JKT48 Theater 11th Anniversary Event "I Love JKT48 Theater"

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
JKT48 Theater 11th Anniversary Event "I Love JKT48 Theater"
Tanggal9 September 2023 mulai pukul 19:00 WIB
LokasiTeater JKT48, Lantai 4 Mal fX Sudirman, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Peserta/Pihak terlibat41 anggota JKT48 (28 anggota tetap dan 13 siswi pelatihan)
Situs web
Kronologi Konser Ulang Tahun Teater JKT48
JKT48 Theater 10th Anniversary Show: Memory and Party
(7 dan 8 September 2022)
JKT48 Theater 11th Anniversary Event "I Love JKT48 Theater"
(9 September 2023)
TBA
(TBA)

JKT48 Theater 11th Anniversary Event "I Love JKT48 Theater" adalah pertunjukan spesial ulang tahun yang kesebelas dari teater eksklusif untuk pertunjukan grup idola JKT48, Teater JKT48, yang diadakan di Teater JKT48, Lantai 4 Mal fX Sudirman, Jakarta Pusat, DKI Jakarta dan berlangsung hanya selama 1 pertunjukan untuk semalam, tepatnya pada 9 September 2023 (yang bertepatan dengan sehari setelah hari ulang tahun Teater JKT48 yang kesebelas) mulai pukul 19:00 WIB.[1]

Acara pertunjukan spesial ini kembali digelar secara langsung,hanya untuk kalangan klub penggemar resmi atau Official Fans Club (OFC) saja. Tidak hanya itu, acara pertunjukan spesial ini juga dapat disaksikan secara virtual atau live streaming dengan pembelian tiketnya di SHOWROOM melalui fitur Premium Live, dan juga Kanal YouTube JKT48 TV dengan bergabung ke dalam program langganan berbayar (membership), berbeda dengan acara sebelumnya pada tahun lalu, tepatnya pada 7 dan 8 September 2022.

Acara pertunjukan spesial ini akan menampilkan 41 anggota yang aktif di JKT48, baik 28 anggota tetap (dari generasi ke-3, ke-6 hingga ke-10) maupun debut 13 siswi pelatihan (dari generasi ke-11).

Tentang Pertunjukan Spesial Ini[sunting | sunting sumber]

Seperti yang telah diumumkan oleh Shani (Kapten JKT48) pada akhir pertunjukan setlist khusus siswi pelatihan dari generasi ke-11 "Aitakatta (Ingin Bertemu)" di Teater JKT48, Lantai 4 Mal fX Sudirman, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada 20 Agustus 2023, bahwa pada tanggal 9 September 2023, JKT48 akan mengadakan pertunjukan spesial bertajuk "I Love JKT48 Theater" untuk merayakan ulang tahun Teater JKT48 yang ke-11.[1]

Jelang Pertunjukan Spesial Ini[sunting | sunting sumber]

Pada 8 September 2023, bertepatan dengan hari ulang tahun Teater JKT48 yang ke-11, sebelum pertunjukan spesial ini dimulai pada keesokan harinya, terlebih dahulu, ada 7 anggota JKT48 dari masing-masing generasi, seperti Greesel (dari generasi 11, yang berstatus sebagai siswi pelatihan), Lyn (dari generasi 10), Ashel (dari generasi 9), Oniel (dari generasi 8), Freya (dari generasi 7), Gita (dari generasi 6), dan Shani (Kapten JKT48, dari generasi 3). Mereka ber-7 menyampaikan cerita dan harapan mereka tentang Teater JKT48, melalui Kanal YouTube JKT48 TV.[2]

Tepat pada H-1 nya atau tanggal 9 September 2023 waktu siang, seluruh anggota JKT48 (baik anggota tetap maupun siswi pelatihan) mengubah foto profil mereka masing-masing di X sesuai dengan tema spesial ini yang serba merah muda.

Kemudian, mulai pukul 16:30 WIB, 4 anggota JKT48, seperti Shani (selaku Kapten JKT48), Feni, Gracia, dan Gita memasang plakat Ulang Tahun Teater JKT48 yang ke-11 di bagian tengah dinding kabesha (foto anggota) pada bagian depan Teater JKT48.[3]

Setlist[sunting | sunting sumber]

Bertulisan tebal menandakan sebagai anggota yang berada di posisi tengah depan pada rekap ini.

