Pembicaraan Pengguna:Hand15

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selamat datang di Wikipedia Indonesia, Hand15!

Berikut ini ada beberapa pranala (link) yang dapat Anda telusuri jika masih baru kepada Wikipedia:

Untuk menanda tangani sebuah pesan pada halaman diskusi, seperti halaman ini, ketik Kenrick95Bot 02:05, 24 Maret 2010 (UTC) (empat kali tanda gelombang/tilde). Semoga Anda menikmati kunjungan Anda di Wikipedia Indonesia. Salam!

You don't speak Indonesian?

•• Irwangatot 11:52, 3 November 2006 (UTC)


anu untuk unknown, hehehe, pintar. Boleh minta tolong untuk mberesin paradoks supaya bisa di "cerna" untuk umum seperti saya? Saya punya kesulitan untuk menggabungnya karena hal yang sangat sederhana: saya tidak mengerti dan tidak ahli. Serenity

Terima kasih. Sebenarnya saya melihatnya di [1]. Saya akan mencoba membereskan paradoks sebisa mungkin. Namun untuk sementara mungkin akan konsentrasi di Masalah Monty Hall dahulu. Sebenarnya saya pun bukan ahlinya, cuma pernah mengambil mata kuliah "probability" saja. Hand15 08:16, 17 Mei 2008 (UTC)

Ok, bikinnya yang "kreatif" yah (berharap), soalnya kayaknya yang versi en. juga agak bertele-tele. Kecuali bisa bahasa lain dan menemukan bahwa di bahasa lain ada yang bagus dan mudah dimengerti. Saya cuman sempat kuliah logika dasar dan senang tapi terus memang tidak dilanjutkan dengan tingkat yang lebih tinggi. Mungkin nanti. Serenity

Hei Hand, ada film bagus yang mengulas sedikit tentang Monty Hall, di film itu permasalahannya dibahas dalam waktu semenit, dibandingkan membaca panjang-panjang - menurut film itu kalau kamu menjawab benar, itu berarti manusianya hampir "emotionless" dan sangat logic - sounds a lil bit like a robot to me. Lucu aja lihatnya setelah membaca di sini. Anyway, the movie titled "21" dan salah satu yang main adalah Kate Bornsworth (nulisnya bener ngga nih? yang jadi pasangannya superman) dan Kevin Spacey. Thought you should check it out Serenity

Hihihi sebenarnya artikel "Monty Hall" ini saya terjemahkan setelah nonton film itu. Film yang sangat bagus. :) Hand15 10:56, 20 Mei 2008 (UTC)

LoL - korban yang sama, gue baru nonton tadi pagi, langsung inget elo Serenity

Asam amino[sunting sumber]

Anu, apa ngga terlalu "revolusioner" perubahan yg dilakukan thd nama-nama asam amino? Saya lihat situs web kimia Indonesia masih pakai akhiran "-in" untuk nama2 asam amino. Rentetannya panjang lho, nanti semua harus diubah, termasuk proteina, lalu albumina, dst. KBBI daring tidak jelas, histidina jadi entri, tp kok lisina/lisin ngga ada? Saya lbh suka pakai nama yg lama (akhiran -in), sudah sangat umum. Kembangraps 16:37, 10 Juni 2008 (UTC)

Sebenarnya memang nama sebenarnya itu -ina, cuma banyak yang suka make -in.
Menurut padanan dan hasil keputusan MABBIM:
  1. akhiran -ine dipadankan jadi -ina (biasanya zat yang mengandung amina (nitrogen), P, As, Sb)
  2. -in tetap jadi -in (biasanya nama ligan dan zat yang tidak mengandung nitrogen).
    Jadi albumin tetap albumin, protein yah tetap protein.
    Lagian amina (amine) pun namanya bukan amin. Memang harus diakui banyak yang salah kaprah memadankan akhiran -ine jadi -in. Contohnya saja EDTA (Ethylene diamine tetraacetic acid), itu banyak yang sebut Etilendiamintetraasetato, tapi sebenarnya itu Etilena diamina tertraasetat.
    Bukannya wikipedia harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar? Hand15 16:56, 10 Juni 2008 (UTC)

nimbrung: euh, kebenaran di wikipedia agak subyektif dan terbuka untuk diskusi (wisdom of the crowd). Berhubung saya tahu nol tentang hal ini tapi merasa bahwa bisa jadi konflik antara "-in" bagaimana kalau sebelum dirubah besar-besaran dibuat daftarnya dulu? Nanti bisa ditekan mana yang benar secara akademis dan mana yang umum diterapkan (diluar benar atau tidak). Serenity

BintangWiki
BintangWiki ini diberikan sebagai penghargaan atas kontribusinya yang luar biasa dalam artikel-artikel ilmu pengetahuan. Untuk Hand15 yang terus mengembangkan artikel kimia/fisika. Semangat! • Mimihitam  • 03:13, 24 Juni 2008 (UTC)

Kalo bisa, pranala merah Reaksi aldol tolong diisi, karena artikelnya sangat potensial  Mimihitam  • 16:08, 29 Juni 2008 (UTC)

Halaman Utama[sunting sumber]

Saya berusaha menggunakan kata kata kasar kepada orang ini. Semoga anda menggunakan kata kata kasar kepada dia supaya dia bisa keluar dari wikipedia  Azmi   Bicara  06:21, 5 Juli 2008 (UTC)

Re:Pemindahan[sunting sumber]

Kenapa harus dihapus? Kenapa tidak dibiarkan saja? borgx(kirim pesan) 06:45, 23 September 2008 (UTC)

Oke, akan saya pindahkan. borgx(kirim pesan) 09:33, 23 September 2008 (UTC)

Teori Medan Ligan[sunting sumber]

Walaupun tidak tertarik sama ranah ilmunya *nyengir*, am definitely interested in your capability on making it easily understood by the public. Sayangnya artikel yang begitu baik, gambarnya kok ndak diterjemahkan? [Berkas:LFTi(III).png] seperti [Berkas:Griffith experiment-id.svg] ini loh biar jadinya perfect. Serenity (bicara) (article perfectionist)

I'm a big fan of your writing. Tulis aja terjemahannya apa di halaman pembicaraan id.wikipedia dari gambarnya, nanti gue perbaharui/ tambah upload di commons. Serenity (bicara) 07:34, 3 Desember 2008 (UTC)
* Grinning * broadly Serenity (bicara)

Selamat Wikipedia, Mr. Hand![sunting sumber]

Salam kenal dari Pengguna:Relly Komaruzaman yang sedang terkena pemblokiran!

