Pasar Nongko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pasar Nongko
LokasiJl. Hasanudin, Mangkubumen, Banjarsari, Surakarta 57139
Jumlah lantai2

Pasar Nongko adalah salah satu pasar tradisional yang terletak di Kelurahan Mangkubumen,Kota Surakarta. Lokasi pasar ini juga berdekatan dengan stasiun Balapan.Pasar ini secara resmi bernama Pasar Turisari karena lokasinya di daerah Turisari. Namun oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan nama Pasar Nongko karena berdasarkan sejarahnya pasar ini dahulu merupakan tempat transit dan jual beli buah nangka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pasar Nongko berkembang sekitar paruh terakhir abad XI, khususnya setelah dibangunnya jelan kereta api dan Stasiun Balapan sekitar tahun 1870. Pada awalnya pasar ini menjadi tempat transit para pedagang buah yang datang dari berbagai daerah, khususnya dari kawasan utara Surakarta, seperti Gundi, Telawah, Kedungjati, Simo, dan daerah lainnya. Selain itu, dibangunnya jembatan Komplang juga menjadikan Kota Surakarta semakin ramai dikunjungi orang-orang dari desa untuk menjual hasil buminya.

Perkembangan Pasar Nongko semakin mengalami kemajuan, semula hanya sebagai tempat transit kemudian berubah menjadi pasar yang ditempati oleh pedagang yang semakin meningkat jumlahnya. Keadaan tersebut menjadikan perhatian pemerintah untuk membenahi sarana dan prasarana pasar tersebut. Maka dari itu, pada tahun 1986 mendapat bantuan pembangunan gedung pasar dari pemerintah pusat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]