Grazia Deledda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Grazia Deledda

Grazia Deledda, penulis Italia, lahir di Nuoro, Sardinia pada 1871, meninggal di Roma pada 1936. Grazia Deledda dianugerahi Hadiah Nobel Sastra 1926.

Ia pertama kali menerbitkan beberapa novel di majalah "L'ultima moda" saat majalah itu masih menerbitkan karya dalam bentuk prosa dan puisi. Nell'azzurro, diterbitkan oleh Trevisani pada 1890 bisa dianggap sebagai karya pertamanya.

Di Nuoro, Sardinia di sebuah rumah di mana Grazia Deledda lahir. Menikah dalam usia yang sangat muda, kemudian pindah ke Roma pada 1899 dimana hidupnya sangat tenang, selama hidupnya dia sering berkunjung ke Sardinia. Pada usia 17 tahun Deledda menulis cerita pertamanya berdasarkan pembacaan yang penuh perasaan atas cerita-cerita rakyat.

Dengan Il vecchio della montagna (1900; “The Old Man of the Mountain”) dia mulai menulis tentang efek tragis dari godaan dan dosa di antara manusia primitif. Diantara karya-karya dia yang menonjol adalah Dopo il divorzio (1902; After the Divorce); Elias Portolu (1903), kisah seorang mantan narapidana mistik yang jatuh cinta dengan pengantin saudara laki-lakinya, La madre (1920; The Woman and the Priest; U.S. title, The Mother) tragedi seorang ibu yang mewujudkan mimpinya pada anak laki-lakinya untuk menjadi imam yang kemudian melihat anaknya menyerah pada godaan dosa. Karya-karya Deledda lebih dari 40 novel.[1]

Kini rumah Deledda dijadikan museum. Di sebuah gereja kecil, Chiesetta della Solitudine, dimana dapat ditemukan makamnya.

Berikut ini adalah beberapa karya populer Deledda:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Grazia Deledda | Italian author". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-10.