Relly Komaruzaman Bicara 11:19, 5 Desember 2008 (UTC)

  1. Exactly, that is why it has to be splitted 114 k man
  2. Disagree on disambiguation page, since my evolution is general and your evolution is bio-centered (particular). English page shouldn't be one yang dijadikan patokan. Your evolution page should be rename. Let's think of a solution.
  3. Moving this conversation to its rightful page. Talk page: evolution. Serenity (bicara)

Pesan Kedua untuk Mr. Hand[sunting sumber]

Selamat menerima pesan kedua dari saya!

Bagaimana caranya supaya kita dapat gaji dari Wikipedia bahasa Indonesia? Saya pikir Wikipedia bukanlah situs yang 100% berupa proyek nirlaba.

Salam Wikipedia dan terima kasih!

Relly Komaruzaman Bicara 14:59, 22 Januari 2009 (UTC)

Yang benar kan kafeina (caffeine), to? Kembangraps (bicara) 13:08, 2 Februari 2009 (UTC)

Sudah saya ubah tuh :). Saya ikutan pedoman Pusat Bahasa saja, sekalian untuk membiasakan pembaca. Mumpung belum banyak alkaloid yang ditulis (karena banyak yang berakhiran -ine). Agak bingung juga, krn rujukan berbahasa jerman memakai nama Kaffein. Tolong diawasi ya. :-) Kembangraps (bicara) 16:28, 2 Februari 2009 (UTC)

Creationisme[sunting sumber]

Sekedar info, Creationisme udah diterjemahkan jadi Ciptaanisme.

 ∧∧
 (,,゚Д゚)
03:37, 10 Maret 2009 (UTC) HTTP·404

Mohon bantuan Anda[sunting sumber]

Selamat malam, Hand15.

Apakah Anda dapat membantu saya?

Silakan Anda lihat Sarjana, setelah itu berikan pendapat Anda di halaman pembicaraan artikel tersebut.

Salam Wikipedia demi pencerdasan bangsa!

Relly Komaruzaman Bicara 14:28, 11 Maret 2009 (UTC)

Pengenalan[sunting sumber]

Bung Hand, saya rasa judul Pengenalan evolusi yang lebih tepat adalah Perkenalan terhadap evolusi. Bagaimana? 02:24, 24 April 2009 (UTC) Hubungi:
Bennylin
 ∧ ∧
(,,°Д°)

Sudah baca?[sunting sumber]

Halo, sudah baca ini? :-) •• ivanlanin 05:33, 25 April 2009 (UTC)

Terjemahan[sunting sumber]

Halo Hand15. Salam kenal, sy sedang cari-cari orang yang lebih tahu masalah kimia, dan saya menemukan anda berkat artikel Enzim. Saya mau inta tolong. Karena anda mungkin lebih paham kimia, kata-kata ini baiknya diterjemahkan jadi apa:

  • Whole food supplements
  • effervescent
  • Bodybuilding suplements
  • Energy bar
  • Wolfberry
  • Japanese Honeysuckle
  • Saw palmetto extract

Semuanya termasuk dalam suplemen makanan. Trims NoiX180 17:43, 1 Mei 2009 (UTC)

saya akan bantu terjemahkan dan isi pranala merah • Mimihitam  • 06:43, 3 Mei 2009 (UTC)

Hanyutan genetika[sunting sumber]

Sepertinya tidak bisa genetik > genetika, karena genetic adalah bentuk adjektif yang menerangkan kata drift. Alih istilah ke BI dilakukan secara utuh (sesuai dg istilahnya), tidak diterjemahkan sendiri2. Genetika adalah alih istilah bagi genetics, paralel dengan statistika dari statistics serta ekonomika dari economics. Kembangraps (bicara) 08:16, 28 Mei 2009 (UTC)

Re: Kerala School of Astronomy and Mathematics[sunting sumber]

Saya baca artikelnya di Wikipedia bahasa Inggris, dan saya dapat kesan bahwa itu memang sekolah. Kalau itu mazhab, tidak disebutkan corak khusus yang membedakannya dengan pemikiran sains lain. Kalau ada referensi lain mohon koreksi. Gombang (bicara) 03:31, 28 September 2009 (UTC)

Ok, sudah saya lihat lagi, ternyata memang tidak jelas ada sekolah atau tidak. Kalau dalam bahasa Inggris ini memang tidak masalah. Btw, diskusinya saya pindahkan ke halaman pembicaraan Kalkulus saja. Gombang (bicara) 03:40, 28 September 2009 (UTC)

Kalkulus[sunting sumber]

Ada beberapa usulan baru buat perbaikan. Silakan lihat di halaman perbincangan artikelnya. Thanks. Gombang (bicara) 18:14, 5 Oktober 2009 (UTC)

Proofread[sunting sumber]

Apakah Anda mengerti kedokteran? Jika iya, bisa tolong bantu proofread Imunitas? Terima kasih  Mimihitam  • 08:33, 11 Oktober 2009 (UTC)

Founder effect[sunting sumber]

Memang benar founder berarti pendiri, tetapi sebenarnya dalam persilsilahan founder berarti cikal-bakal atau moyang pertama. Kembangraps (bicara) 15:25, 13 Desember 2009 (UTC)

Saya tahu bbrp buku menggunakan istilah ini (bahkan sudah ada di dalam glosarium), tapi konsep yang dimaksud dalam kata "founder" adalah cikal-bakal (silakan baca buku2 sosiologi pedesaan, atau genetika populasi). Kurang tahu siapa penerjemah dari buku yg anda tunjukkan itu. Untuk sementara gunakan saja term itu ("Efek pendiri"), ini sekedar untuk catatan saja. Kembangraps (bicara) 16:46, 13 Desember 2009 (UTC)

