Five Nights at Freddy's 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Five Nights at Freddy's 2
Header etelase Steam
Publikasi
  • Windows
  • 10 November 2014
  • Android
  • 12 November 2014
  • iOS
  • 20 November 2014
  • Switch, PlayStation 4, Xbox One
  • 29 November 2019
GenreHoror kesintasan, point-and-click
KarakterJeremy Fitzgerald, Fritz Smith, Toy Freddy, Toy Bonnie, Toy Chica, Mangle, Freddy Fazbear, Bonnie, Chica, Foxy dan Golden Freddy
Latar tempatFive Nights at Freddy's universe
Bahasa
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformAndroid, Windows, iOS, Nintendo Switch, Xbox One dan PlayStation 4
MesinClickteam Fusion 2.5
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital dan unduhan digital
Metode inputtetikus, papan tombol komputer, layar sentuh dan kontroler permainan video
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangScott Cawthon
PenyuntingScott Cawthon
Penerbit
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
USK
enllaç=d:Q14920392
Informasi tambahan
Situs webscottgames.com (Inggris)
MobyGamesfive-nights-at-freddys-2
Steam332800
IMDB: tt4225040
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Five Nights at Freddy's 2 (FNaF 2) adalah permainan video bergenre point-and-click survival horror yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Scott Cawthon. Ini adalah seri kedua dari serial Five Nights at Freddy's. Seperti pendahulunya, permainan ini mengambil latar restoran pizza fiksi di mana pemain berperan sebagai penjaga keamanan yang harus mempertahankan diri dari karakter animatronik jahat yang berkeliaran di restoran pada malam hari.

Scott Cawthon memberi tahu tentang Five Nights at Freddy's 2 pada bulan September 2014, hanya satu bulan setelah perilisan game pertama. Permainan ini dirilis di Steam pada 10 November 2014, lebih awal dari tanggal rilis yang direncanakan pada 25 Desember 2014. Port mobile dari permainan ini dirilis untuk Android dan iOS yang dirilis pada 12 November 2014, dan 20 November, 2014 masing-masing, dan port untuk Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One dirilis pada November 2019.

Game ini menerima ulasan beragam dari para kritikus, yang memuji permainannya yang memicu kepanikan tetapi mengkritik tingkat kesulitannya dibandingkan dengan pendahulunya. Game ketiga dalam seri ini, Five Nights at Freddy's 3, dirilis pada 2 Maret 2015.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Cuplikan layar permainan yang menunjukkan kantor protagonis, dengan animatronik di lorong tengah

Five Nights at Freddy's 2 adalah permainan video horor kesintasan dengan elemen point-and-click.[1] Pemain berperan sebagai penjaga keamanan malam yang harus menyelesaikan giliran jaga mereka tanpa tertangkap oleh karakter animatronik pembunuh yang berkeliaran di dalam gedung.[2]

Karakter pemain duduk sendirian di kantor yang tidak bisa mereka tinggalkan.[3] Mereka memiliki akses ke jaringan kamera keamanan yang dapat digunakan untuk melacak pergerakan animatronik di seluruh restoran.[2][3] Kantor ini memiliki tiga pintu masuk; lorong tengah dan dua ventilasi udara samping. Berbeda dengan pintu keamanan game sebelumnya, tidak satupun dari pintu masuk ini dapat ditutup, dan animatronik dapat memasuki kantor dengan bebas.[3]

Animatronik tersebut mencakup versi Freddy, Bonnie, Chica, dan Foxy yang direnovasi dari game pertama, versi jompo mereka, dan dua animatronik baru yang disebut Puppet dan Balloon Boy.[2][4] Pemain dapat menyinari animatronik melalui umpan kamera untuk memperlambatnya sementara,[3] dan dapat menghindari terdeteksi oleh sebagian besar karakter dengan mengenakan topeng animatronik.[3][5] Topeng tidak akan berfungsi pada Foxy atau Puppet, yang ditolak dengan cara lain.[2] Senter harus berulang kali disinari ke lorong untuk mengusir Foxy, dan Puppet tersebut ditundukkan oleh kotak musik yang harus terus-menerus ditutup menggunakan tombol.[3][4] Catu daya untuk penggunaan kamera dan lampu tidak terbatas, tetapi ini tidak berlaku untuk senter; jika baterainya habis, pemain menjadi rentan.[3]

