Scott Cawthon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Scott Braden Cawthon adalah mantan pengembang dan penulis video game Amerika. Dia adalah pencipta Five Nights at Freddy's (FNAF) media franchise dari video game, buku, dan adaptasi film yang akan datang.[1]

Scott Cawthon
Lahir4 Juni 1978 (umur 45)
Houston, Texas, Amerika Serikat
Kebangsaan Amerika Serikat
PendidikanThe Art Institute of Houston
PekerjaanAnimator, Developer
Tahun aktif2002–2021[2]
Dikenal atasPembuat Five Nights at Freddy's

Lahir di Texas, Cawthon mulai mengembangkan game petualangan Kristen yang tidak berhasil secara finansial. Judulnya yang ramah keluarga Chipper & Sons Lumber Co. (2013) dikritik karena karakter binatangnya yang menyerupai animatronik "menakutkan". Situasinya membawanya ke depresi dan krisis iman sampai dia memutuskan untuk membuat game horor indie yang menampilkan animatronik yang sengaja dibuat menakutkan. Kesuksesan tak terduga dari Five Nights at Freddy's (2014) terutama merupakan hasil dari Let's Plays. Cawthon mengikutinya dengan tiga sekuel dan FNaF World spin-off selama tahun berikutnya.

Proyek FNAF Cawthon berikutnya adalah trilogi novel yang ditulis bersama Kira Breed-Wrisley, sebuah buku panduan dan sekuelnya Sister Location (2016) dan Simulator Pizzeria Freddy Fazbear (2017). Dia kemudian bermitra dengan Steel Wool Studios untuk game virtual reality Help Wanted (2019) dan Security Breach (2021), yang mendapat sambutan beragam. Pada tahun 2021, Cawthon mundur dari pengembangan video game setelah muncul reaksi online atas sumbangan politiknya kepada politisi Partai Republik. Film yang diadaptasi dari FNaF yang skenarionya ditulis Cawthon, dijadwalkan akan dirilis pada 27 Oktober 2023.

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Scott Braden Cawthon lahir di Bell County, Texas. Dia menghadiri Institut Seni Houston pada tahun 1996.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan Awal

Game pertama Cawthon adalah game role-playing Legacy of Flan. Seorang Kristen yang taat, dia mulai mengembangkan game petualangan Kristen seperti Pilgrim's Progress, judul mirip JRPG berdasarkan alegori religius tahun 1678 dengan nama yang sama, dan The Desolate Hope (keduanya 2012). Yang terakhir diatur dalam distopia di mana kehidupan ditekan oleh "pertumbuhan robot" yang tumbuh dari tanah. Itu mendapat pujian, tetapi plotnya — di mana pemain harus menyelamatkan janin yang digunakan sebagai spesimen ilmiah — dikritik sebagai sindiran yang dianggap menentang Cawthon aborsi. Cawthon juga merupakan anggota grup pengembang Kristen bernama Hope Animation, dan membuat film Animasi Kristen.[4]

Menurut Cawthon, permainan Kristennya mendapat ulasan positif tetapi tidak berhasil secara finansial;  dia bekerja di toko Target dan Dollar General hingga akhir 2014[5]. Chipper & Sons Lumber Co. yang ramah keluarga dari Cawthon (2013) dikritik oleh pengulas seperti Jim Sterling , yang mendeskripsikan game tersebut sebagai "tak sengaja menakutkan" dan protagonis berang-berangnya menyerupai " binatang animatronik yang menakutkan". Situasinya membawanya ke dalam depresi dan krisis iman, dan dia berusaha mengejar profesi lain. Akhirnya, Cawthon memulihkan keyakinannya dan memutuskan untuk membuat sesuatu yang sengaja dibuat lebih menakutkan. Ini adalah dorongan untuk Five Nights at Freddy's[6]

Five Night At Freddy

Cawthon mengirimkan Five Nights at Freddy's ke sistem Steam 's Greenlight pada musim panas 2014, merilis trailer dan kemudian demo. Dia kemudian mengirimkannya ke IndieDB, yang mendapatkan popularitas, dan mengirimkan game tersebut untuk ketiga kalinya ke Desura. Gim ini diterima di Steam's Greenlight pada Agustus 2014. Gim ini diterima dengan baik oleh para kritikus, dan menjadi subyek berbagai video Let's Play yang populer di YouTube. Sekuel, Five Nights at Freddy's 2, dirilis akhir tahun itu di Steam. Segera setelah rilis Five Nights at Freddy's 2, Cawthon menghapus semua informasi dari situs pribadinya dan menggantinya dengan gambar kata "offline". Situsnya mulai menampilkan gambar teaser yang mempromosikan Five Nights at Freddy's 3, yang dirilis pada Maret 2015.

