Perbatasan samudra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rotating series of maps showing alternate divisions of the oceans
Peta yang menunjukkan perairan samudra dunia. Perairan yang terus-menerus mengelilingi Bumi, Dunia/Lautan Global dibagi menjadi beberapa wilayah utama. Lima samudra yang diakui adalah Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik, dan Selatan/Antartika; dua daftar terakhir terkadang dikonsolidasikan ke dalam tiga yang pertama.

Perbatasan samudra adalah batas dari perairan samudra di Bumi. Definisi dan jumlah lautan dapat bervariasi tergantung pada kriteria yang diadopsi. Pembagian utama (dalam urutan luas) dari lima samudera adalah Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Selatan (Antartika), dan Samudra Arktik. Wilayah lautan yang lebih kecil disebut laut, teluk, selat, dan istilah lainnya. Secara geologis, samudra adalah wilayah kerak samudra yang tertutup oleh air.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Meskipun secara umum digambarkan sebagai beberapa samudra yang terpisah, perairan samudra dunia merupakan satu badan air asin global yang saling berhubungan yang kadang-kadang disebut sebagai Lautan Dunia atau Samudra Global.[1][2] Konsep badan air yang berkesinambungan dengan pertukaran yang relatif bebas di antara bagian-bagiannya ini sangat penting untuk oseanografi.[3]

Pembagian samudra utama ditentukan sebagian oleh benua, berbagai kepulauan, dan kriteria lainnya. Pembagian utama (dalam urutan luas) adalah: Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Selatan (Antartika), dan Samudra Arktik. Wilayah lautan yang lebih kecil disebut laut, teluk, selat, dan istilah lainnya.

Secara geologis, samudra adalah wilayah kerak samudra yang tertutup oleh air. Kerak samudera adalah lapisan tipis batuan beku vulkanik padat yang menutupi mantel Bumi. Kerak benua lebih tebal tetapi kurang padat. Dari perspektif ini, Bumi memiliki tiga samudra: Samudra Dunia, Laut Kaspia, dan Laut Hitam. Dua yang terakhir dibentuk oleh tumbukan Cimmeria dengan Laurasia. Laut Mediterania terkadang merupakan samudra terpisah karena pergerakan lempeng tektonik telah berulang kali memutus hubungannya dengan Samudra Dunia melalui Selat Gibraltar. Laut Hitam terhubung ke Mediterania melalui Selat Bosporus, tetapi Bosporus adalah kanal alami yang memotong batuan benua sekitar 7.000 tahun yang lalu, bukan sepotong dasar laut samudra seperti Selat Gibraltar.

Terlepas dari namanya, beberapa "laut" terkurung daratan yang lebih kecil "tidak" terhubung dengan Samudra Dunia, seperti Laut Kaspia (yang bagaimanapun, secara geologis, merupakan samudra penuh—lihat di atas) dan banyak danau garam seperti Laut Aral.

Hirarki lengkap yang menunjukkan laut mana yang termasuk dalam samudra, menurut Organisasi Hidrografi Internasional (IHO), tersedia di situs web European Marine Gazetteer.[4]

Daftar lautan[sunting | sunting sumber]

Lautan dunia dibagi menjadi beberapa wilayah samudera utama yang dibatasi oleh benua dan berbagai fitur oseanografi: pembagian ini adalah Samudra Atlantik, Samudra Arktik (kadang dianggap sebagai muara Atlantik), Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Selatan, yang ditentukan oleh Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) pada tahun 2000, yang terakhir menjadi relatif tambahan baru yang diidentifikasi dengan ekosistem yang berbeda dan dampak unik pada iklim global.[5]

Jika dilihat dari kutub selatan Bumi, Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik dapat dilihat sebagai lobus yang memanjang ke arah utara dari Samudra Selatan. Lebih jauh ke utara, Atlantik terbuka ke Samudra Arktik, yang terhubung ke Pasifik oleh Selat Bering, membentuk hamparan air yang terus menerus.

Kelima samudra itu adalah:

Samudra Arktik[sunting | sunting sumber]

Perbatasan Samudra Arktik, menurut CIA World Factbook[6] (area biru), dan seperti yang didefinisikan oleh IHO (garis hitam – tidak termasuk badan air marjinal)

Samudra Arktik menutupi sebagian besar Kutub Utara dan menyapu Amerika Utara dan Eurasia. Kadang-kadang dianggap sebagai laut atau muara Samudera Atlantik.[7][8]

Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) mendefinisikan batas Samudra Arktik (tidak termasuk laut yang dikandungnya) sebagai berikut:[9]:Art. 17

Antara Greenland dan Spitsbergen Barat [sic] — Batas utara Laut Greenland.[Arc 1]

Antara Spitzbergen Barat dan Tanah Timur Laut — paralel dari lat. 80° LU.

