Nusa Tenggara Timur, dibentuk panitia Inti Pendirian Universitas negeri di Kupang, Panitia diketuai oleh W. J. Lalamentik (Gubernur NTT waktu itu), dengan Sekretaris 1 Kapten El Tari dan Sekretaris 2 Drs. R. Karsono. Panitia ini dilengkapi dengan lima seksi yang anggotanya terdiri dari pejabat dan tokoh masyarakat di NTT.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 111 Tahun 1962, tanggal 28 Agustus 1962 ditetapkan berdirinya Universitas Negeri yang berkedudukan di Kupang terhitung mulai tanggal 1 September 1962. Untuk pertama kali berdasarkan SK Menteri PTIP, Universitas negeri di Kupang terdiri dari 4 fakultas yakni : Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan. SK Menteri tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Presiden No. 67 Tahun 1963, tanggal 23 April 1963.

Univeristas Negeri yang baru berdiri tersebut diresmikan pada tanggal 17 September 1962 bertempat di Ruang Sidang DPRD Dati I NTT. Karena beberapa alasan teknis (terutama tenaga pengajar dan laboratorium) maka belum semua fakultas yang tercantum dalam SK pendirian Universitas dapat dilaksanakan. Untuk langkah pertama fakultas yang dibuat adalah :

  • Fakultas Ketatanegaraan dan Ketata niagaan (FKK)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) :
  1. Di Kupang untuk jurusan : Ilmu Hukum, Ekonomi, dan Hayat
  2. Di Ende untuk jurusan : Pasti Alam, Pendidikan, dan Bahasa Inggris.

Untuk lebih menunjang kelancaran Univeristas, telah ditetapkan bentuk pimpinan Universitas berdasarkan SK Menteri : PTIP No. 162/MP/63, tanggal 14 Februari 1962 dan SK No. 12555/MP/1963, tanggal 9 Desember 1963, tentang pengangkatan Catur Tunggal Propinsi NTT sebagai Presidium Universitas dengan Ketua : Muh.Salim,SH (Kepala Cabang Kejaksaan Tinggi di Kupang) dan Sekretaris : Drs. S.Daud. Disamping itu dibentuk pula Yayasan Univeristas yang dipimpin oleh W. C. H. Oematan.

Universitas Negeri yang baru berdiri, mendapat nama : Universitas Nusa Cendana (disingkat UNDANA), berdasarkan SK Presiden RI No. 67 Tahun 1963, tanggal 23 April 1963. Nama tersebut berdasarkan pilihan dari tiga nama yang diusulkan Panitia yakni ; Nusa Cendana, Paraja, dan Liurai.

Disesuaikan dengan kemampuan setelah berdiri, secara bertahap beberapa Fakultas telah dibuka menyusul fakultas-fakultas yang telah dibuka sebelumnya. Fakultas yang dibuka adalah : Fakultas Peternakan dibuka pada tanggal 1 Oktober 1964, Fakultas Hukum (FH) dibuka tanggal 20 Mei 1965, namun pada waktu dibuka, Fakultas Hukum berstatus sebagai Fakultas Swasta di bawah Yayasan Berdikari. Berdasarkan SK Menteri P dan K No. 0621/0/1977 Fakultas Hukum diintegrasikan dengan FKK menjadi Fakultas Ketatanegaraan, Ketataniagaan dan Hukum (FKKH) dan berstatus Departemen dengan dua jurusan yakni Perdata dan Pidana. Kemudian dipisahkan lagi dari FKK menjadi Fakultas yang berdiri sendiri, yakni Fakultas Hukum pada Tahun 1980. Pada tahun 1981 telah dilakukan persiapan pembukaan Fakultas Pertanian, yang pembukaannya dilakukan pada tahun 1982 dengan Jurusan Agronomi dan Sosial Ekonomi Pertanian.

Pada tahun 1979 telah dibuka program Diploma Penyuluh Pertanian Terpadu yang pelaksanaannya dikaitkan dengan Fakultas Peternakan. Kemudian dipisahkan dan bergabung dalam Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) bersama jurusan Teknik Sipil pada tahun 1982.

Sampai dengan tahun 2014, Universitas Nusa Cendana telah memiliki 11 Fakultas dan 1 Program Pasca Sarjana.

ATRIBUT[sunting | sunting sumber]

Lambang[sunting | sunting sumber]

Undana memiliki lambang yang berbentuk daun lontar berwarna hijau dengan 1 tangkai berduri 9, bergerigi 62, bertuliskan “UNIVERSITAS NUSA CENDANA”, gambar lingkaran kuning berisi bintang bersegi lima berwarna putih dan di tengahnya terdapat gambar obor dan akar cendana.

Lambang Undana sebagaimana dimaksud diatas memiliki makna sebagai berikut:

  1. Daun lontar melambangkan kemampuan adaptasi terhadap setiap perubahan;
  2. Warna hijau pada daun lontar melambangkan pengharapan dan kehidupan abadi;
  3. 1 tangkai melambangkan tanggal berdirinya Undana;
  4. Tangkai berduri 9 melambangkan bulan berdirinya Undana;
  5. Daun lontar bergerigi 62 melambangkan tahun berdirinya Undana;
  6. Tulisan “UNIVERSITAS NUSA CENDANA” melambangkan nama Universitas;
  7. Gambar lingkaran melambangkan ciri dan corak Undana yang senantiasa bergerak, berputar dan maju sehingga mampu berfungsi sebagi dinamisator bagi masyarakat menuju perkembangan dan modernisasi;
  8. Warna kuning pada lingkaran melambangkan kejujuran dan keluhuran budi;
  9. Bintang bersegi lima melambangkan Pancasila;
  10. Warna putih pada bintang melambangkan kejujuran dan kesucian;
  11. Obor dan akar cendana melambangkan ilmu pengetahuan sebagai suluh yang membawa kepada kehidupan yang luhur, bahagia, dan sejahtera;
  12. Warna merah pada obor melambangkan keberhasilan.

Bendera[sunting | sunting sumber]

Bendera Undana berbentuk segi empat berukuran 2:3, berwarna kuning, di tengah-tengahnya terdapat lambang Undana. Bendera Undana digunakan pada upacara akademik dan upacara lainnya.

Setiap fakultas di Undana memiliki warna bendera yang berbeda-beda, yaitu:

  • Ungu dan hijau muda untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Merah untuk Fakultas Hukum
  • Jingga untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Biru, Hijau dan Biru muda untuk Fakultas Pertanian
  • Biru, Merah dan Biru muda untuk Fakultas Peternakan
  • Ungu untuk Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Biru dan Hitam untuk Fakultas Sains dan Teknik

Hymne[sunting | sunting sumber]

Lagu, syair dan aransement Hymne Undana diciptakan oleh Apoly Bola. Hymne Undana diperdengarkan pada upacara-upacara resmi Undana yakni : Dies Natalis, Wisuda dan upacara-upacara lainnya yang ditetapkan oleh Rektor Universitas Nusa Cendana. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:HYMNE.jpg


Mars Undana[sunting | sunting sumber]

Mars Undana diperdengarkan pada upacara-upacara resmi Undana yakni : Dies Natalis, Wisuda dan upacara-upacara lainnya yang ditetapkan oleh Rektor Universitas Nusa Cendana. https://commons.wikimedia.org/wiki/File:MARS_UNDANA.jpg


FAKULTAS[sunting | sunting sumber]

Universitas saat ini memiliki 11 Fakultas

Pranala luar[sunting | sunting sumber]