Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes
Sampul edisi pertama
Pengarang
NegaraAmerika Serikat
SeriFive Nights at Freddy's
Genre
Penerbit
Tanggal terbit
  • 17 Desember 2015 (Kindle)
  • 27 September 2016 (Paperback)
Halaman
  • 466 (Kindle)
  • 400 (Paperback)
ISBNISBN 978-1338134377
813.6

Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes adalah novel misteri horor yang ditulis oleh Scott Cawthon dan Kira Breed-Wrisley, berdasarkan serial permainan video horor Five Nights at Freddy's yang dibuat dan dikembangkan oleh Cawthon. Novel ini mengikuti remaja Charlotte "Charlie" Emily dan teman masa kecilnya yang kembali ke kampung halaman mereka di Hurricane, Utah, untuk memperingati seorang teman yang dibunuh di restoran Pizza lokal Freddy Fazbear sepuluh tahun lalu. Saat menyelidiki restoran pizza yang sekarang ditinggalkan, kelompok tersebut mendapati diri mereka dikejar oleh pembunuh William Afton, yang tidak pernah tertangkap, serta karakter animatronik berhantu di restoran tersebut.

The Silver Eyes adalah novel debut Cawthon dan Breed-Wrisley, yang disewa dari perusahaan penulis bayangan Kevin Anderson & Associates, serta novel berlisensi pertama berdasarkan Five Nights at Freddy's. Meskipun beberapa elemen dari buku tersebut kemudian dibawa ke dalam permainan, elemen tersebut dianggap berlatarkan kontinuitas terpisah. Diterbitkan sendiri secara digital pada tahun 2015, novel ini diterbitkan dalam bentuk cetak oleh Scholastic pada tahun berikutnya sebelum menghabiskan empat minggu di #1 dalam daftar Buku Terlaris The New York Times di Young Adult Paperbacks. The Silver Eyes diikuti oleh dua sekuel, The Twisted Ones (2017) dan The Fourth Closet (2018), dan adaptasi novel grafis pada tahun 2019.

Alur[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995, Charlotte "Charlie" Emily yang berusia 17 tahun kembali ke kampung halamannya, Hurricane, Utah, untuk menghadiri peluncuran beasiswa yang didedikasikan untuk teman masa kecilnya Michael Brooks, yang dibunuh satu dekade sebelumnya bersama empat anak lainnya di sebuah rumah lokal. restoran keluarga, Freddy Fazbear's Pizza. Ayah Charlie, Henry, perancang maskot animatronik restoran tersebut, dicurigai melakukan pembunuhan, dan akibatnya bunuh diri dengan membiarkan animatronik tak dikenal membunuhnya. Charlie bersatu kembali dengan teman-temannya, Carlton Burke, John, dan Jessica, untuk mengunjungi kembali restoran tersebut. Mereka menemukan bahwa itu telah dikelilingi oleh mal yang baru dibangun sebagian dan menemukan rute belakang menuju restoran pizza, menemukan semua animatronik masih ada di tempatnya.

Setelah upacara penghormatan kepada Michael, John memberi tahu Charlie bahwa dia ingat melihat seseorang dengan kostum Freddy Fazbear berwarna kuning di hari kematian Michael, dan menduga orang asing ini adalah pembunuhnya. Malam itu, Charlie dan teman-temannya kembali ke restoran, ditemani oleh teman mereka, Marla, Lamar, dan adik tiri Marla, Jason. Saat bermain petak umpet dengan John, Charlie bertemu dengan salah satu animatronik, Foxy si Bajak Laut, yang sangat ditakutinya saat kecil. Mengingat detail masa kecilnya yang terpendam, Charlie ingat bahwa Henry pernah memiliki restoran lain di New Harmony, bernama Fredbear's Family Diner, yang menampilkan dua animatronik: versi kuning Freddy dan Bonnie.

