Five Nights at Freddy's: Sister Location

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Five Nights at Freddy's: Sister Location
Header etelase Steam, menampilkan karakter "Funtime Freddy".
Versi pertamaWindows
  • WW: 7 Oktober 2016
Android
  • WW: 22 Desember 2016
iOS
  • WW: 3 Januari 2017
Nintendo Switch
  • NA: June 18, 2020
  • EU: July 10 2020
Xbox One
  • WW: 10 Juli 2020
PlayStation 4
  • EU: 21 Juli 2020
  • NA: 22 Juli 2020
GenreHoror kesintasan, point-and-click
Sebelum
Tidak ada
Sebelum
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Five Nights at Freddy's: Sister Location adalah permainan video horor kesintasan point-and-click yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Scott Cawthon . Ini adalah angsuran utama kelima dalam serial Five Nights at Freddy's dan game keenam secara keseluruhan. Ini dirilis di Steam dan Game Jolt pada 7 Oktober 2016. Port juga telah dirilis untuk Android, iOS, Nintendo Switch, Xbox One, dan PlayStation 4 .

Sesuai dengan judulnya, permainan ini tidak berlangsung di salah satu restoran Pizza Freddy Fazbear yang ditampilkan dalam seri sebelumnya, melainkan di lokasi saudara bernama Circus Baby's Entertainment and Rental, yang menampilkan serangkaian karakter animatroniknya sendiri, yang menjadi pusatnya adalah bayi sirkus tituler. Pemain mengontrol karyawan baru yang harus melakukan pekerjaan pemeliharaan di fasilitas tempat penyimpanan animatronik sambil mempertahankan diri dari animatronik, yang menjadi mobile dan mematikan di malam hari. Gameplay di Sister Location sangat berbeda dari game Five Nights at Freddy's sebelumnya, karena memungkinkan pemain untuk berpindah antar ruangan dan memerlukan tujuan berbeda untuk dilakukan dari malam ke malam.

Five Nights at Freddy's: Sister Location menerima tinjauan yang beragam, dengan pujian atas plot dan penampilan suaranya, serta kritik untuk beberapa aspek gameplaynya. Sekuelnya, Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator, dirilis pada 4 Desember 2017.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's: Sister Location adalah video game survival horror yang pemainnya berperan sebagai teknisi larut malam yang harus bertahan melawan animatronik pembunuh di setiap shift.[1] Tidak seperti permainan Five Nights at Freddy's sebelumnya, pemain dapat merangkak di antara ruangan yang berbeda dan tujuan berubah setiap lima malam.[2]

Permainan mini pasca-kematian sesekali muncul dari Five Nights at Freddy's 2 ; ketika permainan berakhir, pemain mungkin diberikan kesempatan untuk memainkan mini-game 8-bit di mana mereka mengontrol Circus Baby dan harus mengantarkan kue mangkuk kepada anak-anak. Di akhir minigame, pemain harus memberikan es krim kepada seorang gadis kecil, yang berakhir dengan kematian gadis itu. Menyelesaikan minigame ini memberikan akses ke level rahasia Malam 5; gameplay yang hampir mirip dengan Five Nights at Freddy's yang pertama, menghadirkan kembali gameplay bertahan hidup.

Menyelesaikan kelima malam akan membuka fitur tambahan: gambar dan cetak biru animatronik game, cara pembuatannya, peta fasilitas, dan akses menu ke permainan mini cupcake Circus Baby. Pada pembaruan 1 Desember 2016, menyelesaikan semua malam juga membuka mode Malam Kustom nonkanon, yang diatur dalam versi modifikasi dari ruang rahasia Malam ke 5. Pemain dapat memilih dari beberapa mode dan pengaturan kesulitan, menghadapi animatronik baru, dan harus menghemat daya dan persediaan oksigen untuk bertahan hidup. Menyelesaikan mode ini memungkinkan pemain untuk melihat serangkaian cutscene yang telah dinyatakan sebagai bagian dari kanon seri; semua kecuali adegan terakhir dalam resolusi 8-bit.

Sistem pencapaian tersedia dalam bentuk empat bintang, yang diperoleh dengan membuka kedua akhir permainan, menyelesaikan minigame Circus Baby, dan menyelesaikan tingkat kesulitan tersulit di setiap preset malam khusus. Menyelesaikan setiap preset malam khusus pada setiap mode akan memberikan bintangnya sendiri di mode malam khusus tersebut.

