Permainan peran video

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Permainan peran video (bahasa Inggris: Role-playing video games atau RPG) adalah salah satu genre permainan video dimana para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Mengontrol protagonis, atau karakter-karakter dalam sebuah kelompok (biasa disebut party), menyelesaikan satu atau beberapa misi, adalah ciri-ciri penting dari RPG. Pada awalnya, RPG merupakan sebutan untuk permainan peran yang dilakukan secara manual. Dengan meningkatnya popularitas RPG elektronik, industri permainan video telah membuat istilah RPG dikenal untuk RPG elektronik saja, dan mengakibatkan munculnya istilah RPG "pen and paper" atau "tabletop" untuk mendeskripsikan RPG tradisional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Contoh permainan peran komputer, Arcanum: Of Steamworks and Magick Obscura (2001).

Permainan peran video memulai sejarah panjangnya pada pertengahan 1970, dari permainan papan Dungeons & Dragons. Konsep awal permainan adalah pemain diminta untuk memilih 3 kelas karakter (fighting-man, magic-user, dan cleric) dari 4 ras (human, dwarf, elf, dan hobbit). Untuk bermain permainan ini, pemain diharuskan mengikuti aturan bermain seperti layaknya pemainan monopoli, dan harus membaca buku manualnya yang cukup tebal. Permainan papan ini cukup diminati oleh kalangan terbatas, dan seiring perkembangannya, permainan ini menjadi dasar pengembangan ketika permainan RPG ini beralih ke permainan video, yang bisa dimainkan pada televisi atau komputer.

Game seperti Fighting Fantasy, Seri perang fantasi buatan Steve Jackson dan Ian Livingstone, juga merupakan kunci penting dalam perkembangan RPG. Di game ini, pemain harus menetapkan atribut dasar karakter, seperti health, stamina, dan luck, dan melanjutkan cerita dengan memilih mana halaman yang akan dibuka ketika disajikan dengan pilihan. Akan akan pertarungan di beberapa halaman dalam buku yang dapat dimenangkan dengan mengocok dadu. Permainan buku seperti ini adalah perkembangan dari permainan papan dan dasar permainan RPG zaman sekarang, dan masih di produksi hingga sekarang, dalam bentuk web online, maupun aplikasi untuk iOS dan Android.

Era baru RPG muncul ketika PC dan konsol mulai marak pada 1980-an. Wizardy dan Ultima menjadi pelopor lahirnya era RPG pada permainan komputer dan konsol. Mulai muncul pada 1980 dan dibuat berdasarkan game Wizardy, Ultima terkenal karena menjadi dasar apa yang gamer pikirkan sebagai RPG.

Salah satu inovasi yang paling bagus adalah ketika Ultima IV: Quest Of The Avatar, RPG tahun 1985, mengubah cara pemain menetapkan atribut dasar karakter saat memulai ‘New Game’ (arti: Permainan Baru). Biasanya, pemain akan menambahkan atribut yang diinginkan dengan menekan tombol + disamping atribut yang diinginkan, tapi, di permainan ini, komputer akan menanyakan pemain beberapa pertanyaan yang dapat dipilih jawabannya, dan kombinasi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan diubah menjadi atribut dasar pemain. Ini dapat menentukan apakah pemain memulai permainan dengan karakter yang memiliki atribut rendah, atau tinggi. Cara ini akhirnya diikuti oleh beberapa permainan terkenal zaman sekarang, seperti Final Fantasy Tactics A2: Grimoire of the Rift dan Brave Story: New Traveler.

The Bard’s Tale (1980) merupakan step-up dalam dunia RPG. Permainan ini memperkenalkan fitur game world (dunia game), lengkap dengan kota-kota yang pemain dapat jelajahi dan tempat membeli barang-barang. Jadi, permainan-permainan RPG sukses seperti Final Fantasy, Pokemon, Dragon Age, dan The Elder Scrolls, semuanya berdasar dari permainan ini.

