Proto-Protestanisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Protoprotestanisme)
John Wycliffe disebut sebagai "Bintang Fajar Reformasi" oleh Andy Thomson.[1]
Monumen Luther di Worms, termasuk pendahulu Protestan seperti Girolamo Savonarola, Jan Hus dan Peter Waldo[2]

Proto-Protestanisme, juga disebut pra-Protestanisme, merujuk pada individu dan gerakan yang menyebarkan berbagai gagasan yang kemudian dikaitkan dengan Protestanisme sebelum tahun 1517, yang biasanya dianggap oleh para sejarawan sebagai tahun dimulainya era Reformasi. Hubungan antara sekte-sekte abad pertengahan dan Protestanisme merupakan isu yang telah diperdebatkan oleh para sejarawan.[3]

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

Sebelum Martin Luther dan Yohanes Calvin, beberapa pemimpin mencoba mereformasi Kekristenan. Para pendahulu utama Reformasi Protestan adalah Peter Waldo, John Wycliffe dan Jan Hus.[4] Martin Luther sendiri memandang penting untuk memiliki pendahulu dari pandangan-pandangannya, dan dengan demikian ia memuji orang-orang seperti Girolamo Savonarola, Lorenzo Valla, Wessel Gansfort, dan kelompok-kelompok lain yang telah lebih dahulu memiliki pandangan-pandangan yang sama dengannya.[5][6][7][8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomson, Andy (1988). Morning Star of the Reformation (dalam bahasa Inggris). Bob Jones University Press. ISBN 978-0-89084-453-3. 
  2. ^ "Worms: world's largest Reformation Monument". Fotoeins Fotografie (dalam bahasa Inggris). 2017-05-15. Diakses tanggal 2021-12-31. 
  3. ^ Walther, Daniel (1968). "Were the Albigenses and Waldenses Forerunners of the Reformation?". Andrews University Seminary Studies. 6 (2). 
  4. ^ "Forerunners of the Reformation". Musée protestant. Diakses tanggal 2021-11-20. 
  5. ^ Daniels, David D. "Honor the Reformation's African roots". The Commercial Appeal (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-28. 
  6. ^ "Martin Luther and Ethiopian Christianity: Historical Traces | The University of Chicago Divinity School". divinity.uchicago.edu. Diakses tanggal 2022-01-28. 
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :3
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :4
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :5