Masakan Calabria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Peperonata
Involtini

Masakan Calabria adalah masakan yang berasal dari regione Calabria, Italia. Pengaruh asing dari para pendatang Albania dan Yunani yang telah tinggal sejak abad pertengahan ikut berkontribusi pada rasa masakan Calabria.

Tradisi kuliner orang Calabria dipengaruhi lingkungan alam yang kontras, pegunungan tinggi dan laut. Masakannya yang sederhana dimasak dengan rasa kuat khas petani maupun nelayan. Di sini iklimnya hangat, maka tanaman jeruk, terong, zaitun, sayur-mayur dan anggur tumbuh subur.

Paprika, yang dijuluki "rempah-rempah orang miskin" diperkenalkan dari benua Amerika pada abad ke-16, ikut memberikan rasa bagi resep mereka yang sederhana. Paprika Calabria dikenal paling pedas di Italia Selatan.

Tradisi bertani berpengaruh pada metode mengawetkan sayur, kaviar, daging (terutama babi dan ikan todak). Pada masa lalu, penduduk Calabria lebih miskin daripada daerah lain di Italia dan sebisa mungkin tidak membuang-buang makanan. Mereka menciptakan berbagai metode untuk mengawetkan makanan agar tahan lama.

Selain sayur-sayuran dan hasil kebun, hasil laut juga digunakan dalam resep masakan Calabria, terutama di pesisir Tyrrhenia dan Ionia. Hasil laut penting antara lain tuna dan ikan todak.

Pasta Calabria dibuat secara tradisional dengan tangan. Terdapat banyak jenis hidangan pasta dengan saus daging, sayuran, tomat dan minyak zaitun. Menurut tradisi, wanita Calabria yang sudah siap menikah harus bisa mahir setidaknya 15 cara dalam membuat pasta agar bisa menjadi istri yang baik.

Masakan khas[sunting | sunting sumber]

  • Caviale dei poveri ("kaviar orang miskin"), adalah kaviar teri yang dibumbui cabai dan diawetkan dalam minyak.
  • Capretto con le palate, hidangan daging kambing muda dengan kentang yang dipanggang dalam oven.
  • Melanzane ripiene, terong isi.
  • Peperonata, hidangan paprika yang biasa disajikan dengan pasta.
  • Involtini, potongan ikan gulung.

Minuman[sunting | sunting sumber]

Budidaya anggur diperkenalkan oleh orang Yunani dan Phoenicia sejak zaman kuno. Varietas yang paling banyak dibudidayakan adalah Gaglioppo dan Greco. Sementara produk minuman anggur yang terkenal antara lain Grò (anggur merah, putih, dan rosé), Savuto dan Dormici (keduanya anggur merah dry). Anggur Esare dikenal cocok dengan masakan ikan.