Dari Cape Leigh Smith ke Cape Kohlsaat — batas utara Laut Barentsz [sic].[Arc 2]

Dari Tanjung Kohlsaat hingga Tanjung Molotov — batas utara Laut Kara.[Arc 3]

Dari Tanjung Molotov hingga ujung utara Pulau Kotelni — batas utara Laut Laptev.[Arc 4]

Dari Point Barrow ke Ujung Cape Land di Pulau Prince Patrick — batas utara Laut Beaufort,[Arc 5] melalui pantai barat laut Pulau Pangeran Patrick ke Cape Leopold M’Clintock, kemudian ke Cape Murray (Pulau Brook [sic]) dan sepanjang pantai Barat Laut ke titik ekstrim Utara; ke Tanjung Mackay (Pulau Borden); melalui pantai barat laut Pulau Borden ke Cape Malloch, ke Cape Isachsen (Pulau Ellef Ringnes); ke titik barat laut Pulau Meighen hingga Cape Stallworthy (Pulau Axel Heiberg) hingga Cape Colgate titik paling barat Pulau Ellesmere; melalui pantai utara Pulau Ellesmere ke Cape Columbia kemudian garis ke Cape Morris Jesup (Greenland).

Perhatikan bahwa definisi ini mengecualikan badan air marjinal yang ditetapkan secara terpisah oleh IHO (seperti Laut Kara dan Laut Siberia Timur), meskipun ini biasanya dianggap sebagai bagian dari Samudra Arktik.

CIA mendefinisikan batas Samudra Arktik secara berbeda, seperti yang digambarkan dalam peta yang membandingkan definisinya dengan definisi IHO.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Defined by IHO as "A line joining the Northernmost point of Spitzbergen [sic] [Svalbard] to the Northernmost point of Greenland."
  2. ^ Defined by IHO as "Cape Leigh Smith across the Islands Bolshoy Ostrov (Great Island) [Storøya], Gilles [Kvitøya] and Victoria; Cape Mary Harmsworth (Southwestern extremity of Alexandra Land) along the northern coasts of Franz-Josef Land as far as Cape Kohlsaat (81°14′N, 65°10′E)."
  3. ^ Defined by IHO as "Cape Kohlsaat to Cape Molotov (81°16′N, 93°43′E) (Northern extremity of Severnaya Zemlya on Komsomolets Island)."
  4. ^ Defined by IHO as "A line joining Cape Molotov to the Northern extremity of Kotelni Island (76°10′N, 138°50′E)."
  5. ^ Defined by IHO as "A line from Point Barrow, Alaska, to Lands End, Prince Patrick Island (76°16′N, 124°08′W)."

Samudra Atlantik[sunting | sunting sumber]

Samudera Atlantik, menurut CIA World Factbook[10] (area biru), dan seperti yang didefinisikan oleh IHO (garis hitam – tidak termasuk badan air marjinal)

Samudra Atlantik memisahkan Amerika dari Eropa dan Afrika. Ini dapat dibagi lagi oleh Khatulistiwa menjadi bagian utara dan selatan.

Lautan Atlantik Utara[sunting | sunting sumber]

Edisi ke-3, yang saat ini berlaku, dari Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) Limits of Oceans and Seas mendefinisikan batas Samudra Atlantik Utara (tidak termasuk laut yang dikandungnya) sebagai berikut:[9]:Art.23

Di Barat. Batas Timur Laut Karibia,[Atl 1] batas Tenggara Teluk Meksiko[Atl 2] dari pesisir utara Kuba hingga Key West, batas barat daya Teluk Fundy[Atl 3] dan batas Tenggara dan Timur Laut Teluk St. Lawrence.[Atl 4]

Di Utara. Batas Selatan Selat Davis[Atl 5] dari pesisir Labrador hingga Greenland dan batas barat daya Laut Greenland[Atl 6] dan Laut Norwegia[Atl 7] dari Greenland ke Kepulauan Shetland.

Di Timur. Batas barat laut dari Laut Utara,[Atl 8] batas Utara dan Barat Laut Skotlandia,[Atl 9] batas selatan Laut Irlandia,[Atl 10] batas barat Bristol[Atl 11] dan Selat Inggris,[Atl 12] dari Teluk Biscay[Atl 13] dan Laut Mediterania.[Atl 14]

Di Selatan. khatulistiwa, dari pesisir Brasil hingga batas Barat Daya Teluk Guinea.[Atl 15]

Lautan Atlantik Selatan[sunting | sunting sumber]

Edisi ke-3 (saat ini berlaku) dari Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) Limits of Oceans and Seas mendefinisikan batas Samudra Atlantik Selatan (tidak termasuk laut yang dikandungnya) sebagai berikut:[9]

Di Barat Daya. Meridian Tanjung Horn, Chili (67°16'B) dari Tierra del Fuego ke Benua Antartika; garis dari Cape Virgins (52°21′S 68°21′W / 52.350°S 68.350°W / -52.350; -68.350) ke Cape Espiritu Santo, Tierra del Fuego, pintu masuk Timur ke Selat Magelhaens.

