Masakan Molise

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Keju Scarmoza asal Molise

Masakan Molise (cucina molisana) adalah masakan yang berasal dari Molise, daerah tengah-selatan Italia.[1]

Masakan Molise sederhana dan berasa kuat, bergantung kepada bahan-bahan pertanian dan peternakan, terutama domba. Kuliner daerah ini kurang begitu dikenal di Italia dikarenakan letaknya yang terpencil.

Masakan Molise berkaitan dengan masakan Abruzzo di satu sisi dan masakan Apulia di sisi lain. Ketiga daerah ini disatukan lewat rute "tratturi".

Molise tidak hanya terkenal akan produk daging dan susu tetapi juga pecorino, scarmoza dan burrini (butirri). Burrini adalah keju kecil berisi mentega, dapat dikonsumsi setelah satu minggu dimatangkan. Penghasil susu utama terletak di Agnone, kota di Molise bagian utara.

Produk daging antara lain salami dan ham seperti capicollo, ventricina, soppressata, pampanella, salsiccia ferrazzanese. Ferrazzano di Teluk Tappino adalah kota yang paling dikenal akan sosis dari babi yang diberi makan acorn.

Pasta dibuat secara tradisional dan menghasilkan resep-resep seperti maccheroni alla chittarra dan calcioni, pasta isi ricotta, ham dan scarmoza.

Terdapat masakan-masakan daging domba seperti capretto yang merupakan hidangan daging terpopuler di Molise. Dimasak dari daging anak domba dengan cara semur untuk menciptakan rasa unik. Lainnya adalah escalopes dengan zaitun dan jeroan panggang.

Cita rasa petani terdapat dalam zuppa di ortiche atau sup nettle, masakan lokal yang diciptakan oleh gembala pada zaman dahulu. Setelah direbus, pucuk nettle dipotong-potong dan digoreng dengan tomat.

Di pesisir pantai yang menjadi objek wisata seperti Termoli dan Campomarino, terdapat masakan yang berasal dari hasil laut seperti belanak, cumi-cumi dan kakap. Hidangan calamaretti all'olio, terbuat dari cumi segar kecil yang diberi minyak, cuka, garam dan cabai.

Anggur produksi Molise adalah anggur putih, merah dan rosé. Di daerah Isernia terdapat produk anggur Pentro, di Campobasso diproduksi Biferno. Minuman paling populer di sini adalah crema di pondo, terbuat dari campuran jeruk dan mandarin, alkohol dan gula krim.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)Cuisine of Molise, academiabarilla. Akses:22-11-2011.