Sastra Rumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sastra Rumania adalah sastra yang ditulis oleh para pengarang Rumania, meskipun istilah ini juga dapat digunakan untuk merujuk pada semua sastra yang ditulis dalam bahasa Rumania.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Permulaan[sunting | sunting sumber]

Dokumen tertua yang masih ada dalam bahasa Rumania adalah Neacşu Surat yang ditulis pada tahun 1521, kepada jude ("hakim dan wali kota") Braşov, Hans Benkner.

Rumania budaya sangat dipengaruhi oleh Gereja Ortodoks Timur, sikap resmi dari rumania Gereja yang Ortodoks dibawa ke rumania tanah oleh Rasul Andreas. Menurut beberapa pakar Rumania modern, pendapat bahwa kristenisasi terjadi sangat awal tidak dapat dipertahankan. Hal ini digunakan untuk tujuan-tujuan propaganda di masa pemerintahan otoriter sebagai bagian dari ideologi  protokronisme, yang menyatakan bahwa Gereja Ortodoks telah menjadi pendamping dan pembela bangsa Rumania dalam sepanjang sejarahnya. Buku-buku paling pertama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Rumania adalah teks-teks keagamaan berbahasa Slavia dari abad ke-15. Mazmur dari Şchei (Psaltirea Şcheiană) 1482 dan Voroneţ Codex (Codicele Voroneţean) adalah teks-teks yang ditulis di  Maramureş.

Museum Sastra Rumania, Chişinău

Buku pertama yang dicetak di Rumania adalah buku keagamaan Slavia pada tahun 1508. Buku pertama yang dicetak dalam bahasa Rumania adalah katekismus dari Diaken Coresi pada tahun 1559. Terjemahan-terjemahan lain dari buku-buku berbahasa Yunani dan Slavia dicetak kemudian pada abad ke-16. Dosoftei, seorang Moldavia, menerbitkan di Polandia pada tahun 1673, mazmur metrik pertama dalam bahasa Rumania. Ini adalah puisi tertua yang diketahui ditulis dalam bahasa Rumania. 


Upaya-upaya awal untuk menerbitkan Alkitab dalam bahasa Rumania dimulai dengan penerbitan pada 1582 Palia de la Orastie - terjemahan dari kitab pertama dari Perjanjian Lama - di kota kecil Orastie oleh Diaken Şerban (anak laki-laki dari Diaken Coresi  dari yang disebutkan di atas) dan Marien Diacul (Marien sang Juru tulis). Palia diterjemahkan dari bahasa Latin oleh Uskup Mihail Tordaş et al., terjemahannya diperiksa untuk ketepatannya dengan menggunakan terjemahan Alkitab bahasa Hongaria .

Keseluruhan Alkitab baru diterbitkan dalam bahasa Rumania pada akhir abad ke-17, ketika para biarawan di biara Snagov, dekat Bucharest, menerjemahkan dan mencetak "Biblia de la Bucureşti - "Alkitab Bucharest " pada tahun 1688.

Humanisme Eropa tiba di Moldavia pada abad ke-17 melalui Polandia dengan perantaraan, Miron Costin, yang menulis sebuah kronik sejarah tentang Moldavia. Humanis lainnya adalah Dimitrie Cantemir, yang menulis sejarah Rumania dan Moldavia.

Dekadensi Ottoman dan Phanariotes[sunting | sunting sumber]

Abad ke-18 di Rumania wilayahnya didominasi oleh Kesultanan Utsmaniyah, yang memutuskan untuk melarang para penguasa Rumania di Wallachia dan Moldavia dan sebaliknya memerintah melalui para pedagang Yunani dari Istambul, yang disebut phanariotes.

Dengan demikian, kebudayaan Yunani mempengaruhi perkembangan sastra Rumania. Misalnya, salah satu penyair terbesar abad ini adalah Alecu Văcărescu, yang menulis lagu-lagu cinta dalam tradisi Yunani kuno penyair Anacreon. Ayahnya, Ienăchiţă, adalah seorang penyair juga, tapi ia juga menulis tata bahasa Rumania pertama dan anak laki-lakinya, Iancu, mungkin salah satu penyair terbesar dari generasinya. Sebuah komedi manusia dikembangkan dalam anekdot Anton Pann, yang mencoba menggambarkan sedikit dari semangat Balkan dan cerita rakyat yang dibawa oleh Usmaniyah ke negeri Rumania.

Namun demikian, generasi berikutnya para penulis Rumania mengarah kepada Iluminisme Eropa untuk mendapatkan ilhamnya, antara lain Gheorghe Asachi, Ion Budai-Deleanu dan Dinicu Golescu.

