Five Nights at Freddy's 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Five Nights at Freddy's 4
Header etelase Steam
Publikasi
  • Windows
  • 23 Juli 2015
  • Android
  • 25 Juli 2015
  • iOS
  • 3 Agustus 2015
  • Switch, PlayStation 4, Xbox One
  • 29 November 2019
GenreHoror kesintasan, point-and-click
KarakterCrying Child, Nightmare Freddy, Nightmare Bonnie, Nightmare Chica, Nightmare Foxy, Nightmare Fredbear dan Nightmare
Latar tempatFive Nights at Freddy's universe
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformWindows, Android, iOS dan Nintendo Switch
MesinClickteam Fusion 2.5
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital dan unduhan digital
Metode inputtetikus, papan tombol komputer, layar sentuh dan kontroler permainan video
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangScott Cawthon
PenyuntingScott Cawthon
PenerbitScott Cawthon (PC)
Clickteam LLC USA (Konsol dan Seluler)
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
USK
enllaç=d:Q14920392
Informasi tambahan
Situs webscottgames.com (Inggris)
MobyGamesfive-nights-at-freddys-4
Steam388090
IMDB: tt4642732
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Five Nights at Freddy's 4 ( FNaF 4 ) adalah permainan video horor kesintasan point-and-click yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Scott Cawthon . Ini adalah angsuran keempat dari seri Five Nights at Freddy's . Permainan berlangsung di kamar tidur seorang anak, di mana pemain harus menghindari serangan animatronik mimpi buruk yang mengintai mereka.

Permainan ini diumumkan pada pertengahan 2015 di bawah judul kerja Five Nights at Freddy's: The Final Chapter. Awalnya direncanakan untuk dirilis pada 31 Oktober 2015, namun game tersebut diundur hingga 8 Agustus, kemudian hingga 23 Juli ketika tiba-tiba dirilis pada Steam.[1] Itu dirilis untuk Android perangkat pada 25 Juli 2015, dan untuk iOS perangkat pada 3 Agustus 2015. Pelabuhan untuk Nintendo Switch, PlayStation 4 dan Xbox One dirilis pada 29 November 2019.[2] Permainan ini terkenal karena aspek permainannya yang berbeda dan nadanya yang lebih gelap.

Setelah dirilis, permainan ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus, yang memuji atmosfernya yang meresahkan tetapi terpolarisasi mengenai mekanisme game tersebut. Five Nights at Freddy's 4 adalah satu-satunya game di seluruh seri Five Nights at Freddy's yang tidak menampilkan dialog lisan. Permainan ini diikuti oleh Five Nights at Freddy's: Sister Location yang dirilis pada 7 Oktober 2016.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's 4 adalah game horor bertahan hidup point-and-click.[3] Berbeda dengan seri sebelumnya, film ini berlatar di kamar tidur anak, bukan di kantor keamanan. Pemain yang berperan sebagai anak-anak harus mempertahankan diri dari varian empat animatronik game pertama —Freddy, Bonnie, Chica, dan Foxy—selama lima malam.[4][5] Setiap malam berlangsung dari jam 12 pagi sampai jam 6 pagi, atau kira-kira delapan menit secara real time .[4] Jika pemain tidak cukup memantau empat pintu masuk—tempat tidur, dua pintu samping, dan lemari—animatronik akan melompat ketakutan dan membunuh mereka, dan mereka harus memulai malam lagi.[4][6] Pemain harus mengandalkan isyarat audio, seperti langkah kaki yang teredam, untuk menentukan apakah animatronik mendekat, untuk menyalakan senter, atau untuk menutup pintu.[4][5]

Di pertengahan malam, permainan bergeser ke dalam permainan mini "faux-retro" yang mengikuti anak yang dimainkan oleh pemain, yang mengalami pelecehan dari ayah dan saudara laki-lakinya.Setelah mengalahkan setiap malam, pemain dapat memainkan permainan mini berwaktu berjudul "Fun with Plushtrap" (dalam pembaruan Halloween, Plushtrap digantikan oleh versi mimpi buruk dari Balloon Boy dari game kedua) di mana edisi mewah Springtrap, animatronik pusat di Five Nights at Freddy's 3, harus dibujuk untuk berhenti di tanda X di tanah dalam jangka waktu tertentu. Berhasil melakukannya memungkinkan pemain untuk memulai malam berikutnya pada pukul 2:00 pagi (1:00 di dalam mode tantangan). Seperti malam-malam utama, permainan mini berwaktu ini menjadi lebih menantang seiring berjalannya permainan. Bonus waktu tidak berlaku untuk mode yang tidak dapat dibuka. Selain itu, jika pemain menyelesaikan permainan, bonus tidak berlaku lagi untuk permainan selanjutnya pada level yang sama.