Di Barat. Batas Rio de la Plata.[Atl 16]

Di Utara. Batas Selatan Samudera Atlantik Utara.

Di Timur Laut. Batas Teluk Guinea.[Atl 15]

Di Tenggara. Dari Tanjung Agulhas sepanjang meridian 20° Timur hingga benua Antartika.

Di Selatan. Benua Antarktika.

Perhatikan bahwa definisi ini mengecualikan badan air marjinal yang ditetapkan secara terpisah oleh IHO (seperti Teluk Biscay dan Teluk Guinea), meskipun ini biasanya dianggap sebagai bagian dari Samudra Atlantik.

Dalam draf tahun 2002, IHO mendefinisikan ulang Samudra Atlantik, memindahkan batas selatannya ke 60°LS, dengan perairan di selatan garis tersebut diidentifikasi sebagai Lautan Selatan. Definisi baru ini belum diratifikasi (dan, sebagai tambahan, reservasi diajukan pada tahun 2003 oleh Australia.)[11] Meskipun nama "Samudera Selatan" sering digunakan, beberapa otoritas geografis seperti World Atlas edisi ke-10 dari Yayasan National Geographic AS umumnya menunjukkan Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik berlanjut ke Antartika. Jika dan ketika diadopsi, definisi tahun 2002 akan diterbitkan dalam edisi ke-4 Batas Lautan dan Lautan, melembagakan kembali "Samudera Selatan" edisi ke-2, dihilangkan dari edisi ke-3.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Defined by IHO as "From Point San Diego (Puerto Rico) Northward along the meridian thereof (65°39'W) to the 100 fathom line, thence Eastward and Southward, in such a manner that all islands, shoals and narrow waters of the Lesser Antilles are included in the Caribbean Sea as far as Galera Point (Northeast extremity of the island of Trinidad). From Galera Point through Trinidad to Galeota Point (Southeast extreme) and thence to Baja Point (9°32′N 61°0′W / 9.533°N 61.000°W / 9.533; -61.000) in Venezuela".
  2. ^ Defined by IHO as "A line joining Cape Catoche Light (21°37′N 87°04′W / 21.617°N 87.067°W / 21.617; -87.067) with the Light on Cape San Antonio in Cuba, through this island to the meridian of 83°W and to the Northward along this meridian to the latitude of the South point of the Dry Tortugas (24°35'N), along this parallel Eastward to Rebecca Shoal (82°35'W) thence through the shoals and Florida Keys to the mainland at eastern end of Florida Bay, all the narrow waters between the Dry Tortugas and the mainland being considered to be within the Gulf".
  3. ^ Defined by IHO as "A line running northwesterly from Cape St. Mary (44°05'N) Nova Scotia, through Machias Seal Island (67°06'W) and on to Little River Head (44°39'N) in the State of Maine".
  4. ^ Defined by IHO as "A line from Cape Canso (45°20′N 61°0′W / 45.333°N 61.000°W / 45.333; -61.000) to Red Point (45°35′N 60°45′W / 45.583°N 60.750°W / 45.583; -60.750) in Cape Breton Island, through this Island to Cape Breton and on to Pointe Blanche (46°45′N 56°11′W / 46.750°N 56.183°W / 46.750; -56.183) in the Island of St. Pierre, and thence to the Southwest point of Morgan Island (46°51′N 55°49′W / 46.850°N 55.817°W / 46.850; -55.817)" and "A line running from Cape Bauld (North point of Kirpon Island, 51°40′N 55°25′W / 51.667°N 55.417°W / 51.667; -55.417) to the East extreme of Belle Isle and on to the Northeast Ledge (52°02′N 55°15′W / 52.033°N 55.250°W / 52.033; -55.250). Thence a line joining this ledge with the East extreme of Cape St. Charles (52°13'N) in Labrador".
  5. ^ Defined by IHO as "The parallel of 60° North between Greenland and Labrador".
  6. ^ Defined by IHO as "A line joining Straumness (NW extreme of Iceland) to Cape Nansen (68°15′N 29°30′W / 68.250°N 29.500°W / 68.250; -29.500) in Greenland".
  7. ^ Defined by IHO as "From a point on the West coast of Norway in Latitude 61°00' North along this parallel to Longitude 0°53' West thence a line to the NE extreme of Fuglö (62°21′N 6°15′W / 62.350°N 6.250°W / 62.350; -6.250 (Fuglö)) and on to the East extreme of Gerpir (65°05′N 13°30′W / 65.083°N 13.500°W / 65.083; -13.500 (Gerpir)) in Iceland".
  8. ^ Defined by IHO as "From Dunnet Head (3°22'W) in Scotland to Tor Ness (58°47'N) in the Island of Hoy, thence through this island to the Kame of Hoy (58°55'N) on to Breck Ness on Mainland (58°58'N) through this island to Costa Head (3°14'W) and to Inga Ness (59'17'N) in Westray through Westray, to Bow Head, across to Mull Head (North point of Papa Westray) and on to Seal Skerry (North point of North Ronaldsay) and thence to Horse Island (South point of the Shetland Islands)".
  9. ^ Defined by IHO as "A line running from Bloody Foreland (55°10′N 8°17′W / 55.167°N 8.283°W / 55.167; -8.283) in Ireland to the West point of Tory Island, on to Barra Head, the Southwest point of the Hebrides, thence through these islands, in such a manner that the West coasts of the main islands appertain to the Atlantic Ocean and all the narrow waters appertain to the Inner Seas, as far as the Butt of Lewis (North Point), and thence to Cape Wrath (58°37'N) in Scotland".
  10. ^ Defined by IHO as "A line joining St. David's Head (51°54′N 5°19′W / 51.900°N 5.317°W / 51.900; -5.317) to Carnsore Point (52°10′N 6°22′W / 52.167°N 6.367°W / 52.167; -6.367)".
  11. ^ Defined by IHO as "a line joining Hartland Point [in Devon] (51°01′N 4°32′W / 51.017°N 4.533°W / 51.017; -4.533) to St. Govan's Head [in Pembrokeshire] (51°36′N 4°55′W / 51.600°N 4.917°W / 51.600; -4.917)".
  12. ^ Defined by IHO as "A line joining Isle Vierge (48°38′23″N 4°34′13″W / 48.63972°N 4.57028°W / 48.63972; -4.57028) to Lands End (50°04′N 5°43′W / 50.067°N 5.717°W / 50.067; -5.717)".
  13. ^ Defined by IHO as "A line joining Cap Ortegal (43°46′N 7°52′W / 43.767°N 7.867°W / 43.767; -7.867) to Penmarch Point (47°48′N 4°22′W / 47.800°N 4.367°W / 47.800; -4.367)".
  14. ^ Defined by IHO as "A line joining the extremities of Cape Trafalgar (Spain) and Cape Spartel (Africa)".
  15. ^ a b Defined by IHO as "A line running Southeastward from Cape Palmas in Liberia to Cape Lopez (0°38′S 8°42′E / 0.633°S 8.700°E / -0.633; 8.700)".
  16. ^ Defined by IHO as "A line joining Punta del Este, Uruguay (34°58.5′S 54°57.5′W / 34.9750°S 54.9583°W / -34.9750; -54.9583) and Cabo San Antonio, Argentina (36°18′S 56°46′W / 36.300°S 56.767°W / -36.300; -56.767)".