Salam Pertama[sunting sumber]

Permintaan: Kirimkan pendapat dan salam Anda kepada saya ke Pembicaraan Pengguna:Erik Evrest karena saya ingin berteman dengan Anda sekalian. Terima kasih

BintangWiki[sunting sumber]

BintangWiki Sains
"BintangWiki Sains" diberikan kepada Hand15 yang telah dikenal atas kerja keras dan sumbangan berharga kepada artikel-artikel bertopik sains di Wikipedia Sebagai ungkapan terima kasih atas penulisan dan pengembangan banyak artikel sains dan matematika. Good job man! Gombang 30 Desember 2009

Templat: Infobox Country[sunting sumber]

Wah saya suka dengan Templat:Kotak info negara yang Anda buat. Terlihat lebih rapi dan enak dibaca. Itu parameternya sama semua dengan Templat:Infobox Country kan? Kalau begitu, bagaimana kalau langsung diterapkan saja ke Templat:Infobox Country, kemudian Templat:Kotak info negara dialihkan saja ke situ. Sebaiknya Anda yang melakukan, agar tercatat di sejarah suntingan sebagai kontribusi Anda.  -iNu-  ►  23:59, 10 Januari 2010 (UTC)

Pertanyaan Anda dua ya, saya jawab dulu yang kedua, jawabannya bisa. Sudah ada routine (program) untuk mengubah teks dari A ke B. Untuk nama-nama negara tersebut, artikel apa saja yang perlu diubah? Lalu untuk pertanyaan pertama lebih kompleks lagi, karena harus tahu bahwa tanda titik itu merupakan bagian dari angka, tepatnya untuk membagi 100000 menjadi 100.000 (ribu) bukan 1000,00 (sen). Ini mungkin harus manual. Salam
Bennylin
01:25, 14 Januari 2010 (UTC)

Oh, ya, kalau ada yang perlu diubah titik-komanya, kasih ke saya saja, saya bisa mengubahnya dengan cepat... :)
Bennylin
01:46, 14 Januari 2010 (UTC)

Halo! :-) ESCa 星旦 talk/ 09:49, 31 Januari 2010 (UTC)

Salah terjemah[sunting sumber]

Ah, baik, baik. Terima kasih. Ya, saya juga memang sering bingung, terlebih jarang orang yang bersedia ikut memperbaiki. Ya, barusan saya sudah mengubah "kelompok" menjadi "gugus". Tidak lama lagi yang lain menyusul. Jangan segan meralat! Selamat bekerja. Reindra (bicara) 06:30, 25 Februari 2010 (UTC)

Setelah saya periksa lagi, rupanya sudah banyak yang Anda ralat. Itu bagus. Saya benar-benar berterima kasih. Saya masih akan melanjutkan. Silakan diawasi bila ada kekeliruan lagi. Reindra (bicara) 06:39, 25 Februari 2010 (UTC)

Hehehe, iya nih, mohon maklum, masih amatir. Habis, jarang sih yang mau ikut menerjemahkan, untunglah ada Anda. Ya saya upayakan. Trims lho... :-) Reindra (bicara) 12:57, 1 Maret 2010 (UTC)

kata-kata pinjaman[sunting sumber]

Mana yang benar[sunting sumber]

Reindra (bicara) 03:26, 2 Maret 2010 (UTC)

Trims, Hand15. Tadinya beberapa istilah di atas akan saya terapkan sebagai suntingan kecil di artikel lipid. Tapi Escapade telah membenahinya. Trims, ya. Reindra (bicara) 11:26, 3 Maret 2010 (UTC)

Undangan[sunting sumber]

Berpartisipasilah dalam ProyekWiki Peristiwa terkini

Kami mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam
ProyekWiki Peristiwa terkini
Terima kasih !

·· Kenrick ( ) 14:59, 23 Maret 2010 (UTC)

Tanya Referensi Buku Berbahasa Mandarin[sunting sumber]

Mas, Saya Raina dari Binus University Sastra China. Saya ingin tanya perihal referensi Buku Berbahasa Mandarin. Apakah mengikuti format dalam hanzi atau di romanisasi(pinyin)? dan perlukah di tambahkan terjemahan lepas bahasa Indonesia-nya?

Terima Kasih 01Raina (bicara) 08:11, 27 Maret 2010 (UTC)

Kalau soal buku adakah konsensusnya? Kalau ada dimana bisa dibaca? Karena saya ingin menyunting Liaozhai Zhiyi (聊斋志异) dan halaman yang tersedia adalah Kisah Aneh Liaozhai. Menurut saya terjemahannya tidak padu tapi saya tidak tahu terjemahan padunya. Kalau misal diganti menjadi Liaozhai Zhiyi saja bisa tidak? sepeti Chun Qiu atau San Zi Jing? 01Raina (bicara) 09:15, 1 April 2010 (UTC)

Kalau pernah ada yang menerbitkan bukunya tapi berupa komik dengan isi yang sama itu termasuk? Seingat saya judulnya bukan itu, besok saya coba cari lagi bukunya. Tapi kalaupun beda kata mbak Siska saya tidak bisa mengubah judul halaman. Bisa dibantu untuk hal ini? 01Raina (bicara) 09:27, 1 April 2010 (UTC)

Peribahasa China[sunting sumber]

Mas, Maaf agak bawel tanya lagi. Kalau peribahasa itu masuk ke Wikipedia boleh tidak ya? Soalnya kalau di bahasa Inggris dia di redirect ke Wikiquote. Dan untuk kompetisi diperbolehkan atau tidak?

Terima kasih lagi =) 01Raina (bicara) 12:11, 27 Maret 2010 (UTC)

Terimakasih Hand15 untuk saran pemuatan Jurnal[sunting sumber]

Halo Hand15, salam kenal saya Yogha (pengguna baru), terimakasih sekali untuk petunjuk pemuatan sumber jurnal. Mohon kalau ada saran lagi saya dengan senang hati akan belajar terus memperbaiki kulitas penulisan saya. Terimakasih banyak.

