Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari (Jakarta)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suasana Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari dilihat dari pinggir jalan

Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari adalah salah satu nama jalan utama di Jakarta. Nama jalan ini diambil dari nama seorang ulama dan pahlawan revolusi kemerdekaan Republik Indonesia, Muhammad Hasyim Asy'ari. Jalan ini berada di Jakarta Pusat. Jalan sepanjang 2,1 kilometer ini melintang dari persimpangan Jalan Hayam Wuruk sampai Flyover Roxy. Jalan ini melintasi 3 kelurahan:

Di jalan ini terdapat pusat perbelanjaan ITC Roxy Mas[1], kompleks Duta Merlin, Kantor Pusat Pajak Gambir Dua, Sekolah Tarsius 1, dan dilintasi oleh rel kereta api lin lingkar Cikarang. Jalan ini merupakan salah satu titik kemacetan menuju arah Grogol.[2][3] Jalan terimbas rekayasa pembangunan MRT Jakarta Lin Utara fase 2A.[4]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalur Bus

Persimpangan[sunting | sunting sumber]

Jalan ini memiliki persimpangan, yaitu:

  • Persimpangan Duta Merlin (dari/menuju Jalan Hayam Wuruk)
  • Persimpangan Jalan A.M. Sangaji (dari Jalan Kyai Haji Zainul Arifin dan dari/menuju Jalan Suryopranoto)
  • Persimpangan Cideng (Jalan Cideng Barat dari Tanah Abang/Kebon Sirih dan menuju Jalan Kyai Haji Zainul Arifin dan Jalan Cideng Timur dari Jalan Kyai Haji Zainul Arifin menuju Tanah Abang/Kebon Sirih)
  • Persimpangan Biak (dari/menuju Jalan Tomang Raya, Jembatan Lima, dan Pekojan)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Oktaviani, Tari (2022-03-12). "Daftar Mall di Jakarta Pusat". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-12-09. 
  2. ^ "Jalan KH Hasyim Ashari Macet". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-12-09. 
  3. ^ Kartika, Unoviana (2015-01-13). "Perubahan Lalu Lintas Jalan KH Hasyim Ashari-Jalan Biak Berlaku 12 Jam". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-12-09. 
  4. ^ "Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk Periode 14 Oktober 2022--28 Februari 2023 | MRT Jakarta". jakartamrt.co.id. Diakses tanggal 2022-12-09.