Five Nights at Freddy's 4 dirilis pada tahun 2015, dengan mengikuti pembaruan Halloween gratis. Pengembangan game baru, berjudul Dunia FNaF, diumumkan, membuang formula game lain dan malah menjadi video game role-playing. Ini dirilis pada 21 Januari 2016. FNaF World menerima tinjauan yang beragam karena gangguan dan masalah lainnya, dan Cawthon menariknya dari Steam empat hari kemudian. Versi yang diubah dirilis di Game Jolt secara gratis pada 8 Februari

Pada 21 Mei 2016, Cawthon merilis trailer teaser untuk Five Nights at Freddy's: Sister Location, menampilkan dua animatronik baru serta variasi bertema sirkus dari karakter Foxy dan Freddy dari serial tersebut. Permainan ini dirilis pada 7 Oktober 2016, dan diterima dengan baik secara umum. Cawthon merilis pembaruan pada 2 Desember, dengan "Mode Golden Freddy" ditambahkan ke pembaruan segera setelahnya.

Pada 3 Juli 2017, Cawthon mengumumkan pembatalan angsuran utama keenam Lima Malam di Freddy's, setelah sebelumnya menyatakan sebulan sebelumnya bahwa game keenam sedang dalam pengembangan. Dia berpendapat bahwa dia telah mengabaikan aspek lain dalam hidupnya tetapi mengatakan bahwa dia tidak berencana untuk meninggalkan serial tersebut dan sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan game spin-off bergaya FNaF World di masa mendatang. Namun, dengan dirilisnya Simulator Pizzeria Freddy Fazbear pada 4 Desember 2017, hal ini dipastikan hanya lelucon.

Pada 28 Juni 2018, angsuran utama ketujuh dari seri ini, Ultimate Custom Night, dirilis di Steam secara gratis. Ini menampilkan lebih dari 50 karakter dari waralaba. Dalam posting Proyek Mendatang Cawthon di Steam, dia mencatat bahwa kesepakatan untuk port konsol telah ditandatangani, serta info lebih lanjut tentang realitas virtual dan game augmented reality. Dia mengumumkan seri buku baru, Five Nights at Freddy's: Fazbear Frights. Pada 27 Agustus 2018, Cawthon mengomentari sebuah postingan tentang suara asli Fredbear di Ultimate Custom Night, "Saya merasa kita akan melihat lebih banyak tentang Kellendi alam semesta FNAF. Pekerjaannya belum selesai," mengisyaratkan bahwa dia mungkin sedang mengembangkan game kedelapan.

Pada awal 2019, Cawthon mengumumkan bahwa dia telah bergabung dengan studio video game Steel Wool Studios, dengan siapa dia bermaksud untuk mengembangkan game Five Nights at Freddy's tambahan, dan bahwa dia terutama akan bertanggung jawab atas alur cerita, desain karakter, dan gameplay. Pada 28 Mei 2019, Cawthon merilis game virtual reality yang menggoda, Five Nights at Freddy's: Help Wanted untuk PC dan PlayStation VR. Pembaruan DLC, Curse of Dreadbear, dirilis pada 23 Oktober 2019.

Pada bulan September 2019, sebuah teaser  dan trailer pengumuman  telah diposting ke saluran YouTube Illumix terkait game AR. Judulnya diturunkan menjadi Five Nights at Freddy's: Special Delivery. Ini dirilis secara gratis pada 25 November 2019, ke iOS dan Android.