Samudra Hindia[sunting | sunting sumber]

Samudera Hindia, menurut CIA World Factbook[12] (area biru), dan seperti yang didefinisikan oleh IHO (garis hitam – tidak termasuk badan air marjinal)

Samudra Hindia meliputi Asia selatan dan memisahkan Afrika dan Australia.

Edisi ke-3, yang saat ini berlaku, dari Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) Limits of Oceans and Seas mendefinisikan batas Samudera Hindia (tidak termasuk lautan yang dikandungnya) sebagai berikut:[9]

Di Utara. Batas Selatan Laut Arab[I 1] dan Laut Lakadewa,[I 2] batas selatan Teluk Benggala,[I 3] batas selatan Kepulauan Hindia Timur,[I 4] dan batas selatan Great Australian Bight.[I 5]
Di Barat. Dari Tanjung Agulhas di panjang 20°. Timur, ke selatan di sepanjang meridian ini ke Benua Antartika.
Di Timur. Dari South East Cape, titik Selatan Tasmania turun meridian 146°55'E ke Benua Antartika.
Di Selatan. Benua Antartika.

Perhatikan bahwa definisi ini mengecualikan perairan marjinal yang ditetapkan secara terpisah oleh IHO (seperti Teluk Benggala dan Laut Arab), meskipun ini biasanya dianggap sebagai bagian dari Samudra Hindia.

Dalam drafnya tahun 2002, IHO mendefinisikan ulang Samudra Hindia, memindahkan batas selatannya ke 60°LS, dengan perairan di selatan garis tersebut diidentifikasi sebagai Lautan Selatan. Definisi baru ini belum diratifikasi (dan, sebagai tambahan, reservasi diajukan pada tahun 2003 oleh Australia.)[11] Meskipun nama "Samudera Selatan" sering digunakan, beberapa otoritas geografis seperti World Atlas edisi ke-10 dari Yayasan National Geographic AS umumnya menunjukkan Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik berlanjut ke Antartika. Jika dan ketika diadopsi, definisi tahun 2002 akan diterbitkan dalam edisi ke-4 Batas Lautan dan Lautan, melembagakan kembali "Samudera Selatan" edisi ke-2, dihilangkan dari edisi ke-3.

