Five Nights at Freddy's (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Five Nights at Freddy's
Poster perilisan bioskop
SutradaraEmma Tammi
Produser
Skenario
Cerita
  • Scott Cawthon
  • Chris Lee Hill
  • Tyler MacIntyre
Berdasarkan
Five Nights at Freddy's
oleh Scott Cawthon
Pemeran
Penata musik
SinematograferLyn Moncrief
Penyunting
  • Andrew Wesman
  • William Paley
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 25 Oktober 2023 (2023-10-25) (Britania Raya)
  • 27 Oktober 2023 (2023-10-27) (Amerika Serikat)
Durasi109 menit[1]
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Anggaran$25 juta[2]
Pendapatan
kotor
$159.6 juta[3][4]

Five Nights at Freddy's adalah film horor adikodrati Amerika tahun 2023 berdasarkan seri video game dan waralaba dengan nama yang sama yang dibuat oleh Scott Cawthon . Disutradarai oleh Emma Tammi, yang ikut menulis skenario bersama Cawthon dan Seth Cuddeback, dari cerita oleh Cawthon, Chris Lee Hill, dan Tyler MacIntyre, film ini dibintangi oleh Josh Hutcherson sebagai penjaga keamanan bermasalah yang menerima pekerjaan malam hari di sebuah meninggalkan pusat hiburan keluarga, di mana ia menemukan empat maskot animatroniknya menjadi hidup dan cenderung melakukan pembunuhan. Elizabeth Lail, Piper Rubio, Mary Stuart Masterson, dan Matthew Lillard tampil dalam peran pendukung.

Pengembangan film adaptasi Five Nights at Freddy dimulai pada April 2015, dengan keterlibatan Warner Bros. Pictures . Roy Lee, David Katzenberg, dan Seth Grahame-Smith ditetapkan untuk memproduserinya, dengan Gil Kenan diumumkan sebagai sutradara dan rekan penulis. Setelah beberapa kali penundaan produksi, versi Warner Bros. tidak lagi berjalan dan Kenan keluar dari proyek tersebut. Pada bulan Maret 2017, Blumhouse Productions milik Jason Blum diumumkan sebagai perusahaan produksi baru, dengan Chris Columbus akan mengarahkan dan ikut menulis. Columbus pun akhirnya meninggalkan proyek tersebut, dan Emma Tammi diumumkan sebagai penggantinya pada Oktober 2022. Pemeran utama dikonfirmasi pada bulan Desember, sementara pemeran tambahan lainnya ditandatangani pada Maret 2023. Dengan anggaran $20 juta, pembuatan film dimulai pada Februari 2023 di New Orleans dan berakhir pada bulan April itu.

Five Nights at Freddy's dirilis di Peacock pada 26 Oktober 2023, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat keesokan harinya, oleh Universal Pictures. Film ini mendapat ulasan negatif dari para kritikus, sementara sambutan penonton umumnya positif, dan meraup $159 juta di seluruh dunia.

Alur film[sunting | sunting sumber]

Di Restoran Freddy Fazbear, sebuah pusat hiburan keluarga yang dulunya sukses namun kini ditinggalkan, seorang penjaga keamanan malam berusaha keras untuk melarikan diri namun tertangkap dan diikat pada alat penyiksa, yang kemudian memutilasi wajahnya dan membunuhnya.

Beberapa waktu kemudian, penjaga keamanan pusat perbelanjaan Mike Schmidt dipecat setelah menyerang seorang ayah yang lalai yang dia kira sebagai penculik. Konselor karier Mike, Steve Raglan, menawarkan pekerjaan sebagai penjaga malam di restoran. Meskipun awalnya enggan, Mike menerimanya setelah dinas sosial mengancam akan mengambil hak asuh adik perempuannya, Abby, dan menyerahkannya kepada bibi mereka yang terasing, Jane, yang menginginkan pembayaran bulanan atas hak asuh tersebut.

Pada malam pertama, Mike tertidur dan bermimpi tentang penculikan saudaranya, Garrett; dia juga melihat lima anak yang menyaksikannya, namun ketika Mike mencoba mendekati mereka, mereka melarikan diri. Pada malam kedua, Mike mengalami mimpi yang sama, tetapi ketika dia mencoba untuk menghadapi salah satu anak, dia diserang, menyebabkan dia terbangun. Mike bertemu dengan petugas polisi Vanessa Shelly, yang memperhatikan luka-lukanya dan membalutnya. Vanessa menunjukkan Mike di sekitar restoran dan mengatakan kepadanya bahwa restoran tersebut ditutup pada tahun 1980-an setelah lima anak menghilang di sana.

