Homofoni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Homofoni dalam "If Ye Love Me" karya Thomas Tallis, digubah pada tahun 1549. Soprano menyanyikan melodi (baris utama) sementara suara-suara lebih rendah mengisi harmoni (sebagai baris pendukung). Keserempakan ritmis di semua bagian membuat bagian ini menjadi contoh homoritme.

Dalam musik, homofoni (Yunani: ὁμόφωνος, homóphōnos, dari ὁμός, homós, "sama" dan φωνή, phōnē, "suara, nada") adalah tekstur di mana bagian suara utama didukung oleh satu atau lebih untaian tambahan yang memberikan harmoni.[1] Satu melodi mendominasi sementara bagian lain memainkan nada tunggal atau iringan yang rumit. Pembedaan peran ini kontras dengan polifoni yang bersuara setara (di mana baris-baris yang mirip bergerak dengan irama dan melodi yang independen untuk membentuk tekstur yang merata) dan monofoni (di mana semua bagian bergerak secara unisono atau oktaf).[2] Secara historis, homofoni dan peran-peran yang berbeda untuk setiap bagian suara muncul bersamaan dengan tonalitas, yang memberikan fungsi harmonis yang berbeda pada suara sopran, bass, dan suara bagian dalam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tubb, Monte (Fall 1987). "Textural Constructions in Music". Journal of Music Theory Pedagogy. 1 (2): 201–223. Templat:Page range too broad
  2. ^ McKay, George Frederick (2005). Creative Orchestration. George Frederick McKay Music Publishing, Bainbridge Island, Washington. (Originally published by Allyn & Bacon, Boston 1963, 2nd ed. 1965).