Universitas Sriwijaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Universitas Sriwijaya
Sriwijaya University
Moto "ILMU ALAT PENGABDIAN"
Didirikan 29 Oktober 1960
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Prof. Dr. Hj. Badia Perizade, M.B.A.
Lokasi Indralaya & Palembang, Sumatera Selatan, Bendera Indonesia Indonesia
Warna Kuning
Julukan Unsri
Situs web www.unsri.ac.id

Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah Perguruan Tinggi Negeri berada di Kota Palembang dan di Kota Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia, berdiri pada 29 Oktober 1960. Rektor pada tahun 2011-2015 adalah Prof. Dr. Hj. Badia Perizade, M.B.A.

Jumlah Alumni Universitas Sriwijaya sampai dengan wisuda ke-114 pada 16 Oktober 2014 sebanyak 96.634 orang Alumni yang terdiri dari: S3 dan Spesialis S2 sebanyak 128 wisudawan, Program Pascasarjana S2/SP1 sebanyak 4.830 wisudawan, Sarjana Strata I sebanyak 73.690 wisudawan serta Program Diploma D3 sebanyak 17.989 wisudawan. UNSRI termasuk TOP 10 PTN di indonesia.

Sejarah Universitas[sunting | sunting sumber]

Gapura Utama Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya.
Gerbang Gapura Utama Universitas Sriwijaya Kampus Besar Indralaya.
Berkas:Gerbang unsri bukit.jpg
Gerbang Gapura Utama Universitas Sriwijaya Kampus Bukit Palembang.
Suasana Wisuda di Auditorium Universitas Sriwijaya.
Suasana Wisuda di Auditorium Universitas Sriwijaya.

Ide untuk memiliki sebuah perguruan tinggi di Sumatera Selatan telah ada sejak awal tahun 1950-an, yang dicetuskan dalam suatu kesempatan resepsi perayaan hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1952. Diprakarsai oleh beberapa orang pemuka masyarakat, menjelma menjadi kesepakatan untuk membentuk "Panitia Fakulteit Sumatera Selatan". Menjelang akhir Agustus 1952, dengan berbagai pertimbangan, ditetapkan bahwa yang pertama akan didirikan adalah Fakultas Ekonomi. Untuk itu dibentuklah "Panitia Fakultet Ekonomi Sumatera Selatan" yang dikelola oleh suatu yayasan yang didirikan pada tanggal 1 April 1953 dengan nama "Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti".

Pembukaan Fakultet Ekonomi secara resmi di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti ini dilakukan pada tanggal 31 Oktober 1953 dalam suatu acara yang dihadiri oleh Mr. Hadi, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan (PPK), Drg. M. Isa (Gubernur Sumatera Selatan), Letjen. TNI (Purn.) Bambang Utoyo (Panglima TT II Sriwijaya) dan Ali Gathmyr (Ketua DPRD Sumatera Selatan).

Upaya melengkapi perguruan tinggi di Sumsel dilanjutkan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti dengan membentuk Panitia Penyelenggaraan Fakultas Hukum. Pada tanggal 1 November 1957, bertepatan dengan perayaan Dies Natalis IV Fakultas Ekonomi, diresmikanlah fakultas tersebut dengan nama 'Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat".

Pengembangan kemudian dilanjutkan dengan bantuan Penguasa Militer Teritorial II Sriwijaya yang memberikan bantuan keuangan unuk mendirikan gedung permanen Yayasan Perguruan Tinggi Sjakhjakirti di Bukit Besar (kini Kampus Unsri Bukit Besar). Upacara peletakan batu pertamanya dilakukan pada tanggal 31 Oktober 1957.

Upaya selanjutnya adalah penegerian perguruan tinggi yang sudah ada tersebut. Dengan perjuangan gigih tokoh masyarakat Sumsel ketika itu, antara lain Kolonel Harun Sohar (Panglima selaku Ketua Paperda TT II/ Sriwijaya) dan H.A. Bastari (Gubernur), hambatan yang masih ada untuk berdirinya universitas negeri di Palembang dapat diatasi. Delegasi yang dikirim ke Jakarta bulan Desember 1959 menemui Menteri PPK (Mr. Moh Yamin) berhasil memperoleh jaminan kesediaan pemerintah untuk mengambil alih Perguruan Tinggi Sjakhjakirti menjadi suatu universitas negeri. Dengan Peraturan Pemerintah No. 42 Tahun 1960 tanggal 29 Oktober 1960 (Lembaran Negara Tahun 1960 No. 135) akhirnya berdirilah Universitas Sriwijaya yang peresmiannya dilakukan pada tanggal 3 November 1960 dalam upacara penandatanganan piagam pendirian oleh Presiden Soekarno dengan disaksikan oleh Menteri PPK (Mr. Priyono) dan beberapa Duta Besar negara sahabat. Sebagai Presiden Universitas yang pertama diangkat Drg. M. Isa yang diangkat dengan Keputusan Presiden No. 696/M tahun 1960 tanggal 29 Okober 1960.

Untuk memenuhi tuntutan perkembangan, Unsri kemudian merencanakan penambahan kampus, di luar Bukit Besar yang sudah ada, dengan membebaskan tanah seluas 712 hektare, di Indralaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (Sekarang Ogan Ilir), pada tahun 1982. Pembangunan kampus baru ini dimulai pada tahun 1983 dengan bantuan dana Asian Development Bank (ADB), yang secara fisik baru dimulai pada tahun 1989 dan berakhir pada tanggal 31 Desember 1993. Gubernur Sumatera Selatan H. Ramli Hasan Basri memberikan kuliah perdana menandai awal kegiatan akademik di kampus baru Indralaya ini pada tanggal 1 September 1993. Pemanfaatan sepenuhnya fasilitas di Kampus Indralaya dilaksanakan dengan Keputusan Rektor pada bulan Januari 1995 dimana ditetapkan bahwa terhitung sejak tanggal 1 Februari 1995 semua kegiatan administrasi dan sebagian besar kegiatan akademik diselenggarakan di Kampus Indralaya. Peresmian Kampus Unsri Indralaya yang sesungguhnya baru dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 1997 oleh Presiden Soeharto.

PERKEMBANGAN UNSRI DI LUAR SUMSEL

Setelah Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Lampung (YPPTL) dibentuk, maka didirikanlah Fakultas Ekonomi, Hukum, dan Sosial (FEHS). YPPTL ditugasi membina FEHS tersebut dan mengupayakan status negeri. Jalan yang ditempuh adalah dengan bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang. Berdasarkan keputusan Presiden Unsri Nomor D-40-7-1961, tanggal 14 Februari 1961, terhitung sejak 1 Februari 1961, FEHS Lampung ditetapkan sebagai Fakultas Ekonomi Cabang Unsri dan Fakultas Hukum Cabang Unsri berkedudukan di Telukbetung, Lampung. Pada tanggal 23 September 1965, keluar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 195 tahun 1965, yang meresmikan berdirinya Universitas Lampung sebagai universitas negeri di Lampung. Keputusan PTIP tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI No. 73 tahun 1966. Sehingga dapat dikatakan bahwa FEB dan FH merupakan fakultas tertua yang lahir bersamaan.

Lambang Universitas[sunting | sunting sumber]

Keterangan Lambang[sunting | sunting sumber]
Berkas:Almamater mini unsri.jpg
Almamater Universitas Sriwijaya dalam bentuk Miniatur (Jaket Kuning).

Bunga Melati merupakan bunga suci melambangkan kemurnian, keanggunan, keluhuran, wibawa dan kesetiaan pada cita-cita. Pada lambang digambarkan lima mahkota bunga (corolla) dengan warna kuning muda. Lima mahkota bunga melambangkan Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, sedangkan warna kuning muda melambangkan warna Universitas.

Bunga Seruni sebagai lambang yang paling tua ditemukan dalam sejarah Sriwijaya. Pada lambang digambarkan mahkota bunga (corolla) dari bunga yang terpilin (marginal flower), berjumlah 31, berwarna kuning emas yang terpilin. Jumlah 31 melambangkan tanggal lahir Unsri pada tanggal 31 Oktober 1960 dan warna kuning emas melambangkan keagungan Sriwijaya. Mahkota bunga yang terpilin ke kanan yang mengakibatkan ujung kelopaknya mengarah ke kiri dimaksudkan bahwa Universitas ini berjalan seirama dengan perputaran zaman.

