Five Nights at Freddy's: Special Delivery

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Five Nights at Freddy's: Special Delivery
Ikon aplikasi
PublikasiNovember 25, 2019
GenreAugmented reality, Horor kesintasan
Latar tempatFive Nights at Freddy's universe
Model bisnisFree-to-play
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid dan iOS
PlatformAndroid dan iOS
ModePermainan video pemain tunggal
Formatdistribusi digital dan unduhan digital
Metode inputlayar sentuh
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangIllumix
PenyuntingIllumix
KomponisLeon Riskin
PenerbitIllumix
Informasi tambahan
Situs webfnafar.com (Inggris)
Facebook: fnafarofficial Twitter: fnafarofficial Instagram: fnafargame
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Five Nights at Freddy's: Special Delivery adalah permainan video horor bertahan hidup augmented reality 2019 yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Illumix untuk Android dan iOS. Ini adalah spin-off ketiga dalam serial Five Nights at Freddy's dan game kesepuluh secara keseluruhan. Permainan yang menghadirkan dirinya sebagai layanan persewaan animatronik yang dibuat oleh perusahaan fiktif pada Fazbear Entertainment ini mengambil inspirasi dari sejarah Five Nights at Freddy's di semua media, dan melanjutkan alur cerita yang dibuat dalam Five Nights at Freddy's: Help Wanted, menjembatani kesenjangan antara itu dan sekuelnya, Five Nights at Freddy's: Security Breach, yang dirilis pada tahun 2021.

Permainannya disajikan dari sudut pandang orang pertama dengan fokus utama pada senter pemain dan pengejut yang dikendalikan. Pemain dapat dengan bebas bergerak di sekitar rumah mereka, berinteraksi dengan animatronik, dan membuka animatronik dan skin baru dengan mengalahkan mereka. Di luar permainan utama, pemain dapat menyelamatkan animatronik untuk suku cadang, dan juga dapat mengirim animatronik mereka sendiri ke rumah teman mereka. Pertarungan berfokus pada menemukan statis berdasarkan lokasi animatronik, dan memberi mereka kejutan yang terkendali saat mereka menyerang pemain.

Pengembangan Special Delivery, permainan pertama dari Illumix, dimulai pada tahun 2018 dan memakan waktu lebih dari satu tahun. Permainan ini pertama kali diumumkan pada Agustus 2018, dan pertama kali dirilis dalam akses awal pada 22 November 2019, dengan rilis penuh tiga hari kemudian, pada 25 November.[1][2] Permainan ini umumnya menerima ulasan beragam dari para kritikus, dengan pujian yang ditujukan pada pertarungan, narasi, konten, performa suara, dan soundtrack orisinalnya, meskipun beberapa mengkritiknya karena biaya pembelian dalam permainan.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini menampilkan permainan augmented reality berbasis lokasi, mirip dengan permainan Pokémon Go. Sejumlah animatronik yang tidak berfungsi dikirim ke rumah pemain, dan pemain harus bertahan hidup. Pemain memiliki banyak alat yang dapat membantu mereka, termasuk senter dan alat kejut yang dapat dikendalikan. Pemain juga dapat menyelamatkan animatronik untuk mendapatkan suku cadang dan mengirim animatronik mereka sendiri ke rumah temannya. Permainan ini menerima pembaruan terus menerus dengan menambahkan karakter baru, skin untuk animatronik, dan fitur permainan baru.[1]

Alur Permainan[sunting | sunting sumber]

Ini dimulai dengan premis sederhana—mendaftar ke Fazbear Funtime Service sehingga "Anda tidak akan pernah sendirian lagi".[3] Namun seiring cerita mulai terungkap, pemain akan menyadari bahwa mereka mungkin telah mendaftar lebih dari yang mereka harapkan. Animatronik yang tidak berfungsi dikirim ke depan pintu rumah mereka untuk serangkaian pertemuan yang menakutkan. Kotak masuk memberikan banyak tip untuk mengatasi hal ini, serta beberapa surel, tidak dimaksudkan untuk dikirim ke pemain.

Salah satu rangkaian email menceritakan kisah seorang pria bernama Luis yang mencoba memberi tahu seorang wanita, Ness, tentang laporan tanda bahaya yang dipicu oleh kata-kata penelusurannya yang berbahaya dan menyinggung. Email tersebut akhirnya mengungkapkan bahwa dia berada di bawah kendali William Afton, salah satu pendiri Fazbear Entertainment dan diam-diam seorang pembunuh berantai anak-anak, yang diduga tewas dalam kebakaran beberapa tahun lalu, dan bahwa Ness adalah Vanny dari Five Nights at Freddy's: Help Wanted ("Ness" adalah kependekan dari nama asli Vanny "Vanessa"), yang dimiliki oleh Afton setelah menemukan wujud digital dirinya saat menguji coba salah satu produk Fazbear. Serangkaian email lainnya menceritakan kisah karyawan di Fazbear Entertainment yang memindai papan sirkuit animatronik lama untuk "Pengalaman Virtual Freddy Fazbear".