Kebangkitan nasional[sunting | sunting sumber]

Ketika ide-ide revolusioner dari nasionalisme tersebar di Eropa, gagasan itu juga digunakan oleh orang-orang Rumania, yang menginginkan negara nasional mereka sendiri, tetapi mereka hidup di bawah kekuasaan asing. Banyak penulis Rumania waktu itu juga menjadi bagian dari gerakan nasional dan berpartisipasi dalam revolusi tahun 1821 dan 1848. The Origin of the Romanians mulai dibahas dan di Transylvania, sebuah gerakan Latinis Şcoala Ardeleană muncul, menghasilkan studi filologi tentang asal asal Romanik bahasa Rumania dan membuka sekolah-sekolah bahasa Rumania.

Orang-orang Rumania yang belajar di Prancis, Italia dan Jerman, dan filsafat Jerman dan budaya Prancis terintegrasi ke dalam sastra Rumania, mengurangi pengaruh dari Yunani Kuno dan Timur dari waktu ke waktu. Di Wallachia tokoh penting saat itu adalah Ion Heliade Rădulescu, yang mendirikan jurnal pertama berbahasa Rumania dan Philharmonic Society, yang kemudian mendirikan Teater Nasional Bucharest.

Para penulis yang paling penting dari paruh kedua abad ini adalah Vasile Alecsandri dan kemudian Mihai Eminescu. Alecsandri adalah seorang penulis yang produktif, memberikan kontribusi kepada sastra Rumania dengan puisi, prosa, beberapa drama, dan kumpulan cerita rakyat Rumania. Eminescu dianggap oleh sebagian besar kritikus sebagai penyair Rumania yang paling penting dan berpengaruh. Puisi liriknya memiliki banyak akarnya dalam tradisi-tradisi Rumania, tetapi juga dipengaruhi oleh filsafat jerman dan tradisi Hindu.

Lingkaran sastra Titu MaiorescuJunimea, didirikan pada tahun 1863 dan sering dikunjungi oleh banyak penulis Rumania. Ia memainkan peran penting dalam sastra Rumania. Banyak penulis rumania terkemuka, termasuk Ion Luca Caragiale, yang menulis sejumlah komedi Rumania yang terbaik, Ion Creangă, yang menulis cerita-cerita tradisional Rumania dan Barbu Ştefănescu Delavrancea, menerbitkan karya-karya mereka pada masa ini.

Sastra di masa antar Perang Dunia[sunting | sunting sumber]

Setelah mencapai persatuan nasional pada tahun 1918, sastra Rumania memasuki apa yang bisa disebut zaman keemasan, yang ditandai oleh perkembangan novel Rumania. Masyarakat tradisional dan berbagai peristiwa politik yang belakangan mempengaruhi karya-karya seperti Liviu RebreanuRăscoala ("Pemberontakan"), yang diterbitkan pada tahun 1932, yang diilhami oleh Pemberontakan Petani Rumania 1907, dan Pădurea Spânzuraţilor ("Hutan Mereka yang Digantung"), yang diterbitkan pada tahun 1922 dan diilhami oleh partisipasi Rumania dalam Perang Dunia I. Fajar novel modern dapat dilihat dalam karya Hortensia Papadat-Bengescu (Konser din muzică de Bach—"Konser Bach"), Camil Petrescu (Ultima noapte de dragoste, întâia noapte de război—"Malam Cinta Terakhir, Malam Pertama Perang"). George Călinescu adalah pribadi lain yang kompleks dari sastra Rumania: novelis, dramawan, penyair, kritikus sastra dan sejarawan, esais, jurnalis. Dia menerbitkan monograf yang berwibawa tentang Eminescu dan Creangă, dan sejarah sastra Rumania yang monumental (hampir 1.000 halaman dalam quarto) dari asal-usulnya hingga waktu penulisannya (1941).

Seorang penulis realis yang penting adalah Mihail Sadoveanu, yang menulis terutama novel-novel yang mengambil tempat berbagai kali dalam sejarah Moldova. Tapi mungkin para penulis yang paling penting adalah Tudor Arghezi, Lucian Blaga dan Mircea Eliade. Tudor Arghezi merevolusi puisi Rumania 50 tahun setelah Eminescu, menciptakan tiang-tiang baru bagi puisi Rumania modern. Lucian Blaga, salah satu tokoh artistik negara yang paling penting, mengembangkan melalui tulisan-tulisannya sebuah sistem filsafat yang penting, ang hingga kini masih belum dipahami dengan sempurna. Mircea Eliade saat ini dianggap sebagai sejarahwan agama yang paling terkemuka. Novel-novelnya mengungkapkan simbolisme mistis pra-Kristen yang merintis jalan bagi seni kontemporer Rumania.