Karakter pemain akan terbunuh jika ditangkap oleh animatronik, kecuali Balloon Boy, yang hanya menonaktifkan senter.[2][4] Setelah pemain mati, ada kemungkinan acak bahwa permainan mini bergaya Atari akan muncul. Minigame ini memberikan wawasan tentang alur permainan.[3][6] Permainan ini terdiri dari tujuh level yang disebut "malam",[2] yang masing-masing berlangsung beberapa menit dan secara bertahap tingkat kesulitannya meningkat. [2][3]

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Pemain berperan sebagai Jeremy Fitzgerald, [7] seorang penjaga keamanan malam yang bekerja di lokasi Pizza Freddy Fazbear yang baru. Seorang anggota staf yang tidak disebutkan namanya menelepon Fitzgerald setiap malam untuk memberikan saran dan informasi tentang latar belakang waralaba.[3] Karyawan tersebut menjelaskan bahwa animatronik restoran tersebut menampilkan perangkat lunak pengenalan wajah yang terhubung ke database kriminal, dengan tujuan melindungi anak-anak dari potensi bahaya. Terlepas dari fitur-fitur ini, robot tidak diprogram dengan mode malam yang tepat; ketika mereka mendeteksi keheningan, mereka mencari sumber kebisingan terdekat untuk mencari orang untuk dihibur, yang kebetulan adalah kantor keamanan. Penelepon lebih lanjut menjelaskan bahwa sejumlah animatronik lama dilengkapi dengan teknologi ini, dan disimpan di lokasi untuk mendapatkan suku cadang.

Saat permainan berlangsung, karyawan tersebut mengungkapkan bahwa restoran tersebut sedang diselidiki polisi. Minigame bergaya Atari memberikan wawasan tentang masa lalu restoran yang bermasalah, menyiratkan bahwa restoran tersebut adalah tempat pembunuhan banyak anak oleh sosok ungu yang tidak disebutkan namanya. Pada malam kelima permainan, Fitzgerald diberitahu oleh anggota staf bahwa restoran telah ditutup karena kejadian yang tidak ditentukan. Di penghujung malam kelima, Fitzgerald menerima gaji.

Pada malam keenam, karyawan tersebut menjelaskan bahwa restoran tersebut telah ditutup sementara, dan menyebutkan bahwa dia berencana untuk menggantikan Fitzgerald sebagai penjaga keamanan malam restoran, karena Fitzgerald akan dipromosikan menjadi shift siang. Sebuah surat kabar ditampilkan setelah malam selesai, yang mengumumkan penutupan restoran, menyatakan bahwa animatronik yang baru didesain ulang akan dihapus, tetapi animatronik lama akan disimpan saat restoran dibuka kembali. Pada "malam kustom" ketujuh, pemain mengontrol karakter baru bernama Fritz Smith. Setelah menyelesaikan malam ini, Smith dipecat.[7]

Perilisan dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Tak lama setelah rilis Five Nights at Freddy's, pengembang Cawthon mulai mengkonfirmasi rumor sekuel game tersebut.[8] Hanya satu bulan setelah rilis game aslinya, Cawthon memposting teaser sekuelnya di halaman webnya, dan terus memposting teaser hingga game tersebut dirilis.[9] Pada bulan Oktober 2014, trailer untuk game tersebut dirilis dan game tersebut diposting ke Steam Greenlight, dengan demo tersedia segera setelahnya.[10] Game ini dirilis pada 11 November 2014 untuk Windows,[11] lebih cepat dari rencana tanggal rilis 25 Desember [12] Port untuk Android dan iOS dirilis pada 12 dan 20 November di tahun yang sama.[13][14] Versi untuk Nintendo Switch, PlayStation 4 dan Xbox One dirilis pada 29 November 2019 bersamaan dengan game pertama, ketiga, dan keempat.[15]

Five Nights at Freddy's 2 diterima ulasan "campuran atau rata-rata" menurut agregator ulasan Metacritic, memberikan versi Windows skor 62 dari 100. Omri Petitte untuk PC Gamer memberi game ini skor 70 dari 100, menyebutnya sebagai "permainan horor yang sarat dengan penipuan dan kehalusan, perpaduan misteri supernatural yang sangat kejam dan adrenalin yang panik", sambil tidak menyetujui permainannya yang "sangat curam" kesulitan."[2] Destructoid memberikan ulasan positif, berpendapat bahwa "sangat menakutkan mengetahui bahwa Anda dapat diserang kapan saja dari berbagai cara", memuji pengenalan animatronik dan mekanik baru, tetapi mengkritik jumpscare dan menyebut permainan tersebut "terlalu sulit untuk dilakukan sendiri. Bagus". [21] TouchArcade berpendapat bahwa game ini lebih baik dari pendahulunya dalam "hampir segala hal", meskipun kesulitan game tersebut "mungkin dapat menghilangkan beberapa hal". [22] Dalam ulasan untuk game versi Nintendo Switch pada tahun 2019, Mitch Vogel dari Nintendo Life berkata, " Five Nights at Freddy's 2 mungkin belum tentu menciptakan kembali roda, tetapi tetap berfungsi dengan baik untuk membuat Anda tetap tenang."

