Ultimate Custom Night

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ultimate Custom Night
Header etelase Steam
PublikasiWindows
  • WW: 27 Juni 2018
Android, iOS
  • WW: 28 April 2020
Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One
  • WW: 30 April 2021
GenreHoror kesintasan, point-and-click, strategi
Latar tempatFive Nights at Freddy's universe
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformWindows, iOS, Android, Nintendo Switch dan PlayStation 4
MesinClickteam Fusion 2.5
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital dan unduhan digital
Metode inputtetikus, papan tombol komputer dan layar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangScott Cawthon
PenyuntingScott Cawthon
Clickteam
KomponisLeon Riskin
PenerbitScott Cawthon (PC)
Clickteam LLC USA (Konsol dan Seluler)
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864330
Informasi tambahan
Situs webscottgames.com (Inggris)
MobyGamesultimate-custom-night
Steam871720
IMDB: tt8536376
Sebelum
Tidak ada
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Ultimate Custom Night adalah video game survival horror point-and-click freeware yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Scott Cawthon . Ini adalah seri spin-off kedua dalam seri Five Nights at Freddy's dan game kedelapan secara keseluruhan. Menampilkan lebih dari 50 karakter dari game sebelumnya untuk dilawan, pemain dapat menyesuaikan tingkat kesulitan setiap antagonis untuk memfasilitasi atau menghalangi kelangsungan hidup. Mereka juga dapat menyesuaikan ruang kantornya, dan menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadirkan oleh permainan tersebut.[1]

Awalnya diumumkan sebagai konten yang dapat diunduh untuk Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator tahun 2017, game ini kemudian diubah menjadi rilis mandiri karena ukurannya. Ini dirilis di Steam dan Game Jolt pada 27 Juni 2018. Port seluler untuk iOS dan Android dirilis pada 28 April 2020, dan port konsol untuk PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch dirilis pada 30 April 2021.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini memungkinkan karakter pemain untuk memilih dari 50 karakter dari enam permainan utama Five Nights at Freddy's dan FNaF World, dan mengatur tingkat kesulitan mereka untuk malam itu dari minimum "0" hingga maksimum "20". Pada malam hari, pemain harus memantau beberapa mekanik, seperti pintu, sistem ventilasi, dan sistem saluran udara agar tidak diserang oleh animatronik.[2] Pemain bisa mendapatkan "Faz-Coins" untuk membeli power-up, boneka untuk menghentikan animatronik tertentu, dan "Death Coin" [3] untuk menghilangkan animatronik pilihan pemain dari malam ini. Pemain juga dapat memilih pengaturan kantor, memilih power-up yang dapat membantu mereka pada malam hari, dan memilih 16 tantangan yang tersedia bagi mereka. Tujuannya adalah bertahan dari jam 12 pagi hingga 6 pagi, dengan setiap jam dalam game berlangsung selama 45 detik. Dalam rilis final, 59 karakter dari franchise disertakan, dengan beberapa muncul tanpa pilihan pemain.[4] Dari sembilan tambahan ini, Dee Dee dari FNaF World memiliki kemampuan untuk menelurkan dan memanggil karakter secara acak yang saat ini tidak aktif atau salah satu dari enam karakter yang tidak tersedia untuk pemain.[5] Telur paskah yang melibatkan penggunaan Death Coin pada Golden Freddy ketika dia satu-satunya karakter aktif di malam hari dan diatur ke tingkat kesulitan "1" memicu jumpscare dari Fredbear,[6] inkarnasi Golden Freddy sebelumnya yang sebelumnya hanya muncul di permainan mini.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Meskipun Ultimate Custom Night tidak berfokus pada narasi seperti seri sebelumnya, pemain masih menemukan beberapa interpretasi dari game tersebut. Teori yang paling diterima secara luas adalah bahwa pemain berperan sebagai William Afton, antagonis utama waralaba, yang terjebak dalam keadaan seperti purgatorium setelah peristiwa Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator, dan bahwa kematian berulang Afton di tangan para animatronik dia telah membantu menciptakannya adalah bentuk hukuman atas kejahatannya. Orang yang bertanggung jawab atas penyiksaan Afton tersirat adalah Cassidy, salah satu korbannya yang rohnya memiliki animatronik Golden Freddy, yang secara tidak langsung disebut sebagai "orang yang tidak boleh kamu bunuh" oleh beberapa karakter selama permainan berakhir.