Sementara itu, Jane menyewa sebuah geng yang terdiri dari pengasuh Abby, Max, untuk merusak restoran agar Mike dipecat dan mempercepat Jane mendapatkan hak asuh atas Abby. Geng ini masuk setelah Mike meninggalkan shift kerjanya, tetapi maskot animatronik restoran-Freddy Fazbear, Bonnie, Chica, Foxy, dan Mr. Cupcake-menjadi hidup dan membantai seluruh anggota geng. Hilangnya Max memaksa Mike untuk membawa Abby ke giliran kerja berikutnya.

Pada malam ketiga, para animatronik menjadi hidup dan berteman dengan Abby, namun memusuhi Mike. Dia menemukan bahwa animatronik tersebut dirasuki oleh hantu anak-anak yang hilang, yang pemimpinnya, seorang anak laki-laki berambut pirang, secara konsisten menyebut "kelinci kuning". Pada malam keempat, Abby secara tidak sengaja terluka saat dia, Mike, dan Vanessa sedang menjalin ikatan dengan animatronik. Vanessa mengetahui bahwa Mike sedang berusaha mengidentifikasi penculik Garrett dan memperingatkan Mike untuk tidak membawa Abby ke restoran lagi. Mike menyuruh Jane mengasuh Abby, yang membuat Jane frustasi, karena Mike kembali ke restoran pada siang hari dan overdosis obat tidur.

Pada malam kelima, anak-anak muncul dalam mimpi Mike berikutnya dan mengatakan kepadanya bahwa dia bisa tinggal bersama Garrett selamanya, dengan imbalan Abby. Mike awalnya menerima proposal mereka, tetapi ketika dia berubah pikiran, dia diserang dan terbangun dalam keadaan diikat ke alat penyiksaan. Dia melarikan diri dari alat tersebut dengan melepaskan pin yang telah dilonggarkan oleh pendahulunya, namun terluka parah oleh Foxy. Sementara itu, sebuah animatronik Freddy berwarna kuning yang rusak,[a] yang dirasuki oleh anak laki-laki berambut pirang, membunuh Jane dan membawa Abby kembali ke restoran dengan taksi.

Vanessa menemukan Mike dan mengobati luka-lukanya. Setelah Mike menjelaskan mimpinya, Vanessa mengungkapkan bahwa ia adalah putri William Afton, pembunuh berantai yang membunuh Garrett dan lima anak dengan menyembunyikan tubuh mereka di dalam animatronik dan jiwa mereka berada di bawah kendalinya. Menyadari bahwa para animatronik berencana untuk membunuh Abby, Mike bergegas ke restoran dengan membawa peralatan yang diperlukan untuk melumpuhkan mereka. Mike melumpuhkan Freddy dan Bonnie serta menghentikan Chica untuk membunuh Abby, namun ia diserang oleh Mr. Cupcake dan terpisah dari Abby yang dikejar oleh Foxy. Para animatronik akhirnya dikalahkan, tetapi mereka diaktifkan kembali oleh Steve, yang tiba dengan mengenakan setelan "kelinci kuning""[b] saat dia mengungkapkan dirinya sebagai William sebelum membuat Mike pingsan.

Abby menggambar William membunuh anak-anak yang hilang untuk membebaskan animatronik dari pengaruhnya. Vanessa berusaha menghentikan William agar tidak mengganggu rencana tersebut, tetapi dia menikamnya. Sebelum William dapat membunuh Mike, Abby menunjukkan gambarnya kepada para animatronik, dan mereka menghidupkannya. Tuan Cupcake menggigit bagian dari kostum tersebut, memicu mekanisme pegas internalnya yang secara fatal melukai William. Saat animatronik menyeretnya ke ruang belakang, Mike dan Abby membawa Vanessa yang terluka keluar dari restoran; dia mengalami koma dan dibawa ke rumah sakit. Mike terus merawat Abby saat mereka melanjutkan kehidupan normal mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Josh Hutcherson sebagai Mike Schmidt, petugas keamanan baru di Freddy Fazbear's Pizza
    • Wyatt Parker sebagai Mike Muda
  • Piper Rubio sebagai Abby, Adik perempuan Mike
  • Elizabeth Lail sebagai Vanessa, Polisi lokal
    • Emma Jo Tassin sebagai Vanessa Muda
  • Mary Stuart Masterson sebagai bibi dari Bibi Jane, Mike dan Abby
  • Matthew Lillard sebagai Steve Raglan / William Afton, Konselor karier Mike dan pendiri Fazbear Entertainment
  • Kat Conner Sterling sebagai Max, pengasuh Abby
  • David Lind sebagai Jeff, pemimpin geng remaja dan saudara Max
  • Christian Stokes sebagai Hank, anggota dari gang Jeff
  • Joseph Poliquin sebagai Carl, anggota dari gang Jeff
  • Grant Feely sebagai Hantu (Anak dengan Rambut Pirang), anak yang terbunuh yang jiwanya menghantui Golden Freddy
  • Asher Colton Spence sebagai Hantu (Anak dengan Pengait), anak yang terbunuh yang jiwanya menghantui Foxy
  • David Houston Doty sebagai Hantu (Anak dengan Telinga Kelinci), anak yang terbunuh yang jiwanya menghantui Bonnie
  • Liam Hendrix sebagai Hantu (Anak dengan Topi), anak yang terbunuh yang jiwanya menghantui Freddy Fazbear
  • Jophielle Love sebagai Hantu (Anak perempuan dengan mata biru), anak yang terbunuh yang jiwanya menghantui Chica
  • Tadasay Young sebagai Dr. Lillian
  • Michael P. Sullivan sebagai Doug, pengacara Jane
  • Lucas Grant sebagai Garrett, Adik Mike yang diculik saat masih kecil
  • Theodus Crane sebagai Jeremiah, Rekan kerja Mike sebelumnya
  • Matthew Patrick sebagai pelayan Sparky's Diner
  • Cory Williams sebagai Sopir taksi