Trek Lagu Dibawakan oleh Terdapat dalam (Album, Singel, Setlist Theater, dan sebagainya) Catatan
Kage-Ana: Shani
00 Overture
01 Shonichi (Hari Pertama) Ashel, Callie, Chika, Feni, Freya, Indah, Jessi, Kathrina, Muthe, Olla, Raisha, dan Shani. Pajama Drive (panggung setlist siswi pelatihan generasi 1, 2, 3, 4 dan 5, Akademi Kelas A, serta generasi 10); Heavy Rotation (album studio pertama JKT48); dan Kamikyokutachi (Mahagita) (album studio ke-2 JKT48) Sebagai pembukaan pertunjukan
02 Oogoe Diamond (Teriakan Berlian) Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta) (panggung setlist tahap pertama Tim J, ke-2 Tim T, dan pertama Era Baru JKT48); dan Heavy Rotation (album studio pertama JKT48)
03 Viva! Hurricane Siswi pelatihan (generasi 11): Alya, Anindya, Cathy, Chelsea, Cynthia, Daisy, Danella, Elin, Gendis, Gracie, Greesel, Jeane, dan Michie. Boku no Taiyou (Matahari Milikku) (panggung setlist tahap ke-2 siswi pelatihan generasi 2, pertama Tim KIII, ke-3 Tim T, dan ke-2 Akademi Kelas A); dan Yuuhi wo Miteiruka? (Apakah Kau Melihat Mentari Senja?) (singel ke-2 JKT48) Sebagai pembukaan pertunjukan berikutnya
04 Sonna Konna Wake De (Dengan Berbagai Alasan) Adel, Christy, Eli, Ella, Fiony, Flora, Gita, Gracia, Lulu, Lyn, Marsha, dan Oniel. Boku no Taiyou (Matahari Milikku) (panggung setlist tahap ke-2 siswi pelatihan generasi 2, pertama Tim KIII, ke-3 Tim T, dan ke-2 Akademi Kelas A)
05 Koike (Adyth) Dareka no Tame ni (Demi Seseorang) (panggung setlist tahap ke-2 Tim J dan ke-4 Tim T)
MC1 Adel, Gita, Fiony, Christy, dan Marsha (membicarakan mengenai setlist kesukaan para anggota JKT48 yang pernah dibawakan di Teater JKT48)
06 Cinderella wa Damasarenai (Cinderella Tidak Akan Tertipu) Ashel, Chika, Feni, Freya, Gracia, Indira, Lulu, Muthe, Olla, Oniel, Shani, dan Zee. Seishun Girls (Gadis-Gadis Remaja) (panggung setlist tahap ke-2 Tim KIII, ke-5 Tim T, dan ke-2 Era Baru JKT48) Sebagai lanjutan pertunjukan
07 Innocence Te wo Tsunaginagara (Sambil Menggandeng Erat Tanganku) (panggung setlist tahap Tim T era generasi 3 dan "Buah Persik yang Segar")
08 Theater no Megami (Dewi Theater) Callie, Christy, Eli, Fiony, Flora, Gita, Indah, Jessi, Kathrina, Lia, Marsha, dan Raisha. Theater no Megami (Dewi Theater) (panggung setlist tahap ke-3 Tim J dan ke-6 Tim T); dan Kibouteki Refrain (Refrain Penuh Harapan) (singel ke-10 JKT48)
09 Saishuu Bell ga Naru (Bel Terakhir Berbunyi) Callie, Christy, Eli, Fiony, Flora, Gita, Indah, Jessi, Kathrina, Lia, Marsha, dan Raisha. Saishuu Bell ga Naru (Bel Terakhir Berbunyi) (panggung setlist tahap ke-3 Tim KIII); dan Kibouteki Refrain (Refrain Penuh Harapan) (singel ke-10 JKT48)
MC2A Callie, Indah, Jessi, Raisha, dan Flora (bermain permainan serta menjawab pertanyaan, yaitu: "Seberapa Tahu Kamu Seputar Teater JKT48")
MC2B Lia, Ashel, Feni, Eli, Lulu, dan Zee (lanjutan dari MC sebelumnya)
