Louise Glück

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Louise Gluck)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Louise Glück
Glück ca. 1977
Glück ca. 1977
LahirLouise Elisabeth Glück
22 April 1943 (umur 78)
New York City, U.S.
PekerjaanPoet, Professor
KebangsaanAmerican
Karya terkenalThe Triumph of Achilles (1985)
The Wild Iris (1992)
Penghargaan

Louise Elisabeth Glück (lahir 22 April 1943) adalah seorang novelis dan penulis esei dari Amerika Serikat. Ia dianugerahi Hadiah Nobel Sastra pada tahun 2020.[1]

Glück sering digambarkan sebagai penyair otobiografi; karyanya dikenal karena intensitas emosionalnya dan sering kali menggunakan mitos, sejarah, atau alam untuk merenungkan pengalaman pribadi dan kehidupan modern. Dia lahir di New York City dan dibesarkan di Long Island. Dia mulai menderita anoreksia nervosa saat di sekolah menengah dan kemudian sembuh dari penyakitnya. Dia kuliah di Sarah Lawrence College dan Columbia University tetapi tidak mendapatkan gelar. Selain karirnya sebagai penulis, ia pernah berkarir di bidang akademisi sebagai guru puisi di beberapa institusi.

Dalam karyanya, Glück berfokus pada aspek yang menerangi trauma, keinginan, dan alam. Dalam mengeksplorasi tema-tema yang luas ini, puisinya menjadi terkenal karena ekspresi kesedihan dan keterasingannya yang penuh kejujuran. Para kritikus sastra juga memusatkan perhatian pada konstruksi persona puitisnya dan hubungan, dalam puisinya, antara otobiografi dan mitos klasik.

Saat ini, Glück adalah asisten profesor dan Penulis Rosenkranz di Residence di Universitas Yale. Dia tinggal di Cambridge, Massachusetts.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Nobel Prize in Literature 2020". Nobel Media AB. Diakses tanggal 8 Oktober 2020. 
  2. ^ "Summary of the 2020 Nobel Prize in Literature". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 8, 2020. Diakses tanggal October 8, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]