Pada 8 Agustus 2019, selama ulang tahun kelima game pertama, Cawthon memposting gambar baru di situs webnya, menggoda angsuran kesepuluh dari seri tersebut. Ini menunjukkan pusat perbelanjaan modern yang berisi arena laser tag, arcade, bioskop besar, dan restoran Pizza Freddy Fazbear; di alun-alun utama, versi tahun 80-an dari Freddy Fazbear, Chica, dan dua animatronik baru terlihat bermain untuk penonton yang bersemangat. Pada 29 September 2019, situs web Cawthon diperbarui dengan teaser baru yang menampilkan "Glamrock Freddy" dan diikuti oleh teaser terbaru yang menampilkan karakter Vanny dari Five Nights at Freddy's: Help Wantedsebagai bayangan. Pada 24 Maret 2020, teaser lain yang menampilkan karakter mirip buaya baru telah diposting, kemudian terungkap bernama Montgomery Gator. Pada 21 April 2020, nama karakter bocor dari daftar produk Funko yang akan datang, dan judulnya terungkap sebagai Five Nights at Freddy's: PizzaPlex. Beberapa jam kemudian, pada 22 April 2020, Scott Cawthon mengonfirmasi kebocoran tersebut melalui Reddit dan mengungkapkan bahwa judul tersebut tidak resmi dan judul tersebut hanya untuk Funko. Cawthon mengumumkan bahwa game tersebut dijadwalkan rilis pada akhir tahun 2020. Pada 12 Juni 2020, teaser lain dirilis, menampilkan antagonis game tersebut, seorang satpam wanita yang tidak disebutkan namanya. Pada 7 Agustus 2020, teaser Vanny dirilis. Sehari kemudian, Cawthon mengungkap karakter Glamrock Chica dan Roxanne Wolf via Reddit.

Pada 21 Agustus 2020, Cawthon mengumumkan rencananya untuk membantu mendanai dan menerbitkan game Five Nights at Freddy's yang dikembangkan oleh penggemar, dibundel dengan cicilan sebelumnya di seri masing-masing. Dia tidak akan terlibat dalam elemen kreatif apa pun tetapi akan membantu pemasaran dan dukungan penerbitan serta lisensi yang sesuai. Game yang diumumkan untuk disertakan adalah One Night at Flumpty's series, Five Nights at Candy's series, The Joy of Creation: Ignited Collection (terdiri dari The Joy of Creation asli, The Joy of Creation: Reborn, dan The Joy of Pembuatan: Mode Cerita), Popgoes Evergreen(termasuk game prolog Popgoes Arcade), dan Five Nights at Freddy's Plus, konsep ulang dari game aslinya.  Cawthon menyatakan bahwa game-game ini kemungkinan besar akan hadir di perangkat seluler dan konsol dan bahkan mungkin ada merchandise yang dibuat untuknya. Game pertama yang dirilis di bawah inisiatif ini adalah port One Night at Flumpty's untuk Android dan iOS masing-masing pada tanggal 31 Oktober dan 18 November 2020. Game kedua yang akan dirilis adalah port dari sekuelnya One Night at Flumpty's 2 pada 20 Januari 2021, lagi untuk Android dan iOS. Game selanjutnya yang akan dirilis adalah One Night at Flumpty's 3 pada 31 Oktober 2021, untuk PC dan perangkat seluler, dan untuk konsol di kemudian hari.

Pada 16 September 2020, selama Pameran PlayStation 5, terungkap bahwa Five Nights at Freddy's: Pelanggaran Keamanan akan hadir di PlayStation 5 menampilkan penelusuran sinar waktu nyata dan permainan bebas jelajah. Rilis awalnya akan ada di PlayStation 5, PlayStation 4, dan PC dan akan datang ke platform lain tiga bulan kemudian. Pada Desember 2020, Cawthon memposting bahwa Five Nights at Freddy's: Pelanggaran Keamanan ditunda hingga 2021 dengan menyatakan bahwa ruang lingkup game tersebut terlalu besar untuk diselesaikan pada akhir tahun 2020.

Pada 16 Juni 2021, Cawthon memposting pesan di situs webnya yang mengumumkan pengunduran dirinya dari pengembangan game publik dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pengikutnya atas dukungan mereka yang berkelanjutan. Dia menyatakan bahwa dia ingin pensiun untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anaknya. Dia bermaksud menunjuk penerus untuk memastikan bahwa Lima Malam di franchise Freddy akan berlanjut, sementara dia sendiri akan terus menempati peran yang lebih kecil dalam perkembangannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Scott Cawthon". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2023-07-25. 
  2. ^ https://freddy-fazbears-pizza.fandom.com/wiki/Scott_Cawthon.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  3. ^ "Who we are | Hope Animation" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-02. 
  4. ^ Morgan, Joe (2014-10-25). "Scott Cawthon on Faith, Games and Golden Freddy". Geeks Under Grace (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-02. 
  5. ^ Crecente, Brian (2015-07-29). "Five Nights at Freddy's creator talks about life after Dollar General, the stress of success". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-02. 
  6. ^ Morgan, Joe (2014-10-25). "Scott Cawthon on Faith, Games and Golden Freddy". Geeks Under Grace (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-08-02.