Narasi orang pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Narasi orang pertama (juga dikenal sebagai sudut pandang orang pertama, suara, titik pandang, dll.) adalah mode penceritaan di mana seorang pencerita menceritakan peristiwa dari sudut pandang pribadi pencerita tersebut, menggunakan tata bahasa orang pertama seperti "saya," "aku," "milik saya," dan "diri saya" (juga, dalam bentuk jamak, "kami," "kita," dll.).[1][2] Biasanya, narasi orang pertama disampaikan oleh seorang karakter orang pertama, seperti protagonis (atau karakter fokus lainnya), penutur ulang, saksi, atau karakter periferal.[3][4] Atau, dalam media penceritaan visual (seperti video, televisi, atau film), sudut pandang orang pertama adalah sudut pandang grafis yang dirender melalui bidang pandang visual karakter, sehingga kamera "melihat" dari mata karakter.

Contoh klasik dari narator protagonis orang pertama adalah dalam karya Charlotte Brontë, "Jane Eyre" (1847), di mana karakter judul menceritakan cerita di mana ia sendiri juga menjadi protagonisnya:[5] "Sekarang, saya tidak bisa berhenti mencintainya, hanya karena saya menyadari bahwa dia telah berhenti memperhatikanku".[6]

Perangkat ini memungkinkan audiens melihat pandangan mata batin narator terhadap alam semesta fiksi, namun dibatasi oleh pengalaman dan kesadaran narator tentang keadaan yang sebenarnya. Dalam beberapa cerita, narator orang pertama mungkin menyampaikan percakapan dengan karakter lain atau merujuk pada informasi yang mereka dengar dari karakter lain, untuk mencoba memberikan sudut pandang yang lebih luas. Cerita lain mungkin mengganti narator ke karakter yang berbeda untuk memperkenalkan perspektif yang lebih luas. Narator yang tidak dapat dipercaya adalah narator yang kehilangan sepenuhnya kredibilitasnya karena ketidaktahuan, wawasan yang buruk, bias pribadi, kesalahan, ketidakjujuran, dll., yang menantang asumsi awal pembaca.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Overview: First-person narrative". Oxford Reference. Diakses tanggal 18 June 2017. 
  2. ^ Grammarly, https://www.grammarly.com/blog/first-second-and-third-person/#:~:text=We%2C%20us%2C%20our%2Cand,%2C%20my%2C%20mine%20and%20myself."
  3. ^ "Literature Glossary - First-person Narration". Shmoop (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 June 2017. 
  4. ^ Stanzel, F.K. (13 March 1986). A Theory of Narrative. CUP Archive. hlm. 208. ISBN 978-0-521-31063-5. 
  5. ^ "Jane Eyre Narrator Point of View". Shmoop. Diakses tanggal 18 June 2017. 
  6. ^ "Examples of Writing in First Person". YourDictionary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 June 2017. 
  7. ^ Wiehardt, Ginny (20 March 2017). "How to Recognize and Create an Unreliable Narrator". The Balance. Diakses tanggal 18 June 2017.