Batas Samudra Hindia adalah masalah konstitusional bagi Australia. Undang-Undang Kolonisasi Imperial South Australia, 1834, yang menetapkan Koloni Australia Selatan menetapkan batas selatan Australia Selatan sebagai “Samudra Selatan”. Definisi ini dibawa melalui undang-undang konstitusional Australia atas Federasi Australia pada tahun 1901.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Defined by IHO as "A line running from the South extremity of Addu Atoll (Maldives), to the Eastern extreme of Ràs Hafun (Africa, 10°26'N)".
  2. ^ Defined by IHO as "A line running from Dondra Head in Ceylon [Sri Lanka] to the most Southerly point of Addu Atoll".
  3. ^ Defined by IHO as "Adam's Bridge (between India and Ceylon and from the Southern extreme of Dondra Head (South point of Ceylon) to the North point of Poeloe Bras (5°44′N 95°04′E / 5.733°N 95.067°E / 5.733; 95.067)".
  4. ^ Defined by IHO as the southern limits of the Java Sea ("the North and West coasts of Java to Java Hoofd (6°46′S 105°12′E / 6.767°S 105.200°E / -6.767; 105.200) its Western point, and thence a line to Vlakke Hoek (5°55′S 104°35′E / 5.917°S 104.583°E / -5.917; 104.583) the Southern extreme of Sumatra"), the Bali Sea ("A line from Tanjong Bantenan through the Southern points of Balt [sic] and Noesa Islands to Tanjong Bt Gendang, the Southwest extreme of Lombok, and its South coast to Tanjong Ringgit the Southeast extreme, thence a line to Tanjong Mangkoen (9°01′S 116°43′E / 9.017°S 116.717°E / -9.017; 116.717) the Southwest extreme of Soembawa"), the Savu Sea ("By a line from the Southwest point of Timor to the Northeast point of Roti, through this island to its Southwest point, thence a line to Poeloe Dana (10°49′S 121°17′E / 10.817°S 121.283°E / -10.817; 121.283) and to Tanjong Ngoendjoe, the Southern extreme of Soemba and through this island to Tanjong Karosso, its Western point"), and the western limit of the Timor Sea ("A line from Cape Londonderry to the Southwest point of Roti Island (10°56′S 122°48′E / 10.933°S 122.800°E / -10.933; 122.800)".
  5. ^ Defined by IHO as "A line joining West Cape Howe (35°08′S 117°37′E / 35.133°S 117.617°E / -35.133; 117.617) Australia to South West Cape, Tasmania".

Samudra Pasifik[sunting | sunting sumber]

Samudera Pasifik menurut CIA World Factbook[13] (area biru), dan seperti yang didefinisikan oleh IHO (garis hitam – tidak termasuk badan air marjinal)

Pasifik adalah samudra yang memisahkan Asia dan Australia dari Amerika. Samudra ini dapat dibagi lagi oleh Khatulistiwa menjadi bagian utara dan selatan.

Lautan Pasifik Utara[sunting | sunting sumber]

Edisi ke-3, yang saat ini berlaku, dari Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) Limits of Oceans and Seas mendefinisikan batas Samudra Pasifik Utara (tidak termasuk laut yang dikandungnya) sebagai berikut:[9]

Di Barat Daya. Batas Timur Laut Kepulauan Hindia Timur dari Khatulistiwa hingga Pulau Luzon.
Di Barat dan Barat Laut. Batas Timur Laut Filipina[P 1] dan Laut Jepang[P 2] dan batas tenggara Laut Okhotsk.[P 3]
Di Utara. Batas Selatan Laut Bering[P 4] dan Teluk Alaska.[P 5]
Di Timur. Batas barat Perairan Pesisir Alaska Tenggara dan Br. Kolumbia,[P 6] dan batas selatan Teluk California.[P 7]
Di Selatan. Khatulistiwa, tetapi tidak termasuk pulau-pulau di Gilbert dan Galàpagos [sic] Grup yang terletak di sebelah Utaranya.

Lautan Pasifik Selatan[sunting | sunting sumber]

Edisi ke-3, yang saat ini berlaku, dari Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) Limits of Oceans and Seas mendefinisikan batas Samudra Pasifik Selatan (tidak termasuk lautan yang dikandungnya) sebagai berikut:[9]

Di Barat. Dari Southeast Cape, titik selatan Tasmania, turun ke meridian 146°55'BT ke Benua Antartika.
Di Barat Daya dan Barat Laut. Batas Selatan, Timur, dan Timur Laut Laut Tasman,[P 8][P 9][P 10] batas Tenggara dan Timur Laut Laut Koral,[P 11][P 12] batas Selatan, Timur, dan Utara Laut Solomon[P 13][P 14] dan Laut Bismarck [sic][P 15] dan batas timur laut Kepulauan Hindia Timur dari New Guinea hingga Khatulistiwa.
Di Utara. Khatulistiwa, tetapi termasuk pulau-pulau di Gilbert dan Galàpagos [sic] Grup yang terletak di sebelah Utaranya.
Di Timur. Meridian Tanjung Horn (67°16'B) dari Tierra del Fuego ke Benua Antartika; garis dari Cape Virgins (52°21′S 68°21′W / 52.350°S 68.350°W / -52.350; -68.350) ke Cape Espiritu Santo, Tierra del Fuego, pintu masuk Timur ke Selat Magelhaens. (Batasan ini belum diterima secara resmi oleh Argentina dan Chili.)
Di Selatan. Benua Antarktika.

