Mikhail Sholokhov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sholokhov pada tahun 1938

Mikhail Aleksandrovich Sholokhov (bahasa Rusia: Михаил Александрович Шолохов) (lahir di Kruskhilin (di Oblast Rostov), 24 Mei 1905 – meninggal di Vyoskhenskaya, 21 Februari 1984 pada umur 78 tahun) adalah seorang penulis novel asal Rusia. Ia memenangkan Penghargaan Nobel dalam Sastra tahun 1965.

Kehidupan dan karya[sunting | sunting sumber]

Sholokhov lahir di kawasan Kamenskaya, Rusia, di 'tanah bangsa Kossak'. Ayahnya seorang pemimpin kelas menengah ke bawah, saat itu petani, pedagang hewan, dan tukang giling. Ibu Sholokhov berasal dari Ukraina dan janda seorang Kossak. Ibunya buta huruf namun belajar membaca-tulis untuk berhubungan dengan anaknya. Sholokhov masuk sekolah di Kargin, Moskow, Boguchar dan Veshenskaya hingga 1918. Kemudian ia bergabung di sisi revolusioner dalam Perang Saudara Rusia. Saat itu ia masih berusia 13 tahun.

Sholokhov mulai menulis pada saat berusia 17 tahun. Buku pertamanya, Tanda Lahir, terbit saat ia masih berusia 19. Pada tahun 1922 Sholokhov pindah ke Moskwa untuk bekerja sebagai wartawan, namun ia harus mendukung dirinya sendiri melalui kerja manual. Ia seorang buruh pelabuhan, tukang batu, dan akuntan antara 1922-1924, namun kadang-kadang ia turut ambil bagian di "seminari" penulis. Karya pertamanya yang dicetak berupa artikel satir berjudul Suatu Ujian (1922).

Buku dan artikel[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]