Siaran langsung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengarusan langsung, pengaliran langsung, atau siaran langsung (bahasa Inggris: live streaming) mengacu pada media pengarusan daring yang direkam dan disiarkan secara bersamaan secara waktu nyata. Ini sering disebut hanya sebagai "streaming", tetapi istilah yang disingkat ini ambigu karena "streaming" dapat merujuk ke media apa pun yang dikirim dan diputar secara bersamaan tanpa memerlukan berkas yang diunduh sepenuhnya. Media tidak langsung seperti video sesuai permintaan, blog video, dan video YouTube secara teknis dialirkan, tetapi tidak dialirkan secara langsung.

Layanan pengarusan langsung mencakup beragam topik, mulai dari media sosial hingga permainan video hingga olahraga profesional. Platform seperti Facebook Live, Periscope, Kuaishou, Douyu, bilibili dan 17 mencakup pengarusan promosi terjadwal dan acara selebritas serta pengarusan antarpengguna, seperti dalam videotelephony. Situs seperti Twitch telah menjadi gerai populer untuk menonton orang bermain permainan video, seperti dalam olahraga elektronik, permainan bergaya Let's Play, atau speedrun. Liputan langsung acara olahraga adalah aplikasi umum.

Di bidang media sosial, istilah "media langsung" mengacu pada media baru yang menggunakan teknologi media pengarusan untuk menciptakan jaringan multimedia langsung yang dibagikan di antara orang-orang, perusahaan, dan organisasi. Pemasar media sosial Bryan Kramer menggambarkan pengarusan langsung sebagai "alat pemasaran dan komunikasi utama yang murah yang membantu merek menjangkau khalayak daring mereka." Pengguna dapat mengikuti "berbagi" video langsung teman mereka serta "berbagi" yang terkait dengan konten atau item tertentu. Media langsung dapat dibagikan melalui situs web atau aplikasi Internet apa pun; jadi, ketika orang menelusuri situs web tertentu, mereka mungkin menemukan aliran media langsung yang relevan dengan konten yang mereka cari.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kramer, Bryan. "How Live-Streaming is Going to Crush it in 2016". SocialMediaToday. Diakses tanggal September 30, 2016.