Tugu Pemandengan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tugu Pemandengan
Tugu Pemandengan.jpg
Tugu Pemandengan
Informasi umum
JenisTugu
AlamatJalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon
KotaSurakarta
NegaraBendera Indonesia Indonesia

Tugu Pamandengan (bahasa Jawa: ꦠꦸꦒꦸ​ꦥꦩꦤ꧀ꦝꦼꦒꦤ꧀) adalah salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Surakarta. Tugu tersebut terletak di depan Balai Kota Solo dan termasuk dalam bangunan cagar budaya. Tugu setinggi tiga meter berdiri di persimpangan antara Jalan Jenderal Sudirman dan Kali Pepe.[1] Bangunan tugu berbentuk segiempat mengerucut ke atas dengan empat lentera mengarah ke segala arah.[2]

Tugu itu diperkirakan peninggalan antara Pakubuwana VI hingga Pakubuwana X.[2] Tugu ini menjadi titik kosmologi perkotaan pada zamannya. Tugu Pamandengan berfungsi sebagai titik fokus pandangan Sri Sunan ketika bermeditasi di Siti Hinggil.[1] Selain menjadi titik fokus Sri Sunan ketika bermeditasi tugu in juga berfungsi sebagai penanda nol kilometer Kota Surakarta.[3] Tugu Pamandengan merupakan titik kosmologi budaya Jawa. Dari tata letaknya bisa terlihat, ada Pasar Gede di sebelah timur sebagai simbol sifat duniawi yang terkait dengan hal ekonomis. Ada Masjid Agung di sebelah barat sebagai simbol untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Ada poros Tugu Pemandengan sebagai simbol visi raja yang luas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ofita Purwani (2014). Javanese power: silent ideology and built environment of Yogyakarta and Surakarta (Thesis). Edinburgh College of Art, Universty of Edinburgh. p. 206. https://era.ed.ac.uk/handle/1842/9885. 
  2. ^ a b Novita Rusdiyana (2018). "Bangunan Cagar Budaya Tugu Pamandengan". Surakarta.go.id. 
  3. ^ Bayu Ardi Isnanto (2016). "Tugu Pemandengan Titik Nol Kilometer Kota Solo Akan Jadi Ikon Baru". Solo.tribunews.com.