Perhatikan bahwa definisi ini mengecualikan badan air marjinal yang ditetapkan secara terpisah oleh IHO (seperti Teluk Alaska dan Laut Karang), meskipun ini biasanya dianggap sebagai bagian dari Samudra Pasifik.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Defined by IHO as "By the ridge joining Japan to the Bonin, Volcano and Ladrone (Mariana) Islands, all these being included in the Philippine Sea".
  2. ^ Defined by IHO as "In the Tsugaru Kaikô. From the extremity of Siriya Saki (141°28'E) to the extremity of Esan Saki (41°48'N)".
  3. ^ Defined by IHO as "A line running from Nosyappu Saki (Cape Noshap, 43°23'N) in the Island of Hokusyû (Yezo) through the Kuril or Tisima Islands to Cape Lopatka (South point of Kamchatka) in such a way that all the narrow waters between Hokusyû and Kamchatka are included in the Sea of Okhotsk".
  4. ^ Defined by IHO as "A line running from Kabuch Point (54°48′N 163°21′W / 54.800°N 163.350°W / 54.800; -163.350) in the Alaskan Peninsula, through the Aleutian Islands to the South extremes of the Komandorski Islands and on to Cape Kamchatka in such a way that all the narrow waters between Alaska and Kamchatka are included in the Bering Sea".
  5. ^ Defined by IHO as "A line drawn from Cape Spencer, the Northern limit of [the Coastal Waters of Southeast Alaska and British Columbia] to Kabuch Point, the Southeast limit of [the Bering Sea], in such a way that all the adjacent islands are included in the Gulf of Alaska".
  6. ^ Defined by IHO as "A line running westerly from Black Rock Point (50°44',5N) in Vancouver Island through the Scott Islands in such a way that all the narrow waters between these islands are included in the Coastal Waters, thence to Cape St. James (Southern extremity of Queen Charlotte Islands), through this group in the same way, then from Cape Knox (54°10′N 133°06′W / 54.167°N 133.100°W / 54.167; -133.100) Northward to the Western extreme of Langara Island and on to Point Cornwallis (132°52'W) in the Prince of Wales group, thence along the Western shores of this group, of Baranof, Kruzof, Chicagof, and Yakobi Islands, so that all the narrow waters between them are included in the coastal waters, and, finally, from Cape Bingham (58°04'N) in Yakobi Island to Cape Spencer (58°12′N 136°39′W / 58.200°N 136.650°W / 58.200; -136.650)".
  7. ^ Defined by IHO as "A line joining Piastla Point (23°38'N) in Mexico, and the Southern extreme of Lower California".
  8. ^ Southern limit defined by IHO as "A line joining the Southern point of Auckland Island (50°55′S 166°0′E / 50.917°S 166.000°E / -50.917; 166.000) to South East Cape, the Southern point of Tasmania"
  9. ^ Eastern limit defined by IHO as "In Cook Strait. A line joining the South extreme of the foul ground off Cape Palliser (Ngawi) and the Lighthouse on Cape Campbell (Te Karaka)" and "In Foveaux Strait (46°45'S). A line joining the Light on Waipapapa Point [sic] (168°33'E) with East Head (47'02'S) of Stewart Island (Rakiura)."
  10. ^ Northeastern limit defined by IHO as "From the South East Rock to the North point of Three Kings Islands (34°10′S 172°10′E / 34.167°S 172.167°E / -34.167; 172.167) thence to North Cape in New Zealand".
  11. ^ Southeastern limit defined by IHO as "A line from the Southeastern extreme of Aneityum Island to Southeast (Nokanhui) Islets (22°46′S 167°34′E / 22.767°S 167.567°E / -22.767; 167.567) off the Southeast extreme of New Caledonia, thence through the East point of Middleton Reef to the Eastern extreme of Elizabeth Reef (29°55′S 159°02′E / 29.917°S 159.033°E / -29.917; 159.033) and down this meridian to Latitude 30° South".
  12. ^ Northeastern limit defined by IHO as "From the Northernmost island of the Duff or Wilson Group through these islands to their Southeastern extreme, thence a line to Mera Lava, New Hebrides Islands [Vanuatu] (14°25′S 163°03′E / 14.417°S 163.050°E / -14.417; 163.050) and down the Eastern coasts of the islands of this Group to Aneityum Island (20°11′S 169°51′E / 20.183°S 169.850°E / -20.183; 169.850) in such a way that all the islands of these Groups, and the straits separating them, are included in the Coral Sea".
  13. ^ Southern limit defined by IHO as "The Northern limit of the Coral Sea between San Cristobal Island [Makira], Solomons, and Gado-Gadoa Island, off the Southeast extreme of New Guinea, thence a line to the Southern extreme of Rennell Island and from its Eastern point to Cape Surville, the Eastern extreme of San Cristobal Island".
  14. ^ Eastern limit defined by IHO as "By a line from the Southern point of New Ireland to the North point of Buka Island, through this island to the Northwest point of Bougainville Island, along the Southern coasts of Bougainville, Choisel [Choiseul], Ysabel [Santa Isabel], Malaita and San Cristobal Islands".
  15. ^ North and Eastern limit defined by IHO as "By the Northern and Northeastern coasts of the islands of New Ireland, New Hanover, the Admiralty Islands, Hermit Island, and the Ninigo Group, through Manu and Aua Islands to Wuvulu Island and thence a line to Baudissin Point in New Guinea (142°02'E)".