Lahir di Rumania, Tristan Tzara, seorang penyair dan esais, adalah pendiri utama dari Dada, gerakan revolusioner nihilistik di bidang seni, dan mungkin telah bertanggung jawab untuk namanya (bahasa Rumania untuk "Ya"). Belakangan ia meninggalkan nihilisme untuk memilih surealisme dan Marxisme. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, budaya Rumania sepenuhnya terhubung ke budaya Barat, sementara Dadaisme adalah gerakan seni dan sastra Rumania pertama yang mendunia. Dadaisme dan Surealisme adalah bagian mendasar dari avant-garde, bentuk yang paling revolusioner dari modernisme. Avant garde Rumania sangat terwakili oleh Ion Minulescu, Gherasim Luca, Urmuz, Perpessicius, Tristan Tzara, Grigore Cugler, Geo Bogza, Barbu Fundoianu, Gellu Naum, Ilarie Voronca, dan Ion Vinea.

Era Komunis[sunting | sunting sumber]

Marin Preda sering dianggap tokoh novelis Rumania paling penting pasca-Perang Dunia II. Novelnya Moromeţii ("Keluarga Moromete") menggambarkan kehidupan dan kesulitan dari sebuah keluarga petani biasa di Rumania pra-perang dan kemudian selama munculnya komunisme di Rumania. Bukunya yang paling penting hingga sekarang adalah Cel mai iubit dintre pământeni ("Yang Paling Dicintai dari Penduduk Bumi"), sebuah gambaran yang kejam tentang masyarakat komunis. Beberapa penyair yang paling penting adalah Nichita Stănescu, Marin Sorescu, dan Ana Blandiana.

Di luar Rumania, Eugène Ionesco dan Emil Cioran mewakili semangat nasional di tingkat tertinggi. Eugène Ionesco adalah salah satu dramawan terkemuka dari Teater Absurd. Selain mengejek situasi yang paling dangkal, drama-drama Ionesco menggambarkan dalam cara yang nyata kesendirian manusia dan minimnya arti keberadaan seseorang, sementara Cioran adalah seorang penulis dan filsuf yang brilian.

Sastra kontemporer[sunting | sunting sumber]

Beberapa penulis kontemporer Rumania:

  • Gabriela Adameşteanu
  • Shtefan Agopian
  • Nicolae Breban
  • Svetlana Carstean
  • Mircea Cărtărescu
  • Traian T. Coşovei
  • Gheorghe Crăciun
  • Alexandru Ecovoiu
  • Radu Pavel Gheo
  • Florin Iaru
  • Ion Bogdan Lefter
  • Norman Manea
  • Dan C. Mihǎilescu
  • Herta Müller (2009 Nobel)
  • Ion Mureşan
  • Mircea Nedelciu
  • Dora Pavel
  • Simona Popescu
  • Sorin Preda
  • Doina Ruşti
  • Cecilia Ştefănescu
  • Dan Sociu
  • Ion Cari Berkah
  • Bogdan Suceavă
  • Cristian Teodorescu
  • Răzvan Ţupa
  • Dumitru Ţepeneag
  • George Cornilă

Kronologi: abad ke-19 hingga sekarang[sunting | sunting sumber]



Terjemahan sastra Rumania[sunting | sunting sumber]

  • "Testament - Anthology of Modern Romanian Verse - Edisi Bilingual - Bahasa Inggris/Bahasa Rumania" (Daniel Ionita, Eva Foster dan Daniel Reynaud; Editura Minerva 2012 - ISBN 978-973-21-0847-5). Buku ini menyajikan pilihan puisi rumania yang komprehensif dari tahun 1850 hingga saat ini (pasca-2010) yang meliputi 56 penyair dan lebih dari 75 puisi. Ini termasuk karya-karya klasik seperti Vasile Alecsandri, Mihai Eminescu, Ion Minulescu, George Cosbuc, Tudor Arghezi, Vasile Voicluescu, Nicolae Labis, serta tokoh-tokoh sezamannya seperti Nichita Stanescu, Ana Blandiana, Marin Sorescu, Nora Iuga, Cezar Ivanescu, Ileana Malancioiu, Adrian Paunescu, George Tarnea, Mircea Cartarescu, Daniel Banulescu, Lucian Vasilescu, Adrian Munteanu, Ioan Es.Pop, Liliana Ursu, Doina Uricariu, Liliana Ursu, dan lain-lain. Volume ini diberikan pengantar oleh kritikus sastra dan sejarahwan Alex Stefanescu.
  • "The Disheveled Maidens" (Hortensia Papadat-Bengescu, Romanian Cultural Institute Publishing House, 2004)

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar novelis Rumania
  • Daftar penulis Rumania

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • George Călinescu, Istoria literaturii române de la origini până dalam prezent ("Sejarah Sastra Rumania dari permulaan hingga hari ini"), 1941
  • Nicolae Iorga, Istoria literaturii româneşti ("Sejarah Sastra Rumania"), 1929
  • Alex Ștefănescu, Istoria literaturii române contemporane, 1941-2000 ("Sejarah Sastra Rumania Kontemporer, 1941-2000"), 2005

Pranala luar[sunting | sunting sumber]