Cahaya melambangkan ilmu pengetahuan, yang menerangi jagad, menunjukan bahwa hanya dengan ILMU ketidaktahuan dapat ditiadakan. Ilmu digambarkan dengan cahaya (nur) sebanyak 60 pancaran sinar dengan 10 sinar besar, berarti bulan Oktober 1960.

Kata-kata "UNIVERSITAS SRIWIJAYA" ditulis dengan huruf putih di atas dasar hitam yang melingkar di dalam bunga seruni. Hitam melambangkan ketidaktahuan. Dengan adanya cahaya, ketidaktahuan dapat ditiadakan, yang dilambangkan dengan huruf putih pada kata-kata UNIVERSITAS SRIWIJAYA menandakan Unsri sebagai gudang ilmu.

Motto "ILMU ALAT PENGABDIAN" ditulis dengan huruf berwarna emas di atas dasar hitam yang terletak dalam selendang dibagian bawah lambang. Motto ini melambangkan bahwa manusia wajib mengabdi kepada Tuhan, negara, bangsa, masyarakat, dan keluarga. Pengabdian yang tidak disertai dengan ilmu pengetahuan tidaklah sempurna.

Makna Lambang[sunting | sunting sumber]

Unsri sebagai sebuah kebangaan milik bangsa Indonesia yang berfalsafah hidup Pancasila selalu dengan penuh daya dan dinamika meningkatkan ilmu pengetahuan guna memerangi ketidaktahuan yang merupakan penghalang bagi masyarakat bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita masyarakat adil dan makmur serta dalam ridho Tuhan Yang Maha Esa.

Lokasi Kampus Utama[sunting | sunting sumber]

Lokasi Kampus Utama UNSRI Indralaya (dilihat dari atas).
Lokasi Kampus Utama UNSRI Indralaya (dilihat dari atas). Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia.

Universitas Sriwijaya memiliki dua buah kampus utama, yaitu di Kota Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) dan di kawasan Bukit Besar (Kota Palembang). Kampus Bukit Besar Palembang luasnya 32,5 hektare, dimanfaatkan sebagai fasilitas pendidikan program S0 (D3), D4, S2 dan S3, serta beberapa program ekstensi S1 untuk Kelas Palembang.

Gedung Rektorat dan Kantor Pusat Administrasi (KPA) Universitas Sriwijaya di Kampus Besar Indralaya
Berkas:Badia Perizade.jpg
Rektor Universitas Sriwijaya saat ini: Prof. Dr. Hj. Badia Perizade, M.B.A.
Berkas:FH Unsri.jpg
Tampilan Gedung Dekanat Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya
Berkas:FASILKOM Unsri.jpg
Tampilan Gedung Perkuliahan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya
Tampilan Gedung Aula Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Kampus Srijaya Negara, Bukit, Palembang
Trans Musi BRT yang melayani rute koridor Kampus Bukit Besar-Kampus Utama Indralaya
Kereta Mahasiswa Universitas Sriwijaya.
Kereta Mahasiswa 'Kertalaya' Universitas Sriwijaya.

Kampus Utama Indralaya dengan luas 712 hektare terletak 38 kilometer ke arah selatan kota Palembang, merupakan Pusat Kegiatan Pendidikan untuk jenjang Sarjana (S1). Di kampus Indralaya juga terdapat Kantor Pusat Administrasi (KPA), Perpustakaan Pusat, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, dan Stasiun Pemadam Kebakaran Universitas. meski belum tergarap secara penuh dan maksimal, Kampus Indralaya dinobatkan sebagai kampus dengan luas pengembahan lahan terluas di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Unsri juga mempunyai Kebun Percobaan seluas 50 hektare di daerah Gelumbang, Muara Enim (62 kilometer di selatan Palembang). Unsri juga memiliki Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Kampus FKIP di Jalan Srijaya KM. 5,5 Palembang, dan Kampus Pascasarjana di Jalan Padang Selasa Bukit Besar Palembang.

