Halaman judul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Halaman judul dari sebuah buku, karya tulis ilmiah, ataupun bentuk karangan lain, adalah halaman di bagian awal buku yang menampilkan judul, subjudul, penulis, penerbit dan edisinya. (sebaliknya, halaman Prancis hanya menampilkan judul karangan saja).

Dalam karya tulis ilmiah[sunting | sunting sumber]

Contoh halaman judul pada karya ilmiah

Halaman judul dalam karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis atau makalah berada pada halaman pertama. Halaman judul pada karya tulis ilmiah ini biasanya hanya memuat judul dan nama pengarangnya saja. Pada kasus tertentu seperti karangan ilmiah, juga berisi informasi mengenai kelas (seperti mata kuliah dan nomor), identifikasi (seperti nomor induk), tanggal, nama dosen, dan nama lembaga pendidikan. Nomor halaman tidak dicetak pada halaman judul.

Sementara itu pada tesis, halaman judul berisikan judul lengkap, nama peneliti dan gelarnya, nama fakultas dan departemen, nama perguruan tinggi, tanggal wisuda, dan juga simbol hak cipta. Halaman judul pada tesis biasanya tidak diberi nomor halaman; halaman abstrak (halaman ii) adalah halaman pertama yang dicetak nomor halamannya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]