--28Yoghatama (bicara) 13:38, 2 April 2010 (UTC)

Pertanyaan mengapa artikel saya tidak muncul di list ketika diketikkan di halaman cari judul wikipedia ?[sunting sumber]

Hallo Hand15, saya ada sedikit pertanyaan, saya baru saja membuat artikel Pati resisten semua berjalan dengan lancar, yang agak menjadi ganjalan adalah ketika saya mengetikkan "pati resisten" di halaman cari judul wikipedia kok nggak muncul dalam list ya (meskipun ketika dienter halaman tersebut tetap muncul), selain itu ketika saya ketikkan di google artikel yang saya buat tidak muncul juga, padahal harusnya artikel di wikipedia selalu muncul di awal? bagaimana supaya artikel tersebut muncul dalam list ketika kita mengetikkan "pati resisten" ? terimakasih banyak --28Yoghatama (bicara) 13:39, 7 April 2010 (UTC)

terimakasih banyak[sunting sumber]

Terimakasih banyak Hand15 atas penjelasannya. --28Yoghatama (bicara) 10:25, 8 April 2010 (UTC)

sekali lagi terimakasih banyak[sunting sumber]

sekali lagi terimakasih banyak Hand15 sudah mengkoreksi dan mengunjungi artikel yang sedang saya sunting. --28Yoghatama (bicara) 11:31, 8 April 2010 (UTC)

referensi mubazir[sunting sumber]

Wew, nah ini yg jd masalah saya mas dr kemaren2. Saya pada awalnya hanya mencantumkan 1 referensi di akhir paragraf (karena kebetulan 1 atau 2 paragraf berasal dari sumber yang sama) terus kan di-patrolkan sama mbak Exga trus jadi tiap titik diminta rujukan. Saya bingung tapi saya kan orang baru jadi saya ikut saja. Kalau soal halaman itu kan sama semua halamannya...nah begini saya makin bingung jadinya. Jadi sebenarnya gimana baiknya??? Atau mungkin pertanyaan saya kurang jelas barangkali.

Terima kasih, 01Raina (bicara) 03:48, 11 April 2010 (UTC)

Bebaskan Pengetahuan 2010
"Bintang Bebaskan Pengetahuan 2010" diberikan kepada pengguna yang telah berjasa pada kompetisi "Bebaskan Pengetahuan 2010" Wikipedia bahasa Indonesia. Selamat! ·· E-one · >>> ™ 12 April 2010

Sekarang hari Kamis, 25 April, 17:53 WIB

Nanya pertama[sunting sumber]

Halo, Pak Hand, mau minta tolong, saya pengen tau, referensi artikel saya yang sudah jadi kira-kita benar tidak ya? apakah ada yang ngaco? Mohon dibantu ya, kalo ada salah-salah nanti kasih tau ya ^^...ntar saya perbaiki lagi..Terima Kasih Banyak02Wahyudi (bicara) 02:46, 12 April 2010 (UTC)

ProyekWiki Artikel pilihan[sunting sumber]

Nama Anda saya cantumkan di satuan tugas pencari artikel ya (setelah membaca ini). Ada saran/komentar? Gombang (bicara) 13:40, 13 April 2010 (UTC)

PDRB per kapita Indonesia 2008.svg[sunting sumber]

Very nice, akan lebih baik lagi jika ada dalam dollar :)  Mimihitam  12:52, 21 April 2010 (UTC)

Also, you should rather upload it in commons  Mimihitam  12:55, 21 April 2010 (UTC)

Re:Patroli[sunting sumber]

Terima kasih atas patroli dan informasinya. 30Ikra (bicara)

Halo Pak Hand, sebelumnya bisa bantu saya untuk menjawab beberapa pertanyaan? yang pertama, kalau kita tidak berhasil menemukan gambar di wikicommons, sebaiknya mencari kemana lagi pak? mungkin bisa upload dari berkas yang kita unggah di commons, tetapi jika kita tidak punya bagaimana? selain public domain tersebut, apakah ada rambu2 yang boleh dipakai di wikipedia?

lalu, saat kita berkendala bahasa pada artikel bahasa lain, Ada tidak alat untuk mempermudah search pada bahasa lain ?

Sekian dan mohon balasannya, terimakasih banyak, Bp2010 Exga (bicara) 05:34, 25 April 2010 (UTC)

Pemilihan artikel kolaborasi I[sunting sumber]

Silakan berikan suara Anda untuk pemilihan artikel kolaborasi ProyekWiki Artikel pilihan Gombang (bicara) 14:29, 25 April 2010 (UTC)

Balas Hukum dan Teori[sunting sumber]

Dear Hand15...

Baik mohon maaf atas kesalahan pengetikan yang terjadi, terima kasih atas saran dan masukkannya...saya seorang penulis baru di Wikipedia mohon bantuan untuk mem"bebaskan" pengetahuan kepada teman-teman yang lain...

--85Raditia (bicara) 13:50, 28 April 2010 (UTC)

Re Aromatisitas[sunting sumber]

0w, krain sama jdi Aromatisitas th sifatnya lalu Aromatik (Apa bda dgan Senyawa Aromatik) ? Ngemeng kul jruzan apa Q trtarik ma kmia nh ntar da mau ikut 0limpiade nh... Hehehehe... Munkin bza ksi bhan....?  MasrudinNgomong Saat ini Hari, Kamis 25 April, 19:53 WIT 06:32, 29 April 2010 (UTC)

pnjlazannya Mantap!. 2 d p0int ja kra Aromatik=Senya Aromatik ? ngemeng2 yg akher tdi lum di jawab...  MasrudinNgomong Saat ini Hari, Kamis 25 April, 19:53 WIT 06:51, 29 April 2010 (UTC)
trnya bkn kmia ja lbh jlaz liad [2]. Jwb dum yg diataz dh q tbalin th  MasrudinNgomong Saat ini Hari, Kamis 25 April, 19:53 WIT 07:42, 29 April 2010 (UTC)
G jlaz ya

btw U kul d mana n juruzan apa ?  MasrudinNgomong Saat ini Hari, Kamis 25 April, 19:53 WIT 08:15, 29 April 2010 (UTC)

