Wikipedia:Arsip halaman utama/2022/02/11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Mahmoed Joenoes

Mahmoed Joenoes adalah seorang ulama Indonesia. Ia melewatkan waktunya sebagai pendidik dan pengajar. Ia dikenal pula melalui karya-karyanya meliputi sedikitnya 75 judul buku, termasuk menyusun Tafsir Qur'an Karim dan kamus Arab-Indonesia. Melalui jabatannya di Departemen Agama, ia menginisiasi dan memperjuangkan masuknya mata pelajaran pendidikan agama dalam kurikulum nasional. Buku-bukunya masih dipergunakan untuk keperluan pengajaran madrasah dan pesantren Indonesia. Yunus menerima gelar doktor kehormatan di bidang tarbiyah dari IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta dan namanya disematkan untuk jalan menuju kampus IAIN Imam Bonjol, Padang. Pada 1 Juni 1957, Yunus menjabat sebagai rektor pertama Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) di Jakarta yang kini bersambung menjadi UIN Syarif Hidayatullah. Jabatan terakhirnya selama menjadi pegawai Departemen Agama adalah rektor pertama IAIN Imam Bonjol sejak 1967 sampai 1970. Ia meninggal dalam usia 82 tahun pada 16 Januari 1982. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

Tahukah Anda

  • "... bahwa menurut sejarawan Yunani dan Romawi, Kleopatra meracuni diri sendiri dengan sarana baluran beracun atau benda runcing semisal tusuk konde?"
  • "... bahwa alergi air adalah alergi langka ketika seseorang merasa gatal-gatal yang menjalar saat kulitnya bersentuhan secara langsung dengan air?"
  • "... bahwa bahasa Muna merupakan sebuah bahasa Austronesia yang utamanya dituturkan di Pulau Muna dan sebagian barat laut Pulau Buton di Sulawesi Tenggara? Bahasa ini terancam punah dengan jumlah penutur yang semakin menurun tiap tahunnya."
  • "... bahwa Pertempuran Perlintasan Ciater adalah sebuah pertempuran yang berlangsung dari 5 hingga 7 Maret 1942 antara pasukan invasi Jepang melawan pasukan kolonial Belanda? Pertempuran ini memperebutkan Perlintasan Ciater yang memiliki peranan strategis dalam upaya pertahanan kota Bandung."

Tantangan kolaborasi

Kolaborasi artikel baru

Wikipedia membutuhkan artikel-artikel berikut! Mari bersama-sama merintis artikel berikut pada: (Februari 2022).

Tantangan kolaborasi
Hasil kolaborasi terbaru
Panduan menerjemahkan artikel · Arsip halaman yang telah dibuat

Hari ini dalam sejarah

11 Februari: Kemenangan Revolusi di Iran (1979); Hari Pembentukan Negara di Jepang

Tanggal lain: 10 Februari 11 Februari 12 Februari

Hari ini tanggal 11 Februari 2022 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Foto jarak dekat buah leci (dengan kulit dan terkupas) dan bijinya yang telah dikeluarkan
Foto jarak dekat buah leci (dengan kulit dan terkupas) dan bijinya yang telah dikeluarkan
(ukuran asli: 6.000 × 4.000 piksel, 11,63 MB)

Oleh: Ivar Leidus
Lisensi: CC BY-SA 4.0