Samudra Selatan atau Antarktika[sunting | sunting sumber]

Samudra Selatan menurut CIA World Factbook[14]

Samudra Selatan berisi perairan yang mengelilingi Antarktika dan terkadang dianggap sebagai perluasan Samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia.[9]

Pada tahun 1928, edisi pertama dari publikasi Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) Limits of Oceans and Seas mencakup Samudra Selatan di sekitar Antartika. Samudra Selatan digambarkan oleh batas daratan - benua Antartika di selatan, dan benua Amerika Selatan, Afrika, dan Australia ditambah dengan Pulau Broughton, Selandia Baru di utara. Detail batas daratan yang digunakan adalah Tanjung Horn di Amerika Selatan, Tanjung Agulhas di Afrika, pantai selatan Australia dari Tanjung Leeuwin, Australia Barat, hingga South East Cape, Tasmania, melalui tepi barat badan air Selat Bass, dan kemudian Pulau Broughton sebelum kembali ke Tanjung Horn.[15]

Batas utara Samudra Selatan dipindahkan ke selatan dalam edisi kedua IHO tahun 1937 dari Batas Lautan. Samudra Selatan kemudian terbentang dari Antartika ke utara hingga garis lintang 40° selatan antara Tanjung Agulhas di Afrika (panjang. 20° timur) dan Tanjung Leeuwin di Australia Barat (panjang. 115° timur), dan diperpanjang hingga garis lintang 55° selatan antara Pulau Auckland Selandia Baru (panjang. 165° atau 166° timur) dan Tanjung Horn di Amerika Selatan (panjang. 67° barat).[16]

Samudra Selatan tidak muncul dalam edisi ketiga tahun 1953 karena "...batas utara ... sulit ditetapkan karena perubahan musim ... Kantor Hidrografi yang menerbitkan publikasi terpisah yang berhubungan dengan daerah ini oleh karena itu dibiarkan menentukan batas utara mereka sendiri. (Britania Raya menggunakan Garis Lintang 55° Selatan)". Alih-alih, dalam publikasi IHO 1953, Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik diperluas ke selatan, Samudra Hindia dan Pasifik (yang sebelumnya tidak tersentuh sebelum tahun 1953, sesuai edisi pertama dan kedua) sekarang berbatasan dengan meridian South East Cape, dan batas selatan Great Australian Bight dan Laut Tasman dipindahkan ke utara.[9]

IHO menjawab kembali pertanyaan tentang Samudra Selatan dalam sebuah survei pada tahun 2000. Dari 68 negara anggotanya, 28 menjawab, dan semua anggota yang menjawab kecuali Argentina setuju untuk mendefinisikan kembali samudra, yang mencerminkan pentingnya ditempatkan oleh ahli kelautan pada arus samudra. Proposal nama "Samudera Selatan" memenangkan 18 suara, mengalahkan alternatif "Samudera Antartika". Separuh suara mendukung definisi batas utara samudra di 60°S (tanpa gangguan daratan pada garis lintang ini), dengan 14 suara lainnya diberikan untuk definisi lain, sebagian besar 50°S, tetapi sedikit untuk sejauh utara 35°S.

Edisi ke-4 dari Limits of Oceans and Seas belum diterbitkan karena 'areas of concern' oleh beberapa negara terkait dengan berbagai masalah penamaan di seluruh dunia. IHB mengedarkan draf baru terbitan edisi ke-4 pada bulan Agustus 2002, namun masih terdapat berbagai perubahan, 60 lautan ditambah atau diganti namanya dari edisi ke-3, bahkan nama terbitannya diubah.[17] Reservasi juga telah diajukan oleh Australia terkait batas Samudra Selatan.[11] Secara efektif, edisi ke-3 (yang tidak menggambarkan Samudra Selatan meninggalkan delineasi ke kantor hidrografi lokal) belum diganti dan dokumen IHO menyatakan bahwa itu tetap "berlaku saat ini".