10 Machikado no Party (Party di Sudut Jalan) Ashel, Christy, Eli, Feni, Gita, Gracia, Kathrina, Lia, Lulu, Lyn, Marsha, dan Zee. Saka Agari (Back Hip Circle) (panggung setlist tahap ke-4 Tim KIII) Sebagai lanjutan pertunjukan berikutnya
11 Tadaima Renaichuu (Sekarang Sedang Jatuh Cinta) Ashel, Christy, Eli, Feni, Gita, Gracia, Kathrina, Lia, Lulu,Lyn Marsha, Zee. Tadaima Renaichuu (Sekarang Sedang Jatuh Cinta) (panggung setlist tahap ke-4 Tim J); dan B•E•L•I•E•V•E (album studio ke-3 JKT48)
12 Haru Ichiban ga Fuku Koro (Angin Musim Semi Pertama) Adel, Chika, Ella, Fiony, Flora, Freya, Indira, Jessi, Muthe, Olla, Oniel, Shani. Idol no Yoake (Fajar Sang Idola) (panggung setlist tahap ke-5 Tim J)
13 Pinoccio Gun (Pasukan Pinokio) Seifuku no Me (Tunas di Balik Seragam) (panggung setlist tahap ke-7 Tim T dan ke-3 Era Baru JKT48)
MC3 Chika, Fiony, Oniel, Shani, Olla, Freya, dan Muthe (Arti Teater JKT48 menurut para anggota JKT48)
14 Disco Houkenshitsu (Disco di UKS) Siswi pelatihan (generasi 11): Alya, Anindya, Cathy, Chelsea, Cynthia, Daisy, Danella, Elin, Gendis, Gracie, Greesel, Jeane, dan Michie. Ramune no Nomikata (Cara Meminum Ramune) (panggung setlist tahap ke-5 Tim KIII dan ke-4 Era Baru JKT48) Sebagai penutupan pertunjukan, sebelum encore.
15 Kodoku na Ballerina (Ballerina dalam Sepi) Adel, Ashel, Callie, Christy, Ella, Feni, Flora, Gita, Gracia, Indira, Jessi, Lia, Lulu, Marsha, dan Olla; ditambah dengan Haruka (sebagai balerina).
16 Dakedo... (Tetapi...) Aitakatta (Ingin Bertemu) (panggung setlist siswi pelatihan generasi 11)
VTR1 Dokumenter Perjalanan dari Teater JKT48 selama 11 tahun (2012 - 2023).
Dilanjutkan dengan Encore, melalui yel-yel dengan mengucapan "I Love Theater JKT48" (sesuai dengan kata yang sama, selama berulang kali) yang telah dihadiri oleh para penonton kalangan Fans JKT48 (khususnya kalangan klub penggemar resmi atau Official Fans Club (OFC)) di Teater JKT48, sebelum pertunjukan encore ini dimulai.
17 Shiroi Shirts (Baju Putih) Pajama Drive (panggung setlist siswi pelatihan generasi 1, 2, 3, 4 dan 5, Akademi Kelas A, serta generasi 10) Sebagai pembukaan pertunjukan encore
18 Bokutachi no Kamihikouki (Pesawat Terbang Kertas Milik Kita) Theater no Megami (Dewi Theater) (panggung setlist tahap ke-3 Tim J dan ke-6 Tim T)
MC4 Seluruh anggota JKT48 merayakan ulang tahun Teater JKT48 yang ke-11:
  • Kue ulang tahun telah tiba dengan mengiringi lagu "Namida Surprise! (Air Mata Surprise!)".
    • Kue ulang tahun bertulisan "JKT48 THEATER" (berwarna merah muda pada bagian atas), dan tulisan "11th Anniversary" (berwarna merah muda dengan latar belakang putih khususnya pada bagian bawah), menandakan sebagai ucapan perayaan ulang tahun Teater JKT48 yang ke-11. Gita yang menyalakan lilin angka 1 dan 1 berwarna emas yang diletakkan ke atas kue ulang tahun tersebut.
  • Pembacaan surat ucapan selamat ulang tahun untuk Teater JKT48 yang diwakili oleh Feni (yang telah tampil terbanyak di Teater JKT48 sebanyak 717 kali (per tanggal 3 September 2023)).
  • Tiup lilin, serta mengucapkan "Selamat Ulang Tahun untuk Teater JKT48"