Seperti di semua game Five Nights at Freddy's, kegagalan dalam mempertahankan diri dari karakter animatronik yang tidak bersahabat akan mengakibatkan jumpscare.

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan dimulai dengan pewawancara yang menanyai William Afton (disuarakan oleh PJ Heywood), salah satu pendiri Fazbear Entertainment Inc. dan pendiri Afton Robotics, LLC — perusahaan yang bertanggung jawab untuk menciptakan karakter animatronik game tersebut — tentang pilihan desain yang tidak ditentukan yang dia buat saat membangun animatronik. Afton melanjutkan dengan membuat daftar beberapa fitur animatronik Circus Baby (disuarakan oleh Heather Masters) seperti membagikan es krim, menggembungkan balon, menerima permintaan lagu, dan menari mengikuti mereka. Pewawancara tidak puas dengan jawabannya, karena fitur yang disebutkan Afton bukanlah yang dia maksud.

Perspektif kemudian beralih ke Michael, karyawan baru Circus Baby's Entertainment and Rental, sebuah fasilitas bawah tanah tempat berbagai animatronik disimpan, untuk disewakan pada pesta ulang tahun anak-anak di siang hari. Animatronik ini berasal dari Circus Baby's Pizza World, lokasi saudara dari restoran Freddy Fazbear's Pizza dari game pertama yang ditutup sesaat sebelum rencana pembukaannya karena dugaan kebocoran gas. Setiap malam, Michael diberi tugas pemeliharaan oleh HandUnit kecerdasan buatan fasilitas (disuarakan oleh Andy Field) yang harus dia selesaikan sebelum pagi.[3]

Pada malam kedua, listrik padam dan animatronik menjadi hidup. Circus Baby mulai berkomunikasi dengan Michael, memperingatkan bahwa animatronik lain akan membunuhnya jika mereka menangkapnya, dan memberikan instruksi untuk membantu Michael bertahan saat dia mengatur ulang pemutus sirkuit . Malam berikutnya, Michael disergap oleh Funtime Foxy animatronik dan disembunyikan dalam setelan springlock semalaman oleh Circus Baby. Mike dibiarkan mengusir Minireena kecil agar tidak merangkak ke dalam setelan itu sebelum membebaskan dirinya. Pada malam kelima, Mike menemukan dua teknisi yang digantung di tempat animatronik seharusnya berada, yang mencegah HandUnit menyadari bahwa mereka hilang. Circus Baby menginstruksikan Mike untuk menghancurkan tubuh kosongnya dengan pergi ke Ruang Scooping, di mana kerangka endoskeleton dengan kasar "diambil" dari cangkang luar animatronik, untuk "menyelamatkan apa yang baik sehingga sisanya dapat dihancurkan". Dia segera mengatakan kepadanya bahwa dia diikuti oleh Ballora animatronik, yang bermaksud membunuhnya.

Di pertengahan malam, Mike menonton sitkom animasi di rumah dan Elizabeth, putri William, terdengar memintanya untuk bermain dengan Circus Baby, meskipun ayahnya bersikeras bahwa dia harus menjauh.

Akhiran[sunting | sunting sumber]

Jika pemain mengikuti instruksi Circus Baby, mereka akan menemukan bahwa semua animatronik, termasuk Ballora, sebenarnya telah "di scoop". Suara Circus Baby ternyata adalah Ennard, gabungan dari para animatronik, yang menggunakan Scooper untuk mengeluarkan isi perutnya dan menyamar di dalam kulit Mike agar bisa hidup di antara manusia.

Akhiran alternatif dapat dibuka dengan memainkan minigame 8-bit yang kadang-kadang muncul setelah permainan selesai, di mana pemain mengontrol Circus Baby. Jika minigame diselesaikan dengan cara tertentu, Circus Baby ditampilkan menjulurkan cakar dari perutnya dan menarik seorang gadis kecil ke dalamnya. Gadis ini tersirat adalah Elizabeth, yang jiwanya kini memiliki animatronik. Pemain kemudian dapat tidak mematuhi instruksi Circus Baby dan memasuki ruangan pribadi, di mana mereka harus menangkis Ennard hingga jam 6 pagi, mirip dengan game pertama. Easter egg yang dapat diakses di area ini menunjukkan cuplikan kamera dari rumah yang ditampilkan dalam Five Nights at Freddy's 4, menyiratkan bahwa fasilitas tersebut terletak di bawah rumah milik William Afton dan keluarganya. Setelah berhasil selamat malam itu, Michael kembali ke rumah, di mana Ennard diturunkan untuk mengikutinya.