Development[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's: Special Delivery dikembangkan dan diterbitkan oleh Illumix untuk Android dan iOS. Ukuran dan cakupannya lebih kecil dibandingkan permainan Five Nights at Freddy sebelumnya. Ini telah dibandingkan dengan Ultimate Custom Night, sebuah game yang berfungsi sebagai ekspansi mandiri yang telah dibandingkan dengan Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator .

Musik[sunting | sunting sumber]

Leon Riskin kembali menggubah musik musik untuk Five Nights at Freddy's: Special Delivery setelah mengarang Five Nights at Freddy's: Sister Location, Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator, Ultimate Custom Night, dan Five Nights at Freddy's: Help Wanted .

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini diumumkan pada bulan Agustus 2018 ketika Scott Cawthon mengatakan bahwa dia membuat kesepakatan dengan studio permainan dan teknologi terintegrasi yang mengubah masa depan permainan realitas campuran,[4] menyatakan bahwa "Permainan ini berjalan dengan baik, dan sementara saya tidak akan mengungkap detail gameplay apa pun, menurutku malapetaka yang akan datang karena memburumu akan membuatmu terjaga di malam hari." [5] Tim pengembangan kemudian diturunkan menjadi Illumix yang berbasis di California,[6] Pada tanggal 6 September 2019, trailer teaser [7] diunggah untuk permainan tersebut ke saluran YouTube Illumix,[8] diikuti dengan trailer pengumuman [9] satu minggu kemudian pada tanggal 13 September, mengungkapkan judulnya.[10] Permainan ini pertama kali dirilis untuk akses awal pada 22 November 2019 untuk Android dan iOS, dan kemudian resmi dirilis pada 25 November 2019.[11] Rilisan tersebut menyertakan trailer yang menampilkan Markiplier, seorang YouTuber populer yang terkenal dengan berbagai gameplay seri Five Nights at Freddy's.[12]

Media dan merchandise pengikat[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2021, Funko merilis figura aksi Freddy Frostbear dan boneka Freddy Frostbear secara eksklusif untuk Walmart. Pada bulan Maret 2021, Funko merilis figura aksi Chocolate Freddy, Chocolate Bonnie, dan Chocolate Chica. Figura aksi Easter Bonnie dan boneka Chocolate Bonnie dirilis secara eksklusif untuk Walmart.

Konten unduhan[sunting | sunting sumber]

Dark Circus: Encore! dirilis pada 13 Desember 2021,[13] dan membuat pemain dikirim ke lingkungan realitas campuran di mana mereka dapat dengan bebas bergerak di sekitar area dengan mengetuk layar untuk bergerak maju. Pemain ditugaskan untuk memecahkan teka-teki dalam batas waktu. Mesin dengan jam yang terus berdetak tersebar di seluruh sirkus, dan pemain harus mencari petunjuk untuk menyelesaikannya. Seiring dengan semakin banyaknya tugas yang diselesaikan, animatronik yang dirantai perlahan-lahan akan terlepas, yang mengarah ke pertempuran melawan mereka dalam gaya bermain AR tradisional. Karakter-karakternya termasuk Ringmaster Foxy, Ballora, dan Great Escape Golden Freddy.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini umumnya menerima ulasan beragam dari para kritikus, dengan pujian yang ditujukan pada pertarungan, narasi, konten, performa suara, dan soundtrack orisinalnya, meskipun ada juga yang mengkritiknya karena biaya pembelian dalam permainan.[butuh rujukan]

Komersil[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2023, Five Nights at Freddy's: Special Delivery telah diunduh sebanyak 40 juta kali dan memiliki 6,7 juta pengguna aktif bulanan.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Five Nights at Freddy's AR: Special Delivery - Apps on Google Play". play.google.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-19. 
  2. ^ "Five Nights at Freddy's AR". App Store (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-19. 
  3. ^ FNAF AR: Special Delivery - Official Launch Trailer (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-09 
  4. ^ Wilson, Mike (2018-08-31). "'Five Nights at Freddy's' Creator Reveals First Draft of Film Script Complete + More". Bloody Disgusting! (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-09. 
  5. ^ "Upcoming Projects Mega-Thread! :: Ultimate Custom Night General Discussions". 2018-11-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-14. Diakses tanggal 2020-01-09. 
  6. ^ "Home". Illumix (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-09. 
  7. ^ FNAF AR Teaser (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-09 
  8. ^ "Illumix Official". YouTube (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-09. 
  9. ^ FNAF AR: Special Delivery – Official Announcement Trailer (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-09 
  10. ^ Madnani, Mikhail (2019-09-13). "'Five Nights at Freddy's AR: Special Delivery' Is an Augmented Reality FNAF Experience Set to Arrive on iOS and Android Devices This Fall and You Can Watch the First Trailer for It Here". TouchArcade (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-14. 
  11. ^ Sholtz, Matthew (2019-11-25). "Five Nights at Freddy's AR: Special Delivery brings jump scares to the real world with official Android release". Android Police (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-14. 
  12. ^ FNAF AR: Special Delivery – Official Launch Trailer (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-09 
  13. ^ Illumix Official (December 13, 2021). FNAF AR Dark Circus: Encore! (video). Diakses tanggal March 16, 2022 – via YouTube. 
  14. ^ "FNAF AR case study". www.illumix.com. Diakses tanggal 2023-08-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]