Dinasti Rustam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dinasti Rustam

Ibadi Rustamiyyah
777[1]–909
Perkiraan luas Kendali Dinasti Rustam pada abad ke-9
Perkiraan luas Kendali Dinasti Rustam pada abad ke-9
Ibu kotaTahert
Bahasa yang umum digunakanBerber
Arab
Persia
Agama
Ibadi Islam
PemerintahanTeokrasi
Imamiyah[2]
Imam (daftar) 
Sejarah 
• Didirikan
777[1]
• Dibubarkan
909
Didahului oleh
Digantikan oleh
klfKekhalifahan
Abbasiyah
Keamiran Tlemcen
klfKekhalifahan
Fatimiyyah
Sekarang bagian dari Aljazair
 Tunisia
 Libya
 Maroko
 Mauritania
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Dinasti Rustam (Arab: الرستميون, translitar-Rustumyūn alias Rustumids, Rostemids, Rustum) atau Rustamiyyah adalah sebuah dinasti imamah Ibāḍī keturunan Persia[3][4][5][6][7] yang berpusat di Aljazair. Dinasti ini memerintah sebagai Teokrasi Muslim selama satu setengah abad dari ibu kotanya Tiaret (sekarang Tagdemt [8]) hingga Kekhalifahan Fatimiyah Ismailiyah mengalahkannya.

Otoritas Rustam berkembang di daerah yang sekarang menjadi bagian Aljazair tengah dan barat, Tunisia selatan, dan wilayah Jebel Nafusa dan Fezzan di Libya hingga Zawila.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Silsilah Keluarga Rustum

Gerakan Ibāḍī mencapai Afrika Utara pada tahun 719, ketika misionaris Salma bin Sa'd dikirim dari Ibādī jama'a Basra ke Kairouan. Pada 740, upaya mereka telah mengubah suku-suku besar Berber Huwara di sekitar Tripoli, di Pegunungan Nafusa dan di Zenata di Tripolitania barat. Pada 757 (140 H), sekelompok empat misionaris berpendidikan Basra termasuk Abdurrahman bin Rustam memproklamirkan imamah Iba, memulai negara gagal yang dipimpin oleh Abul Khattab Abdul-A'la ibn as-Samh yang berlangsung sampaiKekhalifahan Abbasiyah mengirim Muhammad ibn al-Ash'ath al-Khuza'i untuk menekannya pada tahun 761, dan Abul-Khattab Abdul-A'la ibn as-Samh terbunuh. Pada kematiannya, Ibādiyya Tripolitan memilih Abu l-Hatim al-Malzuzi sebagai Imam; dia terbunuh pada 772 setelah meluncurkan pemberontakan kedua yang gagal pada 768. Setelah ini, pusat kekuasaan bergeser ke Aljazair, dan, pada 777, Abdurrahmān ibn Rustam, seorang mualaf kelahiran Ifriqiyan ke gerakan Ibāḍī asal Persia dan salah satu dari empat pendiri imamah, terpilih sebagai Imam; setelah ini, jabatan tersebut tetap berada di keluarganya, sebuah praktik yang dibenarkan oleh Ibādiyya dengan mencatat bahwa ia tidak berasal dari suku apa pun, dan dengan demikian keluarganya tidak memiliki bias terhadap suku mana pun di mana negara tersebut dibentuk.[9]

Imamah baru itu berpusat di ibu kota Tiaret yang baru dibangun; beberapa suku Ibād mengungsi dari Tunisia dan Tripolitania menetap di sana dan benteng yang kuat dibangun. Ini menjadi perhentian utama di rute perdagangan yang baru berkembang dengan Afrika sub-Sahara dan Timur Tengah.[10]

Ibnu as-Saghir juga menggambarkan Imam sebagai pertapa, memperbaiki rumahnya sendiri dan menolak hadiah; warga dengan tajam mengkritiknya jika mereka menganggapnya lalai dalam tugasnya. Etika agama ditegakkan secara ketat oleh hukum.[butuh rujukan]

Rustamid melawan Aghlabids of Ifriqiya yang berbasis di Kairouan pada tahun 812, tetapi sebaliknya mencapai modus vivendi ; ini tidak menyenangkan suku Ibād di perbatasan Aghlabid, yang melancarkan beberapa pemberontakan.

Setelah kepemimpinan Abdul Wahhab selesai, para Rustamid menjadi lemah secara militer; mereka dengan mudah ditaklukkan oleh Fatimiyah Ismailiyah pada tahun 909, di mana banyak Ibāḍi (termasuk Imam terakhir) melarikan diri ke suku Sedrata di Ouargla, di mana mereka akhirnya akan beremigrasi ke Mzab.

