Pembicaraan:Kalkulus

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Menrva (Dinilai kelas AP, Top)
Ikon ProyekWikiArtikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Menrva, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas artikel-artikel Menrva di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 AP  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas AP pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi 
Sangat penting
 
ProyekWiki Matematika (Dinilai kelas AP, prioritas Top)
Ikon ProyekWiki
Artikel ini berada dalam lingkup ProyekWiki Matematika, sebuah kolaborasi untuk meningkatkan kualitas Matematika di Wikipedia. Jika Anda ingin berpartisipasi, silakan kunjungi halaman proyek, dan Anda dapat berdiskusi dan melihat tugas yang tersedia.
 AP  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas FA pada skala kualitas proyek.
 Sangat tinggi  Prioritas: Sangat penting

Kerala School of Astronomy and Mathematics[sunting sumber]

School dalam kata ini bukan "Sekolah" dalam arti secara fisik, melainkan "School of thought" ataupun "School of Scholars". Dalam Bahasa Indonesia yang paling mendekati artinya saya kira "mazhab":

"Mazhab": golongan pemikir yg sepaham dl teori, ajaran, atau aliran tertentu di bidang ilmu, cabang kesenian, dsb dan yg berusaha untuk memajukan hal itu
"School": a group of artists, philosophers, etc. sharing similar ideas, methods, or style [1] Hand15 (bicara) 20:24, 27 September 2009 (UTC)

Saya baca artikelnya di Wikipedia bahasa Inggris, dan saya dapat kesan bahwa itu memang sekolah. Kalau itu mazhab, tidak disebutkan corak khusus yang membedakannya dengan pemikiran sains lain. Kalau ada referensi lain mohon koreksi. Gombang (bicara) 03:31, 28 September 2009 (UTC)

Ok, sudah saya lihat lagi, ternyata memang tidak jelas ada sekolah atau tidak. Kalau dalam bahasa Inggris ini memang tidak masalah. Btw, diskusinya saya pindahkan ke halaman pembicaraan Kalkulus saja. Gombang (bicara) 03:40, 28 September 2009 (UTC)

Informasi lebih jauh: http://www.canisius.edu/topos/rajeev.asp Gombang (bicara) 03:50, 28 September 2009 (UTC)


Kegedean[sunting sumber]

Rumus Jarak = Kec . Waktu kegedean tuh tulisannya. Kembangraps (bicara) 14:20, 5 Oktober 2009 (UTC)

Itu kayaknya karena pakai notasi LaTeX Gombang (bicara) 17:51, 5 Oktober 2009 (UTC)

Sudah diperkecil sama bennylin. Kembangraps (bicara) 10:04, 6 Oktober 2009 (UTC)

Fungsi primitif, aplikasi, dan fungsi nonlinear[sunting sumber]

Kalau di diferensial fungsi turunan diuraikan, di bagian integral konsep fungsi primitif (sebagai antiturunan) perlu dibahas juga. Selain itu, saya belum lihat aplikasi dalam geometri, yg sdh diajarkan di SMA utuk mengukur luas bidang di bawah kurva serta isi benda putar. Terus, sebaiknya disinggung pula turunan dan integral fungsi trigonometri, logaritmik, dan pangkat. Banyak maunya ya gue he he. Maksud gw, paling engga supaya artikel ini menutup semua wilayah ajaran SMA. Kembangraps (bicara) 14:26, 5 Oktober 2009 (UTC)

Isi benda putar diajarkan di SMA (sudah lama banget... I feel old) Gombang (bicara) 03:18, 9 Oktober 2009 (UTC)

Integral[sunting sumber]

Tidak jelas bahwa integral adalah limit (dari jumlahan Riemann). Selain itu hubungan integral dan antiturunan sebenarnya baru diketahui dari Teorema Dasar Kalkulus. Gombang (bicara) 18:10, 5 Oktober 2009 (UTC)

Ide limit bagi integral adalah semakin kecilnya lebar kolom2 batang. Memang sulit kalau tanpa gambar. Kalau Δd adalah lebar kolom-kolom yang digunakan untuk mendekati ruang di bawah kurva, maka limit Δd -> 0 akan menghasilkan pendekatan yang paling pas jika kolom2 batang itu dijumlahkan. Tentunya ini berlaku hanya di integral tertentu (finite) saja. Kembangraps (bicara) 10:04, 6 Oktober 2009 (UTC)

Ya, maksud saya memang definisi untuk integral tentu (yang sebenarnya lebih dulu dikenal). Sebelum Teorema dasar Kalkulus diketahui kan orang belum memberi nama integral taktentu untuk antiturunan. Gombang (bicara) 10:55, 6 Oktober 2009 (UTC)

Sudah saya kembangkan dan rapikan bagian turunan dan integral tertentunya. Coba di-review apakah ada kesalahan ataupun ada yang kurang. Soalnya pusing nulis notasi matematikanya @.@ Hand15 (bicara) 18:17, 7 Oktober 2009 (UTC)
Ok, sekilas sudah bagus, tapi saya ingin tahu apakah orang awam (seperti anak SMA) tidak kesulitan membacanya. Ada masukan dari yang lain? Gombang (bicara) 03:17, 9 Oktober 2009 (UTC)

Kalo ini saya sarankan ke mbak Serenity nanyanya, karena jasa dia dalam menyederhanakan gaya bahasa artikel AIDS saya anggap sangat bagus  Mimihitam  • 03:56, 9 Oktober 2009 (UTC)