Serangkaian cutscene 8-bit diputar jika pemain menyelesaikan setiap mode Custom Night pada tingkat kesulitan tersulit. Ennard akhirnya meninggalkan tubuh Michael yang membusuk, tetapi ketika suara Circus Baby berulang kali mengatakan "You won't die" (Kamu belum mati), Michael entah bagaimana hidup kembali. Dalam cutscene terakhir, Michael diturunkan menjadi putra William Afton, pembunuh misterius yang disebutkan di game pertama dan diwakili oleh sosok ungu di tiga game terakhir. Dia menyebutkan bahwa dia sekarang "hidup dalam bayang-bayang" karena cacatnya. Dia mengungkapkan bahwa William telah menginstruksikan dia untuk pergi ke fasilitas bawah tanah untuk menemukan dan membebaskan "dia", yang dia lakukan, dan bahwa animatronik mengira dia adalah William, itulah sebabnya mereka menyerangnya. Karena tidak punya tempat lain untuk pergi, Michael memutuskan untuk menemukan ayahnya. Kamera kemudian beralih ke sisa-sisa Fazbear's Fright yang terbakar, tempat Springtrap muncul.

Pengembangan dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Pengembang Five Nights at Freddy's ( FNaF ) Scott Cawthon menyatakan bahwa Five Nights at Freddy's 4 (2015) akan menjadi game terakhir dalam seri tersebut. Namun, dia mengumumkan Five Nights at Freddy's: Sister Location di situsnya pada bulan April 2016 dengan tagline,"There was never just one."[4] Sebuah trailer diunggah online pada 21 Mei[5][6] Tanggal rilis kemudian dikonfirmasi adalah 7 Oktober. Pada bulan Oktober, Cawthon mengumumkan bahwa dia menunda permainan tersebut untuk membuat elemen plot gelap tertentu lebih "ramah anak"; ini dinyatakan sebagai trolling.[7]

Sister Location pertama kali dirilis di Steam. Tak lama kemudian, patch dirilis yang meringankan kesulitan malam keempat, yang dikeluhkan banyak pemain.[8] Itu adalah game FNaF pertama yang menampilkan akting suara profesional. Pengembangan Sister Location adalah yang terpanjang dalam seri ini: empat seri sebelumnya semuanya dirilis dalam waktu satu tahun. Rock Paper Shotgun percaya bahwa Cawthon lebih berhati-hati setelah spin-off FNaF World (2016) dianggap "terburu-buru"; secara retrospektif, The AV Club berpendapat bahwa "waktu dan perhatian ekstra yang diberikan Cawthon dalam penulisan game, dan nilai produksinya" menghasilkan "sekuel yang lebih ambisius".[4][9]

Konten unduhan untuk Malam Kustom non-kanon kemudian ditambahkan.[10] Sister Location juga di-porting ke Android . Pada tanggal 3 Januari 2017, port seluler untuk perangkat iOS dirilis di App Store.[11] Pada bulan Maret 2020, Clickteam merilis versi remaster dari port iOS yang mendekati versi Steam, seperti yang mereka lakukan pada game sebelumnya.[12] Mereka juga merilis port Nintendo Switch pada 18 Juni[13] Port untuk Xbox One dan PlayStation 4 dirilis masing-masing pada 10 Juli dan 21 Juli, sedangkan Maximum Games menyertakan lima game pertama dalam Five Nights at Freddy's: Core Collection, yang dirilis untuk Xbox One, PS4, dan Switch pada 12 Januari. 2021.[14]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's: Sister Location menerima tinjauan yang beragam. Kritikus memuji akting suaranya, terutama Masters.[18][9][19] GameCrate dan Kotaku memuji penggunaan humor selain horor dalam naskahnya—yang terakhir mencatat adegan awal di mana HandUnit mengalami kesalahan dan salah menafsirkan nama karakter sebagai " Eggs Benedict ".[18][20]