Charlie dan John pergi ke New Harmony, di mana Charlie mengingat kembali hari di mana saudara kembarnya, Sammy, diculik oleh seseorang yang mengenakan kostum Bonnie berwarna kuning. Hal ini menyebabkan orang tuanya bercerai dan meninggalkan restoran aslinya. Charlie menduga penculikan Sammy dan pembunuhan Michael saling berhubungan. Kemudian, para remaja kembali ke Freddy's sekali lagi, hanya untuk bertemu dengan satpam satu-satunya di mal tersebut, Dave. Dia mengungkapkan bahwa dia memblokir pintu masuk mereka dan dalam keinginan mereka untuk melihat Freddy's lagi, memintanya untuk bergabung dengan mereka. Namun, saat masuk, Dave menghilang dan mengambil kostum Bonnie Musim Semi yang lama dari Fredbear's dan menculik Carlton. Kelompok tersebut melarikan diri, memberi tahu ayah Carlton, kepala polisi Clay Burke, yang menduga bahwa itu hanyalah lelucon putranya. Dia mengundang kelompok tersebut untuk bermalam di rumahnya hingga putranya kembali dari keisengannya di pagi hari. Sementara itu, petugas polisi Dunn, dikirim untuk menyelidiki restoran yang ditinggalkan sendirian tetapi dibunuh oleh Dave yang mengenakan setelan Spring Bonnie.

John dan Charlie mencari tahu sejarah Fredbear di perpustakaan, dan menemukan sebuah artikel surat kabar tentang penculikan Sammy. Pemeriksaan latar belakang yang dilakukan Clay mengungkapkan bahwa "Dave Miller", yang nama aslinya diidentifikasi sebagai William Afton, adalah salah satu pemilik kedua restoran tersebut. Adegan terpisah dengan Clay mengungkapkan bahwa Afton adalah tersangka utama dalam pembunuhan tersebut, tetapi tidak ada bukti langsung yang dapat ditemukan terhadapnya. Kembali ke restoran, Dave telah menempatkan Carlton dalam sebuah kostum, yang dapat dikenakan oleh manusia dan animatronik melalui serangkaian mekanisme pegas yang disebut "kunci pegas". Dave menjelaskan bahwa mekanisme penguncian tersebut dapat mematikan jika dipicu saat manusia mengenakan kostum tersebut. Ketika Carlton bertanya kepada Dave bagaimana dia tahu tentang kostum tersebut, Dave melepaskan baju yang dia kenakan untuk memperlihatkan serangkaian potongan besar yang menutupi punggung dan lehernya.

Jason kembali ke restoran untuk menyelamatkan Carlton, diikuti oleh Charlie dan teman-temannya. Charlie menyelamatkan Carlton dengan menggunakan ingatannya tentang kostum, dan kelompok tersebut melumpuhkan dan mengikat Dave. Mereka memaksanya untuk bangun dengan ember air dan menanyainya tentang pembunuhan tersebut. Dia mengklaim bahwa kostum-kostum tersebut dihantui oleh jiwa anak-anak yang telah meninggal, dan bahwa mereka tidak memiliki ingatan tentang siapa yang membunuh mereka. Dave kemudian mengatakan kepada kelompok tersebut bahwa dia akan "berjalan di atas mayat mereka di pagi hari" - mengacu pada kelompok tersebut - karena anak-anak yang meninggal melihatnya sebagai "salah satu dari mereka" saat mengenakan jasnya. Terguncang dengan jawabannya, mereka berusaha meninggalkan tempat itu, namun dengan cepat mendapati bahwa para animatronik - Freddy, Bonnie, Chica, dan Foxy - bersikap agresif terhadap mereka. Hal ini terlihat jelas ketika Charlie dikejar oleh Bonnie, Jason dibawa oleh Foxy, dan kemudian diburu oleh Freddy, bersama dengan Marla dan Lamar, semuanya dikejar oleh Chica, dan sebuah animatronik yang tidak dikenal hampir mendobrak pintu ruang keamanan yang melindungi John dan Jessica.

Kelompok ini akhirnya dikepung oleh para animatronik sekaligus, dengan harapan penuh bahwa mereka akan dibunuh oleh mereka, tetapi diselamatkan ketika animatronik kelima, setelan Freddy berwarna kuning (Golden Freddy), muncul. Semua animatronik membeku di tempat. Mereka semua mendengar bisikan dari kostum kosong itu; roh Michael yang lembut menampakkan diri. Clay kemudian menerobos dinding bata dengan palu godam, menemukan kelompok itu berdiri bersama dan animatronik membeku di tempat di dekatnya. Dia mulai memimpin kelompok itu ke tempat yang aman, tetapi dalam upaya terakhir untuk melukai, Dave menyerang Charlie dengan kostum Spring Bonnie. Charlie kemudian mengaktifkan kunci pegas kostum tersebut, yang tampaknya membunuh Dave, dan tubuhnya diseret oleh animatronik, sehingga kelompok tersebut dapat pergi dengan aman bersama Clay. Kostum Golden Freddy menghilang.