Freddy Fazbear, Bonnie, Chica, dan Foxy adalah tokoh antagonis di empat malam pertama, sementara animatronik beruang kuning besar yang disebut Nightmare Fredbear menjadi penyerang tunggal di malam kelima. Menyelesaikan kelima malam akan membuka bintang dan malam keenam tambahan, di mana keempat animatronik akan menguntit pemain hingga Nightmare Fredbear mengambil alih pada pukul 04.00. Menyelesaikan malam keenam akan membuka bintang lain dan malam ketujuh berjudul "Nightmare", di mana animatronik sangat agresif dan Nightmare Fredbear digantikan pada pukul 04.00 oleh animatronik bernama Nightmare, yang memiliki layar game over yang unik dibandingkan dengan animatronik lainnya. Bintang ketiga dan kode rahasia akan membuka malam kedelapan yang disebut mode 20/20/20/20 berdasarkan mode "malam kustom" dari dua game pertama, di mana A.I. dari animatronik tersebut disetel ke tingkat kesulitan maksimum. Menyelesaikannya akan memberikan bintang keempat. Hal lain yang bisa dibuka termasuk galeri berbagai animatronik dan jumpscare, serta tampilan di balik layar pada proses pemodelan 3D untuk Fredbear dan Foxy.[7] Menu tambahan juga mencakup minigame Fun with Plushtrap dan Fun with Balloon Boy untuk dimainkan, menu cheat, dan menu tantangan, yang mencakup 4 tantangan yang memiliki bintang sendiri untuk dibuka.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Serangkaian minigame yang dapat dimainkan sebelum dan di antara malam hari menceritakan kisah seorang anak laki-laki yang diduga menjadi karakter pemainnya.[oleh siapa?] Masing-masing dari enam minigame pertama diberi tanggal sesuai dengan hari "pesta". Di minigame pertama, anak laki-laki itu dikurung di kamar tidurnya dengan bonekannya, yang dia sebut sebagai "teman".[8] Dia membayangkan salah satu boneka mewah, berdasarkan animatronik "Fredbear", muncul di berbagai lokasi di sekitar minigame untuk menghiburnya saat dia diejek dan disiksa karena ketakutannya terhadap restoran keluarga di dekat rumahnya. Dalam empat minigame berikutnya, dia sengaja dibuat takut, ditinggalkan di restoran, diejek oleh teman-temannya, dan enggan dikunci di ruang bagian dan layanan restoran.[9][10][11][12] Dua easter egg dapat ditemukan selama minigame; satu menunjukkan sosok ungu yang sebelumnya ditampilkan di game kedua dan ketiga memasangkan seseorang ke dalam setelan animatronik, yang menyiratkan bahwa dia adalah seorang karyawan di restoran tersebut, sementara yang lain menunjukkan program di layar televisi bertanggal 1983, mungkin tahun di mana minigame telah diatur. Rumor juga menyebutkan animatronik restoran menjadi hidup di malam hari.[13]

Di minigame keenam, anak laki-laki tersebut terlihat menangis saat pesta ulang tahunnya di restoran, dan sekelompok pengganggu yang memakai topeng animatronik, termasuk kakak laki-laki anak tersebut, menerornya.[14] Geli dengan ketakutannya, mereka mengangkatnya ke mulut Fredbear yang asli untuk "ciuman",[15] memasukkan kepalanya ke dalam mulut animatronik.[16] Air mata anak laki-laki itu merusak sistem pegas Fredbear, menyebabkannya menutup mulutnya dengan paksa dan meremukkan kepala anak laki-laki tersebut hingga membuat saudara laki-laki dan teman-temannya ketakutan, yang hanya bisa menatap kaget atas kesalahan mereka saat anak laki-laki itu jatuh lemas.

Di minigame ketujuh menunjukkan anak laki-laki itu berada di area gelap yang dikelilingi oleh mainan mewahnya. Sebuah suara tak dikenal meminta maaf kepada anak laki-laki tersebut (dianggap sebagai kakak laki-lakinya),[17] sementara Fredbear berjanji, "Aku akan menyatukanmu kembali" (suara ini dianggap sebagai ayahnya).[18] Mainan-mainan mewah itu menghilang satu per satu, dan saat anak laki-laki itu menghilang, suara samar elektrokardiogram yang datar terdengar, menyiratkan bahwa anak laki-laki tersebut telah meninggal.