Destructoid memberi peringkat game ini 6/10,[19] sementara GameCrate memberi peringkat 7,50/10.[18] Rob Rich dari Gamezebo memberikan ulasan yang layak untuk versi selulernya, memberikan game tersebut 3 dari 5 bintang, dengan mengatakan, "Saya tidak menganggap Sister Location adalah iterasi seluler terburuk dari seri FNaF, tapi tentu saja bukan yang terbaik meskipun ada visual yang ditingkatkan secara keseluruhan."[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gelmini, David (2016-08-08). "Five Nights at Freddy's: Sister Location Launching in October; New Plot Details Released". Dread Central (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-05. 
  2. ^ Oxford, Nadia (2016-10-14). "Five Nights at Freddy's: Sister Location - Guide, Tips, and Walkthrough". VG247 (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-05. 
  3. ^ Herrick, Langdon (October 27, 2016). "Local voice actor's first stab at horror game is scarily successful". The Advocate. Diakses tanggal March 5, 2023. 
    Derek Russell, W. (June 4, 2018). "Zombies, 'Avengers,' '5 Nights at Freddy's': Ex-teacher finds new voice". The Clarion-Ledger. Diakses tanggal March 5, 2023. 
  4. ^ a b Walker, John (2016-04-25). "Sister Location Is Probably Five Nights At Freddy's 5". Rock Paper Shotgun (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-04. 
  5. ^ Donnelly, Joe (2016-05-23). "Five Nights At Freddy's: Sister Location Gets First Trailer". Rock Paper Shotgun (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-04. 
  6. ^ Blain, Louise (2016-05-23). "Five Nights At Freddy's: Sister Location trailer goes back to the series' creepy model roots". GamesRadar+ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-04. 
  7. '^ Hernandez, Patricia (4 October 2016). "Five Nights at Freddys Creator Gives Worst Reason For Possible Delay [UPDATE]". Kotaku. Diakses tanggal 7 October 2016. 
  8. ^ O'Connor, Alice (2016-10-10). "Five Nights At Freddy's: Sister Location Lurches Out". Rock Paper Shotgun (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-04. 
  9. ^ a b Hughes, William (2019-10-21). "Five years of Five Nights At Freddy's". The A.V. Club (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-28. 
  10. ^ Santos, Jerome Delos (19 October 2016). "Five Nights At Freddy's Sister Location Custom Night DLC: How To Unlock, Release Window, And What To Expect". TheBitBag. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 February 2017. Diakses tanggal 20 October 2016. 
  11. ^ Dotson, Carter (January 3, 2017). "'Five Nights at Freddy's: Sister Location' Finally Available on iOS". TouchArcade. Diakses tanggal March 4, 2023. 
  12. ^ Nelson, Jared (March 20, 2020). "'Five Nights at Freddy's: Sister Location' Remastered Update Now Available on iOS and Android". TouchArcade. Diakses tanggal March 4, 2023. 
  13. ^ Craddock, Ryan (2020-06-18). "Five Nights At Freddy's: Sister Location Surprise-Launches On Switch". Nintendo Life (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-04. 
  14. ^ Romano, Sal (2020-11-12). "Five Nights at Freddy's: Core Collection coming to PS4, Xbox One, and Switch on January 12, 2021". Gematsu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-04. 
  15. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama destructoid
  16. ^ a b Rich, Rob (January 10, 2017). "Five Nights at Freddy's: Sister Location – Why Always With the Sacrifices?". Gamezebo. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2021. Diakses tanggal March 7, 2023. 
  17. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama GameCrate
  18. ^ a b c D’Argenio, Angelo M. (October 11, 2016). "Review: Sister Location isn't FNAF...but it is terrifying". GameCrate. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2021. Diakses tanggal December 23, 2021. 
  19. ^ a b Rowen, Nic (October 10, 2016). "Review: Five Nights at Freddy's: Sister Location". Destructoid. Diakses tanggal March 21, 2022. 
  20. ^ Hernandez, Patricia (7 October 2016). "Five Nights at Freddy's: Sister Location Is More Than Just Jump Scares". Kotaku. Diakses tanggal 10 October 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]