Sebagai moda transportasi mahasiswa alternatif selain bus kuning milik UNSRI, yang melayani dari Palembang-Indralaya dan sebaliknya, pemerintah juga telah menyediakan fasilitas Kereta Api Ekspress "Kertalaya" yang diresmikan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal pada awal Februari 2009. Nama ”Kertalaya” sendiri merupakan penggalan dari dua nama stasiun yang yang menjadi titik awal dan akhir perjalanannya: Kertapati dan Indralaya. Rangkaian railbus ini terdiri dari 3 set kereta (gerbong) penumpang, dengan kapasitas angkut masing-masing 110 orang duduk dan berdiri, dengan perbandingan duduk 36 orang dan berdiri 74 orang. Hal ini menjadikan Universitas Sriwijaya sebagai satu-satunya kampus universitas di Indonesia yang mahasiswanya dilayani secara khusus berangkat ke kampus dengan menggunakan gerbong kereta api. tidak hanya itu pada tahun 2012 Universitas Sriwijaya juga dilayani oleh BRT Trans Musi yang merupakan bus rapid transit yang menghubungkan kampus Bukit Besar Palembang dengan kampus utama Unsri di Indralaya.

PERINGKAT UNSRI

Universitas Sriwijaya meraih satu prestasi lagi pada pemeringkatan perguruan tinggi dalam pemanfaatan TIK untuk kegiatan pendidikan. Pada tanggal 1 Mei 2013 melalui acara Penganugerahan TeSCA Award 2013 di Jakarta telah diumumkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi yang melaksanakan atau memanfaatkan TIK dalam kegiatan pendidikan di lingkungan kampus, dan Universitas Sriwijaya meraih peringkat pertama untuk wilayah Sumatera atau peringkat 14 nasional dengan nilai indeks 4,091 (skala 5,000). Peningkatan prestasi ini cukup signifikan, mengingat pada tahun 2011 Universitas Sriwijaya menempati ranking 24 nasional dalam pemeringkatan TeSCA. TeSCA merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Telkom Indonesia dan diselenggarakan bekerjasama dengan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (Aptikom), Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas), serta PT Tempo Inti Media Tbk sebagai penyelenggara program. Program TeSCA bertujuan untuk mendorong terjadinya percepatan dan peningkatan pemanfaatan TIK di perguruan tinggi di Indonesia.  Metode penghitungan dan pemeringkatan PT pada TeSCA 2012 menggunakan metode ZEN Smart Campus yang mencakup suprastruktur kampus, infrastrutur teknologi, profil pemangku kepentingan, ragam pemanfaatan aplikasi. Selain itu, penilaian juga memperhitungkan strategi pendidikan nasional, dampak dan manfaat penerapan teknologi, komunitas eksternal, riset, e-Green (TIK ramah lingkungan), dan inovasi (pendidikan). (*PS)

Perguruan Tinggi Di SUMSEL

Kota Palembang memiliki beberapa perguruan tinggi di antaranya Universitas Sriwijaya di Bukit Besar, walaupun kampus utamanya yang memiliki luas 712 ha berada pada kawasan Inderalaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. saat ini menempati urutan ke-15 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics Juli 2010. Peringkat Universitas Sriwijaya dalam pemeringkatan World Class University versi Webometrics terus mengalami peningkatan sejak edisi Januari 2009 (peringkat ke-37), edisi Juli 2009 (peringkat ke-29) dan edisi Juli 2010 (peringkat ke-15). Untuk wilayah sumatera, Universitas Sriwijaya menempati peringkat ke-1 yang kemudian diikuti oleh Universitas Lampung (Unila), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Riau (Unri).

1. Universitas Bina Darma 2. Universitas Indo Global Mandiri  3. Politeknik Akamigas Palembang 4. STBA (Sekolah Tinggi Bahasa Asing) Methodist Palembang 5. STMIK GI MDP 6. STMIK PalComTech Palembang 7. STIE MUSI  8. STT MUSI  9. Universitas Muhammadiyah Palembang 10. Universitas Katolik Musi Charitas 11. Universitas Palembang 12. Universitas Syahyakirty 13. Universitas IBA 14. Universitas Taman Siswa 15. Universitas PGRI Palembang  16. Universitas Kader Bangsa 17. Universitas Tridinanti 18. Universitas Terbuka 19. AMIK SIGMA

PERINGKAT TERBARU SAMPAI SEKARANG

Ini dia daftar peringkat 1-50 PTN yang ada di Indonesia peringkat pertama berhasil diraih oleh ITB yang disusul oleh UGM pada peringkat kedua. sedangkan UNSRI berada pada peringkat yang ke sembilan. Selangkapnya Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam 50 Universitas Terbaik adalah sebagai berkut:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

