Marin Sorescu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Marin Sorescu (pengucapan bahasa Rumania: [maˈrin soˈresku] ( simak); 29 Februari 1936 - 8 Desember 1996) adalah seorang penyair, penulis drama, penulis esai, pengarang prosa, penerjemah dan novelis Rumania. Karya-karyanya sudah diterjemahkan di lebih dari 20 negara, dan jumlah bukunya yang sudah diterbitkan lebih dari 60 buah. Ia juga terkenal karena lukisannya. Ia banyak mengadakan pameran seni di Rumania dan luar negeri. Ia menduduki posisi Menteri Kebudayaan dalam Kabinet Nicolae Văcăroiu, tanpa menjadi anggota partai politik manapun, setelah revolsui Rumania pada 1989 (dari 25 November 1993 hingga 5 Mei 1995).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sorescu dilahirkan dalam keluarga petani di Bulzești, Provinsi Dolj, dan lulus dari sekolah dasar di desana. Setelah itu ia belajar di SMA Bruder Buzesti di Craiova, dan kemudian pindah ke Sekolah Militer Predeal. Pendidikan akhirnya di Universitas Iaşi. Pada 1960, ia lulus dengan gelar dalam bahasa-bahasa modern. Bukunya yang pertama, sebuah kumpulan parodi pada 1964 berjudul Singur printre poeţi ("Sendirian di antara para Penyair"), dibahas dengan luas. Ia sendiri menyebut mereka "sarkastik dan canggung". Terbitan ini diikuti oleh sepuluh volume puisi dan prosa, yang dengan cepat melonjak dalam dunia sastra, sebagai penyair, novelis, penulis drama, dan esayis. Ia menjadi begitu populer sehingga pembacaan tulisan-tulisannya diadakan di stadion-stadion sepak bola. Pada 1971, menjadi residen dalam Program Penulis Internasional di Universitas Iowa.

Tentang puisinya, Sorescu mengatakan, dengan nada ironis: "Sama seperti saya tidak bisa melepaskan rokok karena saya tidak merokok, saya juga tidak dapat melepaskan penulisan karena saya tidak berbakat." Ia sering mengaku merasa terasing, dengan mengatakan, "Kata-kata yang terucapkan adalah perbatasan yang diseberani. Dengan mengucapkan sesuatu, saya gagal mengatakan banyak hal lainnya." Tentang sensor, ia mengatakan, setelah tulisannya yang terakhir, volume pasca-Revolusi 1989 ditunda, "Kita telah memenangkan kemerdekaan kita, karena itu saya tidak boleh mengeluh. Oh sensor, di manakah engkau berada sekarang?"

Kumpulan tulisan Sorescu Puisi-puisi yang Disensor terdiri dari puisi-puisi yang tidak dapat diterbitkan sampai akhir pemerintahan diktatur komunis Nicolae Ceauşescu; tentang masa ini, yang paling terkenal adalah House under surveillance (Rumah yang Diawasi).

Iona, drama yang ditulis oleh Marin Sorescu dan terbit pertama kali pada 1968 adalah sebuah adikarya sejati. Mitos alkitabiah mengatakan nabi Iona (Yunus) ditelan oleh seekor paus.[1] Dalam dramanya, Sorescu melanjutkan kisahnya lebih jauh dan membayangkan apa yang terjadi atas Iona sementara ia berada di dalam paus. "Bagian yang paling menakutkan dari drama ini ialah ketika Iona kehilangan gemanya," Sorescu menulis dalam pengantarnya. "Iona sendirian, tetapi gemanya utuh. Ia berseru: Io-na dan gemanya menjawab: Io-na. kemudian yang tersisah hanyalah setengah dari gema itu. Ia menyerukan Io-na, tetapi apa yang bisa didengarnya hanyalah Io. Io, dalam sejumlah bahasa kuno berarti aku".[2] Iona dimainkan dalam pertunjukan yang penuh sesak di Bucharest pada 1969, tetapi tragisnya segera dihentikan, karena dianggap terlalu kontroversial.[3]

Ia mengecewakan sejumlah pengagumnya dengan membiarkan dirinya diangkat menjadi Menteri Kebudayaan oleh pemerintah Front Penyelamat Nasional antara 1993 dan 1995.

Menderita sirosis dan hepatitis, ia meninggal karena serangan jantung di {{Rumah Sakit Elias]] di Bucharest, pada usia 60 tahun.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Ia juga dinominasikan untuk Hadiah Nobel dalam Sastra.

Afiliasi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hands Behind My Back: Selected Poems, trans. Gabriela Dragnea, Adriana Varga, & Stuart Friebert (Oberlin College Press, 1991). ISBN 0-932440-58-4
  • The Vintage Book of Contemporary World Poetry, edited by J.D. McClatchy, pg. 219.