Klasifikasi Desimal Dewey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Klasifikasi Desimal Dewey (Dewey Decimal Classification (DDC), juga disebut Sistem Desimal Dewey) adalah sebuah sistem klasifikasi perpustakaan yang diciptakan oleh Melvi Dewey (18511931) pada tahun 1876, dan sejak saat itu telah banyak dimodifikasi dan dikembangkan dalam 23 kali revisi yang telah terjadi hingga tahun 2011.[1]

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi Desimal Dewey dibuat pada tahun 1873 oleh Melvi Dewey dengan rintisan awal berupa konsep-konsep yang belum dipublikasikan. Publikasi baru diadakan pada tahun 1976 dengan menerbitkan sebuah pamflet setebal 44 halaman yang diberi judul A Classification and Subject Index for Cataloguing and Arranging the Books and Pamphlets of a Library. Pamflet tersebut diterbitkan secara anonim. Klasifikasi Desimal Dewey ini merupakan hasil pengembangan dari sistem klasifikasi perpustakaan yang dibuat oleh William Torrey Harris pada tahun 1870. Dasar pembuatan Klasifikasi Desimal Dewey adalah gagasan dari Francis Bacon yang membagi pengetahuan menjadi tiga kategori yaitu sejarah, sastra dan filsafat. Landasan tersebut didasarkan pula pada pikiran manusia yang terbagi menjadi tiga yaitu ingatan, khayalan dan nalar.[2]

Perancangan[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi Dewey muncul pada sisi buku-buku koleksi perpustakaan. Klasifikasi dilakukan berdasarkan subjek, kecuali untuk karya umum dan fiksi. Kodenya ditulis atau dicetakkan ke sebuah stiker yang dilekatkan ke sisi buku atau koleksi perpustakaan tersebut. Bentuk kodenya harus lebih dari tiga digit; setelah digit ketiga akan ada sebuah tanda titik sebelum diteruskan angka berikutnya.

Contoh kode:

  • 330.94 = ekonomi Eropa, di mana 330 adalah kode untuk ekonomi dan 94 untuk Eropa.

Buku-buku diletakkan dengan mengurutkan berdasarkan nomor. Jika dua atau lebih buku memiliki nomor klasifikasi yang sama, sistem akan membagi kelas tersebut secara alfabet.

Ada sepuluh kelas utama dalam klasifikasi Dewey. Sepuluh kelas tersebut dibagi lagi kepada 10 bagian; yang lalu bisa dibagi lagi kepada 10 bagian.

Sepuluh kelas utama tersebut adalah:

Pada tahun 2011 telah terbit DDC edisi 23 dikenal dengan DDC23.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DDC 23 Print Edition
  2. ^ Sembiring, Darwis (2014). Pengolahan Bahan Pustaka: Klasifikasi dan Katalogisasi. Bandung: Yrama Widya. hlm. 48. ISBN 978-602-277-582-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]