S0ry dh ktidran , wieh keren , emank klo kmia jrusannya apa aja(khususnya d Indoseia) ? Btw biza minta bahan tntang plajran kimia ?  MasrudinNgomong Saat ini Hari, Kamis 25 April, 19:53 WIT 20:51, 29 April 2010 (UTC)

If you're online and have time, I'm all ears for your new much improved formula for negative and positive evaluation for the second round. It should be announce ASAP if we implemented it, and I think your calculation is awesome and we should do it, but first, information should be shared fairly beforehand. Serenity (bicara) 04:11, 1 Mei 2010 (UTC)

Dinasti Song sama Ketuanan Melayu gak dilanjutin? :p  Mimihitam  10:56, 9 Mei 2010 (UTC)

Mohon Saran[sunting sumber]

Halo kak Hand, Saya ingin menanyakan mengenai artikel saya yang berjudul Percobaan kira2 apalagi ya kak yang masih perlu ditambahkan? Mohon masukannya yah kak. Terimakasih atas bantuannya :) 89Ruth (bicara) 13:12, 10 Mei 2010 (UTC)

Evaluasi artikel kolaborasi I[sunting sumber]

Sebagai anggota ProyekWiki Artikel pilihan, Anda diharapkan dapat ikut mengevaluasi artikel kolaborasi I. Gombang (bicara) 16:50, 10 Mei 2010 (UTC)

Pengumuman[sunting sumber]

Kepada semua anggota PW AP, artikel kolaborasi pertama (Atom) sudah diusulkan menjadi AP, mohon komentarnya: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Atom  Mimihitam  11:38, 14 Mei 2010 (UTC)

Satgas AP[sunting sumber]

Kolaborasi atom akan segera berakhir. Saatnya voting artikel baru :p Kalau usul saya: Ateisme (topik filsafat, jarang sekali tampil, mencoba untuk kolaborasi di bidang ini juga), Geng: Pengembaraan Bermula (mencoba yang agak susah sedikit: copyedit, proofread, pranala merah) dan Ganymede. Bagaimana pendapat bung Hand15? Ada usulan lain? Cheers  Mimihitam  11:52, 15 Mei 2010 (UTC)

Penghargaan Saintifik[sunting sumber]

BintangWiki Sains
"BintangWiki Sains" diberikan kepada Hand15 yang telah dikenal atas kerja keras dan sumbangan berharga kepada artikel-artikel bertopik sains di Wikipedia Sdr Hand15 cukup produktif memperkaya artikel-artikel saintifik. Penggunaan redaksi bahasanya sudah bertaraf tinggi. Layak diteladani. Reindra (bicara) 19:05, 15 Mei 2010 (UTC)

RE:Transliterasi HanyuPinyin[sunting sumber]

Ooo, saya sempat bingung karena Huangdi semua pake nada jadi saya ikut saja biar satu kelompok. Itu gimana ya untuk dipindah ke yang tanpa nada?

Terima kasih sebelumnya 01Raina (bicara) 05:46, 17 Mei 2010 (UTC)

Voting artikel kolaborasi pada PW AP telah dimulai! Silakan memberikan suara Anda: Wikipedia:ProyekWiki_Artikel_pilihan#Voting  Mimihitam  07:41, 18 Mei 2010 (UTC)

Vitamin C[sunting sumber]

Karena Serenity sudah terlanjur mengembangkan artikel Vitamin C maka saya gabungkan sejarahnya ya.
βέννγλιν 14:14, 28 Mei 2010 (UTC)

Sudah :) Saya cuma ganti parameter value1 jadi value (yaitu, kalau parameter IUPACName/OtherNames diisi). Di {{Chembox_entry}} juga saya ubah, karena di {{Chembox}} sama sekali tidak menggunakan parameter value1...value9. Mohon dicoba apakah sudah sesuai yang diinginkan. (Tapi sekarang malah tidak bisa ditutup. Tidak apa-apa? Emang perlu ya buka-tutup itu? Lebih mudah dihapus sih). Ada kemungkinan kecil karena css-nya untuk kelas "NavFrame"/"NavHead"/"NavContent" tidak sama, tapi nanti saya cek kalau hack ini tidak jalan untuk artikel-artikel Anda.
βέννγλιν 14:14, 28 Mei 2010 (UTC)

Yes..sukses. Ternyata javascriptnya perlu diperbarui.
βέννγλιν 13:52, 7 Juni 2010 (UTC)
Di tempat saya sudah bisa tuh...?
βέννγλιν 15:05, 9 Juni 2010 (UTC)
Sori, miskomunikasi, saya pikir maunya collapsed >< wakakaka... Udah diganti defaultnya show.
βέννγλιν 15:55, 9 Juni 2010 (UTC)

Check, check, Riboflavin bener emang Vitamin B2? Serenity (bicara) 10:19, 2 Juni 2010 (UTC)

Pendapat[sunting sumber]

Mohon pendapatnya di Pembicaraan:Atom#Konsep_atom_dari_India  Mimihitam  15:41, 8 Juni 2010 (UTC)

Himbauan: Atom terkena tag takakurat oleh Esca, dimohon refurbishmentnya sebelum ditampilkan di HU  Mimihitam  01:35, 14 Juni 2010 (UTC)

Kalau saya mengerti subjeknya, saya sudah nimbrung.  Mimihitam  06:13, 14 Juni 2010 (UTC)

Halo, kalau ada waktu mohon komentar anda tentang proposal ini. Terima kasih. Salam, Naval Scene (bicara) 15:15, 17 Juni 2010 (UTC)
Saya sangat butuh bantuan anda untuk mengevaluasi suntingan-suntingan nekat semacam ini dan itu. ESCa :-)/ 05:25, 21 Juni 2010 (UTC)
Yah. ESCa :-)/ 11:17, 21 Juni 2010 (UTC)

Halo, bisa minta tolong buat artikel Sejarah Israel, Sejarah Zionisme dan Sejarah Yahudi di Tanah Israel u/ mengisi pranala merah Israel? Soalnya saya agak bingung. Thank you very much  Mimihitam  18:17, 21 Juni 2010 (UTC)

Re: Khoe tjok tjin[sunting sumber]

Beneran kok. Sayangnya tidak ada referensi ataupun berita yang dapat mendukung pernyataan itu. Anda alumni SMA Sutomo 1 ya? ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 11:28, 17 Juli 2010 (UTC)