Kelompok ini diam-diam berpisah, buku ini diakhiri dengan Charlie yang pergi ke pemakaman untuk mengunjungi dua kuburan yang tidak dikenal, mengenang masa-masa bahagia bersama ayahnya.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Five Nights at Freddy's adalah serial permainan video horor kesintasan point-and-click, yang dibuat oleh pengembang independen Scott Cawthon .[1] Pada permainan pertama, Five Nights at Freddy's (2014), pemain berperan sebagai penjaga keamanan malam di sebuah restoran pizza, dimana selama lima malam mereka harus bertahan melawan empat maskot animatronik yang berusaha membunuh mereka hingga giliran kerja mereka berakhir.[2] Permainan ini mendapat banyak pengikut,[3] dan tiga sekuel telah dirilis sebelum The Silver Eyes pertama kali diterbitkan.[4] Angsuran awal mencakup pengetahuan tersembunyi yang mengungkapkan bahwa beberapa anak dibunuh di restoran dan para korban sekarang memiliki animatronik. Permainan ketiga mengungkapkan bahwa pelaku meninggal karena kegagalan kunci pegas dan Sister Location (2016), dirilis setelah buku tersebut, mengungkapkan bahwa mereka adalah pemilik William Afton, yang juga merancang animatronik di restorannya.[1][5]

Riwayat publikasi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Desember 2015, Cawthon mengumumkan di Steam bahwa dia dan seorang penulis profesional telah mengerjakan novel Five Nights at Freddy selama sepuluh bulan terakhir. Dia juga mengatakan bahwa buku tersebut akan "[memperluas] mitos dan [mengungkapkan] elemen manusia yang belum pernah terlihat dalam permainan". Situs web Cawthon segera memberi bocoran bahwa novel tersebut akan diberi judul Five Nights at Freddy's: The Untold Story dan diterbitkan sendiri secara digital di Amazon Kindle pada tanggal 22, sebelum diterbitkan dalam bentuk cetak di kemudian hari. Namun judul tersebut kemudian disembunyikan dan diubah menjadi Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes.[6][7][8][9] Karena kebingungan dengan sistem, e-book tersebut secara tidak sengaja dirilis pada awal tanggal 17.[10][11] Ditulis oleh Cawthon dan Kira Breed-Wrisley, disewa dari firma pengarang untuk orang lain Kevin Anderson & Associates,[12] The Silver Eyes adalah novel Five Nights at Freddy's berlisensi pertama.[4]

Edisi paperback dari buku ini diterbitkan oleh Scholastic pada tanggal 27 September 2016.[13]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Meskipun dirilis dengan kesuksesan besar, Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes menuai kritik dari penggemar, karena mereka tidak melihat hubungan antara novel dan franchise permainan video.[14] Oleh karena itu, karena klaim penggemar tentang pengetahuan buku tersebut bertentangan dengan pengetahuan game tersebut, Cawthon menjawab bahwa:

"Permainan dan buku harus dianggap sebagai kesinambungan yang terpisah, meskipun mereka memiliki banyak elemen yang sama. Jadi ya, bukunya adalah canon, seperti halnya permainannya. Itu tidak berarti bahwa keduanya dimaksudkan untuk disatukan seperti dua potongan puzzle. [...] Buku ini adalah imajinasi ulang dari cerita Five Nights at Freddy, dan jika Anda membacanya dengan pola pikir seperti itu, saya pikir Anda akan sangat menikmatinya."[15]

Buku ini menghabiskan empat minggu di #1 dalam daftar buku terlaris The New York Times di Young Adult Paperbacks.[16]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Beberapa elemen dari The Silver Eyes (dan sekuelnya) diadaptasi dari permainan video, termasuk penyebutan Hurricane, Utah di Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator. [apa contohnya?]

