Aleksandr Solzhenitsyn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Aleksandr Solzhenitsyn
Alexander Solzhenitsyn in Moscow, December 1998.jpg
Aleksandr Solzhenitsyn
Lahir Aleksandr Isayevich Solzhenitsyn
11 Desember 1918 (umur 95)
Kislovodsk, Rusia
Pekerjaan Novelis
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Sastra (1970)
Penghargaan Templeton (1983)

Aleksandr Isayevich Solzhenitsyn (Алекса́ндр Иса́евич Солжени́цын, lahir 11 Desember 1918 – meninggal 3 Agustus 2008 pada umur 89 tahun) adalah seorang penulis asal Rusia, salah satu penulis roman Rusia besar abad ke-20. Ia meraih Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 1970.

Pada Perang Dunia II Solzhenitsyn adalah perwira di Tentara Merah; namun kritikannya yang pedas terhadap Josef Stalin menyebabkannya dikirimkan ke gulag, dan ia baru dibebaskan pada 1953. Ini membentuk pengalaman yang dituangkan dalam novelnya V kruge pervom, diterbitkan di dunia Barat pada 1968.

Pada 1970, Solzhenitsyn dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Sastra. Ia tidak bisa menerima penghargaan itu secara pribadi di Stockholm saat itu, karena ia takut dilarang kembali ke negerinya sekali jika ia pergi. Namun, ia mengusulkan akan menerima penghargaan itu di kedutaan besar Swedia di Moskow. Pemerintah Swedia menolak menerima solusi ini, karena upacara dan peliputan media massa akan mengecewakan Uni Soviet dan merusak hubungan Swedia dengan negeri adikuasa ini. Akhirnya Solzhenitsyn menerima penghargaan ini pada upacara 1974 setelah dideportasi dari Uni Soviet.

Setelah bubarnya Uni Soviet ia kembali ke Rusia.

Karya-Karya Utama[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Victor A. Pogadaev. Solzhenitsyn: Tanpa Karyanya Sejarah Abad 20 Tak Terbayangkan - "Pentas", Jil. 3, Bil. 4 Oktober-Disember 2008. Kuala Lumpur, hlm. 60-63