Untuk pengumuman penting yang disampaikan oleh Melody (selaku Manajer Umum Teater JKT48), lihat bagian Pengumuman.

19 Mirai no Tobira (Pintu Masa Depan) Aitakatta (Ingin Bertemu) (panggung setlist siswi pelatihan generasi 11); dan JKT48 Festival Greatest Hits (album kompilasi pertama JKT48, bekerjasama dengan KFC) Sebagai penutupan pertunjukan encore
Diakhiri dengan sesi foto bersama, mengucapkan "Se~no!", hingga meninggalkan dari panggung teater.
Shime-Ana: Shani

Pengumuman[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah beberapa pengumuman penting yang disampaikan oleh Manajer Umum Teater JKT48 Melody, terdiri dari:[4]

  • Konser ulang tahun JKT48 yang ke-12 atau "JKT48 12th Anniversary Concert" akan diadakan di Surabaya, Jawa Timur. Mengenai detail tanggal tersebut akan diinformasikan lebih lanjut melalui situs web dan akun media sosial resmi JKT48.
  • JKT48 akan merilis NEW ERA Special Performance Video dari lagu "Ame no Doubutsuen (Kebun Binatang Saat Hujan)" pada 12 September 2023 mendatang.[5] Namun, perilisan tersebut diundur ke 5 malam berikutnya (17 September 2023), karena Donny (salah satu staf JKT48 bagian guru koreografer) telah meninggal dunia pada 12 September 2023, dan JKT48 baru saja dalam masa berkabung.[6][7][8][9]
  • JKT48 akan merilis beberapa album dari lagu-lagu yang sudah pernah dibawakan di Teater JKT48 melalui platform streaming digital, yaitu: "Idol no Yoake (Fajar Sang Idola) (panggung setlist ke-5 Tim J) dan Saka Agari (Back Hip Circle) (panggung setlist ke-4 Tim KIII); serta Mahagita Vol. 2 (album studio ke-5 JKT48) yang berisi beberapa lagu lama maupun lagu baru.
  • JKT48 akan merilis singel ke-24 yang merupakan singel spesial kelulusan untuk Shani.[10]

Jumlah Penampilan[sunting | sunting sumber]

Nama anggota yang berpartisipasi Generasi Status anggota Jumlah penampilan (setiap lagu) Peringkat
Adel 8 Anggota tetap 9 3
Amanda 10 Anggota tetap 4 (paling sedikit) 6 (terendah)
Alya 11 Siswi pelatihan 6 5
Anindya 11 Siswi pelatihan 6 5
Ashel 9 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Callie 10 Anggota tetap 9 3
Cathy 11 Siswi pelatihan 6 5
Chelsea 11 Siswi pelatihan 6 5
Chika 7 Anggota tetap 10 2
Christy 7 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Cynthia 11 Siswi pelatihan 6 5
Daisy 11 Siswi pelatihan 6 5
Danella 11 Siswi pelatihan 6 5
Eli 7 Anggota tetap 10 2
Elin 11 Siswi pelatihan 6 5
Ella 10 Anggota tetap 9 3
Feni 3 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Fiony 8 Anggota tetap 10 2
Flora 8 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Freya 7 Anggota tetap 10 2
Gendis 11 Siswi pelatihan 6 5
Gita 6 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Gracia 3 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Gracie 11 Siswi pelatihan 6 5
Greesel 11 Siswi pelatihan 6 5
Indah 9 Anggota tetap 8 4
Indira 10 Anggota tetap 9 3
Jeane 11 Siswi pelatihan 6 5
Jessi 7 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Kathrina 9 Anggota tetap 10 2
Lia 10 Anggota tetap 9 3
Lulu 8 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Lyn 10 Anggota tetap 8 4
Marsha 9 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Michie 11 Siswi pelatihan 6 5
Muthe 7 Anggota tetap 10 2
Olla 7 Anggota tetap 11 (paling banyak) 1 (tertinggi)
Oniel 8 Anggota tetap 10 2
Raisha 10 Anggota tetap 8 4
Shani 3 Kapten JKT48 10 2
Zee 7 Anggota tetap 8 4