Para pemain kostum tersebut termasuk Kevin Foster sebagai Freddy Fazbear,[6] animatronik beruang coklat yang memiliki nama yang sama dengan restoran tersebut; Jade Kindar-Martin sebagai Bonnie,[6] seekor kelinci nila animatronik; dan Jessica Weiss sebagai Chica,[6] animatronik ayam kuning. Lagu bajak laut berserakan yang dinyanyikan Foxy, seekor rubah bajak laut merah animatronik sepanjang film dibawakan oleh Kellen Goff.[7]

Produksi film[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2015, Warner Bros. Pictures mengumumkan telah memperoleh hak film atas franchise video game Five Nights at Freddy dengan Roy Lee, David Katzenberg, dan Seth Grahame-Smith yang akan memproduksi adaptasinya. Grahame-Smith menyatakan bahwa mereka akan berkolaborasi dengan pencipta waralaba Scott Cawthon, yang ikut menulis buku tersebut bekerja sama dengan perusahaan penulis hantu Kevin Anderson and Associates, [8] "untuk membuat film yang gila, menakutkan, dan sangat menggemaskan".[9] Pada bulan Juli 2015, Gil Kenan menandatangani kontrak untuk mengarahkan film tersebut dari skenario yang ditulis bersama Tyler Burton Smith.[10]

Pada bulan Maret 2017, Scott Cawthon menulis di Twitter untuk mengumumkan Blumhouse Productions sebagai perusahaan produksi baru untuk film tersebut setelah Warner Bros Pictures menghentikan[11] proyek tersebut. Pada bulan Mei 2017, produser Jason Blum mengatakan bahwa ia sangat senang dan akan bekerja sama dengan Scott Cawthon dalam film tersebut.[12] Pada bulan Juni 2017, Kenan mengatakan bahwa ia tidak lagi menyutradarai film tersebut.[13]

Pada bulan Februari 2018, Chris Columbus diumumkan sebagai pengganti Kenan sebagai sutradara dan penulis, selain memproduksi film tersebut bersama Blum dan Scott Cawthon.[14] Pada bulan Agustus 2018, Cawthon mengungkapkan bahwa draf pertama dari naskah film tersebut, yang ia tulis bersama rekan penulis trilogi novel Five Nights at Freddy's, Kira Breed-Wrisley, telah selesai, dan akan melibatkan kejadian-kejadian dalam game pertama dari seri tersebut.[15] Pada bulan yang sama, Blum menulis di Twitter bahwa film ini akan dirilis pada tahun 2020.[16] Pada bulan November, Cawthon mengumumkan bahwa ia membatalkan naskah tersebut, meskipun disukai oleh Columbus dan Blum, karena ia "memiliki ide yang berbeda untuk [cerita] tersebut, yang lebih saya sukai". Hal ini menyebabkan penundaan lebih lanjut pada film tersebut, dan Scott Cawthon bertanggung jawab penuh atas hal ini.[17] Pada bulan Juni 2020, selama wawancara dengan Fandom, Blum, ketika ditanya tentang kemajuan film, menyatakan:

"Sangat aktif, jadi saya benar-benar merasa kami memiliki kesempatan yang sangat baik untuk melihat film Five Nights at Freddy's... Saya merasa film ini benar-benar bergerak maju; tidak terhenti atau apa pun. Film ini bergerak maju dengan cepat. Saya tidak ingin memberikan jadwal, tetapi kami akan segera membuat filmnya. Saya merasa sangat yakin akan hal itu."[18]