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Five Nights at Freddy's 3 in development". Eurogamer.net (dalam bahasa Inggris). 2015-01-05. Diakses tanggal 2023-10-17. 
  2. ^ a b c d e f g h i Petitte, Omri (November 24, 2014). "Five Nights at Freddy's 2 review". PC Gamer. Future plc. Diakses tanggal November 30, 2014. 
  3. ^ a b c d e f g h i j Musgrave, Shaun (2015-03-27). "'Five Nights At Freddy's 2' Review – Back On The Job". TouchArcade. Diakses tanggal July 17, 2018. 
  4. ^ a b c Oxford, Nadia (2014-11-22). "Five Nights at Freddy's 2 Tips, Cheats, and Strategies". Gamezebo (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-06-02. Diakses tanggal 2021-05-31. 
  5. ^ Prieststman, Chris (2014-10-24). "Five Nights At Freddy's 2 Let's You Wear A Freddy Mask". Siliconera. Diakses tanggal October 30, 2014. 
  6. ^ Musgrave, Shaun (2015-03-27). "'Five Nights At Freddy's 2' Review – Back On The Job". TouchArcade. Diakses tanggal July 17, 2018. 
  7. ^ a b Musgrave, Shaun (2015-07-13). "'Five Nights At Freddy's' Plot Guide – Everything To Know Before 'Five Nights At Freddy's 4'". Touch Arcade. Diakses tanggal November 12, 2020. 
  8. ^ Tsang, Kerwin (15 September 2014). "Sequel to 'Five Nights at Freddy's' On The Way". mxdwn Games (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 25, 2017. 
  9. ^ Maiberg, Emanuel (September 13, 2014). "Horror Game Five Nights at Freddy's Teases Sequel". GameSpot (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 25, 2017. 
  10. ^ O'Connor, Alice (2014-11-11). "When Did This Get Here? Five Nights At Freddy's 2". Rock, Paper, Shotgun (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-17. 
  11. ^ Prescott, Shaun (November 10, 2014). "Five Nights at Freddy's 2 is now available on Steam". PC Gamer. Diakses tanggal February 3, 2015. 
  12. ^ Lionet, François (2014-11-04). "Interview of the author of a top paid game in AppStore". Clickteam. Diakses tanggal December 23, 2021. 
  13. ^ Priestman, Chris (2014-11-20). "Horror game sequel Five Nights At Freddy's 2 is out now on iOS". Pocket Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-17. 
  14. ^ "Five Nights at Freddy's 2, FNAF 2 PC, iOS, AND, WP, Switch, XONE, PS4 | GRYOnline.pl". Gry-Online (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 2023-10-17. 
  15. ^ Romano, Sal (November 27, 2019). "Five Nights at Freddy's 1, 2, 3, and 4 for PS4, Xbox One, and Switch launch November 29" (dalam bahasa Inggris). Games Radar. 
  16. ^ "Five Nights at Freddy's 2 for PC Reviews". Metacritic. Red Ventures. November 11, 2014. Diakses tanggal July 17, 2018. 
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama des
  18. ^ Oxford, Nadia (November 21, 2014). "Five Nights at Freddy's 2 Review: Put In Some Overtime". Gamezebo. Diakses tanggal December 23, 2021. 
  19. ^ Vogel, Mitch (December 3, 2019). "Review: Five Nights at Freddy's 2 - A Sinister Sequel That Dials Up The Complexity". Nintendo Life. Diakses tanggal March 18, 2022. 
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :0
  21. ^ Rowen, Nic (November 17, 2015). "Review: Five Nights at Freddy's 2". Destructoid. Diakses tanggal September 6, 2015. 
  22. ^ Musgrave, Shaun (2015-03-27). "'Five Nights At Freddy's 2' Review – Back On The Job". TouchArcade. Diakses tanggal July 17, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]