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Anggota yang dibawakan setiap lagu sewaktu-waktu berubah.
  • Siswi pelatihan dari generasi 11 tampil untuk pertama kalinya pada pertunjukan spesial ini.
  • Ada 1 bintang tamu pada pertunjukan spesial ini, yaitu Haruka (mantan anggota JKT48 generasi 1,5) yang juga tampil menjadi posisi tengah depan sebagai balerina untuk lagu trek ke-15 "Kodoku na Ballerina (Ballerina dalam Sepi)" dari setlist "Ramune no Nomikata (Cara Meminum Ramune)"
Setlist apa yang lagunya paling banyak dibawakan dalam pertunjukan spesial ini?
Panggung setlist Jumlah lagu yang dibawakan
Pajama Drive (panggung setlist siswi pelatihan generasi 1, 2, 3, 4 dan 5, Akademi Kelas A, serta generasi 10) 2
Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta) (panggung setlist tahap pertama Tim J, ke-2 Tim T, dan pertama Era Baru JKT48) 1
Boku no Taiyou (Matahari Milikku) (panggung setlist tahap ke-2 siswi pelatihan generasi 2, pertama Tim KIII, ke-3 Tim T, dan ke-2 Akademi Kelas A) 2
Dareka no Tame ni (Demi Seseorang) (panggung setlist tahap ke-2 Tim J dan ke-4 Tim T) 1
Seishun Girls (Gadis-Gadis Remaja) (panggung setlist tahap ke-2 Tim KIII, ke-5 Tim T, dan ke-2 Era Baru JKT48) 1
Te wo Tsunaginagara (Sambil Menggandeng Erat Tanganku) (panggung setlist tahap Tim T era generasi 3 dan "Buah Persik yang Segar") 1
Theater no Megami (Dewi Theater) (panggung setlist tahap ke-3 Tim J dan ke-6 Tim T) 2
Saishuu Bell ga Naru (Bel Terakhir Berbunyi) (panggung setlist tahap ke-3 Tim KIII) 1
Tadaima Renaichuu (Sekarang Sedang Jatuh Cinta) (panggung setlist tahap ke-4 Tim J) 1
Saka Agari (Back Hip Circle) (panggung setlist tahap ke-4 Tim KIII) 1
Idol no Yoake (Fajar Sang Idola) (panggung setlist tahap ke-5 Tim J) 1
Seifuku no Me (Tunas di Balik Seragam) (panggung setlist tahap ke-7 Tim T dan ke-3 Era Baru JKT48) 1
Ramune no Nomikata (Cara Meminum Ramune) (panggung setlist tahap ke-5 Tim KIII dan ke-4 Era Baru JKT48) 2
Aitakatta (Ingin Bertemu) (panggung setlist siswi pelatihan generasi 11) 2

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Pengumuman Mengenai JKT48 Theater 11th Anniversary Event "I Love JKT48 Theater"". JKT48 Operation Team. 4 September 2023. Diakses tanggal 4 September 2023. 
  2. ^ "I Love JKT48 Theater". YouTube. 8 September 2023. Diakses tanggal 9 September 2023. 
  3. ^ "Pemasangan Plakat JKT48 Theater 11th Anniversary". YouTube. 9 September 2023. Diakses tanggal 9 September 2023. 
  4. ^ Andi Permana (10 September 2023). "Berikut 4 Pengumuman Penting yang Diumumkan Pada JKT48 Theater 11th Anniversary!". Suara Merdeka (via Diorama). Diakses tanggal 19 September 2023. 
  5. ^ JKT48 Operation Team (10 September 2022). "12 September 2023 at 20.00 only on JKT48 Official Youtube Channel! #jkt48 #jkt48newera" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 11 September 2023 – via Instagram. 
  6. ^ JKT48 Operation Team [@officialJKT48] (12 September 2023). "Beberapa saat yang lalu, kami mendapatkan kabar duka bahwa salah satu choreographer sensei JKT48, Donny Yuliantino yang telah aktif sejak tahun 2012 membimbing member JKT48, telah berpulang" (Tweet). Diakses tanggal 13 September 2023 – via Twitter. 
  7. ^ JKT48 Operation Team [@officialJKT48] (12 September 2023). "Kami segenap keluarga besar JKT48 mengucapkan turut berdukacita yang sebesar-besarnya atas kepergian beliau. Semoga Donny sensei dapat beristirahat dengan tenang dan diterima di sisi-Nya" (Tweet). Diakses tanggal 13 September 2023 – via Twitter. 
  8. ^ JKT48 Operation Team [@officialJKT48] (12 September 2023). "Berkaitan dengan hal tersebut, JKT48 New Era Special Performance Video - Kebun Binatang Saat Hujan yang rencananya akan dirilis malam ini akan kami tunda, dan akan rilis besok 13 September 2023 pukul 20.00 WIB. Kami mohon pengertiannya" (Tweet). Diakses tanggal 13 September 2023 – via Twitter. 
  9. ^ JKT48 Operation Team [@officialJKT48] (13 September 2023). "Melihat perkembangan situasi dan dengan mempertimbangkan usulan dari fans, kami akan kembali mengundur perilisan JKT48 New Era Special Performance Video. Video akan kami rilis hari Minggu, 17 September 2023 pukul 20.00 WIB. Terima kasih atas pengertiannya" (Tweet). Diakses tanggal 13 September 2023 – via Twitter. 
  10. ^ M. Mujibburohim (10 September 2023). "JKT48 Umumkan akan Rilis Single Baru, Spesial Kelulusan Shani Indira". overseasidol.com. Diakses tanggal 19 September 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]