Setelah suksesnya RPG seperti Dragon Quest dan Final Fantasy, Genre RPG mulai terpecah menjadi 2 tipe, JRPG (Japanese role-playing game), atau permainan peran video Jepang, dan WRPG (Western role-playing game), atau permainan peran video Barat, berhubung karena perbedaan budaya. Perbedaan yang dapat dengan mudah terlihat adalah dengan melihat desain karakterya. JRPG lebih ke anime-like karakter, sementara WRPG lebih ke real-human karakter. Meskipun, berdasarkan platformnya, RPG sudah dibagi antara komputer dan konsol.

Dungeon Master adalah permainan video pertama yang memperkenalkan RPG dengan sudut pandang orang pertama. Meskipun penggemar permainan ini menghilang dari waktu ke waktu, pada akhir tahun 80-an, permainan ini merupakan yang bertanggung jawab atas kurangnya tidur banyak remaja di dunia. Namun, pengaruh-nya tidak hilang begitu saja, dan dapat dirasakan hingga saat ini. Sebut saja, The Elder Scrolls dan Fallout buatan Bethesda Game Studio adalah contoh yang menggunakan konsep Dungeon Master ini.

Perlu diingat bahwa banyak permainan video yang tidak hanya memiliki satu genre. Sub-genre RPG, atau hasil campuran antara RPG dengan genre game lainnya, mulai dapat terlihat saat Nintendo mengeluarkan franchise terkenalnya, The Legend of Zelda, pada tahun 1986, yang disebut sebagai permainan peran-aksi (Action Role-playing game), karena menggunakan sistem RPG (Health dan Stamina) tapi menggunakan elemen dari genre permainan aksi. Permainan peran dunia terbuka (Open-world Role-playing game) juga merupakan sub-genre dari RPG, yang dapat terlihat pada seri Castlevania dan The Elder Scrolls.

Bagi para pemilik konsol, Final Fantasy adalah permainan yang membuka mata mereka terhadap kesenangan permainan RPG yang, meskipun sudah terdapat di konsol sejak tahun 1980-an, tidak terlalu terkenal. Dan karena kemajuan teknologi yang membuat optical disc berfungsi pada konsol, para pemain konsol akan bisa merasakan kesenangan yang sepadan dengan para pemain komputer, meskipun grafik pada konsol tidak akan bisa sebagus komputer karena keterbatasan memori yang dapat ditampung satu CD pada zaman itu.

Meskipun RPG pertama hanya memberikan pengalaman permainan untuk satu orang atau single player experience, multiplayer RPG mulai berkembang saat awal 1990, dengan RPG seperti Secret of Mana dan Diablo. Setelah maraknya internet pada tahun 2000-an, mulailah muncul RPG yang memanfaatkan online multiplayer, yang berkembang lagi menjadi Massive Multiplayer Online Role Playing Game atau MMORPG. Di Indonesia sendiri, MMORPG sudah banyak dimainkan, seperti Atlantica Online, Dragon Nest, Perfect World Indonesia, dan masih banyak lagi lainnya.

Permainan peran konsol[sunting | sunting sumber]

Sistem pertarungan yang lazim ditemukan pada permainan peran konsol, yaitu terlihat pilihan aksi dan statistik HP dan MP.

Permainan peran konsol (bahasa Inggris: Console Role-Playing Game, disingkat cRPG)[1] adalah genre permainan video yang berakar di alat permainan konsol, yang memiliki unsur-unsur permainan peran (RPG). Istilah ini juga berlaku pada permainan video pada sistem konsol genggam seperti Game Boy Advance dan PSP.

Karena unsur-unsur sejarah, budaya, dan kemampuan perangkat keras, permainan peran konsol telah berevolusi untuk memiliki ciri-ciri khas yang membedakannya dariPermainan peran elektronik lainnya. Karena sebagian besar cRPG berawal di Asia Timur, khususnya Jepang, cRPG sering disebut JRPG (Japanese Role-Playing Game).[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CRPG - The Online Dictionary.". Diakses tanggal 2006-08-09. 
  2. ^ "The History of Console RPGs" (HTML). GameSpot. Diakses tanggal 2007-10-24. 
  3. ^ "JRPG - What does JRPG stand for? Acronyms and abbreviations by the Free Online Dictionary.". Diakses tanggal 2007-03-30. )