Selat Bristol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Peta Selat Bristol
Pemandangan matahari terbit di timur laut di atas selat dari Minehead, menunjukkan Steep Holm dan Brean Down

Selat Bristol (bahasa Wales: Môr Hafren) adalah sebuah teluk kecil utama di Pulau Britania Raya, memisahkan Wales Selatan dari Devon dan Somerset di Inggris Barat Daya. Selat ini membentang dari muara bawah Sungai Severn (bahasa Wales: Afon Hafren) menuju Samudra Atlantik Utara. Nama selat ini diambil dari kota Inggris, Bristol, dan lebih dari 30 mil (50 km) pada titik terlebarnya.

Garis pantai yang memanjang di Selat Bristol, di kedua sisi Wales Selatan dan West Country, ditetapkan sebagai Pantai Warisan, termasuk Exmoor, Teluk Bideford, semenanjung Hartland Point, Pulau Lundy, Glamorgan, Semenanjung Gower, Pembrokeshire Selatan, dan Pulau Caldey.

Hingga Zaman Tudor, Selat Bristol dikenal sebagai Laut Severn, dan masih dikenal seperti ini dalam bahasa Wales: Môr Hafren dan bahasa Kernewek: Mor Havren.[1]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Organisasi Hidrografi Internasional kini menetapkan batas barat Selat Bristol sebagai "sebuah garis yang menghubungkan Hartland Point di Devon (51°01′LU 4°32′BT / 51,017°LU 4,533°BB / 51.017; -4.533) ke St. Govan's Head di Pembrokeshire (51°36′LU 4°55′BT / 51,6°LU 4,917°BB / 51.600; -4.917)". IHO sebelumnya menetapkan batas barat tersebut pada sebuah garis dari Trevose Head di Cornwall ke Pulau Skomer di Pembrokeshire, suatu daerah yang sekarang dianggap sebagai bagian dari Laut Keltik.[2]

Batas atas selat ini adalah antara Sand Point, Somerset (tepat di utara Weston-super-Mare) dan Lavernock Point (tepat di selatan Penarth di Wales Selatan). Timur dari garis ini adalah Muara Severn. Bagian barat dan utara Pembrokeshire, dan utara Cornwall adalah di luar batas yang ditetapkan dari Selat Bristol, dan dianggap bagian dari pesisir Samudra Atlantik, lebih khususnya lagi Laut Keltik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The sixteenth-century geographer, Roger Barlow, defined the ‘see called severne’ as all those waters east of the Scilly Isles ‘betwene the principlitie of wales and englande’: E. G. R. Taylor (ed.), A Brief Summe of Geographie, by Roger Barlow (Abingdon, 2016), p. 32.
  2. ^ "Limits of Oceans and Seas, 3rd edition + corrections" (PDF). International Hydrographic Organization. 1971. hlm. 42 [corrections to page 13]. Diakses tanggal 6 February 2010. 

Koordinat: 51°18′LU 3°37′BT / 51,3°LU 3,617°BB / 51.300; -3.617