Meskipun demikian, definisi edisi ke-4 memiliki penggunaan "de facto" oleh banyak organisasi, ilmuwan, dan negara - bahkan terkadang oleh komite IHO.[18] Kantor hidrografi beberapa negara telah menentukan batas-batas mereka sendiri; Inggris menggunakan paralel 55°S misalnya.[9]

Sumber lain, seperti Yayasan National Geographic, menunjukkan Samudra Atlantik, Pasifik dan Hindia yang terbentang hingga Antartika, meskipun artikel di situs web National Geographic mulai merujuk ke Samudra Selatan.[19]

Di Australia, kartografi pihak berwenang mendefinisikan Samudra Selatan termasuk seluruh perairan antara Antartika dan pantai selatan Australia dan Selandia Baru. Penggambaran ini pada dasarnya sama dengan edisi asli (pertama) dari publikasi IHO dan secara efektif sama dengan edisi kedua. Dalam edisi kedua, Great Australian Bight ditetapkan sebagai satu-satunya entitas geografis antara pesisir Australia dan Samudra Selatan. Peta pesisir Tasmania dan Australia Selatan melabeli wilayah laut sebagai Samudra Selatan,[20] sedangkan Tanjung Leeuwin di Australia Barat digambarkan sebagai titik pertemuan Samudra Hindia dan Samudra Selatan.[21]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ " "Ocean", The Columbia Encyclopedia, New York: Columbia University Press, 2002, diarsipkan dari versi asli tanggal 26 January 2011 
  2. ^ "Distribution of land and water on the planet", UN Atlas of the Oceans, diarsipkan dari versi asli tanggal 31 May 2008 
  3. ^ Spilhaus, Athelstan F. (July 1942). "Maps of the whole world ocean". 32 (3). American Geographical Society).: 431–5. 
  4. ^ European Marine Gazetteer browser, MarBEF Data System - European Marine Gazetteer
  5. ^ Rosenberg, Matt (May 1, 2005). "Do You Know the World's Newest Ocean?". ThoughtCo. Diakses tanggal December 16, 2017. 
  6. ^ "Arctic Ocean". The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diakses tanggal 24 January 2021. 
  7. ^ The Ocean, The MarineBio Conservation Society
  8. ^ Arctic Ocean, Encyclopædia Britannica
  9. ^ a b c d e f g h i "Limits of Oceans and Seas, 3rd edition" (PDF). International Hydrographic Organization. 1953. Diakses tanggal 26 May 2020. 
  10. ^ "Atlantic Ocean". The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diakses tanggal 24 January 2021. 
  11. ^ a b c Darby, Andrew (22 December 2003). "Canberra all at sea over position of Southern Ocean". The Age. Diakses tanggal 21 December 2009. 
  12. ^ "Indian Ocean". The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diakses tanggal 24 January 2021. 
  13. ^ "Pacific Ocean". The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diakses tanggal 24 January 2021. 
  14. ^ "Southern Ocean". The World Factbook. Central Intelligence Agency. Diakses tanggal 24 January 2021. 
  15. ^ "Map accompanying first edition of IHO Publication Limits of Oceans and Seas, Special Publication 23". NOAA Photo Library. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Diakses tanggal 19 January 2014. 
  16. ^ "Map accompanying second edition of IHO Publication Limits of Oceans and Seas, Special Publication 23". NOAA Photo Library. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Diakses tanggal 18 January 2014. 
  17. ^ "IHO Special Publication 23". Korean Hydrographic and Oceanographic Administration. Diakses tanggal 2017-05-24. 
  18. ^ Schenke, Hans Werner (September 2003). "Proposal for the preparation of a new International Bathymetric Chart of the Southern Ocean" (PDF). IHO International Hydrographic Committee on Antarctica (HCA). Third HCA Meeting, 8–10 September 2003. Monaco: International Hydrographic Organization (IHO). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 16 January 2014. Diakses tanggal 17 January 2014. 
  19. ^ "Southern Ocean - News Watch". National Geographic. Diakses tanggal 26 April 2013. 
  20. ^ For example: Chart Aus343: Australia South Coast - South Australia - Whidbey Isles to Cape Du Couedic, Australian Hydrographic Service, 10 April 2015, diakses tanggal 2017-05-24 , Chart Aus792: Australia - Tasmania - Trial Harbour to Low Rocky Point, Australian Hydrographic Service, 18 July 2008, diakses tanggal 11 October 2010 
  21. ^ "- Assessment Documentation for Cape Leeuwin Lighthouse" (PDF). Register of Heritage Places. 13 May 2005. hlm. 11. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 25 August 2011. Diakses tanggal 13 October 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]