Masakan Sicilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Caponata
Pasta alla norma

Masakan Sicilia (cucina siciliana) adalah jenis masakan Italia yang berasal dari Pulau Sicilia di Italia Selatan. Kuliner rakyat Pulau Sicilia dipengaruhi oleh iklim Mediterania dan memiliki variasi yang beragam karena bahan-bahannya dihasilkan dari laut maupun daratan. Masakan Sicilia dianggap sebagai salah satu variasi masakan Italia yang paling dikenal karena citarasanya yang bermacam-macam.

Sejarah masakan Sicilia dipengaruhi oleh bangsa-bangsa yang menetap di sana. Bangsa Yunani memperkenalkan makanan dari negeri mereka antara lain zaitun, ricotta asin, dan domba panggang. Dari bangsa Romawi, diperkenalkan bahan-bahan dan masakan maccu, sup krim kacang parang yang diberi herba wangi, cumi-cumi isi, bawang panggang, dan riquagghiu, pasta yang disajikan dengan telur kocok, peterseli dan keju . Selanjutnya, bangsa Arab memperkenalkan beras, gula, rempah-rempah dan badam. Beberapa jenis masakan khas Arab antara lain cuscusu, sup ikan yang disajikan dengan couscous, cassata sicilliana (kue bolu dengan ricotta dan manisan buah) dan sorbetto.

Adapula pengaruh Norman Perancis memperkenalkan cara membuah kaldu ikan, bangsa Perancis memperkenalkan rollò (gulungan daging sapi isi) serta bangsa Spanyol memperkenalkan masakan pan di spagna ("roti spanyol", jenis kue bolu manis), bersama dengan coklat, tomat, dan terong. Pengaruh Spanyol juga membuat masakan disajikan dengan rasa kontras, seperti pasta dengan sarden dan kismis, salad jeruk dibumbui cabai serta salad khas yang dinamakan Caponata. Caponata terbuat dari seledri, caper (jenis herba;Capparis spinosa), zaitun, terong, saus tomat asam manis beserta masakan laut seperti gurita, scampi, dan lobster kecil.

Warga Sicilia menyajikan pasta secara berbeda dengan warga Italia lain. Daerah Siracusa menyajikan spaghetti dengan ikan teri, saus Trapani dan lobster. Daerah Catania memiliki masakan pasta alla Norma, yang dihidangkan dengan terong and tomat. Warga Sicilia menggemari makanan laut seperti tuna, sarden, todak, dan teri yang dimasak dengan cara berbeda-beda. Di Trapani tuna disajikan dengan berbagai cara, disantap mentah, diawetkan dengan minyak zaitun, diasinkan dan dikeringkan. Daerah Messina dikenal akan produk todaknya. Di sini todak panggang dinamakan impanata.

Minuman[sunting | sunting sumber]

  • Marsala, jenis minuman khas yang terbuat dari campuran anggur putih Marsala dengan sirup anggur dan alkohol yang didistilasi.
  • Anggur Alcamo, Moscato di Pantelleria, Malvasia dan Etna.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]