Sepanjang permainan, jika layar dicerahkan, cerita anak akan disinggung melalui benda-benda di samping tempat tidur. Ketika pemain berbalik ke tempat tidur, melihat ke sebelah kiri dari tempat tidur mewah yang terletak di atasnya, tiga objek muncul pada titik waktu yang berbeda: sebotol pil, infus, dan vas bunga.

Jika pemain menyelesaikan mode "Nightmare" dalam permainan, gambar batang logam yang terkunci akan ditampilkan; jika pemain merusak gemboknya, akan muncul teks yang menyatakan "Mungkin ada beberapa hal yang sebaiknya dilupakan, untuk saat ini."[19] Cawthon tetap merahasiakan makna di balik koper tersebut.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Awal 27 April 2015, Cawthon memposting gambar di situsnya yang menggoda game lain dalam seri tersebut, yang awalnya dikenal sebagai Five Nights at Freddy's 4: The Final Chapter . Gambar-gambar tersebut, yang menampilkan karakter-karakter dari serial tersebut, secara samar-samar digoda saat dirilis pada Halloween.[20] Sebuah trailer dirilis pada 13 Juli 2015, mengisyaratkan bahwa permainan tersebut berlangsung di rumah karakter utama. Subjudulnya, The Final Chapter, dibatalkan.[21][22]

Demo untuk permainan ini dirilis untuk YouTuber terpilih pada tanggal 21 Juli 2015, dengan game lengkapnya dirilis pada tanggal 23 Juli 2015. Permainan ini dirilis untuk perangkat Android pada tanggal 25 Juli 2015,[23] dan untuk perangkat iOS pada tanggal 3 Agustus 2015. Pada tanggal 27 Juli 2015, dua pembaruan dirilis, diberi nama v1.01 dan v1.02, yang pertama membuat napas Chica dan Bonnie terdengar lebih keras, karena ada banyak keluhan tentang suaranya yang terlalu pelan dan sulit didengar. Pembaruan terakhir ini hanya digambarkan sebagai "perbaikan bug kecil". Pada tanggal 30 Oktober 2015, dua pembaruan lagi, keduanya disebut sebagai v1.1, dirilis. Salah satunya terdiri dari serangkaian opsi curang, mode tantangan, dan versi minigame "Fun with Plushtrap" yang diubah yang menggunakan versi mimpi buruk dari karakter Balloon Boy (dari Five Nights at Freddy's 2 ) sebagai pengganti Plushtrap. Yang kedua adalah "Edisi Halloween" yang menggantikan Nightmare Bonnie dan Nightmare Chica dengan Jack-o-Bonnie dan Jack-o-Chica, dan memperkenalkan versi mimpi buruk dari karakter Five Nights at Freddy's 2 ' dan The Puppet, (dikenal sebagai Nightmarionne dalam game) yang pertama menggantikan Nightmare Foxy dan yang terakhir menggantikan Nightmare. Cupcake Nightmare Chica juga diganti dengan Jack-o-Lantern . Berbeda dengan game Five Nights at Freddy's lainnya, game ini tidak menampilkan dialog lisan (di luar easter egg).

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's 4 menerima ulasan "campuran atau rata-rata" menurut agregator ulasan Metacritic, memberikan versi Windows skor 51 dari 100.[24]