[7] Teori ini didukung oleh easter egg yang dapat diakses dengan menjadikan Old Man Consequences (dari FNaF World ) sebagai satu-satunya karakter aktif pada suatu malam dan diatur ke tingkat kesulitan "1". Setelah menangkap ikan, minigame 8-bit akan dipicu, di mana pemain mengontrol sprite beruang (mungkin Golden Freddy) dan dapat berbicara dengan Konsekuensi Orang Tua, yang akan memberitahu mereka untuk meninggalkan "iblis" (yang tersirat adalah Afton) ke iblisnya sendiri dan mengistirahatkan jiwa mereka. Satu-satunya cara untuk mengakhiri minigame adalah dengan keluar dari game atau tenggelam di danau terdekat, yang akan menyebabkan game tersebut mogok.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2018, setelah rilis Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator, Cawthon mengumumkan dalam postingan Steam bahwa dia akan mempertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari penerbit yang lebih besar dalam membuat game masa depan. Dalam versi yang telah diedit dari postingan yang sama, dia menambahkan bahwa dia akan mengembangkan add-on "ultimate custom night" untuk Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator, [8] yang, seperti terungkap di situs webnya, akan memiliki lebih dari 50 animatronik dari seluruh seri menyerang pemain. Setelah menyadari besarnya pembaruan tersebut, Cawthon memutuskan untuk menjadikannya game tersendiri. Saat dia memprogram karakter dalam game, dia akan memperbarui "bilah kemajuan" [9] di situs webnya, bersama dengan deskripsi singkat karakter di postingan Steam . Game ini akan dirilis pada 22 Juni 2018. Namun, dalam postingan Steam oleh Cawthon, dia mengungkapkan bahwa dia berencana untuk merilis game tersebut pada hari itu, namun dia telah berjanji kepada YouTuber Lewis Dawkins (dikenal secara online sebagai "Dawko") bahwa dia tidak akan merilisnya sebelum dia kembali dari a liburan kapal pesiar, jadi dia akan menunggu sampai Dawkins kembali dari liburan pada tanggal 27 Juni untuk merilis game tersebut.[10]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ultimate Custom Night menerima sebagian besar ulasan positif. Rock Paper Shotgun menganggap game ini sebagai "kekacauan yang menarik", [11] dengan PC Gamer menyebutnya "sebuah pandangan yang rapi dan dapat disesuaikan dari formula klasik survival horror".[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prescott, Shaun (June 27, 2018). "Ultimate Custom Night is a new, free Five Nights at Freddy's game". PC Gamer. Future plc. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  2. ^ "Ultimate Custom Night Game Guide | gamepressure.com". Game Guides (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-12. 
  3. ^ FNaF Ultimate Custom Night - Death Coin: Game Dynamics and Strategy (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2023-03-12 
  4. ^ Tobbpitt (2018-06-30). "FnaF Ultimate Custom Night Character List Guide". www.gameskinny.com. Diakses tanggal 2023-03-12. 
  5. ^ "Steam Community :: Guide :: DeeDee Exclusive Character Guide!". steamcommunity.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-12. 
  6. ^ Fnaf UCN Secret Fredbear Jumpscare Easter Egg! (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2023-03-12 
  7. ^ Tarason, Dominic (June 27, 2018). "Five Nights at Freddy's: Ultimate Custom Night takes robo-horror to anarchic extremes". Rock Paper Shotgun. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  8. ^ Groux, Christopher (February 21, 2018). "Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator Update Adds Custom Night To FNaF 6". Player.One. Diakses tanggal June 22, 2023. 
  9. ^ Cawthon, Scott (March 9, 2018). "Scott Games". Scott Games. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2018. Diakses tanggal June 22, 2023. 
  10. ^ Cawthon, Scott (June 22, 2018). ">:(". Steam. Diakses tanggal June 22, 2023. 
  11. ^ Tarason, Dominic (June 27, 2018). "Five Nights at Freddy's: Ultimate Custom Night takes robo-horror to anarchic extremes". Rock Paper Shotgun. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  12. ^ Prescott, Shaun (June 27, 2018). "Ultimate Custom Night is a new, free Five Nights at Freddy's game". PC Gamer. Future plc. Diakses tanggal March 21, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]