Pada September 2021, Blum mengungkapkan bahwa Columbus tidak lagi terlibat dalam proyek tersebut, tetapi masih dalam pengembangan aktif.[19] Pada Agustus 2022, Blum mengumumkan bahwa Toko Makhluk milik Jim Henson akan mengerjakan karakter animatronik untuk film tersebut.[20] Pada bulan Oktober, Emma Tammi diumumkan sebagai pengganti Columbus sebagai sutradara, selain ikut menulis skenario bersama Cawthon dan Seth Cuddeback.[21]

Pemeranan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2022, Josh Hutcherson dan Matthew Lillard bergabung dengan para pemain dalam peran yang dirahasiakan.[22] YouTuber terkait Five Nights at Freddy's, Dawko, kemudian mengungkapkan dalam sebuah siaran langsung bahwa Hutcherson akan memerankan penjaga keamanan game pertama, Mike Schmidt, dan Lillard akan memerankan penjahat utama waralaba, William Afton. Dia juga mengungkapkan bahwa Mary Stuart Masterson dan Piper Rubio bergabung dengan para pemain sebagai penjahat wanita yang dirahasiakan dan adik perempuan Mike, Abby.[23] Pada bulan Maret 2023, dilaporkan bahwa Kat Conner Sterling dan Elizabeth Lail ikut berperan dalam film tersebut.[24][25] Lucas Grant dan Jessica Blackmore memiliki peran yang dirahasiakan.[26]

Mark Fischbach, juga dikenal sebagai Markiplier, dihubungi untuk berperan dalam film tersebut sebagai penjaga keamanan yang mendahului Mike sebelum dibunuh pada pembukaan film, namun menolaknya karena jadwal yang bertentangan dengan filmnya sendiri, Iron Lung.[27][28]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar utama pada awalnya akan dimulai pada bulan Maret 2021.[29] Namun, karena masalah naskah, syuting ditunda.[19] Syuting dimulai di New Orleans pada tanggal 1 Februari 2023, dengan judul kerja Bad Cupcake, dengan perkiraan anggaran produksi (sebelum insentif pajak) sebesar $25 juta,[30] dan selesai pada tanggal 3 April.[31][32] Lillard mulai syuting adegannya pada pertengahan Februari.[33]

Musik[sunting | sunting sumber]

The Newton Brothers menyusun musik filmnya,[34] sedangkan lagu buatan penggemar "Five Nights at Freddy's" oleh The Living Tombstone digunakan sebagai kredit akhir.[35][36] "Talking in Your Sleep" oleh The Romantics dinyanyikan oleh animatronik dalam film tersebut.[36]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's dirilis serentak di bioskop dan di Peacock di Amerika Serikat oleh Universal Pictures pada 27 Oktober 2023.[37][38] Filmnya dirilis dua hari sebelumnya pada 25 Oktober 2023 di Inggris.[39]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2023, lokasi pop-up di Los Angeles, California dibangun di Sunset Boulevard . Lokasi tersebut digambarkan didekorasi mirip dengan lokasi Pizza Freddy Fazbear seperti yang terlihat di film.[40] Pembuatan buku berjudul The Art and Making of Five Nights at Freddy's: The Movie diperkirakan akan dirilis pada 20 Agustus 2024.[41] Novelisasi film dari film tersebut juga akan dirilis pada 26 Desember 2023.[42]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film laris[sunting | sunting sumber]

Hingga November 3, 2023, Five Nights at Freddy's telah meraup $99,7 juta di Amerika Serikat dan Kanada, serta $59,9 juta di wilayah lain, dengan total keseluruhan $159,6 juta di seluruh dunia.[3][4]

Di Amerika Serikat dan Kanada, Five Nights at Freddy's dirilis bersamaan dengan Freelance dan After Death, dan awalnya diproyeksikan menghasilkan pendapatan kotor sekitar $50 juta dari 3.550 bioskop pada akhir pekan pembukaannya.[43] Setelah menghasilkan $39,4 juta pada hari pertama (termasuk $10,3 juta dari pratinjau Kamis malam, yang terbesar untuk film dengan rilis streaming simultan), perkiraan dinaikkan menjadi $78 juta. Itu akhirnya debut menjadi $80 juta, menduduki puncak box office. Film ini memiliki hari dan tanggal pembukaan akhir pekan terbaik kedua (di belakang Black Widow ' $80,3 juta pada tahun 2021), pembukaan akhir pekan terbaik untuk film horor pada tahun 2023, pembukaan terbaik Blumhouse, melampaui Halloween ' $76,2 juta, dan pembukaan tertinggi kedua untuk film video game, setelah The Super Mario Bros. Movie yang $146,4 juta pada bulan April sebelumnya.[44][45][46]