3. Institut Teknologi Bandung

4. Universitas Brawijaya

5. Universitas Sebelas Maret

6. Institut Pertanian Bogor

7. Universitas Pendidikan Indonesia

8. Universitas Gunadarma

9. Universitas Sriwijaya

10. Universitas Airlangga

11. Universitas Kristen Petra

12. Universitas Diponegoro

13. Universitas Islam Indonesia

14. Universitas Mercu Buana

15. Universitas Negeri Semarang

16. Universitas Negeri Malang

17. Universitas Padjadjaran

18. Universitas Hasanuddin University

19. Universitas Muhammadiyah Malang

20. Universitas Sumatera Utara

Pimpinan Universitas[sunting | sunting sumber]

Struktur Pimpinan Universitas Sriwijaya untuk Periode 2011-2015

Rektor: Prof. Dr. Hj. Badia Perizade, M.B.A.

Pembantu Rektor I: Prof. Dr. Ir. Anis Saggaff, M.S.C.E.

Pembantu Rektor II: Hj. Rochmawati Daud, S.E., M.Si., Ak.

Pembantu Rektor III: dr. Syarif Husin, M.S.

Pembantu Rektor IV: Dr. Ir. A. Muslim, M.Agr.

Fakultas (S1 & S0)[sunting | sunting sumber]

Universitas Sriwijaya memiliki sepuluh fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ekonomi (FE)
    • Ekonomi Pembangunan (S1)
    • Manajemen (S1)
    • Akuntansi (S1)
    • Akuntansi (D3)
    • Kesekretariatan (D3)
  2. Fakultas Hukum (FH)
    • Ilmu Hukum (Kekhususan pada bidang Pidana, Perdata, Administrasi, Tata Negara, Internasional) (S1)
  3. Fakultas Teknik (FT)
    • Teknik Sipil (S1)
    • Teknik Pertambangan (S1)
    • Teknik Kimia (S1)
    • Teknik Elektro (S1)
    • Teknik Mesin (S1)
    • Arsitektur (S1)
    • Teknik Geologi S1
  4. Fakultas Kedokteran (FK)
    • Pendidikan Dokter (S1)
    • Ilmu Keperawatan (S1)
    • Kedokteran Gigi (S1)
    • Psikologi (S1)
    • Teknik Gigi (D3)
  5. Fakultas Pertanian (FP)
    • Agronomi (S1)
    • Ilmu Tanah (S1)
    • Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian (S1)
    • Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) (S1)
    • Ilmu Hama Dan Penyakit Tumbuhan (S1)
    • Teknik Hasil Pertanian (S1)
    • Teknik Pertanian (S1)
    • Peternakan (S1)
    • Budidaya Perairan (S1)
    • Teknologi Hasil Perikanan (S1)
    • Agroekoteknologi (S1)
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
    • Pendidikan Matematika (S1)
    • Pendidikan Biologi (S1)
    • Pendidikan Kimia (S1)
    • Pendidikan Fisika (S1)
    • Pendidikan Teknik Mesin (S1)
    • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (S1)
    • Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (S1)
    • Pendidikan Sejarah (S1)
    • Bimbingan & Konseling (S1)
    • Pendidikan Ekonomi (S1)
    • Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah (S1)
    • Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
    • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S1)
    • Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (D2)
    • Program Kependidikan Guru dalam Jabatan (S1)
    • Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    • Pendidikan Geografi (S1)
  7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
    • Ilmu Administrasi Negara (S1)
    • Sosiologi (S1)
    • Ilmu Komunikasi (S1)
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
    • Matematika (S1)
    • Fisika (S1)
    • Kimia (S1)
    • Biologi (S1)
    • Ilmu Kelautan (S1)
    • Farmasi (S1)
  9. Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM)
    • Teknik Informatika (S1)
    • Teknik Informatika (Bilingual S1)
    • Sistem Komputer (S1)
    • Sistem Komputer (Profesional S1)
    • Sistem Informasi (S1)
    • Sistem Informasi (Bilingual S1)
    • Sistem Informasi (Profesional S1)
    • Teknik Komputer (D3)
    • Manajemen Informatika (D3)
    • Komputerisasi Akuntansi (D3)
    • Teknik Komputer dan Jaringan (D3)
  10. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM)
    • Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1)

Program Pascasarjana[sunting | sunting sumber]