Pengumuman PW AP[sunting sumber]

Karena ateisme sudah dicalonkan menjadi AP, maka artikel kolaborasi proyek wiki artikel pilihan sekarang adalah: Ganymede. Terima kasih  Mimihitam  07:04, 13 Agustus 2010 (UTC)

Fill in the blank[sunting sumber]

udah ya bow, isi yang kosong dong. Serenity (bicara) 15:51, 16 September 2010 (UTC)

Refosforilasi oksidatif[sunting sumber]

You are welcome to review those redox coupling equations in oxidative phosphorylation. A wikistar awaits if you can prove them wrong. Another star for writing chemical equation of chemiosmotic coupling, another star for inserting Bruce Alberts' into the whole mechanism. Good luck. ESCa :-)/ 12:00, 18 November 2010 (UTC)

Ohh, two more things. You are not forbidden to ask for help from your academic friends and chemistry teachers. I won't insert Bruce Alberts' just by changing the equation notation "cytoplasm" to "intermembrane" as what happens in en, if i were you. ESCa :-)/ 22:30, 18 November 2010 (UTC)
Upon your success, i will gladly remove the tag not acurate. ESCa :-)/ 12:13, 26 November 2010 (UTC)
Because oxidative phosphorylation is a sophisticated topic and has multiple faceted issues. The chemical equation i wrote about coupling between Krebs cycle and Respiration is simply hypothesis, which i hope, is easy and simple enough, to higher academia as 1+1=3? to small children, to verify without references. I do not even know it is the right coupling term in Chemistry Science, nor do i know it is truly right or wrong. It is at least right as i believe it is, because of many ref i've read which give me a big picture which left only a small spot of possibility where it should dwell. I can sense there's a lot of flaw, but i can not write down all my hypothesis into the article without strong references. Conformational bias will be disaster. That's the relationship between your success and your review. Maybe later. ESCa :-)/ 22:47, 26 November 2010 (UTC)
Hahahaha. I don't think you will have capacity to tell that coupling between respirasome reaction and krebs cycle, as my hypothesis, is wrong. This coupling is coupling ing ing fundamental concept all enzymatic activities and what's lowering activation energy required to start an organic reaction, is not it? That's what it means by coupling, no? Well, if this simple hypothesis is not wrong, it means that all particle coupling reaction can be written in this manner, including coupling between deprotonation and ion H+ uptake by mitochondrion, as your hypothesis upon chemiosmotic coupling. I also don't think you can write the coupling reaction of your hypothesis, because as i see it, chemiosmotic coupling is not a particle coupling. It is, according to my brain, is is energy coupling. So, before you go for round 3 with someone else, make sure you remind yourself that, you can not judge other's edit based on your subjective hypothesis, it is against WP:NOR, WP:V and WP:RS at the same time, write your own hypothesis in your own userpage like i do or discuss it in talkpages. Don't insult other's hypothesis, non ref edits are challenged and so is a non ref judgment, Wikipedia is not governed by martial laws and you are not the one and only brain in the neighborhood no matter how wide access to knowledge you might have. All vandalism will be reverted in time, that's includes your insults. I just need to find a few ref to cite, that you really are worth it. Finally, be happy, the sky is yours. Please enjoy your 3rd chance, my dear. ESCa :-)/ 07:13, 26 Desember 2010 (UTC)

Barnstar[sunting sumber]

The Tireless Contributor Barnstar
The Tireless Contributor Barnstar (BintangWiki Kontributor yang tak kenal lelah) diberikan untuk pengguna yang pantang lelah mengontribusikan pengetahuannya yang sangat berharga untuk Wikipedia bahasa Indonesia. Selamat! Mikhailov Kusserow (bicara) 03:36, 12 Mei 2011 (UTC)


BintangWiki Wikipedia
"BintangWiki Wikipedia" diberikan kepada Hand15 yang telah dikenal dengan kontribusinya yang berharga kepada Wikipedia, agar dapat diketahui komunitas bahwa hasil kerja-kerasnya diketahui dan dihargai. Mikhailov Kusserow (bicara) 03:36, 12 Mei 2011 (UTC)

Mari memberi suara[sunting sumber]

Mari memberi suara dalam diskusi di bawah! Sudahkah Anda voting semua?


Pencabutan status pengurus
Nyilvoskt
Proposal kebijakan dan pedoman
Pedoman gaya
Kotak info
Permohonan pendapat
Gelar Khan
Amandemen kriteria artikel pilihan dan artikel bagus
Artikel Pilihan
Pengusulan
Hukum kewarganegaraan Israel
Sesium
Proklamasi Pendirian Negara
Penjadwalan
Peninjauan ulang
Gambar Pilihan
Pemilihan
Pengusulan
Artikel Bagus
Pengusulan (3 usulan aktif)
Peninjauan ulang
Penghapusan
Usulan
Evaluasi


Pilih, Setuju Setuju dengan empat tilda (format: {{vote|Y}} ~~~~) atau Tidak setuju Tidak setuju dengan empat tilda (format: {{vote|N}} ~~~~).

Spartanica ███ 11:02, 6 Juni 2011 (UTC)

BintangWiki
BintangWiki ini diberikan untuk Hand15 karena sudah berpartisipasi dalam proyek "Minerva Foundation for Science and Reason" dengan menerjemahkan artikel ledakan dahsyat.  Mimihitam  18:43, 22 Juli 2011 (UTC)


Intermediate Experienced Editor
"Intermediate Experienced Editor" diberikan kepada pengguna yang telah berkontribusi aktif dengan memberikan sumbangan sebanyak 3.000 hingga 6.999 suntingan pada Wikipedia Bahasa Indonesia, agar dapat diketahui komunitas bahwa hasil kerja kerasnya diketahui dan sangat dihargai serta ucapan terima kasih kepada pengguna yang terus aktif berkontribusi di komunitas ini. -- Atas kontribusi Anda yang telah menyumbangkan lebih dari 3.000++ suntingan hingga hari ini. Semoga Anda berkenan menerima penghargaan ini dari saya. Selamat berkarya dan salam sejahtera. -- Wagino 20100516 (bicara) 03:53, 10 September 2011 (UTC)