Tanggapan agregator[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat ulasan yang sangat negatif dari para kritikus.[47] Plot film, tempo, kurangnya rasa takut, dan anggapan bahwa layanan penggemar dianggap sebagai bagian dari fanservis mendapat sorotan luas.[48][49] Selain itu, banyak kritikus juga berpendapat bahwa batasan rating PG-13 mengurangi film tersebut.[49]

Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 29% dari 173 ulasan yang tercatat adalah positif, dengan penilaian rata-rata 4.5/10. kata konsensus situs web: "Banyak Easter Egg, Five Nights at Freddy's mungkin menyenangkan untuk ditonton oleh para penggemar permainan ini, tetapi sebagian besar penonton dari kalangan lain akan menganggap adaptasi ini tidak jelas dan jelas-jelas menakutkan."[50]</noinclude> Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, menetapkan skor film 33 dari 100, berdasarkan 37 kritikus, menunjukkan "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan".[51]

Murtada Elfadl dari Variety merasa karakter animatronik kurang dimanfaatkan, dan film tersebut malah berfokus pada "plot dan cerita latar yang membingungkan untuk protagonis mereka". Dia juga mengkritik kurangnya jumpscare yang efektif dan menyimpulkan, "Saat mencoba mengadaptasi game tersebut ke layar, mereka lupa apa yang membuat game aslinya spesial, menimbulkan tawa yang tidak disengaja dari ceritanya yang aneh alih-alih menghibur penonton".[52] Dylan Roth dari The New York Observer memberi film tersebut skor satu dari lima dan menulis, "Ada ketakutan, tapi tidak ada sensasi yang nyata. Ada lelucon, tapi tidak ada tawa yang tulus".[53]

Benjamin Lee's The Guardian memberi peringkat dua dari lima, dengan alasan, "Kegembiraan larut malam yang berisiko rendah yang kita harapkan dari materi tidak pernah tiba, tertahan oleh campuran dari pengekangan yang ragu-ragu dan sikap mementingkan diri sendiri yang salah tempat. Lima Malam di Freddy's entah bagaimana sulit untuk dilalui dan akan segera dilupakan di pagi hari".[54] Natalia Winkelmann's The New York Times mengungkapkan kritik serupa: "...[Meskipun] Five Nights at Freddy's, berdasarkan waralaba video game populer, menampilkan bakat komedi horor, adaptasi yang suram dan ringan ini tidak pernah mencapai kenikmatan hibrida dari film seperti M3GAN . Anda mungkin tertawa, tetapi sulit untuk mengetahui apakah film tersebut membuat Anda tertawa".[55] Simon Abrams dari RogerEbert.com, yang memberikan peringkat dua dari empat, juga memberikan penilaian negatif: " Five Nights at Freddy's memiliki sebagian besar elemen yang tepat untuk festival ketakutan anak-anak pasca-Amblin yang bagus, kecuali mungkin dialog yang bagus dan karakter yang berbeda. Saat menonton filmnya, orang akan merasakan bahwa kepribadian mengerikan dari game tersebut telah direduksi menjadi ketakutan yang paling umum dan pengungkapan yang dangkal."[56]

Meagan Navarro dari Bloody Disgusting memberikan skor tiga dari lima dan menulis, "Ini adalah jenis fitur makhluk menawan yang dibuat dengan indah yang akan diputar dengan baik di pesta tidur atau teater gaduh yang penuh dengan penggemar terobsesi, yang merupakan target penontonnya. Five Nights at Freddy's tidak akan membuat takut para penggemar horor berpengalaman; penghuni animatronik Freddy Fazbear's Pizzeria kemungkinan besar akan membuat Anda ingin memeluk mereka".[57] Neil Smith's Total Film memberi skor untuk film tersebut dua dari lima dan mengakhiri ulasannya, "Dengan kepala robot berisi gergaji mesin yang menghancurkan daging, wajah yang menyerupai Terminator yang terluka dalam pertempuran, dan gaya berjalan lamban dari zombie Romero, Freddy Fazbear dan rekan-rekannya teman tampaknya memiliki alat yang presisi untuk melakukan teror. Namun sayangnya, mereka sama menakutkannya dengan Barney si dinosaurus ungu dalam film yang pada akhirnya bisa ditebak, menguap dengan sangat keras".[39]