Saya mau bantu terjemahkan gambar ini, namun arbitrary point, tangent, dan slope itu istilah bahasa Indonesianya apa ya? Trims • Mimihitam  • 06:43, 7 Oktober 2009 (UTC)

arbitrary point: titik sembarang
tangent: garis singgung
slope: kemiringan/gradien Hand15 (bicara)

Trims :) • Mimihitam  • 10:52, 7 Oktober 2009 (UTC)

Definisi[sunting sumber]

Pada subjudul "Limit dan kecil tak terhingga", apakah limit ada definisi alternatifnya? (bagian yang dalam kotak). Saya merasa yang sekarang agak membingungkan, kalau menimbang pola kalimat S-P-O-K. Salam, Naval Scene (bicara) 10:02, 10 November 2009 (UTC)

Maksudnya kata-katanya susah dicerna? Memang begitulah kata-kata dalam definisi formal matematika.Hand15 (bicara) 12:18, 18 November 2009 (UTC)

"Diberikan fungsi f(x) yang terdefinisikan pada interval di sekitar p, terkecuali mungkin pada p itu sendiri. Kita mengatakan bahwa limit f(x) ketika x mendekati p adalah L, dan menuliskan:" -- ini yang saya bingung pola kalimatnya.

Misalnya saya tulis ulang seperti di bawah ini, bisa tidak:

"Fungsi f(x) didefinisikan pada interval di sekitar p, kecuali mungkin pada p itu sendiri. Kita mengatakan bahwa bila limit f(x) ketika x mendekati p adalah L, maka akan dituliskan sebagai:" -- ini cuma seandainya, dan maaf kalau malah pengertiannya jadi salah karena saya sama sekali bukan pakar matematika. Naval Scene (bicara) 12:39, 18 November 2009 (UTC)

Sepertinya artinya sudah agak berubah. Definisi ini sebenarnya saya ambil dari salah satu buku kalkulus (bahasa Inggris), aslinya tertulis:

Let f(x) be defined on an open interval about p, except possibly at p itself. We say that the limit of f(x) as x approaches p is the number L, and write:

,

if, for every number ε > 0, there exists a corresponding number δ > 0 such that for all x,...dst

Sedangkan dalam wiki bahasa Inggris:

Suppose f : RR is defined on the real line and p,LR then we say the limit of f as x approaches p is L and write

if and only if for every real ε > 0 there exists a real δ > 0 such that 0 < | x - p | < δ implies | f(x) - L | < ε.

Coba buat yang ahli bahasa bagaimana caranya supanya terjemahan di atas tepat tapi mudah dimengerti. Hand15 (bicara)

Menghindari penggunaan kata "kita"[sunting sumber]

Saya rasa bahwa halaman ini memang sebaiknya dapat menghindari penggunaan kata kita, sesuai dengan pedoman gaya GAYA:MTK/NOKITA. Perlukah? Izin dengan memanggil anggota proyekWiki Matematika: @Kekavigi @Hadithfajri, dan yang lainnya. Salam, Dedhert.Jr (bicara) 20 Juni 2022 07.29 (UTC)[balas]

Tidak ada salahnya mencoba. Menghilangkan penggunaan kata "kita" di halaman ini sepertinya lebih mudah, ketimbang untuk beberapa artikel matematika yang lain. Definisi limit contohnya, bisa diubah menjadi:

Diberikan fungsi yang terdefinisi pada interval di sekitar , terkecuali mungkin pada itu sendiri. Limit ketika mendekati dikatakan bernilai , dan ditulis sebagai:

jika, untuk setiap bilangan , terdapat bilangan yang berkoresponden dengannya sedemikian rupa sehingga untuk setiap berlaku:

Kalau berkenan (dan penggunaan kata "kita" ingin dihindari), saya dapat ikut membantu. Salam, kekavigi (bicara) 20 Juni 2022 16.31 (UTC)[balas]
@Kekavigi Terima kasih, bung. Mungkim bung dapat membantu untuk memperbaikinya. Dedhert.Jr (bicara) 21 Juni 2022 16.29 (UTC)[balas]

Pencabutan[sunting sumber]

@Kekavigi, Artikel ini sepertinya sudah jauh dari kriteria AP. Hal ini dapat dibandingkan dengan artikel pilihan Parity of zero dan 1 - 2 + 3 - 4 + .... Perlukah halaman ini dicabut? Dedhert.Jr (bicara) 21 Juni 2022 16.32 (UTC)[balas]

Saya tidak tahu. Melihat percakapan pada bagian `Menghindari penggunaan kata "kita"`, saya berpikir, ada baiknya artikel ini diperbaiki saja dulu agar sama sesuai artikel-artikel pilihan yang Anda sebut. Jika dalam prosesnya ada penyunting (mungkin yang lebih mengerti tentang kriteria AP) yang mengusulkan pencabutan artikel pilihan karena perubahan yang terjadi terlalu banyak, barulah diskusi sebaiknya dilakukan. Salam, kekavigi (bicara) 22 Juni 2022 02.13 (UTC)[balas]
@Kekavigi Hmm... sebelum saya melakukan pencabutan, barangkali dapat dibahas bersama dengan anggota ProyekWiki lain di pembicaraan ini. Saya bahkan belum siap mengimplementasikan perbaikan artikel lantaran butuh pengguna untuk memberikan pendapat terkait hal ini, dan ini tidak hanya tentang pengguna kata "kita" saja. Dedhert.Jr (bicara) 12 Agustus 2022 11.41 (UTC)[balas]