Program S2[sunting | sunting sumber]
  • Program Studi Ilmu Tanaman
  • program studi magister teknik informatika (impian masyarakat ,ada di tahun 2017)
  • Program Studi Agribisnis
  • Program Studi Ilmu Ekonomi
  • Program Studi Ilmu Hukum
  • Program Studi Pendidikan Bahasa
  • Program Studi Teknik Kimia
  • Program Studi Ilmu Biomedik
  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi Pengelolaan Lingkungan
  • Program Studi Administrasi Publik
  • Program Studi Pendidikan Matematika
  • Program Studi Teknologi Pendidikan
  • Program Studi Kependudukan
  • Program Studi Ilmu Manajemen
  • Program Studi Sosiologi
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Pertambangan
  • Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Program Studi Fisika
  • Program Studi Magister Manajemen
  • Program Studi Magister Kenotariatan
Program Double Degree S2[sunting | sunting sumber]
  • Double Master Degree Integrated Lowland Development And Management Planning (Dd-Ildm)
  • Double Master Degree On Integrated Food Production And Management Planning (Dd-Ifp)
  • Master of Management And Master of Business Administration
Program S3[sunting | sunting sumber]
  • Program Studi Doktor Ilmu Pertanian
  • Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan
  • Program Studi Doktor Ilmu Hukum
  • Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi
  • Program Studi Doktor Ilmu Manajemen
  • Program Studi Doktor MIPA
  • Program Studi Doktor Ilmu Teknik
Program Studi Pendidikan Profesi[sunting | sunting sumber]
  • Profesi Dokter (dr.)
  • Profesi Dokter Gigi (drg.)
  • Keperawatan (Ners.)
  • Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Program Pendidikan Dokter Spesialis[sunting | sunting sumber]
  • Ilmu Kesehatan Anak (SpA)
  • Ilmu Bedah (SpB)
  • Ilmu Penyakit Mata (SpM)
  • Ilmu Penyakit Dalam (SpPD)
  • Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (SpOG)
  • Ilmu Patologi Anatomi (SpPA)
  • Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (SpKK)
  • Ilmu Penyakit Syaraf (SpPS)
  • Ilmu Penyakit THT-KL (SpTHT-KL)
  • Ilmu Anestesiologi dan Reanimasi (SpAn)
  • Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Hematologi (SpPD-KHOM)
  • Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Alergi (SpPD-KAI)
  • Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Kardiovaskuler (SpPD-KKV)

Unit dan Organisasi[sunting | sunting sumber]

  • Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK)
  • Biro Administrasi Akademis Kemahasiswaan (BAAK)
  • Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI)
  • Unit Pelaksana Teknis Pusat Komputer (UPT PUSKOM)
  • Unit Pelaksana Teknis Penjaminan Mutu
  • Unit Pelaksana Teknis Lab Dasar Bersama
  • Unit Pelaksana Teknis Klinik Kesehatan
  • Unit Pelaksana Teknis Lembaga Bahasa
  • Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan
  • Unit Pelaksana Teknis Penerbit dan Percetakan
  • Unit Pelaksana Teknis Matakuliah Kepribadian (UPT MPK)
  • Pusat Pengembangan Pendidikan (PUSBANGDIK)
  • Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM)
  • Lembaga Penelitian (LEMLIT)
  • Pusat Pelayanan Jasa Ketenagakerjaan (PPJK)
  • Career Development Center (CDC)
  • Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH)

Pusat Unggulan Riset[sunting | sunting sumber]

  • Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Suboptimal
  • Riset Unggulan Strategis Nasional

Lima Keunggulan Student Center Unsri

GS. Student Center yang berada di kampus Unsri Indralaya tepatnya di belakang stadion Unsri memiliki beberapa keunggulan. Bangunan lima lantai yang merupakan bangunan termegah di Sumatera ini selain sebagai tempat kegiatan mahasiswa juga sebagai tempat penginapan untuk civitas akademika Unsri atau tamu dari luar Unsri. Pada 20 Desember 2012 yang lalu, Crew Gelora Sriwijaya menemui Pembantu Rektor I Unsri Dr. Ir. H. Anis Saggaf, MSCE untuk menceritakan keunggulan dan fasilitas-fasilitas yang ada di Student Center ini.