Mark Kennedy dari Associated Press menyatakan: "Terjebak di antara PG dan R, serta tersesat di persimpangan komedi dan horor yang tidak disengaja, PG-13 Five Nights at Freddy's harus dianggap sebagai salah satu film termiskin dalam genre apa pun saat ini. tahun".[58] Demikian pula dengan Michael Phillips's Chicago Tribune yang mengutuk "usaha film tersebut untuk menjadi versi lucu dari "Saw", dengan wajah-wajah yang diiris oleh pisau gergaji makhluk robot", dan kemudian mengatakan "Untuk menjaga PG-13 rating utuh, kamera dan editor terpotong tepat sebelum pesta besar, hampir setiap saat... Premis, sementara itu, dari Five Nights at Freddy's ... kemungkinan besar akan lebih masuk akal sebagai splatterfest berperingkat R langsung."[59]

Charlotte Colombo dari The Digital Fix memberikan nilai tiga dari lima untuk Five Nights at Freddy's yang menggemakan pandangan kritikus lain tentang awal yang lambat namun tetap menyenangkan bagi para penggemarnya, "Kecuali adegan pembuka yang menakutkan, ada sedikit penantian sebelum akhirnya kita dapat bertemu dengan para animatronik - bisa dikatakan, ini memakan waktu yang agak lama - namun begitu Anda berada di tengah-tengah aksinya, banyak hal yang dapat dinikmati."[60]

Tanggapan penonton[sunting | sunting sumber]

Meskipun film ini dicela oleh para kritikus, namun penerimaan penonton terhadap film ini lebih baik.[61]

Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "A−" pada skala A+ hingga F, sementara penonton yang disurvei di PostTrak memberikan skor positif keseluruhan sebesar 77%.[44] Menurut Screen Rant, reaksi positif penonton yang kuat tercermin dalam $78 film tersebut juta pembukaan,[44] berpendapat bahwa film tersebut akan berjalan lebih baik di box office dibandingkan dengan The Exorcist: Believer, film horor lain yang baru-baru ini disorot, dan bahwa film tersebut dapat "menghindari penurunan parah pada minggu kedua yang biasanya dialami oleh rilisan horor".[62]