Sekuel dan adaptasi[sunting | sunting sumber]

Cawthon dan Breed-Wrisley menulis dua sekuel The Silver Eyes : The Twisted Ones yang dirilis pada 27 Juni 2017,[17] dan The Fourth Closet dirilis pada 26 Juni 2018.[18] Keduanya mencapai #1 terlaris di Amazon.[19][20] Adaptasi novel grafis yang diilustrasikan oleh Claudia Schröder dirilis pada 26 Desember 2019. Ulasan Kirkus dan Jurnal Perpustakaan Sekolah memuji seni sederhana Schröder dalam meningkatkan kengerian. Jurnal ini merasa layak dibaca bahkan bagi mereka yang tidak terbiasa dengan materi sumbernya. Namun, Ulasan Kirkus merasa sulit untuk melacak karakter dan hubungan mereka— Jurnal menunjukkan romansa yang dirasa tidak lebih dari sekadar alat plot —dan bahwa plot yang menarik itu terganggu oleh "transisi yang tiba-tiba dan terlalu -resolusi cepat".[21][22]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Oxford, Nadia (2018-06-29). "Murder, Dysfunctional Families, and Purple Guys: The Larger Story Behind the Five Nights at Freddy's Games [Updated for Freddy Fazbear's Pizzeria Simulator and UCN]". USgamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-28. 
  2. ^ Petitte, Omri (2014-08-25). "Five Nights at Freddy's review". PC Gamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-28. 
  3. ^ "The Best Games of the Decade (2010 - 2019)". IGN. January 26, 2020. Diakses tanggal February 15, 2021. 
  4. ^ a b Hughes, William (2019-10-21). "Five years of Five Nights At Freddy's". The A.V. Club (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-28. 
  5. ^ Cawthon, Scott (2017). Five Nights at Freddy's: The Freddy Files (dalam bahasa Inggris) (edisi ke-1st). New York, New York: Scholastic Inc. hlm. 60. ISBN 978-1-338-21441-3 – via Internet Archive. 
  6. ^ Frank, Allegra (December 14, 2015). "Five Nights at Freddy's novel hits stores next year". Polygon. Diakses tanggal December 14, 2015. 
  7. ^ Hillier, Brenna (December 14, 2015). "Five Nights at Freddy's novel to release next week". VG247. Diakses tanggal February 28, 2023. 
  8. ^ Schreier, Jason (December 15, 2015). "Five Nights At Freddy's Is Getting A Book". Kotaku Australia. Diakses tanggal February 28, 2023. 
  9. ^ Lazarides, Tasos (December 16, 2015). "The Next 'Five Nights at Freddy's' Will be…a Novel Called 'Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes'?". TouchArcade. Diakses tanggal December 20, 2015. 
  10. ^ "Scott Cawthon+ release dates= impossible". Steam. December 17, 2015. Diakses tanggal December 20, 2015. 
  11. ^ Hillier, Brenna (December 17, 2015). "Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes novel now available". VG247. Diakses tanggal February 28, 2023. 
  12. ^ "New York Times #1 Bestseller, Five Nights at Freddy's". Kevin Anderson & Associates. October 15, 2016. Diakses tanggal 2017-10-01. 
  13. ^ Raugust, Karen (June 22, 2016). "Scholastic Signs on for 'Five Nights at Freddy's'". Publishers Weekly. Diakses tanggal September 29, 2017. 
  14. ^ "Scott Cawthon Addresses Negative Comments About 'Five Nights at Freddy's: The Silver Eyes'". www.movienewsguide.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 27, 2018. Diakses tanggal 2017-09-29. 
  15. ^ Scott Cawthon (December 18, 2015). "Is the book canon?". Steam. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-12-20. Diakses tanggal December 20, 2015. 
  16. ^ "Young Adult Paperback Books - Best Sellers - The New York Times". The New York Times. Diakses tanggal 2016-11-03. 
  17. ^ "The Twisted Ones Release Date, Price, and Plot Premise". www.thebitbag.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 28, 2018. Diakses tanggal July 7, 2017. 
  18. ^ Cawthon, Scott; Breed-Wrisley, Kira (2018). Five Nights at Freddy's: Book 3. ISBN 978-1338139327 – via amazon. 
  19. ^ "Ghostwriter Kira Breed-Wrisley Attains Amazon #1-Bestseller Status". Kevin Anderson & Associates. October 26, 2017. Diakses tanggal May 26, 2019. 
  20. ^ "KAA Congratulates Ghostwriter Kira Breed-Wrisley on Her Third #1-Bestseller". Kevin Anderson & Associates. September 14, 2018. Diakses tanggal May 26, 2019. 
  21. ^ "The Silver Eyes". Kirkus Reviews. September 10, 2019. Diakses tanggal March 1, 2023. 
  22. ^ Maluck, Thomas (October 1, 2019). "The Silver Eyes". School Library Journal. Diakses tanggal March 1, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]