Barnstar Editor[sunting sumber]

Beginner Experienced Editor
"Beginner Experienced Editor" diberikan kepada pengguna yang telah berkontribusi aktif dengan memberikan sumbangan sebanyak 1.000 hingga 2.999 suntingan pada Wikipedia Bahasa Indonesia, agar dapat diketahui komunitas bahwa hasil kerja kerasnya diketahui dan sangat dihargai serta ucapan terima kasih kepada pengguna yang terus aktif berkontribusi di komunitas ini. Mikhailov Kusserow (bicara) 06:23, 17 September 2011 (UTC)


Intermediate Experienced Editor
"Intermediate Experienced Editor" diberikan kepada pengguna yang telah berkontribusi aktif dengan memberikan sumbangan sebanyak 3.000 hingga 6.999 suntingan pada Wikipedia Bahasa Indonesia, agar dapat diketahui komunitas bahwa hasil kerja kerasnya diketahui dan sangat dihargai serta ucapan terima kasih kepada pengguna yang terus aktif berkontribusi di komunitas ini. Mikhailov Kusserow (bicara) 06:23, 17 September 2011 (UTC)

Penggantian nama gambar[sunting sumber]

Halo Bung Hand15. Saya mau tanya, bagaimana anda mengganti nama-nama kimia pada berkas-berkas kimia dari wikipedia bahasa Inggris? Contohnya ini. Berkas ini anda ubah namanya dari berbahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Bagaimana mengubahnya? Salam. RaymondSutanto (bicara) 28 Oktober 2011 09.50 (UTC)[balas]

Terima kasih atas informasinya. Sudah saya coba. Salam. RaymondSutanto (bicara) 28 Oktober 2011 23.17 (UTC)[balas]

Nominasi penghapusan Berkas:Mao-short.gif[sunting sumber]

ArdBot (admin|laporkan) 3 Desember 2011 05.43 (UTC)[balas]

Re:Carbocation[sunting sumber]

Wah, terima kasih atas pemberitahuannya. Jujur saja, saya memang sebelumnya belum mendengar kata-kata ini. RaymondSutanto (bicara) 7 Desember 2011 22.57 (UTC)[balas]

Oh, ya, ngomong-ngomong, anda 'kan termasuk segelintir orang di WBI yang tertarik dengan ilmu fisika dan kimia, maukah anda membantu saya mengelola Portal:Ilmu atau Fisika atau Kimia? RaymondSutanto (bicara) 7 Desember 2011 23.25 (UTC)[balas]

Bantu sy dlm pengembangan tumbuhan obat[sunting sumber]

Apabila sy hendak menulis artikel, biasanya sy merujuk buku Atlas Tumbuhan Indonesia Jilid 5 karya (alm.) Setiawan Dalimartha. Nah, sy bingung dlm penerjemahan zat2 kimia yg terkandung pada tumbuhan tersbut. Misal, glyokoalkaloids solanine, solanigrine, (ranti), kaempferol-3-glucoside, delphinidine 3,3',5' (Kembang telang). Itu bagaimana cara penerjemahan katakata diatas, 'tuh, kak? --Akbar ini dari Kalbar 16 Februari 2013 12.09 (UTC)[balas]

Lalu, istilah kimia yg di atas itu bagaimana penerjemahannya, dan silahkan lihat2 di artikel yg sy kembang dgn kak Kak Wie, Turi, dan artikel maraton sy tumbuhan patah tulang dan daun asam kecil. Mungkin, anda bisa memperbaiki istilah2 kimia yg terkandung pada kegunaan dan manfaat. --Akbar ini dari Kalbar 16 Februari 2013 13.05 (UTC)[balas]

Bls: Berkas:Islam Indonesia Percentage Sensus2010.svg[sunting sumber]

Sepertinya berkas tersebut telah dikembalikan oleh pengurus lain. Saya mohon maaf atas keterlambatan membalas pesan dari anda. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 10 Mei 2013 08.06 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.48 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.52 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.52 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.53 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.56 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.58 (UTC)[balas]

ArdBot (admin|laporkan) 22 Mei 2013 18.59 (UTC)[balas]

Welcome back :D  Mimihitam  28 September 2014 19.05 (UTC)[balas]

Hand15, tolong donk artikel Pi dilanjutin lagi pengembangannya. Nanggung kan kalo masih ada bagian yang belum dikembangin --Erik Fastman (bicara) 21 Oktober 2015 08.57 (UTC)[balas]

Undangan[sunting sumber]

Anda diundang untuk ikut serta dalam ProyekWiki Perbaikan Terjemahan untuk memperbaiki kualitas terjemahan artikel-artikel panjang di Wikipedia Bahasa Indonesia.  Mimihitam  12 Oktober 2018 16.04 (UTC)[balas]

Hibah Saraswati (Wikimedia Indonesia)[sunting sumber]

Halo Hand15,

Perkenalkan, saya Gilang dari Wikimedia Indonesia. Saat ini Wikimedia Indonesia sedang membuka pendaftaran untuk hibah Saraswati. Saraswati adalah proyek kerja sama antara Wikimedia Foundation, Google, dan Wikimedia Indonesia untuk mendukung peningkatan konten di Wikipedia.