1.  Kantin higienes, Berpihak Pada Mahasiswa

Pada Lantai satu  student center, Dibawahnya terdapat beberapa ruangan. Ruangan itu diperuntukan bagi ormawa-ormawa yang ada di Universitas Sriwijaya sebagai sekretariat. Selain itu juga ada ruangan besar yang berada di ujung sebelah kanan untuk ruangan rapat. Dibawahnya lagi ada tonjolan  belakang, Ruangan ini dibuat kantin hieginis. Kantin ini mempunyai gizi yang bagus dan murah agar berpihak pada mahasiswa.

2.  Hall Kapasitas 1000 orang

Menjelajahi ruangan di lantai lantai tiga, akan terlihat dua sayap besar yaitu sayap kanan dan sayap kiri. Pada kedua sayap ini terdapat hall yang cukup besar dengan ukuran 50 x 40 meter atau 8 kali ruang rapat senat rektorat yang biasa dipakai mahasiswa Unsri. Kapasitasnya pun cukup besar, hall ini dapat menampung diatas 1000 orang.  Bagian sayap kirinya sama seperti kanan namun bedanya, hall nya diberikan dinding sekat bisa paralel 7 ruangan. Kegunaanya adalah untuk student training center, jika peserta training 1000 orang, hall student center bisa menjadi tempat yang cocok.

3.  Penginapan Sekelas Hotel Berbintang

Di lantai dua, di bagian sebelah kiri  dan kanan kanan ada kamar yang dibuat sekelas fasilitas yang biasa di kamar hotel,  jika naik lagi ke lantai empat dan lima, kedua lantai ini dibuat full kamar penginapan. di lantai lima disediakan kamar eksekutif,  bisa menampung  140 orang untuk bisa menginap.

4.  Perpustakaan Digital, Berlangganan Jutaan Buku

Pada student Center ini lantai dua dibuat agak menjorok kebelakang, disinilah tempat perpustakaan digital berada, yang isinya adalah 500 perangkat komputer yang dilinkan dengan inheriknya  dikti, dengan berlangganan jutaan buku yang dapat diakses oleh mahasiswa. 500 komputer akan dibagi menjadi tiga bagian yaitu 150 khusus untuk mahasiswa ketik mengetik,  ada 150 digunakan  untuk keluar atau terkonek pada web keluar. 200nya lagi untuk mendownload buku dan journal. Mahasiswa hanya tinggal membawa FD saja dan tidak mebayar atau gratis.

5.  Pusat Pelatihan ICT

Disamping digunakan untuk menampung kegiatan, Digunakan sebagai pusat pelatihan ICT. Info untuk saat ini ICT Unsri sudah cukup bagus, akan mencapai 100 mega byte, 2009 masih 4 mega byte, terus naik 25, sampai sekarang menjadi 100 Mega byte.

Beberapa Prestasi yang telah diraih oleh UNSRI
- masuk dalam jajaran 50 universitas terbaik nasional versi dikti - kampus terluas di asia tenggara dengan luas kampus sebesar 712 hektar - rektor unsri : Top 100 educators versi majalah campus asia - masuk rangking universitas dunia webometrics 2009 dan 2010 - peringkat 3 nasional paten hki antar perguruan tinggi - kordinator riset energi nasional - rusnas pebt - juara regional osn 2010 - peringkat ii ismc ( indonesia student mining competition ) 2009 dan 2010

Perhimpunan Mahasiswa dari masing-masing propinsi, seperti :

Ikammuda : ikatan keluarga mahasiswa muaradua  Kemala : Kesatuan mahasiswa lampung ipmr : Ikatan pelajar mahasiswa riau hima bajaj : Himpunan mahasiswa banten jakarta jawa barat permato : Persatuan mahasiswa tuah sakato padang saman : Silaturahmi mahasiswa aceh nanggroe (nad) immsu : Ikatan mahasiswa muslim sumatra utara (sumut) himatara : himpunan mahasiswa tapanuli utara (sumut) ikan mas : ikatan mahasiswa siantar (sumut) makasri : mahasiswa karo sriwijaya (sumut) himaja : Himpunan mahasiswa jambi isba :ikatan mahasiswa bangka -provinsi bangka belitung ikmabira : Ikatan mahasiswa bumi raflesia -bengkulu

Tokoh Mahasiswa dan Alumni Terkemuka (Berdasarkan Abjad)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]