Biografi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Biografi adalah karya sastra yang berisikan riwayat hidup seorang tokoh ternama.[1] Biografi berasal dari bahasa Yunani yakni dari kata bios dan grafien. Kata bios berarti hidup dan grafien berarti menulis, sehingga biografi memuat riwayat hidup yang berisi prestasi istimewa seseorang. Dalam sastra, biografi merupakan salah satu prosa baru yang menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang mulai dari kecil hingga dewasa, bahkan sampai meninggal dunia. Biografi dibagi menjadi dua macam yakni biografi portrayal dan ilmiah. Biografi portrayal adalah biografi yang menunjukkan sosok tokoh. Biografi ilmiah adalah biografi yang berisi sosok tokoh berdasarkan analisis dengan penggunaan konsep-konsep tertentu sehingga membentuk sebuah keterangan sejarah.[2] Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.[1]

Tantangan dalam menulis biografi adalah menggali karakter subjek dan memunculkan kepada pembaca melalui teks yang disajikan. Ada dua cara penyajian karakter dalam biografi. Pertama, disajikan secara langsung oleh penulis biografi atau oleh subjek biografi itu sendiri (jika menuliskannya sendiri). Kedua, karakter disuguhkan melalui kesaksian orang lain (tidak langsung).[3]

Ciri

  • Dapat ditulis dalam bentuk fiksi maupun non-fiksi.
  • Menceritakan tokoh yang menjadi panutan atau memiliki andil pada suatu lingkungan masyarakat tertentu.
  • Ditulis mengikuti pola tertentu yang didasarkan pada alur cerita seperti alur maju, gaya penulisan, sudut pandang, penggunaan bahasa, dana fokus cerita.
  • Melibatkan beberapa unsur bahasa seperti kata rujukan, kata hubung, waktu, kata kerja, tempat, dan aktivitas.
  • Dapat dikembangkan secara naratif dan deskriptif.
  • Ditulis sesuai dengan stuktur tertentu berupa kejadian, orientasi, atau reorientasi.
  • Karakter tokoh dapat dituliskan secara langsung maupun tidak langsung.
  • Pola pengembangan teks biografi biasanya bersifat kronologis.[4]
  • Isi biografi merupakan fakta yang disajikan dalam bentuk narasi.
  • Fakta yang diangkat harus berdasarkan pengalaman pribadi tokoh yang diceritakan dalam biografi.[5]

Struktur

Struktur teks biografi diawali dengan orientasi, urutan peristiwa kehidupan tokoh, dan reorientasi. Dalam orientasi memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga serta riwayat pendidikan. Pada bagian urutan peristiwa berisikan urutan kehidupan tokoh yang akan ditulis. Pada bagian tersebut akan dijelaskan mengenai suka duka yang dialami tokoh dan bagaimana bisa menjadi seperti sekarang ini. Reorientasi merupakan bagian akhir pada teks biografi. Bagian ini berisi mengenai pandangan atau kesimpulan penulis terhadap tokoh tersebut. Bagian reorientasi sifatnya opsional, artinya boleh ada dan boleh tidak ada.[6]

Feature biografi

Feature biografi adalah teks biografi yang disajikan pada media masa cetak dan online. Struktur feature biografi adalah sebagai berikut.

  • Headline atau judul berita berisi kata-kata penting yang menyampaikan subjek feature biografi dan menggambarkan isi feature biografi. Karakteristik judul feature biografi harus berbentuk kalimat abstrak, terdiri dari 5-7 kata, berupa pemikiran atau gagasan lengkap dan terdiri dari subjek dan kata (predikat) dan juga dilengkapi objek.
  • Lead feature biografi meliputi beberapa hal yaitu harus menulis bentuk fisik tetapi tidak orang terhina, menulis sikap seorang tokoh yang ditulis, menulis profesinya, menulis perjalanan hidup, menuliskan pandangan hidupnya dan menuliskan hobinya.
  • Body feature biografi, penulis harus mendeskripsikan tentang pendidikan, menulis tentang keluarga, kiat dan strategi sukses yang diraih, menulis hambatan ketika meraih sukses dan menulis tokoh bagaimana kisah suksesnya.
  • Pada bagian kaki feature harus memberikan penekanan yang menarik pada tokoh, merenungi dan memetik dari perjalanan tokoh dan memberikan motivasi bagi pembaca atau kata mutiara.[7]

Referensi

  1. ^ a b Mutia Anggraini (26 November 2020). "Pengertian Biografi Hingga Ciri-cirinya, Lengkap dengan Contoh Teks". Merdeka.com. Diakses tanggal 21 Desember 2020. 
  2. ^ Damariswara, Rian (2018-05-14). Konsep Dasar Kesusastraan: Paling Mutakhir. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahimy Genteng Press & Erisy Syawiril Ammah, M.Pd. hlm. 91. ISBN 978-602-51143-7-3. 
  3. ^ Siadari, Eben E. (2019). ESENSI PRAKTIK MENULIS. Jakarta: PT. Rayyana Komunikasindo. hlm. 56. ISBN 978-602-5834-45-5. 
  4. ^ Sendari, Anugerah Ayu (2020-12-29). "Pengertian Biografi dalam Karya Sastra, Lengkap dengan Ciri dan Isinya". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-01-25. 
  5. ^ Rahman, Taufiqur (2017-12-23). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara. hlm. 77. ISBN 978-602-50465-7-5. 
  6. ^ Ari Welianto (23 April 2020). "Teks Biografi: Ciri-ciri, Struktur dan Unsur Kebahasaan". Kompas.com. Diakses tanggal 21 Desember 2020. 
  7. ^ Muslimin, Khoirul. Jurnalistik Dasar : Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial. Jepara: UNISNU PRESS. hlm. 90. ISBN 978-623-91115-2-6. 

Lihat pula

Daftar pustaka

  • Casper, Scott E. Constructing American Lives: Biography and Culture in Nineteenth-Century America. Chapel Hill: University of North Carolina Press, 1999.
  • Heilbrun, Carolyn G. Writing a Woman's Life. New York: W. W. Norton, 1988.
  • Lee, Hermione. Biography: A Very Short Introduction, Oxford University Press, 2009. ISBN 978-0-19-953354-1
  • Manovich, Lev. The Language of New Media. Cambridge, MA: MIT Press, 2001.
  • Stone, Albert E. Autobiographical Occasions and Original Acts. Philadelphia: University of Pennsylvania Press, 1982.