Kedepannya[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 2018, Cawthon mengatakan bahwa jika film pertama sukses, mungkin akan ada film kedua dan ketiga, menyusul peristiwa di permainan kedua dan ketiga.[15] Pada Januari 2023, dalam sebuah wawancara di siniar WeeklyMTG, Lillard mengungkapkan bahwa dia menandatangani kontrak tiga gambar dengan studio tersebut.[38]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Diidentifikasi di luar layar sebagai Golden Freddy
  2. ^ Diidentifikasi di luar layar sebagai Spring Bonnie [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Five Nights at Freddy's (15)". BBFC. 4 Oktober 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Oktober 2023. Diakses tanggal 4 Oktober 2023. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Proyeksi
  3. ^ a b "Five Nights at Freddy's — Financial Information". The Numbers. Nash Information Services, LLC. Diakses tanggal November 4, 2023. 
  4. ^ a b "Five Nights at Freddy's (2023)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 4, 2023. 
  5. ^ Briscuso, Lex (29 Oktober 2023). "Why Five Nights at Freddy's Ending Is the Perfect Twist". IGN. Diakses tanggal November 1, 2023. 
  6. ^ a b c Shrishty (October 16, 2023). "'Five Nights at Freddy's' Animatronics Come to Life in New Featurette". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2023. Diakses tanggal October 16, 2023. 
  7. ^ "Five Nights at Freddy's soundtrack: All the songs that play in the movie". 
  8. ^ "West Newbury Writer Kevin Anderson Tells All about the Business of Ghostwriting". Northshore Magazine. April 7, 2022. 
  9. ^ Kit, Borys (April 7, 2015). "Video Game 'Five Nights at Freddy's' Getting Movie Treatment (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 1, 2021. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  10. ^ Fleming, Mike Jr. (July 28, 2015). "Gil Kenan To Direct 'Five Nights At Freddy's' For Warner Bros". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 29, 2015. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  11. ^ Fleming, Mike Jr. (March 29, 2017). "Fright Franchise 'Five Nights At Freddy's' Blumhouse-Bound?". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 28, 2023. 
  12. ^ Justimbaste, Kristinova (May 26, 2017). "'Five Nights at Freddy's' Movie Adaptation Will Work, Says Producer Jason Blum". The Christian Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  13. ^ Groux, Christopher (June 29, 2017). "Five Nights At Freddy's Movie Former Director Confirms He's Not Involved". Player.One. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  14. ^ D'Alessandro, Anthony (February 12, 2018). "Chris Columbus To Write & Direct 'Five Nights At Freddy's' For Blumhouse". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 12, 2018. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  15. ^ a b Wilson, Mike (August 31, 2018). "'Five Nights at Freddy's' Creator Reveals First Draft of Film Script Complete + More". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2020. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  16. ^ IGN (October 5, 2018). Jason Blum: Five Nights at Freddy's Movie Coming "Pretty Soon" (video). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023 – via IGN. 
  17. ^ Crecente, Brian (November 12, 2018). "'Five Night at Freddy's' Movie Script Scrapped, New Script in Works". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 14, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  18. ^ Damaske, Damion (June 23, 2020). "Five Nights at Freddy's movie still on the way!". JoBlo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 13, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  19. ^ a b Foutch, Haleigh (September 29, 2021). "'Five Nights at Freddy's Movie: Jason Blum Reveals Chris Columbus Is No Longer Directing, but the Film Is Still Happening". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  20. ^ Squires, John (August 9, 2022). "Jason Blum Teases 'Five Nights at Freddy's' Movie and Jim Henson's Creature Shop Involvement [Image]". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  21. ^ Kit, Borys (October 5, 2022). "'Five Nights at Freddy's' Movie Finds Its Director in Emma Tammi". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 28, 2022. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  22. ^ D'Alessandro, Anthony (December 16, 2022). "Blumhouse's 'Five Nights At Freddy's' Sets Josh Hutcherson & Matthew Lillard". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2022. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  23. ^ Squires, Bethy (December 18, 2022). "Vanessa: They're Making a Five Nights at Freddy's Movie". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  24. ^ D'Alessandro, Anthony (March 21, 2023). "Kat Conner Sterling Boards Blumhouse's 'Five Nights At Freddy's'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 21, 2023. Diakses tanggal March 21, 2023. 
  25. ^ D'Alessandro, Anthony (March 22, 2023). "Elizabeth Lail Gets Ready For Blumhouse's 'Five Nights At Freddy's'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 22, 2023. Diakses tanggal March 22, 2023. 
  26. ^ Franklin, Garth (2023-05-17). "Teaser Trailer: "Five Nights at Freddy's"". Dark Horizons (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-17. 
  27. ^ Dick, Jeremy (October 20, 2023). "Markiplier Reveals if He's in the Five Nights at Freddy's Movie". CBR. Diakses tanggal October 29, 2023. 
  28. ^ Yin-Poole, Wesley (October 17, 2023). "Markiplier Reveals Why He Had to Turn Down Role in Five Nights at Freddy's Movie". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 18, 2023. Diakses tanggal October 18, 2023. 
  29. ^ animdude (November 20, 2020). "Bad news about the FNAF movie. :(". Reddit. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 22, 2021. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  30. ^ "Fastlane NextGen: Initial Certification Search" (Type "Five Nights At Freddy's" in the search box). Louisiana Economic Development. Diakses tanggal June 3, 2023. 
  31. ^ "Productions". Film New Orleans. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 29, 2023. Diakses tanggal March 29, 2023. 
  32. ^ Makuch, Eddie (February 2, 2023). "Five Nights At Freddy's Movie Finally Starts Filming". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 4, 2023. Diakses tanggal February 4, 2023. 
