Sahabat Allah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sahabat Allah (Jerman: Gottesfreunde; atau gotesvriunde) adalah sekelompok mistik abad pertengahan dari kalangan gerejawi dan orang awam[1] dalam Gereja Katolik (meskipun nyaris menjadi sekte terpisah dan pusat miskisme Jerman. Kelompok tersebut dibentuk antara 1339 dan 1343 pada masa Kepausan Avignon saat Skisma Barat, sebuah masa puncak Gereja Katolik. Sahabat Allah awalnya terpusat di Basel, Swiss dan juga berpengaruh di Strasbourg dan Koln. Beberapa penulis akhir abad kesembilan belas membuat klaim-klaim besar untuk gerakan tersebut, memandangnya berpengaruh dalam mistikisme abad keempat belas dan sebagai pendahulu Reformasi Protestan.

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama "Sahabat Allah" terpengaruh oleh berbagai sumber. Sejumlah ayat Alkitab memakai istilah tersebut (contoh Hakim-Hakim 8:22, Yakobus 2:23, Keluaran 33:11, Mazmur 138:17, Kebijaksanaan 7:27, Lukas 12:4, Yohanes 15:15) konsep persahabatan dengan Allah juga diterapkan oleh berbagai penulis abad pertengahan, terutama Meister Eckhart dan para pengikutnya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Walsh
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Bernard McGinn 2005 p408

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "Friends of God". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Rufus M. Jones, Studies in Mystical Religion, Eugene, OR: Wipf and Stock, no date (originally published London: Macmillan, 1909)
  • Gordon Leff, Heresy in the Later Middle Ages: The Relation of Heterodoxy to Dissent, c. 1250 – c. 1450, Manchester: Manchester University Press, 1967 (reprinted by Sandpiper Book, 1999)
  • Bernard McGinn, The Harvest of Mysticism in Medieval Germany (The Presence of God Volume 4), The Crossroad Publishing Company (2005)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]