Destructoid mengkritik gameplay-nya karena terlalu membingungkan, dan memberi game tersebut skor ulasan 4 dari 10.[25] The Escapist memberi game ini skor ulasan positif 4 dari 5 bintang dengan mengatakan bahwa mereka menyukai mekanisme yang dikerjakan ulang, alur cerita yang lebih gelap dan emosional, jumpscare yang menakutkan, dan akhir yang menyedihkan, tetapi mencatat bug dan gangguan dalam game tersebut.[32] Nadia Oxford dari Gamezebo memberikannya 4 dari 5 bintang dalam ulasannya dan memujinya karena lingkungannya yang intens, suara dan grafik yang menyeramkan, dan jumpscare. Dia mengkritik game tersebut karena sulit untuk bertahan di lingkungan tertentu ketika mengandalkan isyarat audio dan versi Android tidak berisi minigame yang berpusat pada cerita.[26]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Five Nights at Freddy's 4 Jump-Scares a Surprise Early Release". July 23, 2015. Diakses tanggal July 23, 2015. 
  2. ^ Romano, Sal (November 27, 2019). "Five Nights at Freddy's 1, 2, 3, and 4 for PS4, Xbox One, and Switch launch November 29" (dalam bahasa Inggris). Games Radar. 
  3. ^ Pitcher, Jenna (July 14, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 Release Date Pushed Forward". IGN. Diakses tanggal February 20, 2023. 
  4. ^ a b c d Purslow, Matt (July 27, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 review". PCGamesN. Diakses tanggal February 20, 2023. 
  5. ^ a b Petitte, Omri (August 6, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 review". PC Gamer. Diakses tanggal February 20, 2023. 
  6. ^ Hernandez, Patricia (2015-07-24). "Everything We Know About Five Nights at Freddy's 4 (So Far)". Kotaku (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-20. 
  7. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Extras menu. 
  8. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 1 prologue. Boy: These are my friends. 
  9. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 3 prologue. Fredbear: You're too late. Hurry the other way and find someone who will help! You know what will happen if he catches you! You can find help if you can get past them. You need to be strong. 
  10. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 2 prologue. Fredbear: Now he is hiding again. He won't stop until you find him. 
  11. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 4 prologue. Boy 1: Aren't you the kid who always hides under the table and cries? Hahaha! No one else is scared! Why are you? Stop being such a baby! 
  12. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 5 prologue. You: Please let me out. PLEASE! Please let me out... 
  13. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 4 prologue. Girl 2: You'd better watch out! I hear they come to life at night. And if you die, they hide your body and never tell anyone. 
  14. ^ Kesalahan: {{Cite video game}} requires title and developer parameters
  15. ^ Kesalahan: {{Cite video game}} requires title and developer parameters
  16. ^ Kesalahan: {{Cite video game}} requires title and developer parameters
  17. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 6 epilogue. Voice: Can you hear me? I don't know if you can hear me. I'm sorry. 
  18. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Night 6 epilogue. Fredbear: You're broken. We're still your friends. Do you still believe that? I'm still here. I will put you back together. 
  19. ^ Scott Cawthon (July 23, 2015). Five Nights at Freddy's 4 (PC). Scene: Nightmare epilogue. 
  20. ^ Hillier, Brenna (April 28, 2015). "Five Night's at Freddy's 4 teased for Halloween release". VG247. Videogaming 247 Ltd. Diakses tanggal May 16, 2015. 
  21. ^ Campbell, Colin (July 13, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 trailer gets its first creepy trailer". Polygon. Vox Media. Diakses tanggal July 27, 2015. 
  22. ^ Gallagher, Danny (July 14, 2015). "Freddy follows you home in trailer for Five Nights at Freddy's 4". CNET. CBS Corporation. Diakses tanggal July 28, 2015. 
  23. ^ Squires, Jim (July 25, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 Is Now on Android". Gamezebo. Diakses tanggal July 29, 2015. 
  24. ^ a b "Five Nights at Freddy's 4 for PC Reviews". Metacritic. July 23, 2015. Diakses tanggal August 13, 2015. 
  25. ^ a b Rowen, Nic (July 24, 2015). "Review: Five Nights at Freddy's 4". Destructoid. Diakses tanggal July 25, 2015. 
  26. ^ a b Oxford, Nadia (July 30, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 Review: Hey! Listen!". Gamezebo. Diakses tanggal August 1, 2015. 
  27. ^ Vogel, Mitch (December 11, 2019). "Mini Review: Five Nights at Freddy's 4 - A Surprisingly Scar Return To Form". Nintendo Life. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  28. ^ Petitte, Omri (August 5, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 review". PC Gamer. Future plc. Diakses tanggal August 13, 2015. 
  29. ^ Purslow, Matt (July 27, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 review". PCGamesN. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  30. ^ Musgrave, Shaun (August 10, 2015). "'Five Nights At Freddy's 4' Review – The Latest Freddy Gets The Worst Port Yet". TouchArcade. Diakses tanggal July 17, 2018. 
  31. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama The Escapist
  32. ^ D'Argenio, Angelo (July 27, 2015). "Five Nights at Freddy's 4 Review - Change, Improve, Jumpscare". The Escapist. Defy Media. Diakses tanggal December 23, 2021. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]