Masyarakat dan Budaya[sunting | sunting sumber]

Dinasti Rustamid, mengembangkan Reputasi kosmopolitan di mana orang Kristen, Muslim non-Kharijit, dan penganut berbagai sekte Khawarij hidup.[11] Di bidang intelektual, kaum Rustamiyah memiliki banyak ulama dan orang terpelajar, seperti 'Abdurrahman bin Rustam, Abdul Wahhab bin Abdurrahman, Aflah ibn 'Abd al-Wahhab, dan Abu al-Yaqzhan ibn Aflah, Mahdi an-Nafusi, 'Abd Allah al-Lamthi, dan Mahmud ibn Bakr. 'Abd ar-Rahman memiliki tafsir Al-Qur'an. 'Abd al-Wahhab menulis Masa'il Nafusah tentang yurisprudensi Islam. Aflah menguasai sastra Arab, matematika, dan astronomi. Abu al-Yaqzhan menulis sekitar 40 karya. Karena semangat intelektual mereka, para Rustamiyah dengan giat memindahkan karya-karya berharga dari Mashriq ke Maghrib, terutama ke perpustakaan al-Ma'shumah (di Tahert) dan perpustakaan Khizanah Nafusah (di Jabal Nafusah). Apalagi Tahert terkenal sebagai 'Iraq al-Maghrib, al-'Iraq ash-Shaghir, Balkh al-Maghrib, atau Little Basra. Selain pencapaian tersebut, Rustamiyah juga memiliki kontribusi yang signifikan terhadap Islamisasi di Maghrib dan Bilad as-Sudan. Selama sekitar dua abad (130-340 H / 750-950 M), orang-orang Khawarij menguasai jalur perdagangan di Maghrib dan Bilad as-Sudan. Banyak pedagang Ibadite melakukan perjalanan di sepanjang wilayah yang luas, seperti Tahert, Wargla, Nafzawa, Jabal Nafusah, Tadmakkat, Gao, dan Ghana. Dengan kegiatan ekonomi ini, Ibadi mengambil keuntungan dari bisnis perdagangan dan dakwah Islam pada waktu yang sama.[12]

Imam[sunting | sunting sumber]

  • Abdurrahman bin Rustam (Bān-Bādūsyān) (776-788)
  • Abdul Wahhab bin Abdurrahman (788-824)
  • Aflah bin Abdi l-Wahhab (824-872)
  • Abu Bakar bin Aflah (872-874)
  • Muhammad Abu l-Yaqzan ibn Aflah (874-894)
  • Yusuf Abu Hatim bin Muhammad Abi Yaqzan (894-895)
  • Yaʿqub bin Aflah (895-899)
    • Yusuf Abu Hatim bin Muhammad Abi Yaqzan, lagi (899-906)
  • Yaqzan bin Muhammad Abi Yaqzan (906-909)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A Chronology of Islamic History, 570-1000 CE - Habib Ur Rahman G.K. Hall, 1989
  2. ^ The Transmission of Learning in Islamic Africa - Scott Steven Reese
  3. ^ Bosworth, C.E., ed. (1995). Encyclopedia of Islam (edisi ke-New). Leiden [u.a.]: Brill [u.a.] hlm. 638. ISBN 9004098348. 
  4. ^ Islamic History - Laura Etheredge - p73
  5. ^ Britannica Encyclopedia, Retrieved on 18 December 2008.
  6. ^ "The Places where Men Pray Together", pg. 210.
  7. ^ Based on Britannica 2008: The state was governed by imams descended from ʿAbd ar-Raḥmān ibn Rustam, the austere Persian who founded the state in the 8th century.
  8. ^ Abun-Nasr, Jamil M. (1971). A history of the Maghrib. Internet Archive. Cambridge [Eng.] University Press. ISBN 978-0-521-07981-5. 
  9. ^ Britannica Encyclopedia, Retrieved on 18 December 2008.
  10. ^ Chronique D'Ibn Saghir Sur Les Imams Rostemides de Tahert. Par A. de C. Motylinski, Etc. Arabic & Fr. Ibn saghir. 1908. hlm. 19. 
  11. ^ John P. Entelis, Algeria: The Revolution Institutionalized, page 14.
  12. ^ Ahmad Choirul Rofiq, "Moderation and Civilization: A Historical Analysis on the Moderate Policy of the Rustamid Dynasty" in DOI:10.24269/ars.v6i2.1031

Sumber[sunting | sunting sumber]