Masakan Basilicata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lampascioni
Buah anggur Aglianico

Masakan Basilicata (cucina basilicata) adalah masakan yang berasal dari regione Basilicata, kawasan yang terletak di antara 2 perairan, Laut Ionia dan Laut Tyrrhenia di Italia.

Tradisi kuliner Basilicata sudah dikenal sejak zaman Romawi kuno, di mana daerah ini dinamakan Lucania, yang menghasilkan sosis khas yang dinamakan luganiga. Sampai kini pun daerah ini masih menghasilkan berbagai jenis sosis babi seperti pezzente, soppressate (sosis yang diawetkan dengan minyak zaitun) dan sanguinaccio (sosis darah).

Masakan Basilicata memiliki banyak kesamaan dengan daerah-daerah tetangganya, namun ciri khas kulinernya adalah mempertahankan rasa dari bahan-bahan yang paling sederhana dan membubuhinya dengan rempah-rempah. Bahan-bahan masakan utama antara lain sayur-sayuran, pasta, keju, daging babi, daging domba, daging kambing dan sosis.

Pasta di Basilicata dibuat secara tradisional menggunakan tangan dari bahan gandum durum, garam dan air menjadi berbagai jenis dan ukuran. Sementara produk keju dibuat dari susu kambing dan susu domba.

Masakan-masakan dan produk khas[sunting | sunting sumber]

  • Ravioli alla potentina, hidangan ravioli isi ham, ricotta, peterseli, telur dan lada.
  • Calzoncini, pasta kecil setengah bulat yang diisi dengan ricotta, gula, kulit manis dan pala, berasal dari kota Matera.
  • Pecorino lucano, pecorino yang dibuat dari campuran 70% susu domba dan 30% susu kambing yang dimatangkan antara 3 bulan sampai 1 tahun.
  • Cutturidd, rebusan daging domba yang dimasak dalam panci teracotta.
  • Ragù, saus yang disantap dengan berbagai jenis pasta, dimasak dari 3 jenis daging, domba, babi dan kambing muda bersama saus tomat.
  • Lampascioni, hidangan buah herba Muscari comosum.

Anggur dan minuman khas[sunting | sunting sumber]

Ketiga jenis minuman anggur yang paling terkenal di Basilicata antara lain anggur merah Aglianico, sparkling white Moscato, dan Malvasia, anggur dessert Aglianico, cocok dengan hidangan daging, satu-satunya yang mendapat kategori DOC. Jenis anggur lain yang terkenal adalah Aleatico di Rionero.