Muhakkimah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Muḥakkimah (Arab: محكّمة) dan al-Haruriyyah (Arab: الحرورية) mengacu pada Muslim yang menolak arbitrase antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah pada Pertempuran Shiffin pada tahun 657 M.[1] Nama Muḥakkima berasal dari slogan mereka lā ḥukma illā li-llāh (لا حكم إلا لله), yang berarti "penghakiman (hukm) hanya milik Tuhan".[1] Nama al-Haruriyya mengacu pada penarikan mereka dari pasukan Ali ke desa Harura' dekat Kufah.[1] Episode ini menandai dimulainya gerakan Khawarij, dan istilah muḥakkima sering juga diterapkan dengan perluasan Khawarij kemudian.[1]

Baru-baru ini, beberapa penganut Ibadisme, yang umumnya diidentifikasi sebagai cabang moderat dari gerakan Khawarij, berpendapat bahwa pendahulu dari sekte Ibadisme dan ekstremis Khawarij harus lebih tepat disebut Muḥakkimah dan al-Haruriyyah daripada Khawarij itu sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Levi Della Vida, G. (2012). "K̲h̲ārid̲j̲ites". Dalam P. Bearman; Th. Bianquis; C.E. Bosworth; E. van Donzel; W.P. Heinrichs. Encyclopaedia of Islam (edisi ke-2nd). Brill. doi:10.1163/1573-3912_islam_COM_0497.