  33. ^ Dick, Jeremy (2023-02-20). "Matthew Lillard Is on Set Filming the Five Nights at Freddy's Movie". MovieWeb. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2023. Diakses tanggal 2023-02-20. 
  34. ^ "Emma Tammi's 'Five Nights at Freddy's' to Feature Music by The Newton Brothers". September 1, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 8, 2023. Diakses tanggal September 8, 2023. 
  35. ^ D'Alessandro, Anthony (October 27, 2023). "Five Nights At Freddys' Frenzy Fires Up With Around $7M+ In Previews – Box Office". Deadline Hollywood. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  36. ^ a b Odom, Dani Kessel (October 27, 2023). "Five Nights At Freddy's Soundtrack Guide: Every Song & When It Plays". ScreenRant. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  37. ^ Murphy, J. Kim (April 5, 2023). "'Five Nights at Freddy's' to Debut Simultaneously in Theaters and on Peacock in October". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 6, 2023. Diakses tanggal April 5, 2023. 
  38. ^ a b Scott, Ryan (February 3, 2023). "Is Blumhouse Planning a Five Nights at Freddy's Trilogy?!". Fangoria. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 4, 2023. Diakses tanggal February 3, 2023. 
  39. ^ a b Smith, Neil (October 25, 2023). "Five Nights at Freddy's review: "Five nights too many"". Total Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2023. Diakses tanggal October 26, 2023. 
  40. ^ Peralta, Diego (October 11, 2023). "'Five Nights at Freddy's Comes to Life With a Pop-Up Location in Los Angeles". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2023. Diakses tanggal October 18, 2023. 
  41. ^ "The Art and Making of Five Nights at Freddy's: The Movie by Scott Cawthon". bookmanager.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2023. Diakses tanggal September 21, 2023. 
  42. ^ Cawthon, Scott; Tammi, Emma; Cuddeback, Seth (December 26, 2023). Five Nights at Freddy's: The Official Movie Novel. Scholastic Inc. ISBN 978-1-339-04759-1. 
  43. ^ D'Alessandro, Anthony (October 24, 2023). "'Five Nights At Freddy's' To Jump-Start Sleepy Autumn Box Office With $50M+ Debut Despite Peacock Day & Date – B.O. Preview". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 25, 2023. Diakses tanggal October 25, 2023. 
  44. ^ a b c D'Alessandro, Anthony (October 28, 2023). "'Five Nights At Freddy's' $78M Breaks Mold On Peacock Theatrical Day & Date; Best Opening For Blumhouse, Halloween & More – Box Office Update". Deadline Hollywood. Diakses tanggal October 29, 2023. 
  45. ^ Calia, Mike (October 30, 2023). "'Five Nights at Freddy's' rides PG-13 rating, video game fame to Halloween box office crown". CNBC. Diakses tanggal October 30, 2023. 
  46. ^ "Box Office: 'Five Nights at Freddy's' Fending Off New Releases in Quiet Weekend". Varity. 
  47. ^ Tassi, Paul. "'Five Nights At Freddy's' Has One Of The Biggest Critic-Audience-Box Office Gaps Ever". Forbes. Diakses tanggal November 1, 2023. That's why Five Nights at Freddy's is so unique. Critics hate it. It's not just the Rotten Tomatoes score, the 33 on Metacritic means its average score is akin to a 1.5/5 stars or a 3/10. And in contrast fans love it. Those are extremely high audience scores for those platforms, and the box office haul has instantly set enough records where an entire FNAF movie series is being mapped out as we speak. 
  48. ^ Richardson, Tom (October 31, 2023). "FNaF movie: Halloween box office records broken by Fazbear gang". BBC News. Diakses tanggal November 2, 2023. For many reviewers the life-like creatures were the highlight of the movie, which is rated 15 in the UK and PG-13 in the US, but the plot, pacing and scares failed to impress many. 
  49. ^ a b Writer, Connor Makar Staff (October 30, 2023). "Five Nights at Freddy's movie: Why do fans love it, while critics hate it?". VG247. Diakses tanggal November 1, 2023. 
  50. ^ "Five Nights at Freddy's". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 4 November 2023.  Sunting ini di Wikidata
  51. ^ "Five Nights at Freddy's". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal 4 November 2023. 
  52. ^ Elfadl, Murtada (October 26, 2023). "Five Nights at Freddys' Review: Creepy Mascots Go Rogue in a Listless and Repetitive Video Game Adaptation". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2023. Diakses tanggal October 26, 2023. 
  53. ^ Roth, Dylan (October 26, 2023). "Five Nights At Freddys' Review: Zero Thrills In This Video Game Adaptation". The New York Observer. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2023. Diakses tanggal October 26, 2023. 
  54. ^ Lee, Benjamin (October 26, 2023). "Five Nights at Freddy's review – horror game movie is an unscary Halloween trick". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2023. Diakses tanggal October 26, 2023. 
  55. ^ Winkelmann, Natalia (October 26, 2023). "Five Nights at Freddy's Review: Creepypizza". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2023. Diakses tanggal October 26, 2023. 
  56. ^ Abrams, Simon (October 27, 2023). "Five Nights at Freddy's". RogerEbert.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 27, 2023. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  57. ^ Navarro, Meagan (October 26, 2023). "Five Nights at Freddys' Review – Cuddly Gateway Horror Goes Light on Scares". Bloody Disgusting. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 26, 2023. Diakses tanggal October 26, 2023. 
  58. ^ Kennedy, Mark (October 26, 2023). "Movie Review: Video game-to-horror flick Five Nights at Freddy's misfires badly". Associated Press. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  59. ^ Phillips, Michael (October 26, 2023). "'Five Nights at Freddy's' review: Pizza and killer animatronics? On second thought, how about tacos somewhere?". Chicago Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 27, 2023. Diakses tanggal October 28, 2023. 
  60. ^ "Five Nights at Freddy's review (2023) – biting horror". The Digital Fix. October 25, 2023. Diakses tanggal October 27, 2023. 
  61. ^ Richardson, Tom (31 October 2023). "FNaF movie: Halloween box office records broken by Fazbear gang". BBC News. Diakses tanggal 4 November 2023. 
  62. ^ Klein, Brennan (October 29, 2023). "Five Nights At Freddy's Rotten Tomatoes Audience Score More Than Triples Low Critic Score". Screen Rant. Diakses tanggal October 30, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]