Tersedia 47 laptop dan 100 paket internet yang akan diberikan kepada penerima hibah. Informasi lebih detail mengenai hibah bisa dilihat di https://meta.wikimedia.org/wiki/Proyek_Saraswati/Hibah

Silakan mendaftar
Gilang SA (WMID) (bicara) 21 November 2019 09.48 (UTC)[balas]

Halo bung Hand15, ngomong-ngomong pengembangan artikel Pi-nya nggak dilanjutin lagi bung ? --Glorious Engine (bicara) 21 Mei 2020 06.19 (UTC)[balas]

Aduh maaf, baru sempat dibaca pesannya. Saya akan usahakan. Hand15 (bicara) 28 Juni 2020 23.15 (UTC)[balas]

Isidor Isaac Rabi[sunting sumber]

Bung Hand15, bisa minta tolong bantuin koreksi terjemahan dari artikel: Isidor Isaac Rabi What a joke (bicara) 28 Juni 2020 04.46 (UTC)[balas]

Saya akan usahakan. Hand15 (bicara) 28 Juni 2020 23.15 (UTC)[balas]

Terima kasih[sunting sumber]

Terima kasih sebelumnya karena sudah bersedia memperbaiki terjemahan artikel Isidor Isaac Rabi, maaf kalo merepotkan. Oh ya, bolehkah saya usulkan artikel itu jadi AP mengingat versi en.wiki-nya sudah jadi FA ? Masalahnya sekarang sistem pengusulan AP di WBI memakai sistem peninjauan seperti di en.wiki. Nanti kalo ada peninjauan spesifik (misal peninjauan soal ilmu fisika) saya harap Anda bersedia untuk memberikan sedikit penjelasan untuk menjawab tinjauan tersebut. Sekali lagi terima kasih What a joke (bicara) 4 Juli 2020 03.44 (UTC)[balas]

Sama-sama. Jika mau diusulkan boleh-boleh saja. Hand15 (bicara) 4 Juli 2020 05.21 (UTC)[balas]

Wah bung Hand15 aktif lagi mungkin bung akan tertarik mencoba sistem AP yang baru dengan mengusulkan artikel torium. Sebelumnya sudah pernah ada usulan bertopik kimia sebagai contoh: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Timbal. Danu Widjajanto (bicara) 4 Juli 2020 08.24 (UTC)[balas]

Bersediakan bung Hand15 untuk menjawab tinjauan-tinjauan disini: Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Isidor Isaac Rabi/2 --Glorious Engine (bicara) 8 Juli 2020 22.18 (UTC)[balas]

Pertanyaan[sunting sumber]

Halo, apakah Anda tertarik untuk menerjemahkan artikel en:Hassium? Terima kasih.

Silakan periksa email Anda[sunting sumber]

Halo Hand15: Silakan periksa email Anda! Subjek: "The Community Insights survey is coming!" Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan kirim email ke survey@wikimedia.org.

(English: Please check your email and spam! Subject is "The Community Insights survey is coming!" If you have questions, email surveys@wikimedia.org.)

Sorry for the inconvenience, see my explanation here.

MediaWiki message delivery (bicara) 24 September 2020 19.04 (UTC)[balas]

Sejarah pemikiran evolusi[sunting sumber]

Bung Hand15, bisa minta tolong bantuin koreksi terjemahan dari artikel: Sejarah pemikiran evolusi --Glorious Engine (bicara) 10 Desember 2020 08.37 (UTC)[balas]

Oke. Saya usahakan. Hand15 (bicara) 16 Desember 2020 22.25 (UTC)[balas]

Survei Kode Etik Universal[sunting sumber]

Salam,

Saya mengundang Anda untuk meluangkan waktu 5-10 menit bagi mengisi survei mengenai penegakan dan penerapan Kode Etik Universal (UCoC) pada proyek dan komunitas Wikimedia di Indonesia. Periode survei akan berakhir pada 28 Februari 2021.

Selain itu, Anda juga masih bisa membagikan ide, gagasan, atau pandangan pribadi dalam diskusi komunitas terkait UCoC di sini.

Terima kasih! RamzyM (WMF) (bicara) 17 Februari 2021 08.05 (UTC)[balas]

Mengenai halaman Penambahan dan Penjumlahan[sunting sumber]

Halo, kepada @Hand15, saya ingi bertanya mengenai kedua artikel di atas. Saya lihat di Glosarium Matematika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Disini, ada dua istilah matematika, yaitu:

summation - penjumlahan
addition - penambahan

Tapi, halaman penjumlahan dialihkan ke penambahan. Jadi, apa saya perlu mengalihkan penjumlahan ke Notasi Sigma. (Soalnya, dalam versi bahasa Inggrisnya juga berbeda, untuk (penambahan, penjumlahan, notasi Sigma, yang dimana Sigma notation merupakan halaman pengalihan untuk halaman Summation.) Dedhert.Jr (bicara) 9 Juni 2021 09.30 (UTC)[balas]

Undangan berkomentar pada Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal[sunting sumber]

Halo. Saya ingin mengundang Anda untuk berkomentar pada permohonan pendapat mengenai Rancangan Panduan Penegakan Kode Etik Universal (naskah rancangan). Saran, kritik, tambahan, maupun komentar Anda ditunggu sampai 17 Oktober 2021, dan akan menjadi dasar pertimbangan bagi Komite Perumus Fase 2 untuk menyempurnakan panduan ini. Salam, RamzyM (WMF) 13 September 2021 13.32 (UTC)[balas]

Pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan UCoC dibuka dari 7 Maret hingga 21 Maret 2022[sunting sumber]

Anda dapat menemukan pesan ini dalam bahasa lain di Meta-Wiki.

Halo semua,

Proses pemungutan suara untuk meratifikasi Pedoman Penegakan Kode Etik Universal (UCoC) telah dibuka! Pemungutan suara ini akan berlangsung di SecurePoll mulai 7 Maret 2022 hingga 21 Maret 2022. Silakan baca halaman informasi untuk pemilih dan syarat memilih.

Kode Etik Universal (UCoC) adalah kebijakan dasar perilaku yang dapat diterima untuk gerakan Wikimedia. Versi dari pedoman penegakan yang telah direvisi diterbitkan pada tanggal 24 Januari 2022 sebagai untuk menerapkan kebijakan UCoC dalam gerakan Wikimedia. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proyek UCoC di sini.

Anda juga dapat memberikan komentar pada halaman pembicaraan di Meta-wiki dalam bahasa apapun. Hubungi tim kami melalui email: ucocproject(_AT_)wikimedia.org

Teriring salam,

Tim Strategi dan Tata Kelola Gerakan

Yayasan Wikimedia

RamzyM (WMF) 18 Maret 2022 05.51 (UTC)[balas]

Pemberitahuan pencalonan Anda sebagai pengurus[sunting sumber]

S e l a m a t !
Anda telah dicalonkan menjadi pengurus


Berikan pernyataan Anda di sini

AdhiOK (bicara) 17 Juli 2022 00.30 (UTC)[balas]